7 Bisnis di Daerah Tempat Wisata yang Paling Menguntungkan Bisa Kamu Coba!

Bila anda tinggal di daerah pariwisata dan berencana inginmembuat usaha, ada banyak bisnis yang cocok di tempat wisata yang bisa andabuka. Bahkan bisnis di bidang pariwitsata merupakan salah satu bisnis yangsangat menggiurkan dengan prospek yang sangat cerah selama beberapa tahunkedepan.

Mengingat belakangan ini, perkembangan industri pariwisata di Indonesia tengah sangat digencarkan. Hal ini bisa anda lihat dengan banyaknya kota wisata baru yang muncul, banyaknya tempat-tempat wisata baru, dan banyaknya turis dari luar negeri yang bukan hanya berkunjung ke Bali saja, namun juga ke seluruh Indonesia.

Selain itu, bila anda tinggal di daerah pariwisata, pastianda juga sadar bahwa kini setiap hari libur tempat wisata tidak pernah sepidikunjungi oleh wisatawan domestik. Oleh karena itu, anda perlu memanfaatkanmomen ini untuk membuat bisnis yang berhubungan dengan pariwisata.

Untuk anda yang sudah berencana ingin membuat usaha di bidang wisata atau yang berhubungan dengan pariwisata, berikut ini rekomendasi usaha yang bisa anda buka di kawasan pariwisata.

1. Villa atau Hotel

Bisnis pertama yang cocok untuk dibuka di daerah pariwisataadalah menyewakan villa atau hotel. Sebab tentunya tiap wisatawan, khususnyayang datang dari daerah yang jauh, akan membutuhkan tempat untuk beristirahatdan menginap di tempat wisata.

Nah, disinilah anda bisa memanfaatkannya dengan menyediakanhotel atau villa. Perbedaan antara hotel dengan villa adalah umumnya hoteldibangun dengan ukuran yang lebih luas dan kamar yang lebih banyak.

Sedangkan villa biasanya memiliki kamar yang lebih sedikitdan lebih cocok untuk dibangun di daerah wisata dataran tinggi. Sebab wisatawanbisa lebih merasakan suasana dingin dataran tinggi di villa dibandingkan dihotel.

Baca Juga: 9 Cara Memilih Hotel Ternyaman Saat Liburan, Hemat dan Sesuai Budget!

2. Homestay

Baik villa, hotel, maupun homestay sebenarnya sama-samamerupakan bisnis yang berhubungan dengan penginapan. Perbedaannya adalah darisegi ukuran dan kelengkapan fitur atau layanan. Nah, untuk homestay ini bisadibilang menjadi bisnis penginapan dengan modal paling kecil dan ukuran yangjuga paling kecil daripada villa dan hotel.

Sebab homestay biasanya merupakan rumah warga yang disewakansebagai tempat beristirahat atau menginap. Sehingga ukuran bangunan yangdisewakan sebesar rumah itu sendiri.

Biasanya homestay juga disewakan dengan perhitungan perjamatau setengah hari. Jadi di siang hari, homestay ini bisa digunakan untuktempat wisatawan beristirahat sejenak ketika terkena macet atau lelah daritempat wisata. Dan di malam hari bangunan yang sama bisa digunakan olehwisatawan yang berbeda untuk bermalam.

3. Rental Mobil danMotor

Bila anda tinggal di daerah wisata yang jarang dituju menggunakan mobil pribadi, seperti Lombok, Bali, Pangandaran, Borobudur, dan daerah wisata lain yang biasanya dikunjungi wisatawan melalui pesawat atau kereta, membuka bisnis rental mobil dan motor adalah salah satu usaha yang sangat potensial.

Sebab pastinya wisatawan membutuhkan kendaraan untukberkeliling daerah sekitar tempat wisata tujuannya. Dan terkadang banyakwisatawan yang tidak ingin menggunakan kendaraan umum untuk ke tempat yangjaraknnya tidak terlalu jauh.

Oleh karena itu, anda bisa menyediakan mobil untuk disewakanbaik per hari, maupun per minggu. Anda juga bisa melakukan pemasaran bisnisrental mobil melalui online. Sehingga semakin banyak wisatawan yang mengetahuibisnis anda tersebut.

