Bingung Pilih Masker Untuk Bekas Jerawat? Coba deh Bahan Alami Ini, Dijamin Lebih Ekonomis

Bingung Pilih Masker Untuk Bekas Jerawat? Coba deh Bahan Alami Ini
Bingung Pilih Masker Untuk Bekas Jerawat? Coba deh Bahan Alami Ini
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Pusing dengan noda bekas jerawat yang sangat menganggu penampilan? Meskipun bisa disamarkan dengan make up tebal, tapi tak bisa dipungkiri jika kamu akan merasa kurang percaya diri saat tampil tanpa make up. Ditambah lagi dengan permasalahan biaya untuk perawatan menghilangkan bekas jerawat yang tidak murah.

Tapi sekarang kamu tak perlu khawatir lagi. Dengan bugdet super minim, kamu bisa kembali mendapatkan wajah yang mulus tanpa noda bekas jerawat. Bahkan, bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker untuk bekas jerawat berikut ini bisa kamu dapatkan cuma-cuma lho!

1. Aloe vera

Aloe-vera Masker Alami
Sumber Pikiran Rakyat

Tanaman hias satu ini memang sudah banyak digunakan oleh brand skincare ternama sebagai bahan utama produknya. Kandungan giberelin dan polisakarida sangat efektif menyembuhkan bekas luka, termasuk bekas jerawat yang terkadang membuat permukaan kulit menjadi tidak rata.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Tak hanya itu, aloe vera juga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat memperbaiki kulit rusak sekaligus menenangkan kulit akibat iritasi jerawat. Jadi, selain bisa untuk menyamarkan noda bekas jerawat, aloe vera juga ampuh untuk meredakan peradangan akibat jerawat.

Cara membuat masker untuk bekas jerawat dari aloe vera pun sangat mudah. Pertama kamu bisa potong aloe vera, kemudian buang getahnya (gel berwarna hijau kekuningan). Selanjutnya belah aloe vera dan ambil gelnya yang berwarna putih. Langsung gunakan pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan 30 menit.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Bilas masker menggunakan air dingin. Kamu bisa menggunakan masker aloe vera setiap hari agar hasil yang didapatkan cepat.

2. Tomat

Tomat Masker Alami
Sumber Kitakini News

Bahan lain yang bisa digunakan sebagai masker untuk bekas jerawat adalah tomat. Selain itu, tomat juga sangat efektif mengangkat minyak berlebih pada wajah. Jadi memang sangat cocok buat kamu yang memiliki tipe wajah berminyak dan gampang jerawatan.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Cara pembuatan masker tomat pun tak kalah mudahnya:

  • Cari buah tomat yang sudah matang dan masih segar.
  • Cuci bersih kemudian haluskan menggunakan blender atau garpu.
  • Bersihkan wajah kemudian keringkan, lalu aplikasikan tomat langsung pada wajah.
  • Biarkan masker tomat meresap di wajah dan diamkan selama 1 jam.
  • Setelah itu bilas wajah menggunakan air hangat dan ulangi dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang telah terbuka.

3. Air Perasan Lemon

Air Perasan Lemon Masker Alami
Sumber Eat This Not That

Kandungan vitamin C yang begitu tinggi pada buah lemon juga tidak kalah efektif untuk menyamarkan noda bekas jerawat. Bahkan, kandungan ini mampu membuat kulit tampak lebih cerah.

Tetapi, penggunaan air perasan lemon sebagai masker untuk bekas jerawat sebaiknya tidak digunakan setiap hari, karena bisa membuat kulit wajah kamu terlalu kering.

Cara penggunaanya tentu sangat mudah. Kamu hanya perlu memeras air jeruk lemon. Selanjutnya aplikasikan air perasan tersebut pada wajah, dan diamkan hingga kering. Setelah itu bersihkan wajah dengan handuk hangat dan ulangi menggunakan air dingin.

4. Madu

Madu Masker Alami
Sumber Klikdokter

Buat kamu yang memiliki masalah bekas jerawat membandel dan munculnya tanda penuaan dini seperti keriput, madu adalah pilihan terbaik. Masker madu bukan hanya dapat menutrisi kulit kamu sehingga lebih sehat, namun juga dapat mengenyalkan kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka.

Kamu bisa menggunakan madu murni untuk masker wajah. Selanjutnya langsung aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Tak perlu menunggu madu terlalu kering, karena sifat bahan ini memang cukup berbeda dengan masker lain. Setelah itu bilas wajah dengan air hangat lalu disusul menggunakan air dingin.

5. Oatmeal

Oatmeal Masker Alami
Sumber Orami Parenting

Bahan selanjutnya yang cocok dijadikan masker untuk bekas jerawat sekaligus mengangkat komedo membandel adalah oatmeal. Bahan dengan kandungan gandum tinggi ini akan membantu proses pengangkatan sel kulit mati pada wajah, sehingga tidak ada lagi sumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat dan komedo.

Rutin menggunakan masker oatmeal juga dipercaya dapat mencerahkan kulit sekaligus memperkecil pori-pori. Dari pada penasaran, yuk langsung saja buat masker oatmealnya:

  • Siapkan oatmeal dan susu murni.
  • Ambil satu sendok makan oatmeal dan 2-3 sendok makan susu.
  • Aduk kedua bahan sembari dilumatkan. Kemudian ambil saringan untuk mengambil sarinya saja.
  • Setelah mendapatkan sari oatmeal dan susu tersebut, langsung aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan dan kering.
  • Tunggu selama 15-30 menit, setelah setengah kering, kamu bisa menggosoknya perlahan.
  • Proses scrubing ini akan membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah kamu.
  • Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

6. Kunyit

Kunyit Masker Alami
Sumber Kitakini News

Bumbu dapur berwarna orange ini memang sudah banyak digunakan untuk kecantikan kulit. Kandungan antioksidan dan anti-inflamasinya dipercaya bisa mempercepat proses penyembuhan jaringan parut, dan tentunya dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Disini kamu bisa menggunakan kunyit bubuk agar lebih praktis. Cara pembuatan masker untuk bekas jerawat dari kunyit bisa langsung kamu coba. Cukup campurkan 1-2 sdt kunyit bubuk dengan air perasan jeruk lemon. Campur hingga berbentuk pasta dan aplikasikan pada wajah secara merata.

Diamkan masker selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih. Tak perlu khawatir wajah kamu akan terlihat kuning ya, karena bahan alami ini justru akan mencerahkan kulit wajah kamu lho!

7. Tea tree oil

Tea-tree-oil Masker Alami
Sumber Treehugges

Tea tree oil juga sangat populer digunakan sebagai bahan dasar produk skincare acne. Bukan hanya bermanfaat untuk mengatasi peradangan pada jerawat, namun tea tree oil juga efektif untuk menyamarkan bekas jerawat karena sifat anti-inflamasi dan anti-mikrobanya.

Tapi dibanding harus membeli skincare dengan kandungan tea tree oil yang terkadang tidak ramah di kantong, kamu bisa lho membeli tea tree oil murni, kemudian campurkan dengan minyak kelapa.

Cara pembuatannya yakni cukup campurkan 3 tetes tea tree oil dengan 1 sendok teh minyak kelapa. Aduk rata lalu oleskan pada wajah secara perlahan.

Biarkan 1 hingga 2 jam kemudian bersihkan dengan handuk hangat. Jangan lupa untuk membilasnya kembali dengan air dingin.

Beberapa bahan di atas bisa kamu andalkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Tentunya masker untuk bekas jerawat di atas tidak akan memberikan hasil instan, sehingga kamu harus telaten dan sabar untuk mendapatkan hasil terbaik.