in

4 Metode Cara Menentukan Harga Jual Paling Akurat

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kualitas produk bukan satu-satunya hal yang bisa membuat Anda bertahan. Ada banyak faktor, salah satunya dengan cara menentukan harga jual.

Seperti diketahui, penetapan hargalah yang akan memberikan keuntungan terhadap pedagang. Semakin tinggi selisih harga jual dan harga pokok maka semakin tinggi pula keuntungan yang bisa didapatkan.

Aspek lain yang juga sangat menentukan harga jual adalah merek. Produk Chanel misalnya, sekali pun produsen menggunakan bahan standar seumpama, namun orang rela membeli harga sangat tinggi karena nilai produk tersebut.

Akan tetapi, hal ini bisa dilakukan jika memang produk Anda telah dikenal dan memiliki tempat eksklusif di pasar.

Untuk menentukan harga jual, tidak bisa dilakukan sembarangan apalagi sebatas kira-kira. Menentukan harga per unit misalnya, dalam praktiknya memiliki sejumlah tantangan serius yang harus dipilih yaitu:

  • Harga jual sangat murah. Menentukan harga yang terlalu murah jika dibandingkan harga pasaran memang akan membuat orang tertarik, begitu pun dengan tingginya kuantitas penjualan. Namun, Anda tak akan mendapat untung banyak dan kalah terlebih dengan biaya operasional yang tinggi. Jangan mematok harga melalui kisaran, tapi perhitungkan harga pokok serta pengeluaran operasional lainnya.
  • Harga jual sangat mahal. Pada kondisi sebaliknya, menetapkan harga terlalu mahal hanya akan membuat Anda kehilangan pelanggan. Jika konsumen melihat harga rata-rata di pasar dengan kualitas yang sama, mereka tentu memilih harga termurah. Memang, penjualan per unit akan mendatangkan keuntungan besar, sayangnya tidak akan membuat Anda menang dari kompetitor.

Dari kedua kasus tersebut, kita sebenarnya dapat melihat bahwa menentukan sebuah harga jual harus melihat dari berbagai aspek. Misalnya, melalui riset pasar tentang berapa harga produk yang sama dengan kualitas serupa.

Berikutnya tentu, menganalisis harga bahan baku serta pengeluaran operasional yang sangat menunjang kegiatan produksi. Untuk mengetahuinya, berikut ini beberapa metode dan tahap penentuan harga jual:

1. Harga Markup