11 Tips Traveling Saat Menstruasi Supaya Perjalanan Tetap Nyaman

berlibur-ke-pantai-min

Saat menstruasi merupakan saat yang cukup merepotkan bagi wanita. Ketika menstruasi, banyak aktivitas wanita yang menjadi terganggu akibat menstruasi. Itulah mengapa wanita menjadi sedikit lebih ribet dan rewel dibanding biasanya saat datang bulan terjadi.

Pada saat masa datang bulan ini, mood para wanita juga pasti akan terganggu. Akibatnya, mereka akan lebih mudah marah dan tersinggung. Selain itu, para perempuan juga biasanya merasa lebih lemas, lesu, dan tidak bersemangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Perasaan perempuan saat ini memang mudah sekali berubah. Terkadang bisa sedih, bahagia, marah, dan lain-lain. Hal tersebut pasti sangat menyiksa bagi para perempuan yang mengalami datang bulan. Bagi perempuan normal, datang bulan tidak bisa dihindari.

Mau tidak mau, setiap wanita normal harus mengalami hal ini. Apalagi jika kamu sudah merancang dan menentukan tanggal kapan kamu akan traveling dan liburan, namun pada hari keberangkatan kamu mengalami menstruasi, tentunya hal itu sangat menjengkelkan, bukan.

Ketika sudah seperti itu, jangan buru-buru memutuskan untuk tetap di rumah dan membatalkan rencana berlibur kamu yang telah dirancang dengan penuh semangat. kamu masih bisa menikmati liburan walaupun kamu lagi menstruasi.

Ada beberapa tips traveling saat menstruasi yang bisa kamu lakukan supaya liburan kamu tetap menyenangkan walaupun kamu berada pada masa datang bulan. Apa saja tipsnya? Langsung saja kita bahas.

1. Harus Banyak Minum Air Mineral

Pada saat menstruasi, kamu pasti mengeluarkan banyak sekali cairan. Maka dari itu, kamu perlu untuk mengganti cairan tersebut dengan banyak minum air mineral. Apalagi pada saat traveling, pasti kamu akan mengeluarkan banyak cairan berupa keringat.

Kamu harus ekstra dalam mengganti cairan yang hilang. kamu perlu banyak asupan cairan untuk menghindari banyak darah yang hilang. Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi air putih yang cukup, rasa nyeri pada perut akibat datang bulan pun akan semakin berkurang.

Selain itu, dengan rutin minum air putih, stabilitas tubuh akan semakin terjaga dan organ-organ pada tubuh akan berfungsi dengan baik. Bagi seorang traveller wanita yang sedang menstruasi, sangat penting untuk rutin minum air putih supaya tubuh tetap stabil dengan baik.

2. Bawa Lebih Dari Satu Jenis Pembalut

Biasanya, pada tiga hari pertama menstruasi, kamu akan mengeluarkan darah dengan volume yang cukup banyak. Pada tiga hari pertama ini, kamu bisa menggunakan pembalut yang memiliki ukuran panjang dan memiliki sayap.

Mengapa harus begitu? Tujuannya, supaya darah yang keluar dari area intim kamu tidak bocor dan keluar dari pembalut karena jumlahnya cukup banyak. Karena pembalut yang panjang dan bersayap memiliki kemampuan lebih untuk menampung darah menstruasi yang jumlahnya banyak.

Ketika kamu sudah menginjak hari keempat, kamu bisa mengganti pembalut yang berukuran panjang dan bersayap dengan pembalut yang lebih pendek. Itu karena darah yang keluar pada hari keempat sudah tidak sebanyak tiga hari pertama.

Volume darah yang keluar mulai dari hari keempat dapat ditampung oleh pembalut yang memiliki ukuran kecil. Jadi, kamu tidak perlu menggunakan pembalut yang berukuran panjang dan bersayap lagi. Dengan begitu, kamu akan lebih nyaman dan tidak repot dalam bepergian.

