in

Banyak Orderan Kue, 6 Tips Bisnis Kue Kering Bisa Sukses dan Laris Manis

Banyak Orderan Kue, 6 Tips Bisnis Kue Kering Bisa Sukses dan Laris Manis

Kue kering termasuk salah satu bagian kuliner yang memiliki pasarnya tersendiri. Dari masa ke masa, kue kering tetap menjadi salah satu kuliner yang paling banyak dicari, apalagi pada saat musim hari besar tiba, seperti lebaran dan natal.

Meskipun permintaan pasar kue kering tidak sebanyak pada saat hari raya idul fitri dan natal, untuk hari-hari biasa, bisnis kue kering tidak akan kosong orderan, pasti selalu ada yang mencarinya.

Misalnya, saat kumpul-kumpul dengan keluarga, kue kering akan selalu dibutuhkan untuk menemani acara kumpul-kumpul keluarga. Atau saat mengadakan acara arisan, kue kering menjadi menu wajibnya.

Sejauh ini, memang banyak orang yang mencoba menggeluti bisnis kue kering. Akan tetapi, tak banyak pula yang gagal di pertengahan jalan. Ini mungkin karena rata-rata mereka memulai dengan tanpa rencana yang matang.

Nah, bagaimana sih caranya agar bisnis ini bisa sukses dan awet? Jika anda tertarik untuk membuka bisnis kue kering dan ingin bertahan lama, ikuti beberapa tips di bawah ini!

1. Mengenali Setiap Resiko

Mengenali Setiap Resiko
Photo by Luan Rezende from Pexels

Setiap bisnis apapun pasti memiliki resiko kerugian. Dan tidak menutup kemungkinan resiko tersebut sewaktu-waktu muncul selama berjalannya bisnis. Resiko ini akan selalu ada dan kadang tak bisa dihindari.

Karena bisnis kue kering terbilang musiman, resiko-resiko yang riskan terjadi biasanya seperti tiba-tiba muncul banyak pesaing dan harga bahan-bahan yang naik. Resiko tersebut biasanya muncul menjelang perayaan hari besar.

Selain itu, untuk resiko bisnis kue kering yang seringkali terjadi seperti pembuatan kue yang gagal. Ini biasanya terjadi untuk pengusaha pemula. Atau juga kue yang tidak tahan lama dan juga kemasan rusak.

Nah, dengan memahami setiap resiko yang mungkin saja terjadi, anda harus siap dengan segala solusinya. Jangan sampai karena anda lalai terhadap satu resiko yang menjadikan bisnis anda putus di tengah jalan.

2. Menciptakan Cita Rasa yang Unik

Menciptakan Cita Rasa yang Unik
Photo by Malidate Van from Pexels

Dalam bisnis kuliner apapun, rasa memang tidak akan pernah bisa ditawar lagi. Kunci kesuksesan suatu bisnis kuliner terletak pada konsistensinya mempertahankan cita rasa yang unik dan menarik.

Pertama, anda harus mampu menciptakan rasa yang khas dan berbeda dengan para pesaing anda. Bahkan jika perlu, ciptakan formula rasa yang selama ini belum pernah ada, sehingga anda yang menemukannya dan pertama kali menjualnya.

Dalam bisnis apapun, inovasi memang sangat penting, tak terkecuali dalam mengeksplor rasa baru. Namun tak banyak pengusaha kuliner gagal karena tidak konsisten mempertahankan rasa setelah ia menemukan formula rasa baru.

Oleh karenanya, banyak pelanggan-pelanggannya yang lari ke produk lain karena rasa yang mereka suka sudah berubah. Untuk mengatasi ini, tulislah resep sejelas mungkin agar rasa tidak pernah berubah.

3. Menggunakan Bahan Berkualitas

Menggunakan Bahan Berkualitas
Photo by Alexy Almond from Pexels

Untuk mendapatkan cita rasa yang luar biasa, bahan-bahan yang digunakan tentunya harus berkualitas. Percuma anda sudah menggunakan resep yang tepat jika bahan-bahan yang digunakan tidak berkualitas.

Yah, selain resep, bahan juga ikut menentukan bagaimana rasa kue kering. Lidah konsumen pasti akan mengenali rasa yang kurang enak jika bahan yang digunakan tidak berkualitas.

Rasa gurih akan benar-benar nampak ketika bahan-bahan yang anda pilih tepat dan sesuai takaran. Karena bagaimanapun rasa gurih adalah rasa utama yang wajib ada pada setiap kue kering.

