8 Cara Meningkatkan Omset Bisnis Kuliner agar Semakin Berkembang

Meningkatkan Omset Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner selalu menjadi sebuah usaha yang tidak pernah surut dari masa ke masa. Dari bulan ke bulan, tahun ke tahun, bisnis jenis ini selalu mengalami kejayaan. Bahkan sampai saat ini, semakin banyak bermunculan pengusaha baru yang ikut terjun ke dunia bisnis kuliner.

Nah, apakah semua pebisnis yang bermain di dunia kuliner ini selalu mengalami keuntungan yang besar? Tidak juga. Setiap bisnis selalu punya trafik perkembangan yang naik turun. Apalagi persaingan saat ini memang cukup ketat. Tak jarang pula pengusaha kuliner yang gulung tikar di usia bisnis yang masih terbilang dini.

Hal ini disebabkan karena kurang tepatnya langkah-langkah yang diambil dalam membangun maupun mengembangkan bisnis yang digelutinya. Harus kita sadari, bahwa perubahan jaman semakin pesat. Jadi perlu adanya beberapa langkah atau trik dalam mengolah bisnis kuliner tersebut.

Pada umumnya, cara dan langkah yang tepat dalam berbisnis seharusnya diterapkan sejak awal membangun bisnis tersebut. Akan tetapi, bagi kamu yang sudah terlanjur mendirikan sebuah bisnis kuliner, kamu harus tetap berjuang untuk mempertahankan bisnis kamu ini. Bagaimana caranya? Berikut ini cara meningkatkan omset bisnis kuliner!

1. Up to Date terhadap Tren

Kita hidup di jaman dimana semua hal yang bekaitan dengan gaya hidup berubah dengan begitu cepatnya. Mau tidak mau, kamu harus mengikuti arus yang sedang berlangsung. Gaya hidup yang seperti itu juga banyak mempengaruhi perkembangan bisnis, tidak terkecuali dengan bisnis kuliner yang sedang kamu geluti.

Contohnya saja, sekarang marak dengan gaya hidup sehat, maka kamu bisa memperbarui bisnis kamu menjadi bisnis makanan yang sehat. Seperti menambahkan produk makanan vegetarian atau kamu bisa menciptakan suatu produk makanan yang lebih rendah kolesterol dan semacamnya.

2. Lakukan Perubahan dengan Inovasi Menarik

Inilah pentingnya mengapa kamu harus up to date terhadap tren bisnis masa kini. Kamu perlu menyesuaikan semua inovasi yang kamu ciptakan atas produk makanan-makanan yang kamu jual dengan kebutuhan tren yang sedang berlangsung saat ini. Jika bisnis kuliner kamu mengalami kemunduran atau tidak berkembang, cobalah melakukan inovasi.

Misalnya, pada masa kini sedang tren memposting foto dengan bentuk makanan yang unik. Kamu harus bisa mengambil peluang dari tren tersebut. Contohnya saja, kamu membuat suatu produk makanan dengan bentuk hati. Atau kamu juga dapat mengembangkan makanan tradisional dengan dikemas secara milenial.

Hal tersebut tentunya akan punya daya untuk menarik minat pelanggan. Karena pada kenyataannya, masyarakat cenderung suka dengan hal yang baru dan unik. Mereka lebih senang bereksperimen hal-hal yang baru, kemudian memamerkan pengalamannya di beberapa akun media sosial miliknya.

3. Tambahkan Variasi Menu

Jika bisnis kamu berjalan cukup lancar, namun ingin meningkatkan omset pendapatan yang lebih banyak, mungkin kamu harus mencoba menambahkan daftar menu makanan yang kamu jual. Pelanggan yang benar-benar suka dengan produk makanan yang kamu jual memang akan tetap menjadi pelanggan setia.

Namun ada kalanya mereka juga perlu melirik menu lain. Jika kamu tidak berniat untuk membuat menu masakan lainnya, maka kamu dapat menambahkan menu berupa rasa yang lebih variatif. Dengan begitu kamu tidak mengubah produk asli yang telah kamu tekuni selama ini.

