in

6 Cara Efektif Menggunakan Kartu Kredit yang Bijak

Kartu Kredit

Bagi kebanyakan orang, kartu kredit menjadi sumber biang kerok masalah. Tapi tidak semua beranggapan sama seperti itu, asal anda cerdas dan tahu bagaimana cara efektif me-manage penggunaannya secara lebih hati-hati.

Yang jadi permasalahannya adalah ketika anda tidak bisa membayar hutang. Meskipun anda memiliki belasan kartu kredit, tapi anda pandai memanfaatkannya, kartu kredit itu bisa menjadi modal yang sangat menguntungkan untuk aset anda kedepannya.

Karena itu, sebelum anda memiliki kartu kredit, analisa dulu kelebihan dan kekurangan menggunakan kartu kredit. Setidaknya anda bisa mengurangsi resiko gagal bayar, yang akan membuat anda menjadi stress akibat masalah tersebut. Setelah anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya, anda pasang strategi menggunakan kartu kredit agar anda tidak terbeban dengan tagihan kartu kredit beserta bunga dan biaya-biayanya yang lain.

KELEBIHAN KARTU KREDIT

Yang jelas dengan menggunakan kartu kredit anda tidak perlu repot untuk membawa uang tunai. Hanya dengan sebuah kartu, anda bisa bertransaksi tanpa repot membawa uang tunai secara praktis, aman, nyaman, dan tentu saja cepat, karena hanya tinggal gesek, tanpa perlu repot menghitung uang dan kembalian.

Kartu kredit memudahkan anda untuk melakukan transaksi secara online seperti pembelian tiket pesawat, kereta, kapal, pemesanan hotel, dan berbagai macam produk di toko-toko online yang tersebar di Internet.

Transaksi jual beli pun menjadi sangat mudah hanya dengan memberikan nomor kartu kredit yang anda miliki pada aplikasi pemesanan atau pembayarannya. Selain itu pembelian menggunakan kartu kredit sering menawarkan promo diskon sehingga anda mendapatkan harga yang lebih murah dibanding dengan pembelian secara offline.

Banyak pembayaran yang bisa dilakukan dengan kartu kredit seperti tagihan telepon, listrik, BPJS, Asuransi, dan lain sebagainya dengan cara pendebetan langsung ke kartunya, sehingga anda tidak perlu khawatir terlambat membayar tagihan melewati tanggal jatuh temponya.

Perlu dicatat, kartu kredit memang bukan dana darurat, tapi disaat terdesak kartu kredit bisa digunakan seperti untuk membayar biaya masuk rumah sakit, apabila tiba-tiba anda sakit atau kecelakaan tapi sedang tidak memegang uang cash.

Perkembangan kartu kredit banyak meluaskan jaringan merchant dari bank penerbit kartu kredit itu sendiri. Sehingga sebagai konsumen anda juga bisa menikmati promo-promo yang ditawarkan oleh merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit tersebut saat bertransaksi, dengan begitu anda bisa menghemat pengeluaran.

Selain itu pihak penerbit kartu kredit biasanya suka memberikan reward program bagi pengguna kartu kreditnya, sehingga menambah keuntungannya lagi.

Nasabah kartu kredit semakin dimanjakan dengan fasilitas exclusive seperti lounge di Bandara sambil menunggu jadwal boarding menikmati makanan dan minuman yang disediakan dalam ruangan yang nyaman. Begitu juga dengan tersedianya Asuransi Ketidaknyamanan selama perjalanan untuk beberapa kartu kredit, sehingga anda bisa menikmati banyak kelebihan-kelebihan dengan memiliki kartu kredit.

Kalau history pembayaran kartu kredit anda baik, tidak pernah menunggak, apalagi pembayaran selalu full payment, akan memudahkan anda mendapatkan kartu kredit lain dari banyak bank penerbit kartu kredit.

Selain itu akan memudahkan anda mendapatkan jenis pinjaman lain, seperti Kredit Tanpa Agunan, KKB, KPR, atau bentuk pinjaman lainnya.

Namun anda juga harus berhati kalau anda memiliki record buruk dalam pembayarannya, akan sangat mempersulit anda memperoleh pinjaman dari sumber mana saja. Karena itu disiplinlah untuk membayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo pembayaran dan usahakan full payment agar tidak terbeban biaya bunga.

