10 Cara Memilih Travel Umroh yang Terpercaya dan Memberikan Pelayanan Terbaik

umroh-ke-mekkah

Semua umat islam di dunia ini pasti menginginkan melakukan perjalanan umroh. Umroh sendiri merupakan ibadah wajib dan dapat dikatakan sebagai haji kecil. Sekalipun begitu, ketika seorang muslim atau muslimah melangkahkan kakinya di tanah suci, tentu mereka akan terharu karena kerinduan mereka terhadap tempat suci telah terobati. Tidak heran jika banyak orang yang menabung untuk bisa pergi ke Mekkah.

Uang yang ditabung bisa melalui bank ataupun biro travel dengan tujuan dapat menjalankan umroh. Namun belakangan ini, banyak bermunculan perusahaan yang memberikan jasa perjalanan umroh yang biasanya disebut dengan travel umroh. Perusahaan-perusahaan tersebut akan membantu anda untuk menunaikan ibadah umroh dan memberikan kenyamanan ketika menjalankan ibadah.

Tugas travel umroh adalah membantu anda mempersiapkan segala keperluan yang berkaitan dengan perjalanan menuju tanah suci. Misalnya seperti mengurus visa umroh, mengurus paspor, memesankan hotel, menyediakan tiket pesawat, konsumsi, dan juga pendamping ketika anda beribadah.

Sayangnya untuk memilih travel umroh yang benar-benar terpercaya tidaklah mudah. Karena kini banyak perusahaan yang menggelapkan dana para jamaahnya. Nah, berikut ini ada beberapa tips dan cara memilih travel umroh yang terpercaya.

1. Pastikan travel resmi terdaftar di Kementerian Agama

Hal pertama yang harus anda ketahui tentang travel umroh adalah izin dari Kementerian Agama. Untuk dapat terdaftar secara resmi di Kementerian Agama, maka travel tersebut harus memenuhi beberapa syarat yang sudah ditetapkan dan juga memiliki beberapa surat izin.

Surat izin tersebut meliputi, surat izin tetap memiliki usaha pariwisata, kemudian tanda daftar perusahaan, surat keterangan domisili perusahaan, NPWP perusahaan, SK menteri kehakiman berupa akta pendirian perusahaan, SK dari Depag selaku dirjen penyelenggara haji dan umroh.

Tidak hanya itu, tetapi ada juga sertifikat anggota Amphuri, dan juga sertifikat lembaga bisnis syariah yang didapat dari dewan syariah nasional MUI. Jika semua surat-surat tersebut dimiliki oleh travel umroh, maka penyelanggara travel tersebut bisa dipercaya.

2. Cari informasi dan periksa alamat kantor travel

Jika anda mendapat informasi travel umroh dari seseorang, entah teman atau kerabat, maka pastikan dulu anda mencari informasi yang lebih banyak. Jangan hanya bertanya pada satu orang saja, tapi coba tanya pada orang lain yang mungkin tahu tentang travel tersebut. Tidak masalah jika anda mencarinya di internet, mungkin saja mereka punya web perusahaan sehingga anda mendapatkan informasi yang lengkap.

Selain itu, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mensurvei atau mengecek kantor travel tersebut sebelum menggunakan jasanya. Datang ke kantornya kemudian tanyakan beberapa pertanyaan kepada pemiliknya, termasuk tentang izin dari Kementerian Agama dan beberapa pertanyaan lainnya sampai anda benar-benar yakin bahwa agen travel umroh tersebut bisa terpercaya.

3. Cari tahu tentang rekam jejaknya

Tidak berhenti disitu, anda harus mencari rekam jejak travel agen tersebut. Jika memang travel umroh tersebut baik dan dapat dipercaya, maka mereka akan memiliki rekam jejak yang bagus.

Untuk bisa mengetahui rekam jejak dari travel umroh, maka anda dapat memperhatikan kapan tanggal berdirinya travel tersebut. Semakin lama travel umroh tersebut didirikan, maka makin banyak juga pengalaman perusahaan itu dalam melayani jemaahnya.

Selanjutnya, anda juga harus mencari tahu sudah berapa kali travel umroh tersebut menyelenggarakan ibadah umroh. Jika semakin sering perusahaan tersebut melakukan pemberangkatan, maka hal itu membuktikan travel umroh tersebut punya kredibilitas yang tinggi.

4. Jangan mudah tertarik dengan harga murah

Tidak sedikit travel umroh abal-abal menggunakan bandrolan harga murah agar para pelanggannya tergiur. Sudah banyak kasus agen travel umroh yang membandrol keberangkatan umroh dengan harga yang sangat murah tetapi tidak ada jamaah yang diberangkatkan.

Mungkin ada beberapa travel umroh yang membandrol dengan harga murah, tetapi masih dapat dijangkau dengan logika.

Namun jika anda menemukan travel umroh yang memberikan bandrolan dengan harga yang sangat murah dan tidak masuk akal, tetapi menjanjikan fasilitas kelas satu, maka bisa saja travel tersebut sedang berniat menipu anda. Jadi pastikan anda berhati-hati untuk tidak tergiur begitu saja dengan harga yang murah.

