11 Tips Traveling Kecil-kecilan untuk Waktu Liburan yang Singkat

Traveling Kecil-kecilan

Seringkali kita berada pada posisi jenuh menghadapi rutinitas harian. Kita membutuhkan waktu untuk me-refresh otak kita. Pada saat itu, kita sangat ingin melakukan traveling, namun kita tidak mempunyai waktu yang panjang untuk itu. Adakah jalan keluarnya? Ada.

Dalam artikel ini akan membagikan sedikit tips traveling kecil-kecilan yang dapat kamu lakukan di sela-sela waktu sibuk yang kamu hadapi. Sekalipun waktunya begitu singkat, kamu tetap dapat melakukannya secara maksimal, tanpa mengurangi kepuasan dalam acara traveling kamu.

Bagaimanapun, kamu harus mengatur sedemikian rupa agar traveling kamu berjalan secara maksimal. Nah, berikut ini beberapa tips yang harus kamu perhatikan ketika merencanakan liburan dalam waktu yang singkat agar kamu tidak kehilangan kesan.

1. Pilih Destinasi Terdekat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum berangkat traveling adalah kamu harus menentukan destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi. Dalam memilih destinasi, sebaiknya kamu pilih destinasi terdekat dengan rumah. Destinasi dalam kota atau di kota tetangga tidak jadi masalah.

Hal ini kamu lakukan agar waktu yang digunakan untuk perjalanan tidak terbuang terlalu banyak. Sangat tidak efektif jika kamu memilih destinasi yang berada pada jarak yang sangat jauh dari tempat tinggalmu. Itu hanya akan membuang waktu emas yang kamu miliki dengan sia-sia.

Selain jarak terdekat, kamu juga harus tetap mempertimbangkan kualitas destinasi yang ingin kamu kunjungi. Tidak masalah jika jaraknya hanya sedikit lebih jauh, selagi jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu yang cukup normal untuk perhitunganmu.

2. Rencanakan Traveling Bersama Keluarga atau Teman

Bagi sebagian besar orang, menghabiskan waktu sendirian ialah hal sangat tidak mengenakkan. Nah, bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu yang singkat untuk traveling, ada baiknya kamu mengajak keluarga atau teman-teman. Kehadiran mereka akan sedikit membantu menambah mood kamu ketika sedang traveling.

Dengan adanya mereka, kamu bisa melakukan beberapa hal secara beramai-ramai. Hal ini cukup untuk me-refresh otak yang sedang jenuh dengan rutinitas yang kamu jalani setiap harinya. Percayalah, menjalani traveling bersama teman-teman dan keluarga akan jauh lebih seru dibandingkan dengan traveling sendirian.

3. Rencanakan untuk Tidak Terlalu Banyak Destinasi

Kamu harus menyadari bahwa waktu yang kamu miliki hanyalah sedikit. Lebih baik mengunjungi sedikit tempat namun dinikmati hingga puas, daripada menargetkan banyak destinasi namun tidak menikmatinya sama sekali. Terlalu banyak destinasi juga akan memakan banyak waktu dalam perjalanan karena terlalu sering berpindah tempat.

4. Rancang Itinerary dengan Tepat

Sebelum kamu pergi melakukan traveling, itinerary adalah hal yang paling wajib untuk kamu perhatikan. Jika tidak demikian, acara traveling kamu tidak akan berjalan maksimal, apalagi dengan waktu sangat singkat. Ketika kamu merancang itinerary, sebaiknya kamu merancangnya dengan bijaksana, sesuai antara waktu yang dibutuhkan dengan daftar kunjungan destinasi.

5. Kelompokkan Destinasi yang Berdekatan

Jika kamu berencana untuk mengunjungi beberapa destinasi, kamu harus mengelompokkan beberapa destinasi tersebut yang berdekatan untuk dikunjungi dalam satu bagian waktu. Dengan begitu, kamu dapat memaksimalkan penggunaan waktu tanpa harus bolak balik menggunakan rute.

Baca Juga: 9 Cara Memilih Destinasi Liburan yang Hits Agar Tidak Menyesal

6. Bawalah Barang Secukupnya

Nah, tips yang satu ini biasanya paling cocok untuk kaum wanita. Pada umumnya, wanita suka membawa barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan dalam traveling. Terutama untuk traveling kecil-kecilan yang sangat singkat ini. Bijaklah dalam membawa peralatan yang paling dibutuhkan.

