in

7 Tips Memilih Skincare Untuk Jenis Kulit Berminyak

Photo by Sora Shimazaki From Pexels

Tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis, tentu menjadi salah satu masalah bagi wanita. Hal ini karena, kulit wajah akan menghadapi permasalahan seperti berminyak. Tidak dapat dipungkiri bahwasanya, minyak juga menjadi tampeng kulit dari elemen luar yang membahayakan.

Akan tetapi, jika dibiarkan terus menerus produksi minyak akan menyumbat pori-pori kulit di wajah. Kondisi ini nantinya dapat menimbulkan beruntusan dan jerawat.

Tidak jauh berbeda dengan jenis kulit berjerawat, merawat kulit berminyak juga membutuhkan strategi khusus. Sebab, jenis kulit oily rentan berjerawat dan kusam. Sehingga, harus mendapatkan perawatan yang tepat dan diperlukan ketelitian saat memilih produk skincare.

Kesalahan dalam pemilihan produk dapat menimbulkan masalah baru seperti iritasi dan jerawat. Oleh karena itu, salah satu faktor paling penting yang harus diperhatikan dari merawat kulit berminyak yaitu kebersihan kulit.

Lantas, apa saja sih yang harus diperhatikan saat memilih produk skincare untuk jenis kulit berminyak? Simak tips berikut ini.

1. Pilih produk bebas minyak dan ­non-komedogenik (bebas komedo)

Jenis kulit berminyak perlu perawatan yang ekstra. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah produk skincare yang sudah diformulasi khusus.

Formulasi yang tepat untuk jenis kulit ini yaitu non-komedogenik. Selain itu, tidak menyumbat pori-pori dan mampu mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah.

Tidak hanya itu, ingredient pada produk skincare juga perlu untuk diperhatikan. Pilihkan produk yang tidak membuat efek kulit kering. Bahan skincare yang bisa dipertimbangkan untuk jenis kulit berminyak ialah retinol, asam salisilat, dan sulfur.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih produk dengan label non-komedogenik dan bebas minyak. Selain membantu mengontrol kulit berlebih, kulit juga tidak terasa kering. Kulit pun aman dari masalah berjerawat.

2. Pilih jenis face wash yang lembut

Beauties, tentu sedikit sudah paham bukan. Jika face wash memiliki berbagai macam jenis. Akan tetapi, untuk masalah jenis kulit berminyak pilihlah jenis face wash yang memiliki tekstur lembut.

Sayangnya, tidak sedikit wanita yang keliru dalam memilih face wash itu sendiri. Bukannya mengurangi masalah minyak berlebih, malah menjadikan kulit semakin kering.

Minyak bukanlah musuh utama bagi wajah. Minyak hanya perlu di kontrol kadar jumlahnya sesuai dengan kebutuhan kulit. Sehingga, tidak tepat rasanya jika harus menghilangkan minyak di wajah.

Produk skincare yang keras akan merusak kulit dan menimbulkan iritasi. Jika salah memilih produk, minyak di wajah bisa malah semakin banyak.

Pilihlah produk skincare yang memiliki sifat mild (lembut). Sebab, sifat produk tersebut dapat membantu proses pembersihan wajah secara efektif, tanpa harus merusak kulit.

3. Gunakan masker untuk mengatasi minyak yang berlebih

Mengatasi kulit berminyak selanjutnya bisa dengan menggunakan masker. Jenis masker clay atau tanah sangat direkomendasikan untuk jenis kulit ini. Sebab, tektur clay mampu mengontrol kelebihan minyak pada kulit wajah.

Banyak pilihan masker clay yang bisa dipilih untuk mengatasi kulit berminyak seperti black clay mask, white clay mask, dan green clay mask.

Ketika menggunakan masker dan face wash, sangat disarankan jenis kulit berminyak membilasnya dengan air hangat. Hal ini bertujuan agar kulit lebih terhidrasi. Tidak hanya itu, air hangat juga membantu kulit wajah tampak segar lho.

Jika ingin hasil lebih maksimal, beauties juga bisa menyemprotkan face mist untuk mendinginkan kulit berminyak.

