in

Bisa Kerja dari Rumah, 10 Ide Freelance Online yang Mudah dan Menjanjikan

Bisa Kerja dari Rumah, 10 Ide Bisnis Freelance Online yang Mudah dan Menjanjikan

Menjadi seorang freelance merupakan salah satu trend yang tengah marak dibuat oleh anak muda dan masyarakat di hampir seluruh dunia, bahkan di Indonesia. Bukan hanya di Jakarta atau Bandung yang merupakan kota besar yang menjadi tempat berkumpulnya freelancer, tapi banyak pula anak muda dari berbagai kota yang menjadi seorang freelancer sukses dan bisa menghasilkan uang tanpa perlu keluar rumah.

Kebanyakan orang hanya tau freelancer itu adalah pekerja yang bekerja dari rumah, tanpa tau dibidang apa freelancer tersebut bergerak. Sebab ternyata, ada banyak jenis pekerjaan freelance yang bisa kalian lakukan dan sesuaikan dengan skill yang dimiliki.

Bila kalian tertarik untuk mengetahui bisnis freelance lebih jauh, mari kita mulai dengan jenis-jenis dan ide freelance yang mungkin bisa kalian lakukan.

1. Penulis Lepas

Penulis Lepas
Gambar by Pexels

Menjadi seorang penulis lepas adalah salah satu jenis freelance yang paling mudah dilakukan oleh masyarakat awam sekalipun. Sebab pekerjaannya yang simple dan cenderung hanya membutuhkan pengetahuan umum dan bisa membuat kosa katanya untuk ditulis.

Pada dasarnya, seorang penulis lepas atau content writter hanya membuat karya tulis yang biasanya berupa artikel. Penulis lepas bisa dibagi menjadi beberapa bidang. Mulai dari content writer, blogger, atau contributor di sebuah website penyedia berita.

Umumnya seorang penulis lepas akan dibayar untuk setiap artikel yang mereka buat atau berdasarkan banyaknya pembaca pada artikel mereka.

2. Desainer Grafis

Desainer Grafis
Gambar by Pexels

Berbeda dengan penulis lepas, desainer grafis atau graphic designer merupakan bisnis freelance yang membutuhkan banyak skill dan pengetahuan di bidang tertentu, khususnya mengenai desain. Sehingga kebanyakan orang yang menjadi freelancer di bidang desain grafis adalah mereka yang memiliki background pendidikan seni seperti DKV.

Namun, jasa desainer grafis merupakan salah satu bidang freelance dengan bayaran yang paling besar. Satu hasil desain bisa dihargai hingga lebih dari $300 atau sekitar 5 juta rupiah.

Umumnya seorang desainer grafis dibayar untuk setiap karya yang mereka buat. Baik itu berupa logo, banner, desain brosur, dan lain-lain. Namun bila terdapat perusahaan yang tertarik dengan skill kalian, tidak menutup kemungkinan pula kalian akan ditawari kontrak jangka panjang.

3. Digital Artist

Digital Artist
Gambar by Pexels

Digital artist dan graphic designer mungkin merupakan 2 bidang freelance yang hampir serupa. Keduanya sama-sama bergerak di bidang seni dan kebanyakan mendapatkan klien dari luar negeri. Hanya saja, digital artist menghasilkan karya berupa ilustrasi atau gambar dalam arti general.

Umumnya seorang digital artist akan diminta membuat vector art, ilustrasi karakter dalam bentuk tertentu, atau model 3 dimensi. Dan sama seperti graphic designer, digital artist juga merupakan salah satu bisnis freelance dengan bayaran paling tinggi. Satu hasil karya ilustrasi bisa diberi harga dari $50 hingga $500.

4. Pengisi Suara atau Voice Actor

Pengisi Suara atau Voice Actor
Gambar by Pexels

Tidak banyak orang yang tahu bahwa menjadi seorang VA atau pengisi suara bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang tanpa perlu keluar rumah. Bahkan kalian juga bisa belajar sembari berjalan, sehingga tidak membutuhkan banyak modal skill yang banyak.

Satu-satunya modal dasar yang dibutuhkan oleh seorang voice actor adalah kemampuan berbahasa inggris atau bahasa yang dibutuhkan dengan baik. Bila kalian memiliki suara yang berkarakter, maka hal tersebut bisa menjadi nilai tambah.

Kebanyakan freelance voice actor perlu bisa mengucapkan kalimat dalam bahasa inggris dengan jelas. Sebab kebanyakan klien yang akan mereka temui berasal dari luar negeri. Dan penghasilan dari bisnis freelance yang satu ini juga sangat menjanjikan.

5. Penerjemah

Penerjemah
Gambar by Pexels

Hampir sama dengan menjadi VA yang membutuhkan modal utama berupa menguasai bahasa selain Indonesia, menjadi seorang penerjemah juga membutuhkan skill yang sama. Bedanya adalah, bahasa Inggris bukan menjadi bahasa satu-satunya yang kalian harus kuasai.

