8 Cara Menarik Minat Calon Konsumen dalam Berbisnis

8 Cara Menarik Minat Calon Konsumen dalam Berbisnis
8 Cara Menarik Minat Calon Konsumen dalam Berbisnis
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Denganperkembangan teknologi yang semakin mempermudah dalam hal berbisnis, menjadikansetiap orang kini beinisiatif untuk mencobanya. Dan seperti yang kita ketahui,persaingan bisnis kini memang semakin ketat. kamu harus bersungguh-sungguh danmemiliki strategi yang baik untuk mengatasi setiap hal dalam bisnis.

Dan komponenterbesar yang mampu menunjang perusahaan kamu tetap bertahan lama ialah konsumen.Semakin banyak konsumen, maka nilai perusahaan kamu juga meningkat. Karena padagaris besarnya, nilai dari sebuah perusahaan dilihat dari banyaknya konsumenyang dimilikinya.

Nah, untuk dapatmenjaring banyak konsumen, kamu memerlukan jurus dan trik yang ampuh dalammenarik hati konsumen agar melirik produk atau jasa yang kamu tawarkan. Nah,bagaimana cara menarik perhatian konsumen baru? Berikut adalahcara menarik minat calon konsumen dalam berbisnis.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


1. KenaliCalon Konsumen

Langkah pertamayang harus kamu lakukan untuk menarik konsumen baru adalah kamu harus mengenalidengan baik calon konsumen. Hal ini memang lebih menjurus kepada bagaimana kamumengenali pangsa pasar yang kamu bidik. Karena bidikan pasar kamu itulah yang merupakan calon konsumen kamu.

Kemudian darihal itu, kamu mulai pelajari bagaimana karakter dari calon konsumen. Ibaratkandengan calon pacar, kamu harus mengenalinyadengan baik bagaimana karater calon pacar kamu,baik tentang warna kesukaannya, makanannya, maupun yang lainnya. Sama halnyadengan calon pacar, calon konsumen juga harus didapatkan dengan cara-cara seperti ini.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


2. Ciptakan Karakter yang Unik pada Produk dan Jasa

Di jamansekarang ini, perubahan tren dari waktu ke waktu semakin gencar dan cepat. Dansemua itu tergantung pada keunikan yang ada di dalamnya. Jika tren yangsebelumnya sudah mulai memudar keunikannnya, maka akan dengan cepat tergantikandengan suatu keunikan yang baru. Begitu siklusnya.

Untuk menarikperhatian para calon konsumen, kamu harus mampu menciptakan keunikan yangmenjadi ciri khas dari produk dan jasa kamu.Kemungkinan mereka akan penasaran dengan keunikan tersebut. Dengan begitu,produk atau jasa kamu akan lebihmampu mencuri perhatian calon pembeli.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


3. SajikanInformasi Secara Lengkap dan Jelas

Saat ini,biasanya orang akan tertarik kepada sebuah barang dan jasa yang memilikiinformasi yang lengkap dan tentunya juga jelas. Mereka mulai mencari informasidi internet tentang baran-barang atau jasa yang mereka butuhkan. Jangan membuatcalon konsumen kamu bertanya-tanya tentang produk dan jasa yang kamu tawarkan.

Karena padaumumnya, sekarang ini kebanyakan malas bertanya. Mereka lebih memilih sebuahproduk dan jasa yang sudah memiliki ulasan yang detail pada promosi. Jadi,usahakan sajikan informasi produk atau jasa kamu secara detail dan jelas.Hingga calon konsumen kamu mendapatkan informasi yang lengkap tentang produk usaha kamu.

4. Tampilkan Keunggulan Produk Atau Jasa

Memamerkankeunggulan dari sebuah produk atau jasa merupakan langkah yang penting dalammenjaring konsumen baru. Karena mereka belum mengetahui atau belum merasakan manfaatdari produk dan jasa yang kamutawarkan, maka kamu perlu mengulasnya sedemikianrupa. Tampilkan informasi mengenai keunggulan produk kamu.

Menampilkansebuah keunggulan produk atau jasa tidak mesti harus menampilkan hal yangmenurut orang lain luar biasa. Sesuaikan saja dengan jenis produk atau jasayang kamu tawarkan. Dan jangan menganggap remeh hal-hal yang nampak sepele. Sekecilapapun kelebihan produk atau jasa kamu,tunjukkan saja kepada mereka.

Tidak menutup kemungkinan, mereka akan tertarik dengan hal sepele tersebut dibandingkan dengan hal luar biasa namun mengada-ngada. Satu hal yang penting dalam mengulas sebuah produk dan jasa, jangan sampai membuat kecurangan.

Jangan pernah membuat ulasan yang tidak pada kondisi sebenarnya alias berbohong. Dan juga jangan pernah menjatuhkan pesaing dengan cara yang kotor karena bisa mencoreng kredibilitas dari usaha kamu.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis Online

5. AdakanGiveaway

Trik yang satuini merupakan salah satu jurus yang cukup ampuh untuk menarik perhatian paracalon konsumen. Yah, giveaway ini biasanya banyak digunakan para pebisnis untukmengenalkan produk dan jasanya kepada calon konsumen mereka. Dan ini memangsebuah cara yang cukup efektif.

Ada banyak modelyang dilakukan pebisnis dalam memberikan giveaway. Salah satu contohnya ialahmereka memasang konten endorse. Pada konten tersebut, calon konsumen dimintauntuk mengomentarinya dengan menandai beberapa temannya yang lain. Kemudianmereka juga diminta untuk follow akun media sosialnya.

Nah, sebagaiimbalannya, mereka akan mendapatkan hadiah bagi akun yang terpilih. Jadi, untukmenarik banyak konsumen memang perlu pengorbanan. Dan sepertinya jika hanyamemberikan satu dua produk atau jasa tidak akan membuat bisnis kamu merugi.Bahkan hal itu bisa membuat keuntungan yang besar bagi bisnis kamu.

6. LayaniPertanyaan Calon Konsumen dengan Ramah

Melayanipertanyaan dan berbagai permintaan calon konsumen harus dilakukan sebaikmungkin. Respon awal yang kamu berikan kepada mereka akan menjadi wajah bagiperusahaan kamu.Artinya, mereka akan menilai perusahaan kamu dari cara kamu melayani mereka. Tunjukkanrespon yang cepat serta dengan sikap yang ramah.

Anda harus sabarmenghadapi setiap calon konsumen, sekalipun terkadang pertanyaan dan permintaanmereka terlalu mengada-ngada dan membuat kesal. Sebisa mungkin, respon merekadengan sabar dan tutur kata yang ramah. Dengan begitu, mereka akan terkesandengan etitude perusahaan kamu.

7. MintalahTestimoni kepada Pelanggan

Percaya atautidak, testimoni yang diberikan oleh konsumen kamu sebelumnya akan memberikanpengaruh yang besar terhadap calon konsumen baru. Karena kebanyakan orang akanlebih percaya kepada orang yang pernah menggunakan produk dan jasa kamu dibandingkandengan ulasan dari perusahaan kamu sendiri.

Jika testimoniyang diberikan mereka baik, maka ini akan sangat membantu untuk menjaringkonsumen baru. Seperti yang kita ketahui, saat ini testimoni dapat dilakukansecara online. Nah, hal ini akan lebih mudah dilihat oleh calon konsumen yanglain. Hitung-hitung, itu salah satu promosi gratis dan efektif.

8. ResponKeluhan Pelanggan dengan Ramah

Setiap pelanggantentunya akan memiliki penilaian yang berbeda terhadap produk atau jasa yangtelah mereka gunakan. Mereka tentu akan selalumenemukancelah dari produk dan jasa kamu.Jika ada ulasan yang kurang baik dari pelanggan, jangan pernah mengabaikan ataumeresponnya dengan sikap yang tidak baik pula. Sebaiknya respon mereka denganramah.

Keluhan daripelanggan harus kamu jadikan bahan evaluasi dari pelayanan kamu sebelumnya agarperusahaan kamu menjadi lebih baik untuk selanjutnya. Merespon keluhanpelanggan dengan baik juga merupakan cara untuk mengembalikan image perusahaan kamu. Usahakan responmereka sampai mereka puas atas apa yang mereka keluhkan.

Untuk menarikperhatian calon konsumen tidak boleh lepas dari inovasi dan perkembanganteknologi. Sebisa mungkin, maksimalkan untuk penggunaan keduanya. Dengan sambilmemaksimalkan inovasi dan teknologi, beberapa jurus dan trik menarik perhatiancalon konsumen di atas akan memberikan hasil yang maksimal terhadapperkembangan perusahaan Anda.