Selain itu, pastikan kamu membawa pembalut yang cukup untuk menampung darah yang keluar selama kamu traveling. Takutnya, ketika berada di perjalanan dan kamu tidak membawa pembalut yang cukup, kamu akan susah untuk menemukan tempat yang menjual pembalut.

3. Jangan Pernah Lupa Bawa Tisu Ekstra

Pada saat memasuki masa datang bulan, kulit wanita akan menjadi lebih sensitif terhadap segala hal. Di saat kamu traveling ke suatu tempat, tempat tersebut tidak selalu menyediakan toilet umum yang kebersihannya terjaga untuk Anda.

Maka dari itu, kamu perlu selalu sedia payung sebelum hujan. kamu harus membawa tisu ekstra yang bertujuan untuk mengeringkan area kewanitaan setelah selesai buang air.

Karena tentunya sangat tidak nyaman bagi kamu untuk beraktivitas dalam kondisi area kewanitaan yang lembab ataupun basah, apalagi pada saat menstruasi.

4. Lebih Baik Pakai Bawahan yang Berwarna Gelap

Tips traveling saat menstruasi yang ini biasanya sangat diperhatikan oleh para wanita. Pada siklus tertentu, wanita kerap dibuat khawatir apabila darah yang keluar cukup banyak. Apabila pembalut tidak sanggup menampung lagi, maka bisa saja “bocor” dan sampai tembus ke pakaian.

Apabila kamu menggunakan pakaian yang terang, darah  tersebut pasti akan terlihat dengan jelas. Tentunya, kamu tidak ingin kan hal  tersebut dilihat oleh orang lain.

Dengan menggunakan pakaian yang gelap pada saat menstruasi, darah yang bocor tersebut akan lebih samar untuk terlihat. Jadi, kamu tidak perlu khawatir apabila kamu benar-benar terpaksa bocor. Noda darah tersebut akan sulit untuk dilihat dengan sekilas oleh orang-orang di sekitar Anda.

5. Tentukan Destinasi Wisata yang Tepat Bagi Anda

Pada saat menstruasi, alangkah baiknya kamu menentukan tujuan wisata yang tidak memerlukan kegiatan yang berat dan menguras banyak tenaga. Itu karena, apabila kamu melakukan kegiatan berat pada saat menstruasi, maka kadar darah yang keluar akan semakin banyak.

Anda bisa memilih destinasi wisata seperti berkunjung ke museum, ke mall, atau tempat-tempat lainnya. Usahakan untuk tidak melakukan kegiatan yang berat selama traveling.

6. Jangan Lupa Bawa Obat untuk Meredakan Nyeri

Anda pasti kerap merasakan nyeri pada saat menstruasi. Hal itu sangat wajar dan sering dialami oleh hampir seluruh perempuan yang sedang berada dalam masa haid.  Tentunya, rasa sakit dan nyeri yang kamu alami sangat mengganggu aktivitas traveling.

Kamu pasti kurang menikmati petualangan apabila rasa sakit pada perut kamu tak kunjung hilang. Maka dari itu, sangat disarankan bagi kamu untuk selalu membawa obat untuk meredakan rasa nyeri yang kamu alami.

Kamu dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri pada saat rasa nyeri itu datang. Dengan begitu, rasa nyeri akan hilang dan kamu akan dapat menikmati liburan.

6. Rutin Berolahraga Sebelum Traveling

Tentunya, rasa sakit dan pegal pada tubuh bukanlah suatu hal yang asing bagi kamu ketika sedang mengalami menstruasi. Solusinya, dengan rutin melakukan olahraga dan stretching pada pagi hari setelah bangun tidur ataupun malam hari sebelum kamu tidur.

Dengan rutin melakukan olahraga ataupun stretching setiap hari pada pagi ataupun malam hari, maka rasa nyeri dan pegal-pegal yang kerap menghampiri tubuh kamu ketika sedang menstruasi akan hilang secara perlahan.

Dengan begitu, aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan tentunya tidak akan terganggu walaupun kamu sedang mengalami datang bulan. kamu juga dapat tetap menikmati liburan dengan nyaman tanpa ada gangguan seperti pada umumnya.

7. Perhatikan Makanan Anda

Pada saat menstruasi, kamu akan mengeluarkan banyak darah. Akibatnya, zat besi pada tubuh juga ikut keluar. kamu perlu asupan zat besi yang cukup untuk mengganti zat besi yang hilang.

Apabila asupan zat besi kamu kurang tercukupi, maka kamu akan mengalami anemia sehingga tubuh kamu akan menjadi mudah lemas. Maka dari itu, kamu perlu mengatur pola makan dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Contoh makanan yang mengandung zat besi antara lain yaitu: daging, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran. kamu perlu rutin mengkonsumsi makanan di atas supaya tubuh kamu tidak lemas dan juga terhindar dari anemia.

Kamu juga sebaiknya mengurangi makanan yang mengandung lemak. Itu karena makanan mengandung lemak dapat mempengaruhi hormon esterogen pada tubuh sehingga akan berakibat juga pada menstruasi Anda.

Baca Juga: 12 Tips Traveling Untuk Perempuan Supaya Tetap Aman dan Nyaman

8. Disarankan Untuk Membawa Coklat

Pada saat datang bulan, perasaan kamu pasti labil dan mudah berubah. Terkadang, kamu bisa tiba-tiba merasa sedih ataupun marah tanpa alasan .Tentunya, keadaan tersebut sangat tidak nyaman bagi kamu dan bagi orang di sekitar yang menjadi sasaran amukan kamu.

Maka dari itu, solusinya adalah dengan membawa coklat untuk menemani liburan. kamu perlu rutin mengkonsumsi coklat pada saat perjalanan. Itu karena coklat sangat dipercaya untuk memperbaiki mood kamu yang tidak baik.

Coklat dapat membuat kamu menjadi bahagia dan membantu melupakan masalah. kamu akan lebih rileks ketika memakan coklat. Dengan begitu, perjalanan kamu akan lebih nyaman dan menyenangkan.

9. Pilih Celana Dalam yang Cocok

Tips traveling saat menstruasi yang selanjutnya adalah dengan memilih celana dalam yang cocok. Pada saat menstruasi, kulit kamu akan menjadi lebih sensitif dari biasanya. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan dengan betul pemilihan celana dalam yang akan kamu gunakan. Sebaiknya, kamu memilih celana dalam yang memiliki sifat mudah menyerap keringat.

Itu karena pada saat menstruasi, kulit di sekitar area intim akan menjadi lebih lembab dan mudah berkeringat. Tentunya, kamu akan mengalami iritasi apabila celana dalam yang kamu gunakan tidak mudah menyerap keringat.

Selain itu, pilihlah celana dalam yang tidak terlalu sempit karena dapat membuat kamu tidak nyaman. Jangan juga memilih celana dalam yang terlalu longgar karena dapat membuat pembalut mudah untuk bergeser.

10. Kompres Dengan Air Hangat

Apabila kamu masih merasakan nyeri pada perut, kamu dapat mencoba mengompres perut dengan air hangat. Hal itu bisa mengurangi rasa nyeri yang kamu alami akibat menstruasi. kamu bisa lakukan pada saat rasa nyeri itu datang ataupun saat menjelang tidur.

Nah, itulah 11 tips traveling saat menstruasi yang perlu kamu coba untuk membuat perjalanan liburan kamu semakin asyik dan menyenangkan. Menstruasi bukanlah halangan bagi kamu untuk melakukan kegiatan sehari-hari atau bahkan berlibur. Jangan sampai kegiatan yang telah kamu rencanakan harus dibatalkan hanya karena kamu menstruasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here