in

Kenali 10 Tanda Bagaimana Kondisi Hubunganmu dengan Pasangan, Apakah Baik-Baik Saja atau Tidak

Kenali 10 Tanda Bagaimana Kondisi Hubunganmu dengan Pasangan, Apakah Baik-Baik Saja atau Tidak
Photo by Laura Garcia from Pexels

Pernahkah kamu merasa penasaran ketika menjalin sebuah hubungan atau relationship? Mungkin saja kamu ingin tahu apakah hubunganmu dengan pasangan benar-benar sehat atau justru “toxic”. Apalagi jika kamu sering banget bertengkar karena hal hal sepele yang harusnya bisa segera terselesaikan. Mungkin saja kamu bakal bertanya mengenai “seperti apa sih tanda hubungan yang sehat dengan pasangan”?

Ketahuilah bahwa beberapa kebiasaan dan sikap dengan pasangan, bisa jadi pertanda atas kondisi hubungan loh. Bisa jadi hubunganmu baik baik saja atau justru malah sebaliknya. Hal ini bisa menjadi pertanda akankah hubunganmu menjadi langgeng ataukah tidak. Lantas seperti apa tanda hubungan yang berkualitas baik itu? Inilah beberapa tanda jika hubunganmu sehat dan baik-baik saja.

Tanda Hubungan yang Baik-Baik Saja

Ada beberapa hal ataupun kebiasaan yang menjadi pertanda, jika hubunganmu dalam kondisi yang sehat dan baik-baik saja. Perhatikan beberapa poin di bawah ini untuk lebih jelasnya.

1. Lebih Banyak Tersenyum

Tanda yang pertama yakni kamu dan pasangan lebih sering tersenyum dalam suatu hubungan. Tersenyum menjadi pertanda yang sangat kentara dan menunjukkan jika hubungan kalian memang dalam kondisi baik-baik saja. Sering tersenyum, berarti kamu dan pasangan terhindar dari hubungan yang terlalu menekan dan membuat stres.

Kamu pun jarang bertengkar dan berselisih paham dengan pasangan, sehingga hubungan malah memberi kebahagiaan. Walaupun terjadi pertengkaran, kamu dan pasangan akan segera menyelesaikannya dan bukan justru menghindarinya. Karena pada dasarnya, pertengkaran dan perselisihan itu sangat wajar terjadi.

Yang terpenting adalah bagaimana caramu dan pasangan untuk mengatasinya. Nah, sebenarnya untuk membuat seseorang yang kamu sayangi tersenyum bukanlah hal sulit, cukup dengan perlakuan sederhana. Misalnya saja memberikan semangat dan dukungan sebelum memulai aktivitas.

2. Tidak Membatasi Pergaulan

Tidak membatasi pergaulan juga menjadi tanda selanjutnya jika hubunganmu dengan pasangan dalam kondisi sehat. Kamu dan pasangan juga tidak pernah merasa dibatasi dalam menghabiskan waktu bersama teman ataupun keluarga.

Sekalipun pasanganmu mungkin tak rukun dengan temanmu, tetapi dia justru tetap mendukungmu untuk menjalin pertemanan dengan mereka. Hubungan yang sehat tidak akan membuat dirimu merasa bersalah akibat telah menghabiskan waktu bersama orang lain.

3. Tahu Pentingnya “Personal Space”

Tahu Pentingnya "Personal Space"
Photo by Pexels

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hubungan yang baik tidaklah membatasi pergaulan pasangan terlalu berlebihan. Namun kamu harus tahu bahwa dalam menjalin relationship dibutuhkan adanya “personal space” alias waktu untuk dunianya sendiri. Hindari pikiran jika kamu dan pasangan harus selalu bersama.

Setiap orang memiliki kehidupan sendiri demi meningkatkan kualitas hidup dan lebih berkembang. Kamu masih perlu berkumpul dengan keluarga, teman teman, melakukan hobi, bekerja, ataupun sekedar me time untuk menyenangkan diri sendiri. Begitu pula pasanganmu, dia juga punya dunia sendiri yang harusnya dinikmati.

Hal ini bukan berarti kamu tidak suka berada di dekat pasangan atau menghabiskan waktu dengannya. Namun lebih kepada kualitas hidup, di mana kamu dan pasangan harus lebih berkembang dan punya banyak pengalaman lain di luar sana.

4. Memiliki Kesamaan Prinsip

Kamu dan pasangan perlu memiliki kesamaan prinsip dalam menjalin hubungan. Hubungan yang tanpa disertai dengan nilai atau tujuan ke depan, mencerminkan jika kualitas hubunganmu tidak sehat dan kualitasnya perlu dipertanyakan kembali.

