Kampung Pempek 26 Ilir Palembang, Tempat Oleh-Oleh Pempek Terlengkap

0
Kampung Pempek 26 Ilir Palembang

Para Traveler yang lagi jalan-jalan di Kota Palembang, tak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi makanan khas Palembang yaitu pempek. Tak sulit rasanya mencari pempek di Kota ini, hampir disetiap sudut kota Palembang pasti ada yang berjualan pempek. Selain bisa berwisata kuliner, Anda juga bisa menjadikan pempek sebagai oleh-oleh menarik untuk teman atau keluarga saat berlibur ke Palembang.

Meskipun tak sulit menemukan yang jualan pempek di Kota wong kito galo ini, namun tahukah Anda bahwa di Palembang ada yang namanya wilayah kampung pempek.

Tempat ini dijuluki sentral atau pusat pedagang dan pengolahan pempek di Kota Palembang. Kampung pempek ini berada di tengah Kota tepatnya di jalan Mujahidin 26 ilir Palembang, 300 meter dari Kantor Walikota Palembang.

Di sepanjang jalan Mujahidin penuh disesaki oleh kios para penjual makanan khas Palembang. Anda bisa menemukan berbagai jenis olahan pempek. Mulai dari pempek isi telur, pempek pistel, pempek lenjer, pempek adaan, pempek tahu, pempek kulit, dan pempek kapal selam.

Selain pempek, Anda juga bisa menemukan jajanan khas lainnya seperti model, tekwan, pempek lenggang, pempek panggang, kemplang (kerupuk ikan), hingga mie celor. Lengkap, kan!

Kampung Pempek 26 Ilir Palembang
Kampung Pempek 26 Ilir malam hari

Untuk harga, kawasan pempek ini terbilang murah dan sangat terjangkau. Mulai dari Rp 1000 sampai Rp 2000 untuk pempek kecil, dan Rp 10 ribu untuk pempek besar seperti pempek lenjer dan pempek kapal selam.

Untuk kualitas, tak perlu diragukan lagi. Walau harganya terbilang murah, namun para pedagang di kawasan pempek 26 ilir menggunakan bahan yang segar dan berkualitas.

Menurut salah satu pedagang pempek yang kami tanyai, kawasan pempek 26 ilir selalu ramai walau tidak hari libur. Selain di konsumsi di tempat, kebanyakan pembeli memesan pempek sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Palembang.

“Banyak yang beli untuk dibawa ke luar kota,” kata salah satu pedagang kampung pempek 26 ilir.

Dengan banyaknya permintaan pempek untuk di bawa ke luar kota, hampir semua toko di kampung pempek 26 ilir menyediakan paket packing pempek.

Pembeli cukup menambah uang sebesar Rp 5000-15000 untuk biaya tambahan kotak saja. Pempek Anda juga akan dilumuri gandum dan minyak sayur kemudian di packing dengan rapih menggunakan kotak.

Salah satu pembeli yang kami tanya mengaku puas berburu pempek 26 ilir. Dirinya mengaku dari luar kota dan menyempatkan diri membeli pempek untuk oleh-oleh keluarganya di kampung.

“Banyak pilihan, dan pempek disini juga lengkap. Apalagi harganya bersahabat dan rasanya juga enak,” kata pembeli yang tidak kami tanya namanya.

Kawasan kampung pempek 26 ilir mulai buka pukul 07:00 hingga jam 23:00 malam.

Jadi Anda tertarik ke kawasan kuliner pempek di Kota Palembang ini? Yuk jangan dilewatkan bagi Anda yang sedang jalan-jalan di Kota Palembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here