11 Tips Liburan Sendirian yang Aman dan Menyenangkan

tips-liburan-sendirian

Bagi sebagian orang, bepergian ke suatu tempat bisa jadi hal yang dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan stress akibat lelahnya bekerja seharian. Banyak orang yang memilih untuk pergi liburan sendirian karena hal tersebut bisa membuat liburan mereka menjadi sangat nyaman karena tidak ada yang mengganggu.

Selain itu, kita menjadi lebih bebas ketika jalan-jalan tanpa pendamping. kamu tidak perlu repot berselisih pendapat dengan rombongan apabila rencana perjalanan kalian tidak sesuai. kamu bisa bebas bermain sampai sore ataupun malam hari sesuai dengan keinginan Anda.

Memang terlihat lebih menyenangkan ketika berwisata sendirian. Namun, dibalik rasa nyaman saat traveling sendiri, kamu harus mempersiapkan semuanya dengan serius. kamu perlu tahu tips liburan sendirian supaya kamu tetap merasa aman dan tidak kesepian. Apa saja tipsnya? Langsung saja kita bahas selengkapnya.

1. Jangan Lupa Riset Daerah Tujuan

Sebelum kamu memulai untuk berangkat jalan-jalan, alangkah lebih baik kamu mencari tahu seputar informasi harga kebutuhan di sekitar tempat wisata tujuan. Apabila kamu berencana menginap, kamu bisa mencari informasi seputar harga penginapan di daerah tersebut.

Tujuannya adalah supaya kamu dapat tahu berapa harga yang pas untuk suatu penginapan di tempat tersebut, dan kamu bisa mendapatkan tempat penginapan yang cocok dengan harga terbaik sesuai dengan dana yang kamu miliki.

Selain itu, sebaiknya kamu juga mencari informasi seputar harga tiket perjalanan menuju daerah tujuan. kamu bisa cari semua informasi hanya dengan menggunakan internet. kamu juga perlu untuk mencari tahu informasi seputar tempat-tempat di sekitar lokasi tujuan tersebut.

Kamu bisa mencari tempat-tempat yang sekiranya penting untuk kamu kunjungi, seperti tempat makan, tempat wisata, minimarket, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu tidak perlu kebingungan mencari tempat saat sudah sampai tujuan.

Kamu juga bisa bertanya kepada teman atau seseorang yang kamu kenal yang pernah berlibur ke tempat yang sama. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan informasi yang lebih akurat daripada melalui internet.

Baca Juga: 7 Aplikasi yang Berguna saat Traveling ke Luar Negeri

2. Jangan Pernah Beritahu Orang Lain

Apabila ada orang jahat yang tahu bahwa kamu sedang bepergian sendirian, pasti mereka memiliki niat yang tidak baik terhadap kamu. Maka dari itu, sebaiknya kamu tidak perlu memberitahukan kepada orang yang belum terlalu dekat bahwa kamu akan berlibur sendiri.

Apabila ada orang yang belum kamu percaya bertanya, kamu bisa jawab akan berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Jangan pernah beritahukan kepada mereka bahwa kamu akan travelling sendirian.

Namun, kamu harus memberitahukan kepada orang yang sudah kamu percaya, seperti orang tua, keluarga, ataupun kekasih tercinta apabila kamu akan bepergian sendiri. Dengan begitu, mereka akan dapat memantau keadaanmu.

Jangan pernah membuat mereka khawatir. kamu harus sering-sering memberi kabar kepada mereka untuk mengobati rasa khawatir yang mereka alami.

3. Buatlah Anggaran Keuangan Liburan Anda

Setelah mengetahui informasi seputar harga di daerah tujuan, sekarang kamu perlu membuat rancangan anggaran keuangan liburan. kamu perlu menulis berapa biaya yang akan kamu keluarkan untuk menyewa tempat penginapan, mengunjungi tempat wisata, transportasi, makan, dan kebutuhan lain.

Sebaiknya, buatlah rancangan anggaran dengan detail dan serius. Jangan sampai anggaran yang kamu buat salah. Karena, hal tersebut dapat mempengaruhi jumlah uang yang akan kamu bawa. Bisa-bisa, uang yang kamu bawa kurang karena anggaran biaya yang kamu buat salah.