Sebab pada umumnya, proyek penerjemah dengan bayaran paling tinggi berasal dari hasil menerjemahkan dokumen atau percakapan dari bahasa Inggris ke China, Jerman, atau Perancis.

Proyek terjemahan yang bisa kalian dapatkan juga beragam. Mulai dari yang harga puluhan dollar hingga ratusan dollar. Semuanya tergantung seberapa mahir kalian menguasai bahasa yang dibutuhkan.

6. Jasa Convert Hard Copy menjadi Soft Copy

Jasa Convert Hard Copy menjadi Soft Copy
Gambar by Sepositif

Nah untuk bidang bisnis freelance yang satu ini, kalian tidak perlu menguasai bahasa atau skill apapun. Sebab satu-satunya modal utama yang kalian butuhkan adalah kemampuan mengetik dan mengoperasikan computer, yang mana saat ini sudah menjadi skill umum.

Nantinya, kalian akan diminta merubah dokumen-dokumen berbentuk hard copy yang sudah di print menjadi soft copy file digital sehingga bisa diedit kembali.

Kebanyakan klien yang akan kalian dapatkan dari freelance bidang ini adalah sesama orang Indonesia. Sehingga mungkin jumlah penghasilan yang kalian dapatkan tidak sebesar bidang bisnis freelance yang sebelumnya.

7. Web Designer dan Programmer

Web Designer dan Programmer
Gambar by Pexels

Bila bidang freelance sebelumnya kebanyakan perlu menguasai bahasa Inggris, bidang freelance yang satu ini membutuhkan skill bahasa pemrograman. Sebab untuk menjadi seorang programmer, kalian perlu belajar mengenai bahasa program tertentu seperti Java, CSS, dan lain-lain.

Memang bidang freelance yang satu ini bisa di bilang membutuhkan skill yang paling sulit. Sehingga kebanyakan orang yang menjadi programmer adalah mereka yang benar-benar hobi dengan dunia teknologi dan bahasa pemrograman.

Karena tingkat kesulitannya, web designer juga menjadi bidang freelance dengan bayaran paling tinggi. Satu projek design bisa diberi harga belasan hingga ratusan juta.

8. Video Editor

Video Editor
Gambar by Pexels

Berikutnya, kalian juga bisa menjadi seorang freelance video editor untuk menghasilkan uang tanpa keluar rumah. Tentunya skill yang kalian butuhkan adalah kemampuan mengedit video dalam bentuk tertentu.

Umumnya seorang video editor mendapatkan klien dari para brand yang meminta kalian mengedit video untuk iklan komersil. Atau beberapa selebgram dan influencer yang juga sering mencari video editor untuk mengedit video sebelum mereka posting di sosial medianya.

Penghasilan dari menjadi freelance video editor juga terbilang sangat menjanjikan. Sebab satu proyek video bisa diberi harga puluhan hingga ratusan dollar.

9. Menjual Stock Photo

Menjual Stock Photo
Gambar by Pexels

Dan bidang bisnis freelance selanjutnya adalah menjadi penjual stock photo. Untuk kalian yang belum tahu, stock photo ini adalah foto dengan objek tertentu yang bisa digunakan baik untuk desain, background, atau bahkan gambar di dalam website.

Umumnya orang-orang yang menjadi penjual stock photo adalah fotografer yang mencari penghasilan sampingan. Dan kini sudah ada banyak website yang bisa kalian gunakan sebagai media berjualan, misalnya Freepik.com, shutterstock.com, istockphoto.com, Pexels.com, dan lain-lain.

Penghasilan yang bisa kalian dapatkan dengan menjual stock photo sebenarnya beragam. Sebab nantinya yang menentukan harga dari photo yang kalian jual adalah website tempat kalian berjualan.

10. Bonus

Freelance yang Sukses
Gambar by Pexels

Pada intinya, menjadi seorang freelancer online itu adalah menjual jasa dan skill yang kita miliki. Jika kalian sudah mempunyai skill, apapun itu, kalian bisa menawarkan skill tersebut kepada orang yang membutuhkannya. Karena kalau misalnya kalian merasa sudah master dalam suatu bidang dan ingin menjadi freelance, tapi kalian tidak bisa mempromosikan diri, maka itu sia-sia saja.

Lalu bagaimana menawarkan diri menjadi freelancer? Kalian bisa mengikuti beberapa komunitas dan forum Freelancer yang ada di Facebook. Kalian juga bisa mendaftar di website-website freelance seperti Upwork.com, Fiver.com, Freelancer.com, dan lain-lain. Jika kalian bisa mempromosikan skill dengan baik, maka kalian bisa saja dengan mudah mendapatkan klien, tidak hanya dari Indonesia, bahkan banyak yang dari luar negeri.

Demikianlah beberapa bidang bisnis freelance yang menjanjikan dan bisa dilakukan dari rumah. Ternyata, freelance bukanlah satu pekerjaan saja. Namun banyak jenis freelancer dengan pekerjaan dan bidangnya masing-masing.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *