Kisah Kevin Rose yang Meraih Kesuksesan lewat Internet

kevin-rose

Kevin Rose adalah pengusaha internet dari Amerika yang ikut mendirikan situs seperti Revision3, Digg, Pounce dan milk. Dia juga memiliki kontribusi sebagai asisten produksi dan rekan dari Google Ventures. Kisah Kevin Rose menarik untuk kita simak karena dia berhasil meraih sukses lewat Internet.

Robert Kevin Rose lahir di Redding, California, pada 21 Februari 1977. Dia tinggal di Oregon kemudian bersama keluarganya pindah ke Las Vegas, Nevada, di mana dia menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di kota ini. Semasa remajanya, dia adalah bagian dari Eagle Scout with the Boys Scouts of America.

Kevin menyelesaikan sekolah menengahnya di South East Career and Technical Academy for High School pada tahun 1992. Dia kemudian melanjutkan kuliah di University of Nevada Las Vegas di jurusan Ilmu Komputer, namun akhirnya dropout dari universitas pada tahun 1998. Kevin Rose menikah dengan Darya Pino sejak tahun 2013.

Karir Profesional

Setelah keluar dari kuliahnya, dia bekerja di dua start-up melalui ModusLink Global Solution, Inc. yang sebelumnya dikenal sebagai CMGI. Rose memulai karirnya di industri showbiz dan hiburan sebagai asisten produser untuk The Screen Savers.

Dia mulai tampil on-air di segmen “Dark Tip” dan di Unscrewed with Martin Sargent, di mana dia menyediakan informasi pada perkembangan kegiatan-kegiatan komputerisasi. Dia juga menjadi salah satu pembawa acara tetap ketika Leo Laporte meninggalkan TechTV pada tanggal 31 Maret 2004.

Dengan dirilisnya episode pertama The Broken Rose, ia memulai karirnya di podcasting. Rose bersama dengan Alex Alberecht memulai podcast mingguan yang disebut Diggnation yang menampilkan ringkasan berita utama yang dilaporkan oleh pengguna Digg. Tahun 2009, Rose mengawali sebuah siniar singkat berjudul The Random Show dengan temannya, Tim Ferris. Per Maret 2015, total siniarnya mencapai 27 episode.

Membuat startup

Pada tahun 2004, Kevin, Owen Byrne, Ron Gorodetzky dan Jay Adelson membuat Digg, sebuah situs web pranala teknologi. Situs web tersebut diluncurkan pada tanggal 5 Desember 2004. Pada tahun 2007, dia mendapat penghargaan MIT Technology Review TR35 sebagai salah satu dari 35 orang pembuat inovasi terbaik di dunia yang berusia di bawah 35 tahun.

Pada tanggal 1 September 2010, Kevin digantikan oleh Matt Williams sebagai pejabat tertinggi eksekutif, seorang mantan manajer umum pembayaran konsumen di Amazon. Pada tanggal 18 Maret 2011, Kevin berhenti dari jabatannya di Digg.

Setelah pengunduran dirinya di Digg, Kevin meluncurkan situs micro-blogging yang dikenal sebagai Pownce yang diluncurkan pada tanggal 27 Juni 2007. Akan tetapi tanggal 15 Desember 2008 Pownce menyatakan tutup dan anggota timnya bergabung dengan perusahaan blogging Six Apart.

Baca Juga: Biografi PewDiePie – Youtuber Gaming no 1 Dunia

Pada bulan April 2011, blog tekno TechCrunch melaporkan mengenai didirikannya startup bernama Milk. Perusahaan tersebut berfokus pada pembuatan aplikasi-aplikasi mobile. Aplikasi yang pertama diluncurkan startup ini adalah Oink, sebuah alat untuk menyusun peringkat benda-benda dunia nyata.

Pada bulan Maret 2012, Milk, Inc. mengumumkan bahwa perusahaan akan menghentikan produk satu-satunya, Oink. Namun perusahaan ini juga tak bertahan lama karena pada bulan Maret 2012, Milk, Inc. mengumumkan bahwa perusahaan akan menghentikan produk mereka satu-satunya, Oink.

Menjadi Rekan Google

Pada 16 Maret 2012, Kevin bersama seluruh tim Milk-nya mengumumkan akan bergabung dengan Google. Kevin Rose memulai hari pertama bekerja sebagai Manajer Produksi Senior di Google pada tanggal 19 Maret 2012.

Pada tanggal 30 Mei, AllthingsD melaporkan bahwa Rose telah memindahkan tim Google+ untuk menjadi rekan usaha di Google Ventures. Sebagai pemodal ventura, Kevin berinvestasi di Gowalla, Twitter, Foursquare, Dailybooth, NGMOCO, SimpleGeo, 3crowd, OMGPOP, Square. Facebook, Chomp dan Formspring.

Pada bulan Januari 2015, Rose mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan Google Ventures untuk fokus pada lab pengembangan aplikasi barunya – North. Dia juga adalah anggota dewan di Tony Hawk Foundation.

Penghargaan

Kevin Rose adalah salah satu orang yang berpengaruh dalam bidang inovasi layanan komputasi. Dia dinobatkan sebagai “Orang Paling Berpengaruh di Web oleh Business Week.

Pada tahun 2007, dia mendapat penghargaan MIT Technology Review TR35 sebagai salah satu dari 35 orang pembuat inovasi terbaik di dunia yang berusia di bawah 35 tahun. Penghargaan lainnya adalah “Top 5 angle investors” oleh Bloomberg, dan “Top 25 web celebrities” oleh Forbes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here