KEKURANGAN KARTU KREDIT

Inget ya kartu kredit tidak sama dengan ATM, jadi jangan sembarangan tarik uang di ATM meskipun itu bisa, karena biaya penarikannya lumayan tinggi, sekitar 3% per sekali tarik.

Kartu kredit sebaiknya tidak digunakan dalam kondisi keadaan darurat. Kalaupun terpaksa menggunakannya sebagai dana darurat, sebagai contoh untuk masuk rumah sakit. Pastikan anda memiliki tabungan yang bisa digunakan untuk membayar tagihannya

Jangan sampai anda terbebani pada saat jatuh tempo termasuk bunga yang terkandung di dalamnya. Apalagi anda terbiasa membayar minimum payment, bunganya sangat tinggi sekitar 36% – 48% per tahun. Jadi daripada buat bayar bunga kartu kredit sebaiknya buat nyicil KPR. Pertimbangkan itu!

Dalam kartu kredit tidak hanya biaya bunga yang terkandung di dalamnya, namun banyak biaya yang sebaiknya anda pertimbangkan sebelum memilikinya,

Seperti biaya iuran tahunan, biaya penarikan tunai, biaya administrasi, biaya keterlambatan, biaya overlimit, biaya pergantian kartu baik karena rusak atau hilang, biaya permintaan salinan lembar pemberitahuan tagihan, dan masih banyak biaya lain yang tergantung di dalamnya.

Satu lagi, karena penyalahgunaan dengan kartu kredit sangat rentan terjadi, jangan mudah memberikan nomor kartu kredit sembarangan. Karena akan sangat mudah disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sebaiknya untuk transaksi online, pastikan bahwa transaksi yang anda lakukan aman! Kalau anda khawatir, sebaiknya bertransaksi pada toko online yang sudah cukup terkenal dan besar.

Baca Juga: 3 Cara Hidup Damai Dengan Hutang yang Perlu Kamu Tahu

TIPS MENGGUNAKAN KARTU KREDIT

Di atas sudah dijelaskan apa-apa saja kekurangan dan kelebihan kartu kredit. Agar anda bisa memaksimalkan penggunaan kartu kredit dan mengurangi pengeluaran kartu kredit yang bisa berakibat membuat anda terjebak pada hutang. Ada beberapa tips dan cara  yang bisa anda ikuti, berikut diantaranya:

1. Limit

Sebaiknya pilih limit kartu kredit yang tidak terlalu besar atau maksimal 3x gaji anda. Semakin tinggi limit kartu kredit, godaannya semakin besar untuk menggeseknya. Apalagi anda termasuk orang boros yang tidak bisa menahan godaan berbelanja hanya karena lapar mata.

2. Hindari Banyak Kartu Kredit

Jangan memiliki kartu kredit yang terlalu banyak. Apalagi dengan godaan promo pada saat apply. Usahakan anda hanya memiliki satu kredit saja tidak lebih. Hal ini akan mencegah anda pada jebakan gali lobang tutup lobang dengan kartu kredit yang lain.

3. Hanya Beli yang Dibutuhkan

Jangan menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan konsumtif, seperti makan di restoran. Kecuali memang ada promo yang menawarkan diskon harga sehingga harganya lebih murah dari pembayaran cash atau ATM. Tapi pastikan segera bayar tagihannya full payment.

4. Minimum Payment

Hindari pembayaran tagihan kartu kredit secara minimum payment, karena uang anda akan habis hanya untuk membayar bunganya saja yang sangat tinggi. Sehingga anda akan merasa hutang tidak selesai-selesai.

5. Pembayaran Bunga

Ketika anda sudah masuk dalam perangkap hutang kartu kredit, sebaiknya lunasi kartu kredit yang berbunga besar dahulu. Setelah lunas, lanjutkan dengan melunasi kartu kredit yang berbunga besar yang selanjutnya, dan seterusnya…

6. Jangan hindari debt colector

Ketika and sudah merasa tidak mampu dan berat membayar tagihan kartu kredit, jangan menghindari debt collector. Datanglah ke bank penerbit kartu kredit untuk meminta keringanan pembayaran.

Bernegosiasilah dengan mereka.Setiap bank penerbit kartu kredit memiliki peraturan yang berbeda-beda, ada yang bisa memberikan cicilan ringan dan tetap sampai jangka waktu yang lumayan panjang, ada juga yang bisa memberikan potongan diskon tapi dengan jangka waktu cicilan yang pendek.

Carilah solusi yang sekiranya tidak memberatkan anda, daripada harus lari dari kejaran debt collector kartu kredit.