Bingung Cara Promosi Bisnis Anda? Ini Dia 9 Tips Promosi yang Paling Efektif di Tahun 2020

Bingung Cara Promosi Bisnis Anda? Ini Dia 9 Tips Promosi yang Paling Efektif di Tahun 2020
Bingung Cara Promosi Bisnis Anda? Ini Dia 9 Tips Promosi yang Paling Efektif di Tahun 2020
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Dimasa Sekarang ini, tidak bisa dipungkiri banyak sekali orang yang mulai tertarik untuk menjadi pebisnis. Oleh karena itu Anda haruslah pandai-pandai dalam menentukan strategi bisnis, karena jika tidak, maka bisnis Anda akan kalah bersaing dengan kompetitor lain. Maka dari itu, gunakanlah strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis seperti pada pembahasan ini.

Kenalan Dulu Yuk, Apa Itu Promosi?

Kenalan Dulu Yuk, Apa Itu Promosi?
photo by ngulik bisnis

Promosi adalah upaya memasarkan produk dengan cara komunikasi persuasif sehingga calon konsumen lebih tertarik membeli produk Anda dibanding produk kompetitor. 

Secara umum, ada beragam cara untuk melakukan promosi, bisa melalui iklan di TV,  brosur, spanduk, sosial media, dan website. 

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Lalu, kenapa Anda perlu melakukan kegiatan promosi bagi produk bisnis? Apa aja tujuannya?

Tujuan utama promosi adalah untuk meningkatkan penjualan. Namun, tentu saja harus didahului dengan pengenalan produk ke masyarakat. Tidak hanya itu, promosi juga harus fokus pada upaya menciptakan ketertarikan masyarakat menggunakan produk yang Anda tawarkan. 

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Bagaimana Cara Promosi Bisnis Yang Paling Efektif?

Bagaimana Cara Promosi Bisnis Yang Paling Efektif?
photo by jasa digital marketing

Ada banyak sekali promosi bisnis yang bisa diterapkan di bisnis. Tentunya tidak semua cocok jika diterapkan di sembarang bisnis, oleh karena itu, kami telah merangkum beberapa tips yang bisa jadi referensi untuk meningkatkan bisnis Anda. Simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Menawarkan harga khusus untuk pembelian yang banyak atau grosir

Menawarkan harga khusus untuk pembelian yang banyak atau grosir
photo by webnesia

Harga grosir adalah harga khusus yang diberikan jika konsumen membeli barang dengan jumlah tertentu. Promosi harga grosir menguntungkan baik bagi konsumen maupun Anda sebagai pebisnis. 

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Jika Anda ingin membuat produk terjual lebih cepat, mencoba promosi harga grosir layak dicoba. Apalagi jika kompetitor Anda ternyata juga menggunakan cara ini. 

Promosi harga grosir umumnya digunakan oleh bisnis fashion, alat tulis dan lainnya. Namun, sebenarnya semua jenis bisnis bisa menggunakan strategi ini. 

2. Memberikan diskon setiap minggunya atau hari hari tertentu

Memberikan diskon setiap minggunya atau hari hari tertentu
photo by mamiko

Harga masih menjadi faktor utama bagi konsumen ketika melakukan transaksi pembelian. Oleh karena itu, promo potongan harga selalu ditunggu-tunggu.

Jika memiliki toko online Anda sendiri, tentu Anda bisa menyelenggarakan promo potongan harga atau diskon ini kapan saja. Dan tentunya, potongan harga bisa digunakan untuk hampir semua jenis bisnis online.

3. Menawarkan cashback

photo by teknodaim.com

Cashback adalah pengembalian sejumlah uang setelah konsumen melakukan pembelian. Cashback berlaku jika pembelian yang dilakukan mengikuti syarat yang ditentukan oleh penjual. Biasanya berupa pembelian sejumlah nominal tertentu.

Walaupun ada syarat yang diberlakukan, cashback tetap merupakan promo yang menarik bagi konsumen. Anda bisa mengunjungi beberapa marketplace besar dan akan menjumpai cashback di berbagai event promo mereka. 

Perlu diingat bahwa cashback bukan hanya milik marketplace saja. Pemilik toko online pun bisa menerapkan promo ini untuk menjual berbagai barang, mulai dari produk fashion dan lain-lain.

