7 Cara Berpikir Positif Agar Hidup Jadi Lebih Bahagia

7 Cara Berpikir Positif Agar Hidup Jadi Lebih Bahagia
7 Cara Berpikir Positif Agar Hidup Jadi Lebih Bahagia
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Berpikir negatif bisa memberikan dampak buruk bagi kehidupan kita. Jika kita selalu memandang sesuatu dari hal negatif itu akan berdampak negatif juga pada diri kita bahkan berkemungkinan besar untuk mengalami kesedihan, depresi, apatis, kecemasan, ketakutan hingga membuat diri sendiri merasa sangat putus asa.

Percaya atau tidak? bahwa apa yang kita pikirkan juga akan mempengaruhi sesuatu yang sedang kita jalani. Itulah alasannya mengapa kita dianjurkan untuk selalu berpikir positif daripada negatif. Dengan berpikir positif akan membuat hidup kita terasa lebih indah dan bahagia. 

Sayangnya, tidak semua orang selalu menerapkan pikiran positif dalam menjalani kehidupan. Tak jarang, sebagian dari mereka justru selalu memandang sesuatu dari hal negatif. Karena itu penting sekali untuk mulai berpikir positif. Susah berpikir positif? Berikut adalah beberapa tips untuk memulai dan melatih otak agar lebih mudah berpikir positif:

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


1.Fokus Pada Hal Baik

Images by pixabay

Pikiran Anda sangat kuat. Ada baiknya fokuskan kekuatan itu pada hal-hal yang baik. Pikiran Anda menjadi langkah untuk menjalani kehidupan selanjutnya. Pikirkan sesuatu dengan cara yang positif agar membuat kehidupan yang Anda jalani menjadi lebih indah. Sekalipun itu hanyalah sesuatu yang sangat kecil tapi Anda dapat menjadikannya luar biasa dalam hidup.

Fokuslah pada apa yang ingin Anda buat menjadi lebih besar dan bukan pada apa yang ingin Anda hindari. Biarkan pikiran Anda berpusat pada semua yang Anda cintai, hormati, kagumi, dan hargai. Berikan kekuatan positif untuk setiap momen Anda dengan memberikan fokus yang positif pada pikiran Anda.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Mungkin akan ada banyak hal negatif yang bisa mempengaruhi Anda. Itulah mengapa penting untuk secepatnya menempatkan diri Anda kembali ke perspektif positif. Dengan segala cara, atasi hal-hal buruk seperlunya sambil tetap fokus dengan hal-hal baik. Manfaatkan kekuatan mental terbaik yang Anda miliki dengan menjaganya agar tetap mengarah ke arah yang positif.

2.Buka Diri dengan Sedikit Humor

Images by pixabay

Menurut sebuah penelitian menemukan bahwa tertawa mampu menurunkan stres, kecemasan, dan depresi. Selain itu, tertawa juga meningkatkan keterampilan mengatasi, suasana hati, dan harga diri. Mulailah terbuka untuk humor dalam semua kondisi, terutama saat situasi sulit. Biarkan diri Anda tertawa.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Hal ini secara langsung akan meringankan suasana hati dan membuat segala sesuatu tampak lebih ringan. Anda mungkin memahami jika beberapa hari bisa jadi terasa sangat sulit. Selama masa-masa yang paling sulit itu mungkin akan membuat kekhawatiran, kecemasan, frustasi hingga kesedihan.

Anda bisa belajar untuk mengurangi pikiran negatif yang tak berkesudahan. Ya, pikiran itu terkadang membuat Anda tetap terikat pada masalah. Dalam kondisi itulah yang membuat Anda harus terbuka untuk humor dan rasa terima kasih. Biarkan perasaan yang lebih positif dapat mengubah pandangan Anda dan membantu Anda membuat keputusan sesuai dengan tujuan Anda.

3.Berkumpul dengan Orang-orang Positif

Images by pixabay

Hal positif dan negatif terbukti bisa menular. Ada yang mengatakan bahwa baik dan buruknya seseorang tergantung pada teman berkumpulnya. Karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mempertimbangkan orang-orang yang menjadi teman berkumpul Anda dalam keseharian.

Berada di sekitar orang-orang positif telah terbukti meningkatkan harga diri dan meningkatkan peluang Anda untuk mencapai tujuan. Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang positif akan membuat hidup Anda menjadi lebih ceria. Selain itu, Anda dapat lebih memperhatikan hal-hal baik dalam hidup, dan Anda akan menjauh dari hal-hal yang tidak baik dengan hidup Anda.

Mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memiliki pandangan optimis. Itu artinya akan membantu Anda menjalani kehidupan yang penuh dengan kenangan indah. Orang yang positif tidak hanya mengubah perspektif Anda, tetapi juga memiliki kekuatan untuk meningkatkan kesejahteraan Anda dan kualitas hidup secara keseluruhan.

4.Selalu bersyukur dan Berterima Kasih

Images by pixabay

Bersyukur telah terbukti mengurangi stres, meningkatkan harga diri, dan menumbuhkan ketahanan bahkan di masa-masa yang sangat sulit. Jangan lupa mengucapkan terima kasih pada orang yang memberi Anda kenyamanan atau kebahagiaan. Ada banyak manfaat dari bersyukur.

Orang yang secara teratur melatih rasa terima kasih dengan meluangkan waktu untuk memperhatikan dan merenungkan hal-hal yang mereka syukuri mengalami emosi yang lebih positif, merasa lebih hidup, tidur lebih baik, mengekspresikan lebih banyak kasih sayang dan kebaikan bahkan memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat.

5.Belajar Self Talk Positif

Images by pixabay

Terkadang Anda cenderung menjadi yang tersulit pada diri Anda sendiri bahkan menjadi kritikus terburuk pada diri sendiri. Seiring berjalannya waktu, itu dapat menyebabkan Anda membentuk opini negatif tentang diri Anda yang mungkin sulit untuk dihilangkan. Untuk menghentikan ini, Anda harus memperhatikan suara di kepala Anda dan merespons dengan pesan positif, yang juga dikenal sebagai self-talk positif.

Penelitian menunjukkan bahwa perubahan kecil dalam cara Anda berbicara kepada diri sendiri dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengatur perasaan, pikiran, dan perilaku Anda di bawah tekanan. Ini adalah contoh dari self-talk positif: Alih-alih berpikir “Saya sudah gagal dan tidak akan pernah berhasil” cobalah “Saya akan coba lagi dengan cara yang berbedaā€¯

6.Mulailah dengan Hal Positif Setiap Hari

Images by pixabay

Mulailah setiap hari dengan sesuatu yang menggembirakan dan positif. Misalnya Anda mengatakan pada diri Anda bahwa ini akan menjadi hari yang menyenangkan atau penegasan positif lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan lagu atau daftar putar yang bahagia dan positif. Bagikan beberapa hal positif dengan memberikan pujian atau melakukan sesuatu yang baik untuk seseorang.

Jika perlu, dapatkan beberapa informasi positif dalam pikiran Anda saat sarapan. Mulailah hari Anda dengan sesuatu yang tidak membuat Anda tertekan atau membuat Anda merasa tidak berdaya untuk memulai hidup Anda. Anda bisa mencari tambahkan inspirasi dan optimisme dari situs atau blog yang ada di Internet. Setidaknya hal tersebut akan membantu Anda mendapatkan berbagai inspirasi yang akan membangun diri Anda menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

7.Belajar dari Kegagalan

Images by pixabay

Tidak ada manusia yang sempurna begitu juga dengan Anda. Anda mungkin akan membuat kesalahan dan mengalami kegagalan dalam berbagai konteks entah dalam pekerjaan maupun dengan apa yang Anda cita-citakan

Alih-alih berfokus pada bagaimana Anda gagal, pikirkan tentang apa yang akan Anda lakukan di kemudian hari. Ubahlah kegagalan Anda menjadi pelajaran agar Anda bisa berhasil di masa yang akan datang. Tak peduli seberapa sering Anda gagal, Anda masih memiliki banyak kesempatan untuk berhasil.

Itulah beberapa cara berpikir positif yang bisa Anda terapkan dalam keseharian. Siapa saja dapat menerapkan hal tersebut dalam kehidupan untuk meningkatkan sikap positif.  Semakin sering Anda berpikir positif maka semakin besar manfaat yang akan Anda dapatkan. Tetap semangat ya!