in

9 Fungsi dan Manfaat Networking Dalam Bisnis

9 Fungsi dan Manfaat Networking Dalam Bisnis

Memiliki networking, relasi atau jaringan sangatlah penting dalam dunia bisnis. Sebab ada banyak manfaat networking bisnis yang bisa membantu anda dalam membangun usaha dan mengembangkannya hingga ke titik yang anda impikan.

Bisa dibilang, networking dalam bisnis adalah salah satu modal utama dalam mengembangkan usaha. Mengingat kita tidak bisa membangun dan mengerjakan semua hal dalam bisnis sendirian, sehingga kita butuh masukan pendapat dari pebisnis lain. Nah itulah salah satu fungsi networking dalam bisnis.

Membangun networking yang kuat dengan pebisnis lain juga bisa menjadi salah satu jalan anda dalam membuka peluang bisnis yang lebih luas.

Tetapi, masih banyak orang yang bingung dan bertanya-tanya, “Mengapa seorang pengusaha harus membangun dan memperluas jaringan?“. Nah, untuk anda yang juga punya pertanyaan yang sama, berikut ini adalah beberapa manfaat networking bisnis yang akan anda rasakan.

1. Menambah Wawasan Baru

Ilmu dalam dunia bisnis rasanya tidak akan ada habisnya. Sebab setiap hari kita bisa mempelajari ilmu baru dan menambah wawasan tentang dunia bisnis yang sedang kita jalani. Salah satu cara untuk menambah wawasan ini adalah dengan memiliki relasi alias networking dengan orang lain.

Di setiap pertemuan atau obrolan santai tentang bisnis yang anda lakukan pastinya akan ada ilmu baru yang anda terima. Ilmu ini bisa jadi sangat penting dan menjadi sebuah kunci kesuksesan bisnis anda.

Apalagi bila anda memiliki networking dengan orang yang lebih berpengalaman dan menekuni bidang bisnis yang sama. Tentunya wawasan baru yang anda terima lebih banyak dan berguna.

2. Membuka Peluang Bisnis Baru

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, salah satu manfaat networking bisnis yang utama adalah membuka peluang usaha baru. Sebab semakin banyak relasi yang anda miliki, maka semakin besar pula peluang bisnis di depan mata anda.

Tidak menutup kemungkinan, salah satu dari orang yang anda kenal dari relasi bisnis mengajak anda sebagai partner untuk membuka usaha baru. Hal ini tentu bukan hal yang merugikan anda.

Atau sebaliknya, anda bisa mengajak salah satu orang dari networking bisnis anda sebagai partner dalam membuka usaha baru. Sehingga anda bisa membagi tugas utama dalam sebuah bisnis untuk 2 orang.

3. Tempat Promosi Terbaik

Anda semua pasti sudah menyadari bahwa orang terdekat kita ba