5. Cek ulang fasilitas yang diberikan

Sebagai travel umroh yang baik, tentunya akan terbuka soal fasilitas apa saja yang akan diberikan dan fasilitas apa yang harus dibayar sendiri oleh para pengguna jasanya. Sebab terkadang ada beberapa travel umroh yang tidak mencantumkan fasilitas yang ditanggung oleh biro jasanya.

Jika anda sudah tahu apa saja yang anda dapatkan, maka anda boleh membandingkan dengan travel umroh terpercaya lainnya. Pastikan bahwa harga yang diberikan kepada anda memang benar-benar sebanding untuk fasilitas yang didapatkan. Jadi pastikan anda memperhatikan fasilitas dengan sebaik mungkin agar anda tidak merasa kecewa nantinya.

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Biaya Liburan agar Tidak Kehabisan Uang di Jalan

6. Cek cara pembayarannya

Selain memperhatikan pelayanan yang akan diberikan, pastikan juga anda mengecek cara pembayaran travel umroh tersebut. Travel umroh yang resmi biasanya akan menggunakan jasa perbankan untuk melakukan segala transaksi pembarayan.

Jadi anda harus memastikan bahwa travel umroh tersebut memiliki rekening atas nama perusahaan tersebut dan bukan atas nama pribadi.

Anda harus waspada dan berhati-hati jika travel umroh meminta untuk melakukan pembayaran melalui rekening pribadinya.

7. Gali informasi dari orang yang sudah pernah menggunakan jasa travel tersebut

Jika travel umroh tersebut letaknya tidak jauh dari rumah anda atau masih berada di kota yang sama, dan kebetulan tetangga, teman, atau kerbat, ada yang pernah menggunakan jasanya, maka pastikan anda bertanya tentang travel umroh tersebut tentang bagaimana pelayanan yang diberikannya.

Tetapi jika anda tidak pernah menemukan orang yang menggunakan jasa travel umroh tersebut, anda masih bisa bertanya dan membandingkan dengan travel umroh lainnya yang mungkin pernah digunakan oleh kerabat anda.

Tanyakan apa saja fasilitas yang didapatkan, kemudian jarak pembayaran dan pemberangkatkan berapa lama, bagaimana cara pembayarannya, dan pertanyaan lainnya. Jika memang travel umroh pilihan anda tidak jauh berbeda dengan travel umroh yang pernah digunakan kerabat anda, maka mungkin tidak ada masalah.

8. Pastikan ada atau tidaknya pembimbing saat umroh

Fasilitas lain yang harus anda dapatkan adalah adanya pembimbing ketika melakukan ibadah umroh. Kebanyakan travel resmi yang memiliki rekam jejak yang bagus akan memberikan pembimbing ibadah umroh yang akan menemani anda selama beribadah di tanah suci.

Keberadaan pembimbing sebenarnya sangat penting bagi para jamaah, sebab keberadaannya akan sangat membantu melancarkan ibadah umroh anda.

Misalnya saja mengarahkan anda untuk memenuhi rukun umroh, kemudian menuntun anda ketika berkunjung ke beberapa tempat wisata, bahkan pembimbing juga dapat membantu menjadi penerjemah ketika anda berkomunikasi dengan penduduk setempat atau penjual oleh-oleh.

9. Jangan gunakan travel umroh yang memberikan janji keberangkatan

Jangan menggunakan jasa travel umroh ketika mereka menjanjikan keberangkatan satu atau dua tahun lagi. Hal tersebut memang tidak dapat dibenarkan, sebab umroh bukan haji yang harus mengantri karena banyaknya jamaah yang mendaftar dan adanya batasan kuota haji pada setiap tahunnya. Jadi jika anda dijanjikan keberangkatan satu atau dua tahun lagi, sepatutnya anda mulai curiga dengan kejujuran travel umroh tersebut.

Umroh dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun selama anda dapat melunasi pembayaran paket umroh. Keberangkatan yang terlalu lama dapat beresiko batalnya keberangkatan, jika memang anda bisa berangkat lebih cepat kenapa harus menunggu lama.

10. Hindari travel umroh dengan sistem MLM

Banyak juga travel umroh yang menggunakan sistem MLM, padahal dalam sistem tersebut biasanya calon jemaah akan diminta untuk membayarkan sejumlah uang untuk bergabung.

Jika sudah bergabung, maka calon jemaah juga harus mengajak orang lain untuk bergabung. Jika anda sudah melewati batas untuk mengajak orang bergabung, barulah kemudian anda akan diberangkatkan umroh.

Jika travel umroh anda menggunakan sistem MLM ini, maka sebenarnya sistem ini hanya digunakan untuk keuntungan dari travel tersebut dan tidak memfokuskan pada palayanan jasa yang baik. Di sisi lain banyak juga ulama yang mengharamkan sistem MLM sebab dapat dikatakan menguntungkan satu pihak saja dan pihak lain dirugikan.

Itulah beberapa tips untuk menemukan travel umroh yang bagus dan terpercaya. Pastikan anda benar-benar teliti dalam memiliki travel umroh agar tidak merasa kecewa nantinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here