10 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat-makanan-pedas

Belakangan ini makanan pedas menjadi salah satu jenis makanan yang sedang naik daun, bahkan hampir di setiap daerah memiliki gerai makanan pedas dengan aneka menu yang beragam.

Apakah kamu termasuk salah satu pecinta makanan pedas? Jika memang benar tentunya kamu selalu merasa ada kurang ketika makanan yang disajikan tidak menggunakan atau cabai. Namun siapa sangka bahwa makanan pedas juga memiliki begitu banyak dampak bagi kesehatan. Entah itu dampak yang baik ataupun yang buruk.

Kebanyakan orang menganggap bahwa makanan pedas sebagai salah satu makanan yang berbahaya untuk kesehatan, sebab dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti diare ataupun terserangnya maag. Tetapi cukup banyak juga manfaat positif yang diberikan dari makanan pedas untuk kesehatan tubuh, berikut ini adalah manfaat makanan pedas bagi kesehatan tubuh.

1. Mengandung vitamin C

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari makanan pedas adalah vitamin C yang cukup tinggi. Hampir semua makanan yang pedas terbuat dari cabai yang memiliki beberapa kandungan baik dan salah satunya adalah vitamin C.

Manfaat yang diperoleh dari vitamin C sendiri sebenarnya cukup banyak, selain bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan menguatkan daya tahan tubuh, ternyata juga bisa digunakan untuk meningkatkan kecantikan kulit anda. Jadi mengkonsumsi makanan pedas sebenarnya juga menguntungkan tetapi jangan terlalu banyak.

2. Mengandung vitamin A

Seperti yang sudah dituliskan bahwa di dalam makanan pedas terkandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh, selain vitamin C ternyata ada juga vitamin A.

Bahkan kandungan vitamin A yang ada di makanan pedas ternyata lebih besar daripada kandungan vitamin A yang ada di dalam sayur wortel. Tentu saja hal tersebut dapat berdampak untuk kesehatan kamu sebab vitamin A bermanfaat untuk menjaga stamina dan kesehatan mata anda.

3. Memperbaiki mood

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang suka berubah-ubah kondisi moodnya? Jika memang benar, maka kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan pedas. Manfaat dari makanan pedas lainnya adalah membantu memperbaiki mood. Di dalam makanan pedas ada beberapa kandungan nutrisi yang akan mempengaruhi hormon sehingga mood akan berubah menjadi lebih baik.

4. Menurunkan berat badan

Beberapa orang yang memiliki masalah berat badan terkadang merasa stress untuk bisa membuat berat badan mereka menjadi ideal. Salah satu langkah yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi makanan pedas. Makanan pedas yang kamu makan ternyata akan membantu meningkatkan kerja metabolise sehingga berat badan kamu akan berkurang.

Tetapi tidak hanya membantu melancarkan metabolisme saja, senyawa utama yang ada di dalam cabai juga memiliki efek termogenik yang akan membantu membakar kalori lebih banyak lagi. Namun sekalipun kamu ingin membuat berat badan turun dengan cepat, kamu tidak perlu mengkonsumsi terlalu banyak cabe sebab dapat memberikan dampak yang kurang sehat bagi tubuh.

5. Menyehatkan jantung

Sampai detik ini banyak sekali orang yang mengganggap bahwa makanan pedas dapat berdampak buruk bagi kesehatan, hal tersebut tidak bisa disalah sepenuhnya, sebab jika kamu tidak dapat mengontrol kadar makanan pedas atau terlalu banyak makanan pedas, maka banyak masalah pencernaan yang akan menyerang kesehatan anda.

Tetapi manfaat makanan pedas sebenarnya cukup banyak dan bisa digunakan untuk mencegah penyakit serangan jantung. Ada sebuah penelitian, dimana seseorang yang mengkonsumsi makanan pedas lebih kecil resikonya terserang penyakit jantung, dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak mengkonsumsi makanan pedas. Hal ini juga bisa jadi solusi bagi kamu yang ingin memiliki jantung sehat tanpa masalah.

6. Mengatasi gejala flu

Flu termasuk salah satu penyakit yang sering menyerang dan memberikan rasa yang kurang nyaman. Manfaat makanan pedas berikutnya adalah mengatasi gejala flu dengan cepat. Sensasi pedas dan panas yang diberikan memang dapat membuat lendir yang ada di dalam tenggorokan dan hidung mencair dan bisa dikeluarkan dengan mudah.

Jika semua lendir bisa dikeluarkan, maka akan mudah untuk mengatasi penyakit flu yang menyerang. Maka dari itu tidak sedikit orang yang mengkonsumsi makanan pedas ketika merasa mereka akan terserang penyakit flu.

7. Memperbaiki fungsi pencernaan

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang sering memiliki masalah dengan pencernaan? Salah satu manfaat makanan pedas lainnya adalah membantu melancarkan pencernaan anda. Kandungan yang dimiliki oleh cabai ternyata dapat mendorong kotoran yang sulit keluar sehingga pencernaan kamu menjadi lebih lancar lagi.

Pencernaan yang lancar dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit yang menyerang. Tetapi ingat batasan mengkonsumsi makanan pedas, sebab jika terlalu berlebihan maka bisa mengakibatkan efek buruk seperti diare.

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui Orang

8. Mencegah parkinson

Sudah pernah dengar tentang penyakit Parkinson? Penyakit ini menyerang sistem saraf pusat sehingga sering mengalami tremor dan kesulitan bergerak. Nah, makanan pedas ternyata juga bisa membantu mencegah penyakit ini menyerang. Tetapi makanan pedas yang digunakan bukanlah cabai melainkan lada. Jadi kamu bisa menggunakan lada pada beberapa masakan kamu untuk membantu mencegah penyakit Parkinson.

9. Melancarkan pernafasan

Cukup banyak manfaat dari makanan pedas yang bisa dirasakan, salah satunya bisa digunakan untuk melancarkan pernafasan. Sensasi pedas dan beberapa kandungan yang ada didalam makanan pedas dapat membantu melancarkan pernafasan, sehingga kamu akan terhindar dari beberapa masalah seperti hidung tersumbat dan lain sebagainya.

10. Mengandung kalsium

Tubuh kita membutuhkan beberapa nutrisi untuk memaksimalkan proses kerja dari organ tubuh. Dari banyaknya nutrisi yang dibutuhkan, kalsium adalah salah satu jenisnya. Kalsium sendiri akan membantu kepadatan tulang dan gigi agar lebih baik lagi. Selain susu, ternyata makanan pedas juga bisa memberikan asupan kalsium pada tubuh sehingga tulang dan gigi kamu bisa terjaga kepadatannya.

Tidak hanya 10 manfaat makanan pedas di atas ternyata masih banyak lagi manfaat yang diberikan oleh makanan pedas seperti menurunkan tekanan darah, mengandung fosfor, menstimulasi otak, mengobati perut kembung,  sebagai antioksidan,  menghaluskan kulit,  dan masih banyak lagi manfaat yang bisa dirasakan dari makanan pedas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here