4. Mengadakan flash sale

photo by nextren.com – grid.id

Flash sale adalah metode penjualan dalam waktu singkat, dengan jumlah terbatas dan di banderol dengan harga murah. 

Sebagian dari Anda mungkin mengenal Flash sale dari salah satu marketplace besar di Indonesia, bukan? Jenis promosi tersebut terbukti cukup efektif. 

Karena Flash sale menggunakan strategi ketersediaan barang yang terbatas, banyak calon konsumen tak ingin melewatkan kesempatan tersebut. Hasilnya, Flash sale terbukti efektif untuk menggebrak pasar. Produk yang dijual melalui Flash sale selalu laris manis bak kacang goreng.

Belajar dari kondisi tersebut, banyak pelaku bisnis yang menerapkan langkah promosi yang sama.

5. Beli satu gratis satu

Beli satu gratis satu
photo by puteka85

Mempromosikan produk dengan memberikan tambahan produk lain secara gratis sudah umum digunakan saat ini. Mulai dari produk keperluan rumah tangga hingga makanan. 

Namun, jangan salah, langkah ini terbukti masih sangat efektif.

Bagi konsumen, mereka akan senang karena mendapatkan value tambahan. Sedangkan, bagi pemilik bisnis, Beli 1 Gratis 1 sering digunakan terutama untuk mengenalkan produk baru sambil tetap mendapatkan profit yang baik.

Alasannya, ketika melakukan kampanye Beli 1 Gratis 1,  produsen justru mampu menjual produk lebih banyak karena konsumen sebenarnya membeli dua produk sekaligus. 

6. Memberikan giveaway

photo by beautynesia

Promosi dengan memberikan giveaway sering menggandeng produk yang berbeda sebagai hadiah. Bisa produk Anda sendiri, atau produk pihak lain. 

Sebenarnya, banyak sekali contoh giveaway yang pernah Anda dapatkan sebagai konsumen. Misalnya, saat Anda membeli ponsel Anda akan mendapatkan softcase dan pelindung layar, atau membeli sepatu Anda mendapatkan kaos kaki secara gratis.

Konsumen itu sangat tertarik dengan barang-barang gratis. Jadi tidak ada salahnya Anda menerapkan cara promosi ini untuk mendapatkan banyak konsumen.

7. Adanya pengumpulan dari poin rewards

Adanya pengumpulan dari poin rewards
Photo by Kredit – blogger

Poin rewards adalah salah satu contoh promosi melalui customer loyalty program. Artinya, konsumen yang loyal menggunakan produk Anda berhak mendapatkan penawaran khusus. 

Anda bisa membagikan kartu promo khusus. Setiap kali pelanggan mencuci mobil di tempat Anda, ada satu sticker yang akan mereka terima. Setelah lima kali pencucian, Anda bisa memberikan satu kali cuci mobil gratis.

Tentu konsumen Anda akan senang dengan promo poin rewards semacam ini dan mereka akan semakin loyal kepada Anda.

8. Membagikan kupon promo

photo by kupon promo

Cara promosi dengan membagikan voucher bisa menjadi senjata untuk menarik minat konsumen. Misalnya Anda mungkin pernah mendapatkan voucher makan ketika membeli majalah tertentu.

Di era digital ini, penggunaan e-voucher mulai menggantikan voucher fisik. Banyak pemilik bisnis yang membagikan promo voucher melalui email, SMS, bahkan langsung di dalam aplikasi yang digunakan konsumen.

9. Membebaskan biaya ongkir atau ongkos kirim

photo by ekbis

Meningkatnya transaksi bisnis salah satunya didukung oleh kemudahan pengiriman barang. Saat ini, tanpa perlu menunggu lama, barang akan sampai kepada penerima. 

Sudah banyak bisnis ekspedisi atau jasa pengiriman barang yang memberikan pelayanan terbaik. Hanya saja, tarif pengiriman barang untuk beberapa wilayah masih cukup tinggi. 

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan free ongkir, konsumen akan lebih tertarik. Alasannya, konsumen tidak hanya mendapatkan kemudahan, tapi juga value lebih saat berbelanja produk yang Anda tawarkan.

Dengan pendekatan bebas ongkos kirim (free ongkir), penjualan produk bisnis Anda bisa lebih ditingkatkan. 

Nah berikut ini adalah tips promosi bisnis yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengingkatkan bisnis Anda. Semoga Bermanfaat.