in

Bosan Jadi Pekerja Kantoran, Begini Cara Membuat Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses

Bosan Jadi Pekerja Kantoran, Begini Cara Membuat Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses

Beberapa tahun belakangan, bisnis online tengah ramai dibicarakan masyarakat Indonesia hingga banyak orang yang mencari cara memulai bisnis online dari nol. Bagaimana tidak, beredar banyak kabar soal pebisnis online yang bisa menghasilkan puluhan juta per bulan tanpa perlu keluar rumah.

Bahkan menurut kabar yang pada saat itu dibicarakan, para pebisnis online tidak perlu keluar dari pekerjaan utamanya untuk menjalankan bisnis. Cukup dengan menjadikan bisnis online sebagai bisnis sampingan dan mereka tetap mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Sebenarnya, semua kabar ini tidak sepenuhnya salah juga. Memang benar bisnis online bisa membuat anda menghasilkan banyak uang tanpa perlu keluar rumah. Tetapi semua itu tidak bisa dicapai dengan sekejap mata.

Ada banyak proses yang harus anda lalui sebelum bisnis online anda bisa menghasilkan dan menjadi pemasukan yang menjanjikan.

Langkah pertama untuk bisa menghasillkan banyak uang dari bisnis online tentunya adalah dengan memulai bisnis tersebut. Tetapi untuk anda yang masih bingung bagaimana caranya, berikut ini adalah 8 langkah cara memulai bisnis online dari nol yang bisa anda ikuti.

1. Tentukan Bisnis Yang Ingin Anda Jalankan

Tentukan Bisnis Yang Ingin Anda Jalankan
Photo by pexels

Bisnis online sebenarnya ada banyak jenisnya. Mulai dari membuat toko online, dropshipper, reseller, website designer, survey online, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih salah satu dari semua jenis bisnis online yang ingin anda jalani.

Kenapa hanya pilih satu? Sebab anda perlu memfokuskan perkembangan satu bisnis dahulu sebelum memulai bisnis yang lain. Bila semua jenis bisnis anda lakukan, mungkin anda bisa mendapat keuntungan lebih cepat. Tetapi tenaga anda yang terkuras tentu lebih banyak pula.

Selain itu, menjalani banyak bisnis online secara bersamaan membuat tiap bisnis anda lebih sulit berkembang. Sehingga penghasilan anda akan stuck dalam angka yang sama dalam jangka panjang.

2. Siapkan Bahan Untuk Menjalani Bisnis

Siapkan Bahan Untuk Menjalani Bisnis
Photo by pexels

Cara memulai bisnis online dari nol yang berikutnya adalah dengan mempersiapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk menjalani bisnis. Seperti contohnya bila anda ingin membuat toko online, anda perlu mempersiapkan produk-produknya yang ingin dijual.

Bila anda ingin membuat bisnis web desain, anda perlu mempersiapkan skill dan software yang digunakan untuk membuat desain website tersebut.

Dan jangan lupa, karena semua aspek dalam bisnis ini dilakukan secara online, anda membutuhkan koneksi internet yang mumpuni. Setidaknya jaringan internet yang lancar untuk sekedar membuka media sosial dan browsing. Sebab nantinya, anda akan sangat membutuhkan kedua hal tersebut.

3. Mulai Bisnis Online

Mulai Bisnis Online
Photo by pexels

Setelah semua persiapan sudah dilakukan, kini waktunya memulai bisnis online yang asli. Anda bisa memulai dengan cara membuat nama pada bisnis online, dan mulai mencari pelanggan anda yang pertama.

Untuk mencari pelanggan secara online, anda bisa memanfaatkan marketplace dan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lain-lain. Selain karena sudah terkenal, ketiga marketplace tersebut juga sudah terjamin tingkat keamanan transaksinya. Sehingga anda tidak perlu takut ditipu oleh calon pembeli maupun oleh pihak marketplace.

4. Beriklan Di Media Sosial

Beriklan Di Media Sosial
Photo by pexels

Langkah selanjutnya dalam cara memulai bisnis online dari nol adalah dengan beriklan di media sosial. Baik itu Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, hingga Youtube. Atau bila anda ingin berbisnis online di bidang internet marketing, anda juga bisa beriklan di LinkedIn.

