7 Masjid Paling Ikonik di Indonesia, Megah dan Menawan!

7 Masjid Paling Ikonik di Indonesia
7 Masjid Paling Ikonik di Indonesia
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Ada banyak berdiri masjid paling ikonik di Indonesia, karena Indonesia memiliki populasi umat muslim yang besar sebagai penduduk mayoritasnya. Tak heran jika banyak berdiri masjid-masjid yang megah dan sekaligus bersejarah.

Masjid-masjid yang ikonik dan bersejarah ini merupakan saksi perjalanan Agama Islam di Indonesia. Tak hanya megah, daftar masjid yang ikonikini memiliki tampilan arsitektur yang menawan.

Masing-masing masjid memiliki gaya arsitektur yang khas, dan banyak mengisahkan bagaimana perjalanan umat muslim di sekitarnya. Seni dan budaya membentuk masjid yang megah dan menakjubkan.

Untuk itu, ayo berwisata religi, melihat 7 masjid paling ikonik di Indonesia yang sering diperbincangkan oleh banyak orang di Indonesia. Inilah daftarnya:

1. Masjid Istiqlal, Jakarta

Credit: inews

Mendengar namanya saja, hampir semua orang akan terbayang Kota Jakarta. Yah, Masjid Istiqlal memang termasuk salah satu masjid termegah dan sekaligus masjid paling ikonik yang ada di Indonesia.

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar yang ada di Indonesia, bahkan juga merupakan salah satu masjid terbesar yang ada di Asia Tenggara. Dan masjid ini dibangun dengan luas mencapai 95.000 m2 serta mampu menampung 20.000 jamaah.

Masjid Istiqlal selesai dibangun pada tahun 1978 dan digagas oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Nama “Istiqlal” itu sendiri memiliki makna yang cukup dalam, yaitu “Merdeka”.

Lokasi Masjid Istiqlal berada di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. Letaknya berseberangan dengan Gereja Katedral sebagai lambang toleransi antar umat beragama di Indonesia.

Tak hanya untuk sekedar beribadah, rata-rata masyarakat di Indonesia mampir ke masjid ini juga untuk menyaksikan kemegahan sebuah rumah ibadah. Jadi, saat di Jakarta, sempatkan mampir ke masjid ini ya!

2. Masjid Agung Banten

Masjid kedua ini merupakan masjid paling ikonik di Indonesia sekaligus masjid yang sangat bersejarah bagi perjuangan Bangsa Indonesia melawan penjajah. Namanya Masjid Agung Banten.

Masjid Agung Banten dibangun pada tahun 1556 oleh Sultan Maulana Hasanuddin, yaitu sultan pertama Kesultanan Banten. Jadi, kawasan masjid ini terdapat komplek pemakaman para Sultan Banten.

Arsitektur bangunan masjid ini unik dan cukup kental dengan budaya Jawa. Dan yang paling menarik, menara di Masjid Agung Banten ini berbentuk seperti mercusuar, menampilkan kesan yang estetik.

Selain tetap mempertahankan arsitektur tradisionalnya, Masjid Agung Banten juga direnovasi dengan berbagai sentuhan modern. Masjid ini juga diperindah dengan adanya payung-payung mirip di Masjid Nabawi.

Lokasi Masjid Agung Banten ini terletak di sekitar 10 km arah utara dari Kota Serang, yaitu Kecamatan Kasemen, daerah Banten Lama. Masjid ini memiliki luas bangunan 1.368 m2 dan mampu menampung jamaah hingga 2.000 orang.

3. Masjid Agung Demak, Jawa Tengah

Credit: phinemo.com

Selain menjadi masjid yang paling ikonik, Masjid Agung Demak juga merupakan salah satu masjid yang paling bersejarah. Pasalnya, masjid ini merupakan tempat berkumpulnya Walisongo saat menyebar Agama Islam di tanah Jawa.

Masjid ini dibangun pada masa abad ke-15 Masehi oleh raja pertama Kesultanan Demak bernama Raden Patah. Di kawasan masjid ini terdapat komplek pemakaman Raja-raja Kesultanan Demak.

Tidak sebagai tempat beribadah dan juga komplek pemakanan para raja, di masjid ini terdapat Museum Masjid Agung Demak. Museum ini menyimpan hal-hal yang berkaitan dengan masjid ini.

Hampir semua tour religi Walisongo, menjadikan masjid ini sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Tidak hanya untuk ibadah, namun juga untuk menyaksikan kemegahan bukti sejarah perjuangan para Walisongo.

