9 Cara Memilih Hotel Ternyaman Saat Liburan, Hemat dan Sesuai Budget!

Cara Memilih Hotel Ternyaman

Salah satu hal yang ikut menentukan kenyaman ketika sedang berlibur ialah akomodasi. Kebanyakan orang memilih hotel sebagai tempat penginapan yang paling nyaman bagi mereka. Yah, hal ini memang tidak bisa dibohongi, karena fasilitas hotel memang jauh lebih nyaman dibandingkan dengan penginapan lain.

Meskipun begitu, kamu tetap harus selektif dalam memilih hotel. Karena masih banyak pula dari mereka yang booking hotel secara online, dan ternyata keadaan hotel tidak sesuai dengan ekspektasi. Jadi kamu memerlukan adanya beberapa trik dalam memilih hotel untuk liburan kamu.

Bagaimanapun, hotel tidak hanya menjadi tempat untuk tidur, namun juga menjadi salah satu hal yang memberikan kesan liburan untuk kamu. Nah, jika kamu benar-benar ingin memilih hotel untuk akan kamu tinggali selama berlibur, sebaiknya simak dulu tips dan cara memilih hotel ternyaman di bawah ini!

1. Sesuaikan Harga dengan Budget yang Dimiliki

Memilih hotel mewah memang menjadi impian setiap orang. Akan tetapi, hotel mewah biasanya memiliki tarif yang lebih mahal. Jadi, sebelum kamu memesan hotel, alangkah baiknya menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Karena masih ada banyak harga yang masih terjangkau yang ditawarkan beberapa hotel lainnya.

Jangan pernah memaksakan diri untuk mendapatkan hotel yang mewah namun merusak keseimbangan dana untuk kebutuhan traveling lainnya. Jadi, pandai-pandailah dalam memilih hotel yang sesuai dengan budget. Jika kamu cerdik dalam memilih, maka walaupun dengan harga yang murah kamu akan tetap mendapatkan hotel yang bagus.

2. Pertimbangkan Lokasi Hotel

Mensurvei lokasi hotel yang akan kamu tinggali juga penting. Mengapa? Karena lokasi hotel juga berpengaruh terhadap biaya yang akan kamu habiskan. Pada umumnya, hotel yang berlokasi di tengah-tengah kota dan dekat dengan berbagai macam wisata akan memiliki tarif yang lebih mahal.

Meskipun demikian, beberapa hal juga harus kamu pertimbangkan dalam memilih lokasi hotel. Setidaknya, hotel yang kamu pilih berdekatan dengan destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Selain itu, usahakan lokasi hotel tersebut berdekatan dengan tempat makan dan beberapa tempat umum yang cukup ramai.

Dan beberapa hal lain yang harus dipertimbangkan adalah terkait dengan transportasi yang kamu butuhkan selama liburan di sana. Pastikan bahwa lokasi tersebut mudah dijangkau oleh transportasi umum. Nah, selain itu, hal yang paling penting dalam mempertimbangkan lokasi hotel, kamu harus memastikan bahwa lokasi tersebut merupakan lokasi yang aman.

3. Pertimbangkan Fasilitas Hotel

Fasilitas hotel menjadi bahan utama yang dipertimbangkan oleh kebanyakan orang yang berlibur. Fasilitas yang banyak menjadi idaman bagi setiap orang. Jadi, bagi kamu yang ingin menginap di hotel ketika sedang berlibur, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tentang detail fasilitas yang dimiliki hotel tersebut.

Fasilitas yang banyak bukanlah pilihan utama yang harus kamu tentukan. Kamu boleh memilih hotel dengan fasilitas banyak. Akan tetapi, alangkah lebih bijak lagi jika kamu memilih hotel dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhanmu. Karena, fasilitas ini juga menentukan harga tarif.

Jadi, fasilitas yang sebenarnya tidak kamu butuhkan selama liburan, akan menjadi sia-sia karena kamu tidak menggunakannya. Setidaknya, pilihlah hotel yang memiliki kondisi kamar yang baik, bersih, memiliki sirkulasi udara yang cukup, dan lainnya. Jangan lupa, jika kamu tidak berniat untuk mencuci baju sendiri, telusuri juga segala hal tentang jasa loundry di area penginapan itu.

4. Pertimbangkan Kenyamanan Pelayanan Hotel

Mencari hotel yang bagus, indah dan instagramable merupakan tren yang ada di masa kini. Tidak ada yang salah dengan hal itu. Hotel yang instagramable memang dianggap hal yang dapat memenuhi kepuasan dalam berlibur. Tentunya, swaforo adalah tujuan utama dari hal itu.

Akan tetapi, selain memilih hotel karena instagramable, ada baiknya kamu juga harus mempertimbangkan kenyamanan yang akan kamu dapatkan nantinya. Karena kenyamanan hotel juga akan menentukan kepuasan dan pengalaman selama berlibur. Hotel bukan sekedar tempat untuk tidur, tapi juga merupakan rumah bagi kamu selama liburan.

Terkait dengan kenyaman, kamu jangan sampai terburu-buru dalam booking, karena ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan. Salah satu halnya seperti pelayanan, kondisi fisik kamar, fasilitas yang disediakan, dan beberapa hal lainnya. Ketahui terlebih dahulu bagaimana review pelanggannya terhadap hotel tersebut.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Hotel Untuk Liburan yang Nyaman dan Terbaik

5. Cari Tahu Kredibelitas Hotel

Banyak orang yang kecewa karena ketika booking hotel secara online tidaklah sesuai dengan ekspektasi yang ada. Inilah pentingnya mengecek kredibelitas hotel. Salah satunya pihak yang akan berkata jujur mengenai kredibelitas hotel ialah pelanggan. Lihat bagaimana pelanggan menilai tentang hotel yang akan kamu pilih.

Jadi, sebelum kamu booking hotel, sebaiknya perhatikan dulu bagaimana review pelanggan tersebut. Kamu bisa memanfaatkan internet untuk melihat review mereka, seperti website resmi milik hotel maupun beberapa review yang menandai hotel tersebut. Atau kamu juga bisa menanyakan beberapa kenalanmu yang pernah menginap di hotel tersebut.

6. Booking Secara Online

Di jaman digital seperti sekarang ini, kita harus pandai-pandai memanfaatkannya, seperti booking hotel. Saat ini banyak terdapat aplikasi booking hotel yang bisa kamu manfaatkan. Selain caranya yang praktis, kamu juga dapat memilih-milih berbagai macam jenis hotel sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Kamu juga dapat sekalian membandingkan antara satu hotel dengan hotel yang lain. Selain itu, kamu dapat memilih hotel dengan tarif yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Dan sebenarnya masih ada banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari booking hotel secara online. Tergantung kejelihan kamu saat memilih-milih hotel.

7. Booking Hotel yang Bisa Di-cancel

Tips yang satu ini untuk menjaga-jaga, barangkali kamu menemukan hotel yang lebih baik daripada pilihan pertama. Ini biasanya dapat dilakukan dengan booking online. Dengan begitu, kamu dapat meng-cancel booking hotel yang pertama dan kemudian melakukan booking hotel yang baru saja kamu temukan.

Kebanyakan orang terjebak dengan salah memilih hotel. Ketika mereka telah booking hotel, akhirnya mereka menemukan hotel dengan kualitas yang lebih baik. Jadi akhirnya mereka menyesal telah terburu-buru memesan hotel. Nah, jika kamu booking hotel yang dapat di-cancel, maka tidak akan menjadi masalah jika seandainya kamu menemukan yang lebih baik.

8. Carilah Harga Promo

Hotel biasanya akan menawarkan harga promo pada kondisi tertentu. Ini saatnya bagi kamu harus gencar dalam mencari hotel yang menawarkan harga promo. Promo-promo ini biasanya banyak ditawarkan oleh hotel dalam momen tertentu, misalnya anniversary hotel, atau perayaan-perayaan lainnya.

Atau cara lain dapat kamu lakukan dengan mendaftarkan menjadi member hotel tersebut. Dengan mendaftarkan menjadi member, kamu akan mendapatkan reward poin setiap kali booking di hotel tersebut. Otomatis kamu akan mendapatkan diskon harga. Lumayan kan untuk mengurangi biaya akomodasi?

9. Mengejar Cashback di Aplikasi Travel

Kamu bisa juga mendapatkan hotel yang mewah dengan harga terbaik, dengan cara melakukan booking hotel melalui aplikasi. Biasanya banyak aplikasi yang menawarkan harga promo dan cashback jika membooking hotel melalui aplikasi. Jadi, kamu harus pintar-pintar dalam memilih aplikasi yang sedang ada promo dan diskon untuk booking hotel agar kamu bisa mendapatkan hotel terbaik dengan harga yang terjangkau.

Nah, ketika kamu ingin pergi berlibur dan menginap di hotel, cobalah beberapa tips memilih hotel di atas. Dengan begitu, kamu tidak hanya akan menemukan kenyamanan dan pengalaman yang mengesankan saat berlibur, namun sekaligus menghemat biaya akomodasi. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here