Namun, jangan lupa gunakan alat keamanan agar mencegah mobilanda dibawa kabur oleh oknum yang tidak bertanggung jawab atau hal-hal yangtidak diinginkan lainnya.

4. Tour Guide danTranslator

Bisnis di daerah wisata yang menguntungkan berikutnya adalahmembuka usaha tour guide dan translator. Usaha seperti ini tentunya lebih cocokuntuk dibuka di daerah yang dikunjungi banyak wisatawan international aliasdari luar negeri.

Modal utama untuk menjadi tour guide adalah memahami tempatwisata dengan baik. Oleh karena itu, anda bisa mempekerjakan warga-warga lokaluntuk menjadi karyawan di usaha anda.

Sedangkan untuk menjadi translator anda membutuhkan modalfasih berbahasa inggris atau bahasa asing lainnya. Dan biasanya, translator inilebih cocok untuk dibuka di daerah tempat wisata bersejarah atau tempat wisatapendidikan seperti museum, marga satwa, dan sebagainya.

5. Bisnis PulsaElektrik dan Kuota Internet

Seperti yang sudah kita semua sadari, internet dansmartphone merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan masyarakatIndonesia saat ini. Termasuk juga ketika sedang berlibur. Bahkan, kuotainternet semakin dibutuhkan ketika sedang berwisata untuk mengupload foto danvideo ke media sosial.

Oleh karena itu, membuka warung pulsa dan kuota internet merupakansalah satu lahan bisnis yang sangat menguntungkan. Sebab anda bukan hanya bisamenargetkan pasar untuk para wisatawan, namun juga warga lokal yang kehabisankuota.

Dan kini, membuka bisnis pulsa elektrik tidak membutuhkanmodal yang begitu besar. Sebab sudah banyak aplikasi yang menyediakan layananpulsa dan kuota sebagai media anda berjualan.

6. Berjualan Oleh-Olehdan Makanan Khas

Bisnis yang berikutnya adalah berjualan oleh-oleh danmakanan khas dari daerah tempat wisata tersebut. Misalnya di Jogja, anda bisamembuat bisnis jualan gudek dan bakpia. Atau di Palembang, anda bisa membuatbisnis berjualan pempek, kemplang, dan lain-lain.

Hal ini dikarenakan wisata kuliner merupakan salah satudestinasi paling wajib untuk para wisatawan domestik. Sebab pastinya wisatawanakan merasa lapar ketika sudah berkunjung ke tempat wisata. Dan umumnya,wisatawan penasaran dengan makanan khas lokal di tempat wisata yang merekakunjungi.

Anda juga bisa menjual makanan kemasan sebagai oleh-oleh dan buah tangan. Buatlah kemasan yang menarik agar pembeli semakin penasaran dengan produk dagangan anda. Selain itu, buatlah juga branding agar pelanggan selalu mengingat produk Anda ketika berada di tempat wisata tersebut.

7. Bisnis Fotografi

Dan bisnis yang terakhir yang cocok untuk dibuka di daerahwisata adalah membuka bisnis fotografi. Untuk bisnis yang satu ini andamembutuhkan modal yang cukup besar. Baik dari skill maupun peralatan yangdibutuhkan.

Namun bisnis fotografi juga bisa memberikan profit yang tidak kalah besar dari bisnis-bisnis lainnya. Dan yang bagusnya lagi, bisnis ini bisa anda jalani sebagai sampingan alias bisnis freelance. Sehingga sangat cocok untuk anda yang masih kuliah atau pelajar untuk mendapatkan uang tambahan.

Bisnis fotografi umumnya dibuat atas dasar hobi dan kegemaran pada fotografi. Selain untuk mencari uang, bisnis ini juga bisa memperluas networking anda dan membuka peluang pekerjaan lain seperti menjadi weeding photographer, nature photographer, dan pekerjaan fotografi professional lainnya.

Nah demikianlah beberapa bisnis di daerah wisata yang palingmenguntungkan dan mudah untuk dijalani. Bila anda tinggal di daerah destinasiwisata, khususnya di dataran tinggi, anda perlu memanfaatkan hal tersebutsebagai peluang membuka bisnis baru dan mendapatkan lebih banyak keuntungan.Selain itu, anda juga berpeluang membuka lebih banyak lapangan pekerjaan danmembantu warga lokal mendapatkan pekerjaan.

Leave a Comment