Langkah ini dilakukan bukan hanya agar bisnis online anda terlihat professional. Tetapi juga agar bisnis anda bisa menjangkau lebih banyak orang lagi.

Mengingat anda tidak akan beriklan secara offline seperti menyewa baliho atau memasang banner di pinggir jalan, media sosial adalah tempat yang akan menggantikan semua cara itu. Dan semua metode beriklan di media sosial bisa anda lakukan secara gratis tanpa perlu mengeluarkan uang jika akun anda sudah memiliki banyak pengikut. Namun jika belum, anda bisa beriklan dengan sistem ads di media sosial yang tentunya membutuhkan uang.

5. Mulai Cari Partner atau Asisten

Mulai Cari Partner atau Asisten
Photo by pexels

Untuk mempercepat perkembangan bisnis online anda, anda juga bisa mencari orang lain sebagai partner maupun sebagai asisten yang membantu anda mengurus bisnis.

Sebab bila bisnis anda mulai berkembang, anda tidak akan bisa mengatasi semua konsumen sendirian. Setidaknya anda membutuhkan satu orang tenaga bantuan untuk sekedar menjadi customer service yang mengani pertanyaan-pertanyaan calon pembeli. Jadi tugas anda hanyalah menyiapkan produk yang akan dikirim kepada pembeli dan para customer dari bisnis online anda.

6. Pelajari Cara Packaging Yang Benar

Pelajari Cara Packaging Yang Benar
Photo by pexels

Cara memulai bisnis online dari nol yang berikutnya adalah dengan mempelajari cara mengemas barang atau packaging yang benar. Sebab packaging akan menjadi penilaian pertama customer anda terhadap barang yang anda jual.

Pelajarilah bagaimana caranya menggunakan bubble wrap agar bisa melindungi produk yang anda kirim tanpa perlu boros karena penggunaan yang tidak efektif seperti terlalu banyak. Atau pelajari bagaimana cara membungkus produk anda agar terlihat menarik di mata pelanggan.

Mempelajari tentang packaging bukan hanya perlu dilakukan oleh mereka yang memiliki bisnis online dengan produk fisik. Bila bisnis anda menjual produk digital, anda juga perlu belajar bagaimana caranya mengemas produk agar semakin menarik lagi.

7. Buat Akun Whatsapp atau Contact Person Khusus

Buat Akun Whatsapp atau Contact Person Khusus
Photo by pexels

Karena bisnis yang anda jalani ini dilakukan secara online, anda tidak akan bertemu langsung dengan pelanggan anda. Tetapi, satu-atunya jalur komunikasi anda dengan calon pembeli adalah melalui media sosial, salah satunya Whatsapp.

Anda mungkin bisa mencampurkan contact person bisnis anda dengan nomor Whatsapp yang anda gunakan sehari-hari. Tetapi, hal ini biasanya akan membuat bingung dan anda susah mendata mana kontak pelanggan dan mana kontak kerabat.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk anda membuat contact person khusus untuk bisnis anda. Kini, Whatsapp juga sudah menyediakan akun Whatsapp Bisnis khusus yang bisa anda gunakan sebagai contact person.

8. Konsisten

bisnis yang Konsisten
Photo by pexels

Yang terakhir adalah anda perlu menjalani bisnis online ini dengan kosisten. Jangan hanya menjalankan bisnis karena ikut-ikutan tren atau karena dipaksa orang lain. Sebab hasilnya tidak akan bertahan lama untuk bisnis anda.

Meskipun hanya berupa bisnis sampingan, anda perlu menjalai bisnis online ini dengan penuh tanggung jawab. Oleh karena itu, anda perlu membagi waktu dengan baik antara pekerjaan utama dan bisnis online.

Dengan begitu, bisnis online anda bisa terus berkembang menjadi lebih besar. Tidak menutup kemungkinan nantinya bisnis online anda hanya di handle oleh para karyawan anda saja. Sedangkan anda tetap fokus dengan pekerjaan utama yang dari awal sudah anda jalani.

Cara memulai bisnis online memang terlihat begitu sulit dan penuh tantangan. Tetapi memang inilah hal-hal yang perlu anda lewati untuk bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis tanpa keluar rumah.

Sebenarnya kunci dari cara memulai bisnis online dari nol adalah niat dan keinginan. Sebab semuanya akan anda pelajari nanti sembari bisnis berjalan.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *