7 Cara Dalam Memilih Rekan Bisnis yang Tepat Dalam Membangun Usaha yang Sukses

7 Cara Dalam Memilih Rekan Bisnis yang Tepat Dalam Membangun Usaha yang Sukses
7 Cara Dalam Memilih Rekan Bisnis yang Tepat Dalam Membangun Usaha yang Sukses
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Dalam memilih rekan bisnis bukanlah sesuatu kegiatan yang mudah. Hal ini disebabkan karena alam membangun sebuah bisnis perlunya persiapan bisnis, strategi, perhitungan modal yang sangat rumit dan kompleks.

Maka dari itu, jika anda menemukan rekan bisnis yang tepat, itu akan menjadi strategi terbaik untuk anda dalam mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis.

Akan tetapi, masalahnya menemukan partner bisnis yang bisa bersinergi bersama membungun bisnis ini bukan hal yang mudah. Belum tentu orang yang menurut kita tepat untuk dijadikan partner bisnis, ternyata memiliki visi dan misi yang juga sesuai dengan visi dan misi yang akan dijalankan.

Apa Saja Tips Untuk Memilih Rekan Bisnis yang Tepat Dalam Membangun Sebuah Usaha?

photo by zycus

Tidak perlu khawatir lagi, kami sudah merangkum beberapa tips yang bisa anda jadikan acuan dalam memilih rekan bisnis yang tepat untuk memulai usaha. Nah apakah saja tips nya itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Punya visi dan misi yang sama dan sejalan

photo by steemit

Memiliki tujuan yang sama dalam berbisnis tentu sangat penting, karena hal tersebut merupakan fondasi dari kokohnya kerja sama yang dijalin. Jika terdapat perbedaan yang sangat timpang dalam lingkup visi dan misi, maka perdebatan yang tidak kunjung usai akan muncul.

Hal tersebut bisa saja membuat usaha anda menjadi stuck dan tidak berjalan lancar. Jika anda sudah mempunyai visi dan misi yang sejalan dan kuat, maka secara otomatis akan melahirkan bisnis yang kuat pula.

Oleh karena itu, punya visi dan misi yang sejalan ini sangat penting jika anda membangun sebuah usaha. Dikarenakan jika usaha gagal maka partner bisnis kita tidak pantang menyerah sampai akhirnya terus bertahan dan mencapai kesuksesan yang diinginkan.

2. Saling melengkapi

photo by link2sourcing

Mencari partner bisnis yang memiliki latar belakang sama dengan kita mungkin akan membuat anda merasakan nyaman satu sama lain saat bekerja.

Tapi apakah akan selalu begitu hingga selamanya? Apakah anda berani mencoba tantangan dan mencari partner bisnis dengan latar belakang yang berbeda?

Masing-masing pilihan tentunya memiliki risiko tersendiri: Dengan partner bisnis yang memiliki latar belakang sama, mungkin anda tidak memerlukan banyak perdebatan atau diskusi panjang untuk menentukan keinginan satu sama lain.

Namun bisa jadi juga dengan partner bisnis yang berlatar belakang berbeda, akan membuat anda mendapatkan berbagai masukan yang sama sekali tak pernah anda pikirkan sebelumnya. Mana yang akan anda pilih?

Kami menyarankan agar partner bisnis itu saling melengkapi, dikarenakan jika ada kesalahan dalam membuat strategi atau apapun itu, maka partner akan langsung melengkapi dan menemukan celah dimana letak permasalahannya.

3. Memiliki Jaringan yang luas

photo by eksplorasi.id

Mempunyai partner bisnis dengan jaringan bisnis yang luas akan membuka peluang sukses bisnis anda bersama dengannya lebih besar.

Seperti yang anda tahu, networking yang luas akan mempermudah anda memperluas bisnis, menawarkan jasa atau produk anda nantinya, atau bantuan untuk mencari berbagai investor bila anda memerlukannya.

Memang benar dalam memilih partner bisnis ini, haruslah memiliki jaringan yang luas. Dikarenakan bisnis akan selalu berkembang dan tidak hanya stack di situ-situ saja. Maka carilah partner bisnis yang memiliki jaringan yang luas.

4. Komitmen dalam bekerja

photo by medium

Etos kerja yang baik adalah syarat wajib dimiliki oleh calon rekanan di samping visi misi dan latar belakangnya.

Pastikan calonĀ partnerĀ usaha anda adalah pribadi yang disiplin dan pekerja keras. Memiliki rekan kerja yang beretos kerja baik berarti dirinya tidak gampang menyerah dalam menghadapi rintangan di tengah bisnis yang berjalan.

Jika anda memilih rekan bisnis yang seperti ini, pastilah sangat menguntungkan bagi bisnis yangs sedang anda kerjakan. Karena salah satu untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis yaitu komitmen yang tinggi dalam melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh.

Kekuatan dalam menjalankan usaha ini tentunya akan berkontribusi dalam perkembangan bisnis ke depannya.

5. Pembagian tanggung jawab yang jelas

Pembagian tanggung jawab yang jelas
photo by pinterest

Anda dan rekan bisnis harus menyadari dan mengetahui benar-benar tugas serta tanggung jawab masing-masing. Setelah persetujuan pembagian kerja sudah jelas, maka komunikasi bisnis pun dapat terjalin dengan baik sehingga tujuan dari bisnis anda dapat tercapai. 

Maksud dari pembagian tugas itu, tidak adanya pihak yang dirugikan sama sekali. Yaitu tugas harus sama rata dan adil. Oleh karena itu, pembagian tugas ini haruslah jelas dan tidak berat sebelah.

6. Rekan bisnis yang dapat menerima kritik dan masukan

photo by envato elements

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan harus terus belajar agar kesalahan yang sama tidak terulang. Ketika menjalani usaha bersama, tentunya akan ada banyak masukan atau kritik yang harus dihadapi saat menjalankan bisnis bersama.

Berdasarkan alasan tersebut, maka usahakan calon rekanan anda merupakan orang yang terbuka dan mau menerima kritik yang membangun. Dengan demikian, seluruh permasalahan yang timbul dapat diselesaikan secara baik dan akan meningkatkan kualitas usaha anda.

7. Adanya kepercayaan satu sama lain

photo by muzli search

Modal alami yang sangat penting dalam membangun bisnis adalah rasa kepercayaan. Pastikan rekan bisnis anda benar-benar orang yang bisa dipercaya. Jangan sampai rasa kepercayaan itu hilang karena suatu hal kecerobohan atau bisa saja dia malah hanya berniat untuk berbuat jahat dan memanfaatkan Anda.

Jika anda memiliki kepercayaan satu sama lain dengan rekan bisnis anda, pastilah itu sangat membangun bagi bisnis yang sedang anda kerjakan. Dengan tidak menaruh curiga satu sama lain akan mempermudah anda dalam mecapai kesuksesan dalam berbisnis

Nah itulah merupakan tips-tips yang bisa menjadi referensi anda dalam menemukan rekan bisnis yang tepat. Menjalankan usaha yang sedang dirintis memang tidak mudah. Mempunyai partner yang tepat yang sesuai dengan ekspektasi anda dengannya, akan sangat menguntungkan.

Oleh karena itu selama mempunyai komitmen, tanggung jawab, dan visi misi yang sama, maka bisnis yang kalian jalankan bisa bertahan lama karena mempunyai dasar prinsip yang kuat.