Sesuai dengan namanya, lokasi Masjid Agung Demak terletak di Kabupaten Demak, tepatnya di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak. Kalau lagi berkunjung ke Demak, rugi jika tidak mampir.

4. Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah

Saat berada di Kudus, Jawa Tengah, rasanya belum lengkap jika tidak mampir ke salah satu masjid ikonik sekaligus bersejarah ini. Masjid ini dibangun oleh Syekh Ja’far Shodiq atau lebih dikenal dengan Sunan Qudus.

Sebenarnya, masjid ini memiliki naman resmi Masjid Al-Aqsa Manarat Qudus, namun lebih populer dengan nama Masjid Menara Qudus. Masjid Menara Qudus ini dibangun pada tahun 1549.

Masjid ini memiliki arsitektur yang unik, menggunakan perpaduan khas Hindu-Jawa dengan Islam. Memiliki menara yang unik, dan itu sebabnya gaya bangunan masjid ini nampak seperti bangunan candi.

Baca Juga: Wisata Bernuansa Klasik, Ada 5 Destinasi Kota Tua di Indonesia

Tak hanya sebagai tempat beribadah umat Islam, namun masjid ini juga merupakan situs sejarah sebagai hasil akulturasi budaya Hindu-Jawa dengan Islam. Itu sebabnya masjid ini juga ramai sebagai tempat wisat.

5. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Credit: qoobah.co.id

Bangunan masjid ikonik ini merupakan bangunan yang sangat bersejarah bagi masyarakat Aceh. Dulunya, Masjid Baiturrahman ini merupakan benteng pertempuran untuk melawan penjajah, Belanda.

Bahkan dulunya masjid ini sempat dibakar, akan tetapi dibangun kembali oleh Pemerintah Belanda. Tujuannya, sebagai tanda permintaan maaf dan untuk meredam kemarahan masyarakat Aceh kala itu.

Selain sangat ikonik, masjid yang resmi berdiri sejak tahun 1881 ini termasuk salah satu masjid terbesar yang ada di Indonesia. Masjid ini memiliki luas bangunan sekitar 31.000 m2 dan mampu menampung hingga 30.000 jamaah.

Tidak sulit untuk mencari lokasi masji ini, karena masjid ini berada di Kota Banda Aceh, tepatnya di Jalan Muhammad Jam No.1, Kota Banda Aceh. Itu sebabnya masjid ini juga menjadi sangat ikonik.

6. Islamic Center Samarinda

Jika sedang ke Samarinda, kamu akan dipertemukan dengan bangunan ikonik di sana, Islamic Center Samarinda. Bangunan berupa masjid ini merupakan salah satu masjid paling ikonik sekaligus terbesar yang ada di Indonesia.

Masjid yang satu ini memiliki luas bangunan 43.500 m2 dan mampu menampung hingga 40.000 jamaah di dalamnya. Letak masjid ini berada di Jl. Slamet Riyadi No.1, Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

Yang menjadi daya tarik bagi orang-orang mengunjungi Masjid Islamic Center Samarinda ini ialah arsitekturnya khas Timur Tengah. Apalagi berada berdampingan dengan sungai Mahakam, membuat perpaduan lanskap yang menawan.

Jadi tak hanya sebagai tempat beribadah umat Islam, namun juga destinasi favorit bagi wisatawan. Selain itu, Islamic Center Samarinda juga merupakan pusat edukasi Agama Islam di Samarinda, Kalimantan Timur.

7. Masjid Raya Makassar

Tak heran mengapa Masjid Raya Makassar menjadi salah satu masjid yang paling ikonik di Indonesia. Masjid ini berdiri sangat megah dengan arsitektur menawan yang didominasi oleh warna hijau memukau.

Tak hanya sebagai masjid paling ikonik, namun Masjid Raya Makassar juga merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia. Keberadaannya mampu menampung jamaah hingga 60.000 orang. Sangat megah bukan?

Dan salah satu spot menarik di Masjid Raya Makassar ini ialah tentang keberadaan Al-Qur’an yang berukuran besar. Ukuran dimensinya mencapai 1 meter x 1,5 meter dengan bobot 584 kg.

Lokasi Masjid Raya Makassar berada di Jl. Masjid Raya, Bontoala, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar. Jadi saat kamu berada di Sulawesi Selatan khususnya di Makassar, mampir dulu ke masjid ikonik ini.

Jadi, tidak hanya sebagai tempat beribadah umat muslim, masjid-masjid di atas juga merupakan masjid paling ikonik di Indonesia. Beberapa diantaranya merupakan situs sejarah saksi perjalanan Bangsa Indonesia.