4. Promosikan Secara Menarik

Ada banyak cara untuk mempromosikan produk kuliner yang kamu kelola. Saat ini tidak sulit untuk mempromosikan bisnis yang kita kelola, karena media sudah tersedia begitu dekat di sekitar kita. Media apakah yang dimaksud? Tentunya teknologi. Untuk meningkatkan omset pendapatan bisnis, kamu harus pandai memanfaatkan teknologi sebagai media online.

Di sisi promosi online, kamu juga harus pandai mempromosikan melalui media offline. Apa saja yang termasuk media offline? Banyak, seperti melalui teman ke teman, brosur dan lainnya. Jika perlu, sekali-kali adakan diskon untuk produk makanan yang kamu jual. Jika memang menu makanan kamu menarik, mereka tentunya akan kembali sebagai pelanggan tetap.

5. Lebarkan Sayap Bisnis (Buka Cabang)

Salah satu cara yang terbilang ampuh dalam meningkatkan omset penjualan suatu bisnis, apalagi kuliner, ialah dengan membuka cabang. Jika bisnis kuliner kamu di tempat pertama sudah cukup memikat hati, sudah saatnya kamu melebarkan sayap bisnis kuliner yang kamu kelola. Dengan melebarkan sayap seperti ini, bisnis kuliner yang kamu kelola akan berkembang pesat dan omset penjualan akan meningkat.

Akan tetapi, kamu harus memperhatikan betul bahwa cabang yang kamu buka harus punya cita rasa yang sama dengan bisnis induk yang kamu kelola pertama kali. Karena bagaimanapun, mereka mengunjungi cabang kedua karena sudah mengenal dan jatuh cinta dengan cita rasa bisnis induknya.

6. Evaluasi dan Pertimbangkan Harga

Jika bisnis kuliner yang kamu kelola tidak mengalami peningkatan omset, bisa jadi ada yang kurang tepat dengan harga yang kamu patok selama ini. Bisa jadi harga yang kamu patok terhadap produk makanan tersebut kurang sesuai dengan target pasar yang kamu bidik. Perbanyaklah melakukan survey harga pasar, khususnya pasar untuk bisnis milikmu.

Jika target pasar yang kamu bidik dari kalangan masyarakat menengah, maka sebaiknya membuat produk yang dipatok dengan harga miring. Ciptakanlah suatu produk makanan dengan kualitas top namun harga kaki lima. Apakah bisa? Tentu saja sangat bisa. Semua tergantung kreatifitas kamu dalam mengolah bisnis kuliner tersebut.

Baca Juga: 8 Tips Membangun Bisnis Kuliner Rumahan (Catering)

7. Pertimbangkan Lokasi dan Desain Konsep

Keberadaan dan keadaan tempat bisnis kuliner kamu juga sangat berpengaruh terhadap peningkatan omset pendapatan. Sebaiknya pertimbangkan lokasi tempat kamu membuka bisnis kuliner, jika tempat lama kurang strategis, maka segeralah untuk mencari letak yang lebih strategis untuk mengait pelanggan sebanyak mungkin.

Atau kamu dapat mendesain tempat tersebut seunik mungkin sehingga menampilkan konsep yang sangat menarik. Ciptakanlah suasana yang nyaman dan sensasi berbeda hingga banyak menarik minat pelanggan untuk berkunjung ke tempat kamu. Jika perlu, kamu ciptakan spot foto instagramable pada setiap sisi sudut.

8. Jagalah Reputasi

Hal terpenting dalam mengembangkan bisnis khususnya kuliner ialah menjaga reputasi. Jangan pernah lengah sedikitpun untuk mempertahankan reputasi yang dimiliki bisnis kamu. Jika kamu merusak bisnis tersebut dengan satu kali keteledoran, maka itu bisa jadi akan merusak semua reputasi yang telah diraih selama ini dengan susah payah.

Memang banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan omset penjualan untuk bisnis kuliner yang kamu geluti. Bahkan banyak lagi cara meningkatkan omset penjualan dalam bisnis kuliner yang belum disebut di atas. Namun yang terpenting dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan omset ialah tetap mempertahankan komitmen serta terus belajar dan berinovasi sesuai dengan perkembangan jaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here