5 Tips Menjaga Kesehatan Bagi Pecinta Makanan Pedas

makanan-pedas

Bagi orang Indonesia, siapa yang tidak suka makanan pedas? Selain enak dikonsumsi, makanan pedas juga ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Namun sekalipun memberikan manfaat yang cukup banyak ternyata makanan pedas juga bisa menyebabkan diare dan juga penyakit maag.

Hal tersebut akan terjadi ketika anda terlalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan pedas. Lantas bagaimana cara menjaga kesehatan bagi orang yang suka mengkonsumsi makanan pedas?  Berikut ini tips menjaga kesehatan bagi pecinta makanan pedas.

1. Hindari makan pedas ketika perut kosong

Bagi beberapa orang yang suka sekali makan makanan pedas, rasanya memang kurang lengkap ketika tidak mengkonsumsi makanan pedas.  Namun untuk tetap menjaga kesehatan perut dan saluran pencernaan kamu, maka ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas ketika perut kosong.

Hal ini dikarenakan perut kamu akan kaget ketika langsung mengkonsumsi makanan pedas.  Akibatnya asam lambung bisa naik dan bisa saja penyakit maag menyerang.  Maka dari itu jika memang kamu ingin makan makanan pedas, pastikan perut kamu sudah terisi terlebih dahulu. Dalam beberapa kasus ketika mengkonsumsi makanan pedas pada perut kosong ternyata dapat menyebabkan maasalah pencernaan dan masalah lambung menjadi lebih sensitif.

2. Perhatikan porsi makan

Selanjutnya hal yang harus dijaga untuk membuat pencernaan sehat ketika makan pedas adalah menjaga porsi makan. Memang bagi beberapa orang makanan pedas dapat membuat selera makan menjadi lebih meningkat.

Hal tersebut terkadang dapat membuat kita lupa memperhatikan porsi makanan pedas. Oleh karena itu untuk kamu yang memiliki riwayat gangguan di pencernaan, sangat penting memperhatikan porsi makanan pedas. Jangan sampai hal tersebut justru membuat perut kamu menjadi sakit karena terlalu pedas.

Tidak hanya yang memiliki riwayat gangguan pencernaan saja,  bahkan untuk kamu yang dalam keadaan sehat juga harus memperhatikan porsi makanan pedas. Sebab segala hal yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Jika ingin makan pedas maka makanlah secukupnya saja, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu pedas.

Baca Juga: 10 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

3. Jangan makan pedas sebelum tidur

Apakah kamu termasuk orang yang suka makan sebelum tidur?  Sebenarnya makan sebelum tidur memiliki dampak bagi kesehatan kamu apalagi jika kamu makan itu adalah makanan yang pedas.

Mengkonsumsi makanan pedas sebelum tidur akan memberikan dampak gangguan pencernaan, dan jika ini terjadi ketika sedang tidur tentu akan membuat waktu istirahat kamu menjadi tidak nyaman. Tidak hanya itu tetapi senyawa capsaicin juga bisa mempengaruhi suhu tubuh saat kamu tidur.

Makanan pedas yang dikonsumsi sebelum tidur bisa meningkatkan produksi asam lambung semakin meningkat, sehingga isi perut bisa naik menuju kerongkongan ketika sedang berbaring. Jika kamu benar-benar ingin makan pedas di malam hari, maka makanlah 3 jam sebelum jam tidur agar tidak mengganggu kenyamanan tidur.

4. Konsumsi susu setelah makan pedas

Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan bagi pecinta makanan pedas adalah selalu mengkonsumsi susu setelah makan. Senyawa capsaicin di dalam cabai akan mengaktifkan zat P yang akan memicu rasa nyeri, rasa terbakar pada lidah, dan masalah pada saluran pencernaan. Sayangnya air tidak bisa mengurangi rasa pedas sebab senyawa capsaicin berbahan dasar minyak. Untuk mengganti air cobalah minum susu setelah makan pedas.

Protein kasein yang ada di dalam susu ternyata mampu mengikat capsaicin dan membuat rasa pedas dan sensasi panas berkurang. Selain menghilangkan sensasi panas yang ada dimulut ternyata juga bisa mendinginkan saluran pencernaan. Untuk itu ada baiknya mengkonsumsi susu setelah makan makanan pedas.

5. Gosok gigi setelah makan pedas

Gosok gigi setelah mengkonsumsi makanan pedas sangatlah dianjurkan,  selain bisa membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi ternyata gosok gigi setelah makan pedas juga bisa menghilangkan sensasi panas pada mulut. senyawa Capsaicin akan hilang ketika kamu menggosok gigi dan kandungan di dalam pasta gigi bisa mendinginkan sensasi mulut yang terbakar karena makanan pedas. Jika rasa pedas dapat dihilangkan dengan cepat maka kamu bisa nyaman kembali melakukan aktivitas.

Itulah beberapa tips agar kesehatan tetap terjaga selama mangkonsumsi makanan pedas. Bagi kamu yang suka dengan makanan pedas maka pastikan untuk menghindari beberapa hal yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan seperti mengkonsumsi makanan pedas yang terlalu banyak. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here