Dengan membuat anggaran keuangan, kamu bisa tahu berapa uang yang akan kamu keluarkan. Jadi, kamu bisa mengontrol keuangan dan lebih berhemat. Selain itu, buatlah rancangan waktu, seperti berapa lama di perjalanan, berapa lama kamu di tempat wisata, dan lain-lain.

4. Pisahkan Uang Tunai dan Kartu Penting

Tips liburan sendirian yang selanjutnya adalah dengan memisahkan uang tunai dan kartu-kartu penting. Saat bepergian jauh, sebaiknya kamu memisahkan kedua benda tersebut ke dalam tas ataupun tempat lain yang sekiranya aman dan jangan masukkan ke dalam dompet.

Tujuannya adalah apabila dompet kamu hilang, kamu masih memiliki cadangan uang yang bisa digunakan dan kartu-kartu penting kamu seperti ATM, KTP, dan kartu lainnya tidak mudah hilang.

Karena, apabila kartu-kartu penting kamu hilang, maka akan membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak untuk mengurusnya. Tentunya, kamu tidak ingin kan repot mengurus surat kehilangan kartu hanya karena kesalahan kamu sendiri.

5. Bawalah Barang Seperlunya Saja

Saat kamu bepergian sendiri, tidak ada orang yang akan membantu kamu membawa barang bawaan. Maka dari itu, kamu harus membawa barang seperlunya saja dan janganlah membawa barang yang tidak diperlukan.

Hal itu membuat tas kamu menjadi semakin berat dan kamu akan semakin keberatan membawa barang-barang kamu sendiri. Walaupun kamu akan menginap lama di daerah tujuan, sebaiknya kamu jangan membawa pakaian dalam jumlah yang banyak.

Kamu bisa membawa pakaian dalam jumlah seminggu pakai. Jadi, jika pakaian kamu sudah kotor, langsung cuci pakaian tersebut dan jemur. Jika cuacanya sedang bagus, pakaian kamu pasti akan cepat kering esok hari.

Namun, apabila kamu hanya menginap beberapa hari saja, kamu bisa membawa travel vacuum bag yang berguna untuk memisahkan pakaian kotor dengan pakaian bersih. Selain itu, apabila kamu membawa barang banyak, kamu akan terlihat seperti wisatawan.

Banyak orang yang ketika melihat wisatawan, timbul niatan jahat untuk menipu para wisatawan dengan menipu atau memberi harga tinggi. Tentunya kamu tidak ingin kan hal tersebut terjadi kepada kamu sendiri?

6. Bawalah Barang yang kamu Suka

Kamu suka membaca? kamu bisa membawa buku apabila kamu suka membaca. Atau kamu suka mendengarkan musik? kamu juga bisa menyiapkan daftar musik favorit pada smartphone kamu. Pada saat kamu berlibur, pasti kamu akan mengalami rasa bosan ataupun kesepian.

Nah, dengan membawa barang yang kamu suka, kamu bisa memainkannya pada saat rasa bosan melanda. Dengan begitu, liburan kamu akan tetap menyenangkan dan kamu tetap merasa nyaman walaupun liburan sendiri.

Baca Juga: 13 Tips Solo Traveling Yang Aman Dan Menyenangkan

7. Selalu Waspada Terhadap Orang Asing

Tidak semua orang yang kamu temui merupakan orang baik. Jangan terlalu mudah percaya kepada orang lain, apalagi jika orang tersebut baru saja kamu kenal dan belum terlalu dekat denganmu. kamu tetap harus selalu waspada terhadap orang asing.

Bukan berarti kamu harus menjadi orang yang sombong dan tidak mau bertegur sapa dengan orang lain. kamu tetap harus ramah, namun jangan pernah langsung percaya apa yang orang lain katakan. kamu tetap harus menentukan keputusan untuk melakukan sesuatu.

Jangan karena tidak enak atau kasihan, kamu mengiyakan perkataan mereka. kamu harus menggunakan naluri dan intusi kamu sendiri. Orang lain boleh mengeluarkan pendapat, namun kamu yang harus menentukan keputusan berdasarkan pemikiran kamu sendiri.