4. Pakai toner untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan segar

Meskipun toner bukan menjadi skincare utama seperti face mist. Namun, skincare ini memiliki manfaat yang sangat penting bagi jenis kulit berminyak lho.

Penggunaan toner dengan cara menyemprotkan di wajah dapat membantu melembutkan kulit, menghaluskan, serta memberikan rasa menenangkan pada kulit wajah.

Keutamaan dari skincare ini ialah mampu memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit tampak segar. Selain itu, manfaat toner lainnya yaitu menjaga kulit tetap terhidrasi dan mengurangi kemerahan.

Toner milik banyak sekali macam dan formulasinya. Oleh akrena itu, bagi jenis kulit berminyak gunakan toner dari bahan non sintetis. Akan jauh lebih baik lagi, jika toner yang berasal dari hydrolater bunga alami.

Salah satu toner yang populer dan berasal dari hydrolater bunga mawar. Meski begitu, banyak juga toner dari jenis bunga yang lain yang bisa beauties pilih.

Selain sebagai aromaterapi, toner dari hydrolater bunga juga dapat mengurangi stress dan penat. Tidak hanya itu, kandungan tersebut dapat membantu mengembalikan wajah lebih bercahaya.

5. Serum untuk pelengkap skincare

Tentu sudah tidak asing lagi, jika serum menjadi salah satu skincare yang paling penting dalam hal perawatan kulit. Hal ini bukan tanpa alasan, tekstur serum yang sedikit cair membuat skincare ini cukup intens saat diaplikasikan.

Akan semakin efektif jika skincare ini digunakan secara teratur. Jenis kulit berminyak sangat disarankan untuk menggunakan serum. Dimana, serum memiliki kandungan antioksidan dan retinol yang tinggi.

Tidak heran, jika serum mampu membantu proses peremajaan kulit, mengurangi kemerahan, menjaga kekencangan kulit, serta memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata.

Sadar betul, bahwasanya jenis kulit berminyak harus menggunakan formulasi khusus. Maka, pilih serum khusus untuk kulit berminyak. Pastikan serum tersebut aman digunakan secara rutin saat malam hari.

Jika ingin hasil yang maksimal, jangan ragu untuk mencampurkan serum dan pelembab. Tujuannya agar proses penyerapan skincare lebih sempurna dan kulit yang rusak bisa cepat teratasi.

6. Selalu menggunakan moisturizer

Meski memiliki jenis kulit berminyak, pemberian moisturizer atau pelembab tidak boleh terlewatkan. Pemberian pelembab secara rutin mampu menjaga kulit tetap halus, terhidrasi, dan anti aging.

Gunakan pelembab setelah melakukan pembersihan wajah dengan face wash. Ketika kulit bersih dan lembab, moisturizer akan bekerja secara efektif dan sempurna.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jenis kulit berminyak tidak bisa menggunakan skincare asal-asalan, harus selektif. Oleh karena itu, pilihlah pelembab yang ringan dan bebas minyak.

Sebaiknya, pilih produk skincare yang memiliki tekture gel daripada krim agar tidak menimbulkan rasa berat dan greasy di wajah.

7. Keluar rumah, wajib menggunakan sunscreen

Sinat matahari memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan kulit. Belum lagi adanya sinar UV yang bisa merusak kulit wajah. Maka dari itu, sangat perlu perlindungan saat berada di luar rumah seperti sunscreen.

Sunscreen memiliki kandungan SPF yang berbeda-beda. Pilihlah yang tepat sesuai kebutuhan, semakin beraktivitas di luar sebaiknya pilih kandungan yang lebih tinggi. Selain itu, pastikan ada kandungan untuk menenangkan seperti UVA dan UVB agar warna tone tidak belang, anti-aging, dan menjaga kekencangan kulit wajah.

Nah, apabila jenis wajah kamu berminyak sebaiknya pilih sunscreen dengan ingredient seng oksida (ZnO) dan titanium dioksida (TiO2). Pastikan juga tidak ada tambahan pewangi dan minyak didalamnya. Tujuannya agar tidak menimbulkan berutusan dan jerawat pada wajah.

Meski produk skincare lain terdapat SPF, sebaiknya tetap menggunakan sunscreen untuk perlindungan secara optimal. Sebab, SPF pada produk skincare