Jadi kamu tidak perlu membawa barang-barang yang kemungkinan tidak akan digunakan dalam traveling. Bawalah peralatan dan bahan primer seperti pakaian secukupnya, alat make up dasar (bagi wanita), obat-obatan, dan lain sebagainya. Satu hal lagi yang tidak boleh kamu tinggalkan, alat komunikasi dan kamera.

7. Gunakan Transportasi yang Tepat

Pilihan transportasi dalam melakukan traveling singkat juga wajib untuk dipertimbangkan. Alangkah baiknya, kamu memilih transportasi yang cepat, seperti pesawat atau kereta. Tujuan dari hal ini ialah terkait dengan waktu singkat yang kamu miliki. Dengan memilih transportasi yang tepat, kamu akan memaksimalkan penggunaan waktu berlibur.

8. Pilih Tempat Istirahat Dekat Destinasi

Jika kamu merencanakan traveling dalam waktu 2-3 hari yang mengharuskanmu menginap, maka pilihlah lokasi penginapan yang tidak jauh dari beberapa destinasi yang ingin kamu kunjungi. Memilih penginapan ini, sebaiknya kamu masukkan dalam rancangan itinerary yang sudah kamu rancang sebelumnya.

Jika kamu memilih penginapan secara otodidak ketika berada di lokasi traveling, kamu akan kebingungan dan rencana traveling tidak akan berjalan maksimal. Jadi, tentukan dulu penginapan yang ingin kamu gunakan, minimal lokasinya. Bahkan jika perlu, kamu booking penginapan tersebut secara online.

9. Jalani Traveling Sesuai Itinerary

Banyak kemungkinan terjadi ketika kamu melakukan hal otodidak yang tidak ada pada rencana travelingmu, seperti merubah destinasi yang akan dikunjungi. Bukannya tidak boleh, hanya saja ini akan merusak jadwal yang telah kamu rancang sebelumnya. Khawatir hal ini malah akan merusak efektifitas pemanfaatan waktu.

Kamu boleh saja mengubah rencana travelingmu, asalkan tidak merusak pemanfaatan waktu. Namun susah rasanya jika hal tersebut tidak berpengaruh pada waktu. Jadi sebaiknya jalani saja agenda travelingmu sesuai dengan yang telah direncanakan agar semuanya berjalan maksimal.

10. Pilih Staycation

Selain beberapa tips di atas, ada satu model traveling yang cocok dilakukan ketika kamu memiliki waktu yang singkat. Staycation ini merupakan gaya traveling dimana kamu memilih stay di sebuah hotel tanpa memilih destinasi pelesiran yang ada. Di hotel tersebut kamu dapat menikmati semua fasilitas yang disuguhkan.

Jika kamu memutuskan untuk melakukan gaya traveling yang satu ini, pilihlah hotel yang memiliki fasilitas menjanjikan. Kamu cari informasi tentang daftar hotel yang memiliki fasilitas lengkap dan juga mengasyikkan. Gaya traveling semacam ini sangat cocok dimanfaatkan bagi kamu yang hanya memiliki waktu yang sangat singkat.

11. Nikmati Travelingmu

Semua tips yang disebutkan di atas, tidak akan ada gunanya jika kamu tidak menerapkan tips yang satu ini. Yah, bagaimanapun keadaannya, kamu harus bisa menikmatinya. Kepuasan dan kebahagiaan itu kamu yang menciptakan, bukan hal lainnya.

Jangan berpikir bahwa traveling di tempat yang dekat tidak mempunyai arti yang luar biasa. Mau dimanapun kamu memilih destinasi, semuanya akan terasa tetap menyenangkan jika kamu mau menikmatinya. Jangan berpikir apapun mengenai lokasi, sekalipun itu di kota sendiri. Kamu boleh berlagak turis di kota sendiri, bukankah itu lebih seru?

Nah, bagi kamu yang super sibuk sehingga tidak punya waktu yang cukup panjang untuk dihabiskan dengan berlibur, kamu bisa mencoba berbagai tips yang telah disebut di atas. Bagaimanapun, kamu tetap membutuhkan traveling untuk me-refresh otak setelah setiap hari diforsir untuk bekerja.

Jadi, melakukan traveling dengan seru tidak harus menghabiskan waktu yang teramat panjang. Kamu tetap bisa melakukannya dengan mengkuti tips traveling kecil-kecilan di atas tanpa harus kehilangan momen menyenangkan dalam acara traveling kamu. Manfaatkanlah waktu secara maksimal, nikmati apa yang kamu miliki. Have fun!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here