Ketahuilah bahwa dalam menjalani sebuah hubungan kamu dan pasangan perlu memiliki visi dan misi yang jelas. Jika tujuan tersebut tidak dimiliki, tentu saja akan ada banyak perbedaan prinsip yang menimbulkan perselisihan.

5. Saling Percaya dan Tidak Negative Thinking

Perasaan memiliki satu sama lain dalam sebuah hubungan, sering kali menimbulkan kecurigaan dan negative thinking secara berlebih. Padahal perlu diketahui, bahwa dalam sebuah hubungan diperlukan rasa saling percaya antar pasangan.

Dengan begini, pasangan akan bisa lebih terbuka menceritakan segala sesuatu dan membuat hubungan lebih nyaman tanpa rasa curiga.

6. Tidak Menuntut Perubahan

Tanda sebuah hubungan yang berkualitas lainnya, yakni tidak adanya sikap saling menuntut demi perubahan. Namun yang dimaksud di sini bukanlah perubahan ke arah yang lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup, melainkan perubahan sesuai keinginanmu.

Contohnya saja harus cantik, harus pintar, kurus, ataupun tidak boleh melakukan hal-hal menyenangkan yang menjadi hobi pasangan. Perubahan seperti ini menandakan bahwa hubunganmu bukan didasari rasa cinta dan ketulusan, melainkan hanya demi memenuhi ego dan kepuasan pribadi.

7. Menjadi Diri Sendiri

Jika dalam suatu hubungan kamu tidak menjadi orang lain dan begitu juga dengannya, berarti hubunganmu memang cukup baik. Menjadi diri sendiri sangatlah penting, supaya kamu tetap merasa nyaman dan bebas berekspresi. Tanpa menjadi diri sendiri dalam hubungan, tentu hidupmu akan penuh kepalsuan dan hidup seperti orang lain.

Misalnya saja jika kamu menyukai penampilan yang santai, namun pasangan menuntutmu agar make up, berpakaian serba rapi, dan sebagainya. Tidak nyaman bukan hidup dalam dunia yang sama sekali bukan dirimu?

8. Saling Mendukung dalam Berbagai Hal

Tidak salah jika kamu maupun pasangan memiliki keinginan atau passion, walaupun dalam hal yang berbeda. Lebih baik berikan dukungan pada pasangan dari pada melarangnya untuk melakukan hal-hal yang dia inginkan.

Meski yang pasangan lakukan tidak sesuai dengan keinginanmu, bukan berarti kamu harus melarang dan memaksakan kehendaknya. Dalam hubungan, sebaiknya kalian saling menyemangati dan memotivasi selama yang dilakukan adalah hal positif tidak melanggar aturan.

9. Memiliki Quality time

Hubungan Memiliki Quality time
Photo by Pexels

Sebuah hubungan akan berjalan lancar jika antar pasangan mampu menyediakan waktu berkualitas untuk bersama-sama. Tujuannya adalah untuk memelihara perasaan saling membutuhkan dan bergantung antara satu sama lain. Kamu bisa membuat quality time dengan liburan bersama, jalan jalan, ataupun hal menyenangkan lainnya.

Lantas bagaimana jika hubunganmu saat ini LDR alias hubungan jarak jauh? Perlu diketahui bahwa quality time bukan berarti kamu harus pergi bersama. Bagi kamu yang memiliki hubungan jarak jauh, sesekali luangkanlah waktu untuk menjalin keeratan hubungan.

Misalnya dengan menyempatkan waktu video call ataupun telepon sekedar bercanda-canda. Jadi jangan khawatir jika pasanganmu berada cukup jauh. Kamu juga bisa punya quality time bersama saat bertemu atau saling mengunjungi waktu liburan.

10. Komunikasi yang Baik

Adanya komunikasi dan penerimaan yang baik antar pasangan akan membuat hubungan jadi semakin berkualitas. Dengan komunikasi yang baik, pasangan akan lebih terbuka dan mampu saling menopang. Pasangan yang baik juga selalu mau belajar untuk mendengar pasangannya, tidak hanya ingin didengarkan saja.

Sehingga bisa dipastikan, dalam hubungan sehat selalu terjalin komunikasi yang lancar. Contohnya saja ketika terjadi perselisihan atau salah paham, masing-masing akan berusaha menyelesaikannya secara baik-baik.

Nah, sudah tahu bukan seperti apa tanda hubungan yang baik-baik saja dan berkualitas itu? Kini, cobalah perhatikan hubunganmu dengan pasangan! Apakah hubunganmu dengan pasangan memiliki tanda seperti yang dijelaskan di atas atau justru sebaliknya. Jika ya, selamat semoga hubunganmu dan pasangan bisa langgeng dan semakin baik setiap harinya.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *