Meski Terus Tersakiti, Aku Hanya Ingin Kau Tahu, Aku Masih Ingin Mempertahankan Hubungan ini

Meski Terus Tersakiti
Meski Terus Tersakiti
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Kamu sedang mengalami kisah cinta yang rumit dan bermasalah? Mencari cara mempertahankan hubungan yang hampir putus? Setiap hubungan percintaan memang tidak selalu berjalan mulus, terlebih tanpa adanya konflik atau permasalahan kecil. Sebagai makhluk sosial, permasalahan ini tentu sangat wajar terjadi.

Ada kalanya hubungan ini terjalin begitu manis, namun ada kalanya dilanda masalah. Kondisi tersebut dapat memicu keretakan dalam hubungan jika tidak segera diatasi.

Namun dalam mengatasi masalah ini, tidak bisa hanya mengandalkan satu orang saja. Membina hubungan yang kondisinya hampir di ujung tanduk, haruslah diselesaikan oleh kedua belah pihak.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Tentu semua pasangan menginginkan hubungan yang berakhir baik dan penuh kebahagiaan! Perpisahan menjadi hal yang sangat sulit dijalani, terlebih bagi pasangan yang telah menjalin hubungan cukup lama.

Meski faktanya tidak ada hubungan yang berjalan dengan baik terus. Kamu bisa mempertahankan hubungan dengan cara tepat, meski tanpa menggunakan relationship coach.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


1. Tunjukkan Sikap Peduli

Tunjukkan Sikap Peduli
Photo by HiveBoxx on Unsplash

Hubungan yang terjalin dalam waktu yang cukup lama kerap membuat seseorang melupakan rasa peduli, terutama pada pasangan.

Padahal sikap tersebut justru keliru. Semakin lama suatu hubungan terjalin, harusnya kamu lebih sering memberikan perhatian karena sudah saling mengenal karakternya.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Kamu bisa memberikan perhatian-perhatian kecil yang mungkin saja bisa mengubah keadaan. Misalnya saja seperti membawakan jajan atau makanan favoritnya, memberikan kado, dan lain sebagainya. Sering menunjukkan perhatian pada pasangan akan membuat hubungan kalian kembali hangat.

2. Saling Menjaga Privasi

Menjaga Privasi Pasangan
Photo by Larm Rmah on Unsplash

Sedang bertengkar dan mengumbar-umbar permasalahan di depan teman-temanmu? Mulai dari sekarang, sebaiknya stop kebiasaan tersebut. Karena di luar sana banyak orang yang sering mengumbar-umbar keburukan pasangannya dan akhirnya malah memperkeruh permasalahan.

Menceritakan keburukan pasangan bisa saja membuat perasaannya terluka dan membuatnya ilfil denganmu. Jika masih bisa diselesaikan berdua bersama pasangan, kamu tak perlu menceritakannya pada teman-temanmu.

3. Meluangkan Waktu Bersamanya

Meluangkan Waktu Bersama Pasangan
Photo by PHUOC LE on Unsplash

Kamu dan pasangan memiliki rutinitas masing-masing, sehingga kurang punya quality time bareng? Ketahuilah bahwa menghabiskan waktu bersama-sama. bisa jadi cara mempertahankan hubungan. Ada baiknya kamu meluangkan waktu disela-sela hari untuk sekedar chat atau telepon.

Jika memiliki hari libur, tidak ada salahnya sesekali keluar bersama. Kamu dan pasangan bisa menghabiskan waktu dengan nonton film romantis di bioskop atau makan malam bersama.

Cukup sepele memang. Tapi cara mempertahankan hubungan yang hampir putus ini cukup efektif membuat hubunganmu semakin hangat.

4. Melakukan Pengalaman Baru Bersama-sama

Melakukan Hal-hal Baru Bersama-sama
Photo by Chandra Daru on Unsplash

Hubungan yang mulai terasa membosankan dan begitu-begitu saja, kerap kali menimbulkan konflik. Semakin hari hubungan semakin penuh dengan pertengkaran hebat

Cobalah untuk sesekali melakukan hal atau pengalaman baru bersama pasangan. Misalnya saja mendaki gunung, piknik, ataupun traveling yang tidak pernah kamu lakukan berdua. Siapa tahu kamu bakal merasa lebih dekat dengannya karena emosi mulai berkurang.

5. Tunjukkan Rasa Cinta

Tunjukkan Rasa Cinta
Photo by Crew on Unsplash

Seberapa sering kamu dan pasangan mengatakan ucapan saling mencintai? Sesekali mungkin kamu bisa mengatakannya, tapi tidak perlu setiap waktu. Lebih baik kamu membuktikannya secara nyata dengan melakukan hal-hal yang disukainya.

6. Jangan Ada yang Saling Menyalahkan

jangan-ada yang Saling Menyalahkan
Photo by Elizabeth Tsung on Unsplash

Mudah emosi karena hal kecil dan berujung pertikaian? Ketika sedang dilanda masalah dan suasana hatimu sedang buruk, sebaiknya jangan langsung menyalahkan pasanganmu.

Cobalah untuk selalu menyelesaikan masalah tersebut dengan mencari akar masalahnya. Begitu pula ketika pasanganmu sedang dalam suasana hati tidak baik dan marah padamu.

Jangan kembali memarahinya dan menunjukkan sikap yang sama. Justru sebaliknya, kamu harus meredam emosinya dan tidak saling menyalahkan.

7. Tidak Ingkar Janji

Tidak Ingkar Janji
Photo by Ryan Franco on Unsplash

Apabila kamu sudah menjanjikan suatu hal pada pasangan, maka tepatilah dan jangan ingkar. Menepati janji akan menunjukkan bahwa dirimu adalah tipe pasangan yang setia pada ucapkan.

Sama halnya ketika kalian pernah bertengkar. Jika kamu berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut, berarti kamu benar-benar tidak boleh mengulanginya. Bisa jadi, mengingkarinya akan membuat pasangan malas untuk memperbaiki hubungan denganmu.

8. Jangan Membohonginya Lagi

Jangan Membohonginya Lagi
Photo by Henri Pham on Unsplash

Berlakulah jujur pada orang yang kamu cintai agar tidak membuatnya terluka. Hubungan kalian pun juga akan tetap harmonis tanpa ada kekeruhan yang berujung perpisahan.

Kamu sendiri tentu tidak ingin dibohongi oleh pasanganmu bukan? Ketahuilah bahwa kebohongan kerap menjadi pemicu pertengkaran dan salah paham dalam hubungan.

9. Jadilah Diri Sendiri

jadilah-diri-sendiri
Photo by Henri Pham on Unsplash

Ada kalanya ketika sedang terbawa suasana atau perasaan emosi, kamu berubah menjadi seperti orang lain yang tidak pasanganmu kenali.

Mungkin saja sikapmu ini akan membuat pasangan merasa bahwa dirimu sudah berubah. Padahal dia harus tetap tahu seperti apa karakter aslimu yang sesungguhnya. Jadilah diri sendiri dalam hal apapun, bahkan ketika marah sekalipun.

10. Belajarlah Memaafkan

Belajarlah Memaafkan dan Bersikap Dewasa
Photo by Chiến Phạm on Unsplash

Saling menyalahkan tanpa tahu siapa yang benar-benar melakukan terkadang malah membuat situasi semakin memanas.

Ketahuilah bahwa sebagai manusia kita wajar berbuat salah. Sehingga bila pasanganmu berbuat suatu kesalahan, sebaiknya maafkan dia dan perbaiki hubungan kalian.

Jangan membenci atau sampai tidak ingin berbicara dengannya, di mana sikap ini akan membuat hubungan semakin dingin.

11. Tenangkan Diri

Tenangkan Diri dan Introspeksi Diri
Photo by Apaha Spi on Unsplash

Saat seseorang mengalami masalah dalam hubungannya, tak jarang mereka hanya fokus pada pasangan tanpa memperhatikan dirinya sendiri.

Ketahuilah bahwa memberikan waktu untuk pasangan memang merupakan hal yang harus dilakukan pada sebuah hubungan. Namun bukan berarti sampai menghabiskan waktumu untuk mengurus masalahmu dengannya.

Kamu harus bisa membagi waktu untukmu sendiri dan tenangkan pikiran sejenak. Dengan begini, kamu akan lebih bisa berpikir secara tenang tanpa emosi yang meledak-ledak. Selanjutnya, barulah kamu mengobrolkan masalah tersebut dengan pasangan.

12. Jangan Mengungkit Masalah Lain

Jangan Mengungkit Masalah Lain
Photo by Andrik Langfield on Unsplash

Apakah kamu tipe orang yang ketika sedang marah seringkali mengungkit masalah lain yang tak ada hubungannya?

Jangan mengungkit masalah-masalah yang sudah berlalu jika tidak ingin memperkeruh suasana. Jika kamu merasa permasalahan tersebut tidak perlu diperpanjang, lebih baik tinggalkan dan hentikan perdebatan.

13. Kurangilah Bicara dan Perbanyak Mendengar

Kurangilah Bicara dan Perbanyak Mendengar
Photo by Cody Black on Unsplash

Jangan terlalu dominan saat berkomunikasi dengan pasangan, terutama ketika sedang marahan.

Perbanyaklah mendengarkan keluh kesah dan ceritanya atau sekadar menanyakan seperti apa hari-hari yang dilaluinya. Percayalah! Sikap ini akan membuat hubungan lebih harmonis dan jauh dari pertengkaran hebat.

Meski banyak tantangan dan rintangan, kita berdua harus melalui semuanya bersama agar mencapai tujuan yang diharapkan.

Perlu kamu ketahui, bahwa untuk menyelesaikan masalah dalam suatu hubungan tidak melulu menggunakan amarah. Selesaikan masalah dengan pikiran dingin dan hati yang lembut tanpa emosi maupun keras kepala!