Selain untuk mendapatkan rasa yang maksimal, penggunaan bahan berkualitas juga berpengaruh pada keawetan dari kue kering itu sendiri. Bahan yang berkualitas akan menghasilkan kue kering yang bertahan lebih lama.

4. Menentukan Harga yang Masuk Akal

Menentukan Harga yang Masuk Akal
Photo from Pexels

Dalam berbisnis apapun, menentukan harga selalu menjadi permainan yang susah-susah gampang. Mengapa begitu? Karena rata-rata, pebisnis banyak yang sukses sekaligus gagal saat mempermainkan harga produknya.

Salah satu resiko yang perlu anda waspadai ialah melonjaknya harga bahan. Pada umumnya, pebisnis memenaikan harga yang terlampau mahal karena tertekan oleh mahalnya harga bahan.

Anda harus berhati-hati dalam hal ini. Harga yang terlalu mahal bisa menjadi sebab dijauhinya produk anda oleh konsumen. Anda harus tetap mengontrol harga pasar di sekitar anda.

Faktor lain yang biasanya mempengaruhi penentuan harga ialah adanya banyak pesaing. Terlebih lagi saat menjelang perayaan hari besar, penjual kue kering memang semakin bermunculan.

Pada kondisi seperti ini, ada beberapa pebisnis yang membanting harga demi menarik konsumen tanpa memperhitungkan modal dan keuntungan. Ini juga termasuk kesalahan fatal saat berjualan.

Tentukan saja harga yang masuk akal. Anda boleh mematok harga di bawah para pesaing anda asalkan masih masuk akal. Artinya keuntungan yang anda dapat dari harga tersebut cukup besar.

5. Update Terhadap Tren

Update Terhadap Tren
Photo by bongkarn thanyakij from Pexels

Tren memang selalu menjadi kiblat bagi sebagian besar gaya hidup orang-orang pada masa sekarang. Tak hanya di sektor bisnis fashion, bisnis kuliner pun juga terpengaruh oleh perkembangan tren.

Baik dari model bisnis maupun strategi promosinya, anda benar-benar harus memantau tren yang sedang berlangsung. Misalnya, jaman sekarang ini promosi kue kering paling efektif dilakukan melalui media sosial.

Atau mungkin ada tren terbaru mengenai resep baru, kemasan kue kering yang lebih unik dan menarik, dan lain sebagainya. Hal-hal kecil seperti ini jangan sampai diabaikan jika anda ingin bisnis kue kering tetap laris dan awet.

Jangan menutup diri kepada hal-hal yang baru, karena kebudayaan terus berkembang. Sering-seringlah mencari informasi terbaru terkait dengan bisnis, khususnya untuk bisnis kue kering itu sendiri.

6. Selalu Berkreasi dan Berinovasi

Selalu Berkreasi dan Berinovasi Membuat Kue
Photo by David Jakab from Pexels

Dengan memperbanyak informasi, biasanya akan muncul ide-ide baru yang lebih cemerlang untuk lebih berkreasi. Jika anda menemukan ide untuk menginovasi bisnis kue kering anda, lakukan saja!

Jangan takut dan ragu untuk melakukan hal-hal baru demi mengembangkan bisnis kue kering. Karena bagaimanapun, kreasi adalah bentuk usaha untuk selalu bertahan dengan segala tren yang ada.

Selama ini banyak pengusaha kue kering yang gulung tikar karena monotonnya model bisnis yang mereka jalankan. Sedangkan kebutuhan masyarakat kian waktu kian menampakkan perubahan.

Anda boleh saja mempertahankan konsep lama, namun hanya untuk cita rasa yang sudah menjadi ciri khas kue anda. Selebihnya anda harus banyak berkreasi untuk mendapatkan berbagai inovasi demi menarik konsumen.

Artinya, teruslah berkreasi dengan menciptakan inovasi-inovasi baru terkait kue kering. Akan tetapi, sekalipun mengembangkan inovasi, rasa khas yang menjadi ciri dari produk anda harus tetap melekat, jangan sampai berubah.

Jadi, menjalankan bisnis kue kering memang susah-susah gampang. Jika tidak ada strategi dalam mengelolanya, bisa saja bisnis anda tidak akan bertahan lama, sama dengan pengusaha-pengusaha sebelumnya yang gagal.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *