Wajib Tau, 9 Cara Menghilangkan Stres yang Terbukti Ampuh!

Wajib Tau
Wajib Tau
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Stres dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau tidak bersemangat. Kondisi tersebut juga berpengaruh pada tubuh, baik secara fisik maupun mental. Jika tidak segera diatasi, stres dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Tentu kita cukup menyadari bahwa stres dan tekanan hidup akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Bagi sebagian orang kondisi ini bahkan bisa membahayakan kesehatannya. Stres ditandai dengan gangguan suasana hati, mudah menangis, susah berkonsentrasi, nyeri otot, insomnia dan sebagainya.

Jika tanda-tanda stres sudah mulai muncul, ada baiknya kamu segera mencari cara untuk menghilangkannya. Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stres:

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


1. Habiskan Waktu Bersama Orang Terdekat

Images by Pixabay

Seseorang yang menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman menemukan cara yang lebih sehat untuk mengatasi stres. Dikelilingi oleh teman yang baik dan setia akan memberimu rasa memiliki dan harga diri, hal tersebut dapat membantu kamu ketika berada di masa-masa sulit. 

Dalam sebuah studi menemukan khususnya wanita, bahwa menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga bisa membantu melepaskan oksitosin, penghilang stres alami. Studi lain menemukan bahwa pria dan wanita dengan koneksi sosial paling sedikit lebih mungkin menderita depresi dan kecemasan.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


2. Tertawa Bisa Menjadi Obat Stres

Images by Pixabay

Sangat menyenangkan untuk berbagi tawa bersama teman. Dilansir dari situs helpguide.org, Tertawa adalah obat yang kuat untuk menangani stres. Tertawa dapat memicu perubahan fisik dan emosional yang sehat dalam tubuh. Selain itu, tertawa juga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan mengurangi stres.

Tertawa bekerja lebih cepat atau dapat diandalkan untuk mengembalikan pikiran menjadi lebih segar. Tidak ada salahnya mencoba untuk mencari sesuatu yang berhubungan dengan humor. Humor bisa membantu meringankan beban hingga menghubungkan kamu dengan orang lain,. Ini juga membantu kamu melepaskan kemarahan dan memaafkan lebih cepat.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


3. Berani Berkata Tidak

Images by Pixabay

Tidak semua pemicu stres berada dalam kendalimu. Bisa jadi beberapa di antaranya terjadi di bawah kendali kamu. Ada baiknya kamu mulai mengendalikan berbagai hal yang bisa menyebabkan stres. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yakni memberanikan diri untuk mengatakan ‘tidak’.

Selektif tentang apa yang kamu lakukan dan mengatakan tidak pada hal-hal yang mungkin hanya akan menambah beban kamu. Hal tersebut cukup efektif  untuk mengurangi tingkat stres. Meskipun bukan hal yang mudah tetapi belajar untuk mengatakan ‘tidak’ cukup penting dilakukan untuk menyederhanakan hidup dan mengelola stres kamu dengan baik.

4. Jangan Suka Menunda

Images by Pixabay

Cara lain untuk mengendalikan stres adalah dengan berhenti menunda-nunda. Penundaan dapat membuat kamu bertindak reaktif. Hal ini ni dapat menyebabkan stres, yang secara negatif mempengaruhi kesehatan dan kualitas tidur kamu. Selesaikan pekerjaan yang perlu diselesaikan hari ini dan berikan waktu tanpa gangguan untuk dirimu.

Hal itu karena beralih dari satu tugas ke tugas lainnya atau melakukan banyak tugas sekaligus bisa menyebabkan stres. Kebiasaan menunda-nunda juga memberikan dampak yang kurang baik seperti pekerjaanmu akan semakin menumpuk, tidak mengerjakan tugas secara maksimal hingga merasa semakin malas.

5. Rajin Olahraga

Images by Pixabay

Olahraga menjadi salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk melawan stres. Hal ini mungkin tampak kontradiktif, tetapi memberikan tekanan fisik pada tubuh melalui olahraga dapat menghilangkan stres. Olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur kamu di malam hari.