Jangan biarkan perkataan orang lain menguasai diri Anda. Walaupun kamu adalah seorang wisatawan, kamu tetap jangan mudah percaya dengan orang lain.

8. Memilih Tempat Penginapan

Tempat penginapan merupakan unsur yang sangat penting bagi kamu yang ingin bepergian dengan waktu yang cukup lama. Tips traveling yang satu ini tidak bisa kamu remehkan begitu saja. Ketika kamu memutuskan untuk menyewa tempat penginapan, pastikan tempat penginapan yang sesuai dengan dana Anda.

Akan sangat lebih baik apabila kamu memilih tempat penginapan yang lokasinya tidak jauh dengan tempat makan ataupun tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Dengan begitu, kamu tidak akan repot jika akan berwisata ataupun mencari makan.

Jika terpaksa tidak bisa, sebaiknya kamu cari tempat penginapan yang memiliki akses transportasi yang mudah. Jadi, kamu bisa langsung naik kendaraan apabila sudah keluar dari tempat penginapan. kamu bisa menyewa hostel apabila ingin tidur dalam satu ruangan dengan para wisatawan lain.

Jika kamu ingin liburan sedikit berbeda pada umumnya, kamu bisa mencoba couchsurfing. Bagi kamu yang belum tahu apa itu couchsurfing, penjelasan singkatnya adalah kita akan bertemu dengan wisatawan lain yang bertempat tinggal di daerah situ dan wisatawan tersebut menyediakan tempat penginapan gratis sementara untuk kita.

Melalui couchsurfing inilah kamu dapat menjalin silaturahmi dengan penduduk daerah tersebut. Selain itu, kamu juga dapat berjalan-jalan ditemani dengan tour guide yang sudah berpengalaman, yaitu tuan rumah sendiri.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Hotel Untuk Liburan yang Nyaman dan Terbaik

9. Catat Nomor Penting di Kertas

Saat bepergian sendiri, kamu sangat disarankan untuk mencatat beberapa nomor penting seperti nomor polisi dan rumah sakit. Mungkin terdengar remeh, namun nomor tersebut akan berguna bagi kamu apabila terjadi apa-apa.

Selain itu, kamu juga diharuskan untuk mencatat nomor orang terdekat kamu pada kertas lalu disimpan di tempat yang aman. Dengan begitu, orang akan lebih mudah untuk menghubungi orang terdekat kamu apabila ada kejadian menimpa Anda.

10. Jangan Lupa Foto-foto

Mumpung kamu masih bepergian sendiri, kamu bisa mengabadikan momen indah yang kamu lakukan. kamu bisa bebas selfie dan anggap tidak ada orang yang melihat. Dengan begitu, kamu punya pengalaman berlibur yang terabadikan melalui foto. Orang lain juga dapat melihat perjalanan kamu yang begitu menyenangkan.

11. Bawa Bekal Makanan

Apabila kamu liburan sendiri, sangat dianjurkan untuk membawa bekal makanan supaya kamu tidak lapar ketika dalam perjalanan. Jadi, ketika kamu sudah lapar, kamu tidak perlu repot-repot mencari tempat makan.

Kamu bisa makan makanan yang kamu bawa dan mencari tempat makan ketika kamu sudah tidak lelah ataupun ketika kamu sudah sampai di tujuan. Dengan begitu, kamu tidak perlu membuang waktu dan tenaga hanya untuk mencari makan.

Selain itu, hal tersebut juga mampu menghemat pengeluaran. Makanan yang kamu bawa sebaiknya yang mengandung karbohidrat. kamu bisa membawa nasi dan lauk-pauk. Namun, apabila kamu malas membawa nasi, kamu juga bisa membawa roti supaya lebih ringkas.

Nah, itulah 11 tips liburan sendirian yang perlu kamu perhatikan sebagai seorang solo traveler. Saat ini, berwisata sendirian masih dianggap berbahaya bagi sebagian besar orang. Namun, apabila kamu memiliki persiapan yang cukup, bepergian sendiri akan menjadi perjalanan yang sangat menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here