Kisah Sukses Steve Wozniak, Co-Founder Apple Inc

kisah-sukses-steve-wozniak

Steve Wozniak adalah seorang penemu, insinyur elektronik, programmer, dan pengusaha teknologi, yang pada tahun 1976, ikut mendirikan Apple Inc bersama Steve Job dan Ronald Wayne. Apple kini menjadi perusahaan teknologi terbesar di dunia secara pendapatan dan kapitalisasi pasar. Wozniak dianggap sebagai pelopor dari masuknya komputer ke dalam kehidupan rumah pribadi.

Dia mengembangkan Apple I dan Apple II pada tahun 1977, yang dikenal sebagai salah satu mikrokomputer yang diproduksi secara massal pertama yang sangat sukses. Wozniak juga memiliki pengaruh besar terhadap pengembangan awal konsep Apple Macintosh asli dari 1979 hingga 1981. Nah berikut ini adalah kisah sukses Steve Wozniak, Co-Founder Apple Inc, mulai dari biografi, profil, hingga perjalanan hidup yang inspiratif.

Biografi Steve Wozniak

Stephan Gary Wozniak lahir pada 11 Agustus 1950, di San Jose, California, A.S. Dia adalah putra Francis Jacob “Jerry” Wozniak dan Margaret Louise Wozniak.

Steve Wozniak lulus dari Homestead High School pada tahun 1968. Kemudian dia masuk ke University of Colorado Boulder, namun dia dikeluarkan karena melakukan hack di sistem komputer universitas.

Setelah itu dia mendaftar kembali di De Anza College lalu dipindahkan ke University of California, Berkeley pada tahun 1971. Namun dia memutuskan untuk dropout dan mulai bekerja di Hewlett-Packard, di mana dia bekerja pada komputer mainframe dan merancang kalkulator.

Pada saat inilah dia berteman dengan Steve Jobs. Awalnya Wozniak diperkenalkan ke Jobs oleh Fernandez, saat menghadiri Homestead High School bersama Jobs pada tahun 1971. Jobs dan Wozniak menjadi teman ketika mereka berdua bekerja di perusahaan yang sama yakni di HP.

Awal mula berdirinya Apple

Pada tahun 1975, Wozniak mulai merancang dan mengembangkan komputer yang disebut dengan, Apple I. Pada tahun 1976, Wozniak menyelesaikan desain Apple I. Dia sendiri yang merancang perangkat keras, desain, dan sistem operasi untuk komputer tersebut. Wozniak awalnya menawarkan desain komputer itu kepada HP saat masih bekerja di sana, tetapi ditolak oleh perusahaan.

Steve Jobs memiliki ide untuk menjual Apple I sebagai printed circuit board. Wozniak, pada awalnya menolak ide tersebut, namun diyakinkan oleh Steve Jobs bahwa ide itu mungkin akan berhasil dan sukses besar.

Bersama-sama mereka menjual sebagian harta mereka untuk modal dan mengumpulkan $ 1.300. mereka merancang dan mengembangkan komputer pribadi pertama untuk tujuan komersial. Apple I dijual dengan harga $ 666,66.

Pada 1 April 1976, Steve Jobs dan Wozniak mendirikan perusahaan bernama Apple Computer (sekarang disebut Apple Inc.) bersama dengan pengawas administrasi Ronald Wayne. Wozniak mengundurkan diri dari pekerjaannya di Hewlett-Packard dan menjadi wakil presiden Apple yang bertanggung jawab atas penelitian dan pengembangan di Apple.

Setelah kesuksesan Apple I, Wozniak kemudian merancang dan mengembangkan Apple II, komputer pribadi pertama yang memiliki kemampuan untuk menampilkan grafik warna, dan bahasa pemrograman BASIC built-in.

Steve Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II di West Coast Computer Faire 1977. Itu menjadi salah satu komputer pribadi produksi massal pertama yang sangat sukses di dunia.

Pada tahun 1980, Apple menjadi perusahaan publik dengan keuntungan finansial yang signifikan, hal ini menjadikan Steve Jobs dan Wozniak sebagai miliarder di dunia.

Meninggalkan Apple

Pada pertengahan 1980-an,  dia merancang Apple Desktop Bus, sebuah periferal serial-bit yang diperkenalkan pada banyak model komputer Macintosh dan NeXT.

Meskipun produk-produk yang ia hasilkan menyumbangkan sekitar 85% dari penjualan Apple, namun pertemuan tahunan Apple pada Januari 1985 tidak menyebut-nyebut divisi atau karyawan Apple II, hal inilah yang membuat Wozniak kecewa dan frustrasi.

Wozniak merasa keberadaannya tidak lagi dibutuhkan di Apple. Kemudian pada awal 1985, Wozniak meninggalkan Apple dan menjual sebagian besar sahamnya di Apple.

Kehidupan Pribadi

Wozniak tinggal di Los Gatos, California . Dia melamar kewarganegaraan Australia pada tahun 2012, dan telah menyatakan bahwa dia ingin tinggal di Melbourne, Australia, di masa depan.

Wozniak tercatat beberapa kali melakukan pernikahan. Dia menikah dengan peraih medali emas Candice Clark dari Juni 1981 hingga 1987. Mereka memiliki tiga anak bersama, yang termuda lahir setelah perceraian mereka diselesaikan. Setelah itu, Wozniak menikahi Janet Hill, pasangannya saat ini.

Baca Juga: Kisah Sukses Pendiri Perusahaan Apple Inc – Mendiang Steve Jobs

Gelar kehormatan

Untuk kontribusinya terhadap teknologi, Wozniak telah dianugerahi sejumlah gelar Doktor Kehormatan Teknik, yang meliputi:

  • University of Colorado Boulder: 1989
  • North Carolina State University: 2004
  • Kettering University: 2005
  • Nova Southeastern University, Fort Lauderdale: 2005
  • ESPOL University in Ecuador: 2008
  • Michigan State University, in East Lansing 2011
  • Concordia University in Montreal, Canada: June 22, 2011
  • State Engineering University of Armenia: November 11, 2011
  • Santa Clara University: June 16, 2012
  • University Camilo José Cela in Madrid, Spain: November 8, 2013

Profil Singkat Steve Wozniak

  • Nama: Stephan Gary Wozniak
  • Kebangsaan: Amerika Serikat
  • Tanggal Lahir: 11 Agustus 1950
  • Tempat Lahir: San Jose, California, A.S.
  • Istri: Alice Robertson (1976–1980), Candice Clark (1981–1987), Suzanne Mulkern (1990–2004), Janet Hill (2008)
  • Anak: 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here