Olahraga mampu menurunkan hormon stres tubuh seperti kortisol dalam jangka panjang. Ini juga membantu melepaskan endorfin. Endorfin merupakan senyawa kimia yang dihasilkan secara alami oleh tubuh.Endorfin bisa membantu meningkatkan suasana hati kamu dan bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami.

Ketika kamu berolahraga secara teratur, mungkin kamu akan merasa lebih kompeten dan percaya diri dengan tubuh kamu, hal tersebut berguna untuk meningkatkan kesehatan mental. Cobalah melakukan latihan rutin atau aktivitas yang kamu sukai seperti jogging, menari, panjat tebing, atau yoga. 

6. Latihan Pernapasan

Images by Pixabay

Stres mental mengaktifkan sistem saraf simpatik, memberi sinyal pada tubuh untuk masuk ke mode “melawan-atau-lari”. Selama reaksi ini, hormon stres dilepaskan dan tubuh akan mengalami gejala fisik seperti detak jantung yang lebih cepat, pernapasan lebih cepat, dan pembuluh darah menyempit.

Dilansir dari halodoc, ada beberapa jenis latihan pernapasan yang bisa kamu ikuti untuk mengurangi stres seperti pernapasan perut, pernapasan hidung dan pernapasan squared. Teknik pernapasan yang paling mudah dilakukan adalah pernapasan squared. Sebelum tidur adalah waktu terbaik untuk melakukan pernapasan squared.

7. Berpikir Positif

Images by Pixabay

Berpikir positif dalam kehidupan sehari-hari bisa membantu mengurangi stres yang kamu rasakan. Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika selalu memandang sesuatu dari cara yang positif. Berpikir positif membantu kamu mengatasi situasi stres, mengurangi pikiran negatif hingga menjadi lebih optimis.

Hindarilah pikiran negatif dan fokuslah pada hal-hal baik dalam kehidupan kamu. Selain itu, cobalah untuk mengisi pikiran kamu dengan kata-kata yang membuat kamu merasa kuat, bahagia dan mampu mengendalikan hidup kamu menjadi lebih baik. Jauhilah prasangka buruk dengan orang lain.

8. Lakukan Meditasi

Images by Pixabay

Meditasi merupakan sebuah cara untuk melatih fokus pikiran sehingga membuat kamu tetap merasa tenang. Meditasi telah menjadi salah satu cara paling populer untuk menghilangkan stres. Meditasi bisa membantu mengembalikan tubuh dalam keadaan tenang serta mencegah efek fisik stres.

Jika stres membuat kamu merasa cemas, tegang, dan khawatir, cobalah melakukan meditasi. Kamu hanya perlu menghabiskan beberapa menit saja dalam meditasi untuk memulihkan ketenangan dan kedamaian batin. Siapa pun dapat berlatih meditasi. Meditasi sangat sederhana dan tidak memerlukan peralatan khusus.

Biasanya meditasi memang digunakan untuk relaksasi dan pengurangan stres. Meditasi dapat menghasilkan keadaan relaksasi yang mendalam dan pikiran yang tenang. Selama meditasi, kamu hanya perlu konsentrasi dan menghilangkan berbagai pikiran campur aduk yang mungkin memenuhi pikiran kamu.

9. Mendengarkan Musik

Images by Pixabay

Mendengarkan musik dapat memberikan efek yang sangat rileks pada tubuh. Musik instrumental yang berjalan lambat dapat memicu respons relaksasi dengan membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung serta hormon stres. Selain mengurangi stres, mendengarkan musik juga dapat meningkatkan suasana hati.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Journal of Positive Psychology menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik ceria dapat meningkatkan suasana hati mereka. Musik dengan irama cepat bisa membantu mengembalikan mood sedangkan musik berirama lambat dapat membuat perasaan menjadi tenang dan rileks.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres. Selain itu, kontrol pikiran kamu dan hindari memikirkan sesuatu secara berlebihan karena itu bisa menyebabkan stres. Jalani hidup dengan santai dan tenang.