Tips Belajar di Sekolah Aman Selama Pandemi COVID-19

Tips Belajar di Sekolah Aman Selama Pandemi COVID-19
Tips Belajar di Sekolah Aman Selama Pandemi COVID-19
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Sepositif – Kamu membaca artikel tentang peraturan sekolah secara langsung bukan? Kamu sudah tahu bahwa mulai Januari 2021 lalu proses belajar online di rumah bisa dialihkan menjadi pengajaran tatap muka di sekolah.

Artinya, sekarang Kamu bisa pergi ke sekolah untuk langsung mengikuti proses pembelajaran. Kamu dapat bertemu dengan guru dan teman. Wah, sudah tidak sabar ya?

Tetapi Kamu tetap perlu ingat bahwa meskipun pengajaran tatap muka diperbolehkan, Kamu tidak dapat bertindak seperti yang Kamu lakukan sebelum pandemi. Untuk memastikan keselamatan Kamu, Kamu tetap perlu menerapkan protokol kesehatan dan melakukan berbagai persiapan.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Tips Agar Tetap Aman Saat Belajar di Sekolah Tatap Muka

Untuk membantu mempersiapkan persiapan sekolah Kamu, Saya memberi Kamu beberapa tips tentang cara tetap aman di kelas tatap muka selama pandemi. Baca artikel ini sampai habis ya!

Memeriksa Kondisi Tubuh Sebelum Pergi ke Sekolah

Sebelum berangkat sekolah, selalu periksa kondisi fisik Kamu terlebih dahulu. Tujuan ini agar Kamu tahu apakah tubuh Kamu sehat atau tidak.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Jika Kamu merasa kepanasan, tidak nyaman, apalagi hilang indra penciuman, lebih baik periksa kondisi Kamu ke dokter dan diam di rumah untuk sementara waktu. Dengan melakukan ini, Kamu dapat mencegah penyakit baru menular ke diri sendiri dan orang lain.

Jangan lupa untuk meminta izin kepada guru Kamu untuk tidak masuk kelas karena kamu merasa tidak nyaman. Agar tidak ketinggalan pelajaran, kamu bisa bertanya kepada guru atau teman tentang materi yang kamu pelajari dan tugas apa yang harus dikerjakan.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Pengukuran Suhu Tubuh di Sekolah

Jika Kamu dalam kondisi fisik yang baik dan siap untuk pergi ke sekolah, periksa suhu tubuh Kamu secara teratur selama sekolah. Pada dasarnya, sekolah memeriksa suhu tubuh Kamu dengan Thermo Gun ketika Kamu memasuki lingkungan sekolah. Namun sebaiknya juga agar Kamu lakukan secara rutin, ini bisa setiap saat berangkat ke sekolah, istirahat, atau sebelum pulang dari sekolah.

Jika saat Kamu mengukur suhu tubuh, kemudian suhunya antara 36 dan 37,5 derajat Celcius, itu berarti tubuh Kamu dalam keadaan normal. Sedangkan jika suhu Kamu setelah diukur hasilnya di atas 37,5 derajat Celcius, maka pihak sekolah akan meminta Kamu untuk pulang dan belajar di rumah atau membawa Kamu ke fasilitas kesehatan terdekat untuk diperiksa kesehatan Kamu.

Selalu Pakai Masker

Sesuai anjuran protokol kesehatan, Kamu harus selalu memakai masker selama mengajar di kelas. Jangan lupa untuk membawa masker pengganti jika masker yang Kamu gunakan kotor. Pastikan masker dalam kondisi bersih dan higienis ya!

Jika Kamu merasa sembelit karena terlalu lama menggunakan masker, mintalah izin kepada guru Kamu untuk keluar sebentar.

Kamu dapat pergi ke tempat dengan udara bersih. Misalnya di taman sekolah untuk menghirup udara segar. Kemudian segera kembali ke kelas agar tidak ketinggalan materi yang diajarkan oleh guru.

Rajin Cuci Tangan

Selama pembelajaran di kelas, sekolah harus menyediakan fasilitas untuk cuci tangan pakai sabun dan tisu. Fasilitas ini mengharuskan Kamu untuk mencuci tangan dengan hati-hati agar tetap aman dan terhindar dari virus COVID-19. Cuci tangan sesering mungkin, misalnya sebelum kelas, setelah memegang benda, setelah menggunakan toilet, dan sebagainya.

Selain mencuci tangan dengan sabun dan air, Kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari kuman. Mulai sekarang sebaiknya Kamu agar selalu bawa hand sanitizer kemanapun Kamu pergi.

Jaga Jarak dengan Orang Lain

Tips selanjutnya agar tetap aman dalam pembelajaran adalah mencoba untuk menjaga jarak dari orang lain setiap saat. Saat berinteraksi dengan orang, Kamu harus menjaga jarak setidaknya sekitar 1,5 meter. Hindari berhubungan dengan orang lain untuk waktu yang lama.

Hal ini untuk menghindari penularan virus melalui perantara udara pernapasan. Tidak hanya menjaga jarak, Kamu juga perlu menghindari kontak fisik dengan teman.

Jangan Terlalu Khawatir

Ketakutan yang berlebihan hanya mengarah pada sikap over protektif terhadap diri sendiri. Wajar jika kamu merasa takut ketika pergi ke sekolah tatap muka di masa pandemi, yang tentu saja hal baru bagi Kamu.

Harus ada rasa khawatir dan takut tertular dalam berhubungan dengan orang lain atau takut tidak bisa mengikuti topik karena sudah terbiasa belajar online dari rumah. Namun, Kamu juga perlu memikirkan implikasi tersebut terhadap proses belajar Kamu.

Jika Kamu tidak dapat mengendalikan kecemasan Kamu, Kamu mungkin tidak fokus pada mata pelajaran yang diajarkan oleh guru. Karena Kamu terlalu takut tertular virus, Kamu akhirnya memilih untuk tidak berinteraksi dengan orang lain dan akhirnya Kamu merasa tidak nyaman. Itu adalah keputusan yang salah. Oleh karena itu, Kamu harus menghindari kecemasan yang tidak semestinya karena alih-alih menawarkan solusi, itu justru memperburuk situasi.

Nah, itulah beberapa tips mengajar di kelas yang aman selama pandemi. Perlu Kamu ingat bahwa sebelum melakukan studi tatap muka ini Kamu harus sudah mendapatkan persetujuan orang tua ya!