12 Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan dan Kehidupan Sehari-Hari

manfaat-tersenyum

Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi hal yang diinginkan banyak orang. Banyak cara yang dilakukan agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit, mulai dari mengkonsumsi asupan yang bergizi, olahraga, atau melakukan berbagai macam terapi khusus. Tetapi hal tersebut tidak akan lengkap dan sempurna jika anda tidak tahu bagaimana cara tersenyum dan menikmati hidup dengan bahagia.

Banyak orang yang mengira bahwa senyum yang sedang dilakukan atau ditunjukkan merupakan respon tidak sadar terhadap beberapa hal yang membuat senang atau tertawa.

Padahal sebenarnya senyum merupakan sebuah respon sadar yang dilakukan dengan kesadaran penuh. Dan perlu anda ketahui, senyum dan tertawa memberikan banyak manfaat dalam kesehatan. Berikut ini manfaat tersenyum bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari.

1. Mengurangi rasa sakit

Hal pertama yang bisa dirasakan dari tersenyum ataupun tertawa adalah mengurangi rasa sakit. Hal tersebut dikarenakan ketika anda tersenyum maka tubuh akan mengeluarkan endorphin, serotonin, dan dopamine untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Senyawa-senyawa tersebut akan bekerja agar anda selalu berpikiran positif dan dapat juga digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah yang ada pada tubuh seperti rasa nyeri pada otot ataupun sakit kepala. Manfaat senyum yang satu ini membuat hormone endorphin bekerja dan membantu meminimalkan rasa nyeri yang ada pada tubuh.

2. Menciptakan pikiran positif

Memiliki pikiran yang positif memang menjadi hal yang sangat penting bagi manusia, selain menghindarkan diri dari stress ternyata pikiran positif juga bisa membuat hidup anda menjadi lebih bahagia. Nah, salah satu cara menciptakan pikiran yang positif bisa dengan selalu tersenyum dan tertawa.

Ketika suasana hati anda sedang buruk maka cobalah untuk mengatasinya dengan tersenyum. Hal tersebut akan membantu anda menciptakan perasaan yang lebih baik sekalipun meringankan masalah sedang menimpa anda. Pikiran positif bisa didapatkan karena ketika anda sedang tersenyum maka ada dorongan di dalam otak yang membuat menjadi memikirkan hal-hal yang baik dan mensyukuri apa yang masih anda miliki.

3. Memperlambat tanda penuaan pada wajah

Beberapa wanita demi mendapatkan kulit wajah yang terbebas dari keriput kerap melakukan beberapa perawatan yang mahal, padahal hanya dengan tersenyum juga bisa membantu memperlambat munculnya keriput. Sebuah penelitian mengatakan bahwa senyuman yang diberikan dengan tulus akan mengangkat otot-otot wajah dan membuat anda tampak lebih muda dari usia yang sebenarnya.

Sebenarnya dibandingkan dengan tersenyum, ekspresi cemberut justru membutuhkan usaha yang jauh lebih keras. Keriput yang ada di kening akan memberikan tanda bahwa orang tersebut sering marah dan sering mengerutkan dahi. Lalu jika anda masih suka menekuk bibir ke bawah maka akan meninggalkan bekas keriput dan garis pada pipi, bibir, dan dagu. Hal tersebut tentunya akan membuat kulit wajah anda terlihat lebih tua.

Ketika seseorang mencoba untuk cemberut maka otot akan membutuhkan tenaga yang lebih banyak. Ada sekitar 43 otot yang bekerja ketika anda sedang cemberut. Berbeda lagi dengan tersenyum yang sangat mudah untuk dilakukan dan hanya membutuhkan 17 otot. Otot yang terlalu sering tegang ketika sedang cemberut akan mempercepat munculnya keriput yang ada pada wajah.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sangat banyak dampak yang diberikan senyuman untuk kesehatan, salah satunya bisa membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Kekebalan tubuh sangat dibutuhkan agar kita tidak mudah terserang penyakit. Ketika anda sedang tersenyum maka sistem imun yang ada di dalam tubuh akan naik lebih tinggi sehingga anda bisa lebih rileks.

Tidak hanya membantu meningkatkan kekebalan tubuh lebih baik tetapi juga bisa membuat tekanan darah anda lebih rendah dibandingkan biasanya, hal ini tentunya sangat dibutuhkan bagi anda yang terserang penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Anda hanya perlu tersenyum selama satu menit dan memikirkan hal-hal yang positif agar tekanan darah lebih stabil.

5. Membantu meredakan stress

Tekanan pekerjaan dalam aktivitas sehari-hari sangat rentang membuat anda menjadi stress. Banyak dampak negatif yang diberikan ketika stress, mulai dari gangguan pencernaan, insomnia, dan beberapa penyakit lainnya. Ketika sedang memiliki tekanan atau sedang merasa stress maka anda bisa mencoba meredakannya dengan tersenyum.

Baca Juga: 14 Cara Mengatasi Insomnia Untuk Kualitas dan Kuantitas Tidur Lebih Baik

Ketika stress sel-sel saraf yang ada di dalam tubuh akan tegang karena beban yang sedang dirasakan dan tubuh akan mengeluarkan aura yang negatif. Tersenyum adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk memberikan sinyal yang baik bagi tubuh dan meredakan sel-sel yang tegang agar lebih rileks.

Untuk membantu lebih efektif anda bisa mendengarkan beberapa musik, memikirkan hal-hal yang positif sembari tersenyum maka perlahan-lahan stress bisa menghilang dan anda menjadi lebih tenang.

6. Menjaga kesehatan mental

Selain stress, terkadang gangguan mental yang lainnya juga bisa datang menyerang seperti depresi dan lain sebagainya. Penyebabnya biasanya adanya tekanan yang ada di sekitar kita, entah dari lingkungan rumah, pekerjaan, bahkan sekolah. Tidak banyak orang yang tahu bahwa untuk tetap menjaga kesehatan mental maka anda bisa mencoba untuk selalu tersenyum.

Orang yang mudah tersenyum dan tertawa akan mudah menetralkan segala emosi negatif yang ada di dalam kehidupan. Beberapa orang yang suka bercanda dan menggunakan humornya sebagai ajang bercanda merupakan upaya untuk menjadi pribadi yang lebih positif sehingga beberapa masalah stress, atau kerap merasa kesepian tidak lagi dirasakan.

Jika anda memang tidak bisa menggunakan humor untuk membuat orang lain tertawa maka cukup mendengarkan humor dari orang lain agar tetap bisa tertawa dan menikmati hidup.

Baca Juga: 14 Cara Menguatkan Mental Diri Sendiri Dalam Menghadapi Tantangan

7. Menurunkan tekan darah

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari tersenyum adalah menurunkan tekanan darah. Ketika anda sedang tersenyum rasanya seperti mengaktifkan pesan saraf untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan tersenyum maka pelepasan neuropeptida akan bekerja dan akhirnya melawan stress yang sedang dirasakan.

Neuropeptida sendiri merupakan sebuah molekul kecil yang akan memungkinkan neuron untuk berkomunikasi. Bahkan molekul tersebut juga dapat mengirimkan pesan ke suluruh tubuh ketika anda bahagia, marah, sedih, atau bahkan tertekan dan bersemangat.

Sedangkan neurotransmiter seperti serotonin, endorphin, dan dopamine akan dilepaskan ketika senyuman menyinari wajah anda. Tidak akan membuat tubuh anda merasa rileks saja tetapi hal tersebut juga bisa menurunkan detak jantung dan membuat tekanan darah menjadi lebih rendah dan stabil. Tersenyum dan tertawa memang benar-benar dibutuhkan seseorang yang memiliki riwayat darah tinggi agar tetap selalu merasa tenang.

8. Menyehatkan jantung

Manfaat tersenyum bisa membantu menyehatkan jantung anda karena adanya beberapa pelepasan hormon yang membuat detak jantung anda lebih tenang. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan ketika seseorang sedang tertawa maka produksi oksigen yanga ada dalam peredaran darahnya juga meningkatkan.

Tentu saja hal ini dapat membantu kerja jantung menjadi lebih maksimal untuk memompakan darah dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu tetapi hal tersebut juga diikuti dengan pelepasan endofrin yang akan membantu menangkal pikiran negatif. Jadi tidak hanya membuat jantung anda sehat saja tetapi pikiran anda juga akan merasa lebih tenang.

9. Menyehatkan paru-paru

Manfaat tersenyum selanjutnya adalah dapat menyehatkan paru-paru. Ketika tertawa maka paru-paru akan mengembang dan terisi dengan oksigen yang lebih banyak.

Hal tersebut akan membantu paru-paru anda untuk memompa darah yang kaya oksigen dan membuat beberapa organ tubuh lainnya juga ikut merasakan dampak sehatnya. Selain paru-paru anda lebih sehat lagi, ternyata juga bisa membuat paru-paru menjadi lebih bersih.

10. Lebih kreatif

Manfaat dari tersenyum selanjutnya adalah bisa membantu anda agar menjadi lebih kreatif. Ada sebuah studi yang mengungkapkan bahwa ketika seseorang mudah untuk tersenyum maka dapat membantu mengatasi masalah secara kreatif dan komprehensif dibandingkan dengan seseorang yang berpikiran negatif.

Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan sebab dopamin neurotransmitter juga terlibat di dalam proses belajar dan membuat keputusan sebab seseorang lebih merasa tenang dan bahagia. Jadi jika anda sedang memiliki masalah maka cobalah untuk menanangkan diri dengan tersenyum agar anda mendapatkan beberapa solusi yang membantu dalam menyelesaikan masalah tersebut.

11. Bisa membuat semakin dipercaya

Selain untuk kesehatan ternyata manfaat senyuman juga berfungsi agar diri anda lebih bisa dipercaya oleh orang lain. Ketika anda sedang bertemu dengan beberapa orang baru maka pastikan untuk memulainya dengan tersenyum. Selain sangat nyaman untuk dipandang juga membuat orang lain lebih menaruh perhatiannya kepada anda.

Manfaat tersenyum bisa membuat anda dipandang sebagai pribadi yang tulus, santai, dan juga handal dalam beberapa aktivitas dan pekerjaan. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa melihat seseorang yang tersenyum akan membantu mengaktifkan orbitofrontal cortex yang merupakan wilayah di otak untuk memproses sensorik.

Ketika seseorang tersenyum kepada anda sebenarnya anda lebih merasa untuk dihargai. Selain itu orang yang tersenyum secara teratur juga tampak lebih percaya diri jika dibandingkan dengan orang yang suka mengerutkan dahi. Jika anda sudah bisa dilihat berpenampilan menarik dan percaya diri maka kesempatan untuk membuat orang lain percaya dengan anda juga lebih besar.

12. Merangsang orang lain untuk tersenyum

Tersenyum memang dibutuhkan untuk meringankan segala yang terjadi dalam hidup kita dan membuat kita kerap berpikiran positif. Selain itu ternyata tersenyum juga membantu merangsang orang lain agar tersenyum juga.

Ketika anda tersenyum maka ada aura positif yang diberikan dan membuat mood seseorang menjadi lebih baik, sehingga akan membalas senyum yang sudah kita berikan. Misalnya saja anda sering menyapa beberapa orang dalam perjalanan menuju kantor sembari tersenyum, secara tidak langsung orang tersebut pasti juga akan menerima sapaan anda dan tersenyum dengan anda.

Itulah beberapa informasi yang dapat diberikan seputar manfaat tersenyum yang ternyata cukup besar. Jangan terlalu sulit tersenyum sekalipun pada hal-hal yang sepele. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here