10 Tips Mengambil Foto yang Bagus Saat Liburan Tanpa Kamera Mahal

tips-foto-saat-liburan

Berfoto dan traveling merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Umumnya, ketika seseorang lagi liburan, pasti mereka akan mengambil foto, entah itu mengambil foto pemandangan atau mengabadikan momen dengan selfie.

Rasanya ada yang kurang apabila lagi berlibur namun tidak berfoto-foto. Seakan-akan rasanya belum jalan-jalan ke suatu tempat kalau belum berfoto di tempat tersebut. Memang, bagi sebagian orang, mengabadikan momen perjalanan melalui foto dapat menjadi kenang-kenangan dan juga bisa memberikan kebahagiaan tersendiri.

Saat melihat foto perjalanan, kamu seolah-olah berlibur lagi ke tempat tersebut. Maka jangan heran kalau banyak orang menyiapkan kamera DSLR yang mahal hanya untuk mengabadikan momen perjalanan mereka.

Namun, ada juga orang yang hanya dengan bermodal kamera smartphone saja namun mereka bisa menghasilkan foto sekelas kamera DSLR. Jadi jangan berkecil hati kalau kamu tidak punya kamera yang bagus saat lagi liburan.

Kamu masih tetap bisa menghasilkan foto yang memiliki kualitas tinggi seperti hasil jepretan fotografer profesional. Kamu hanya perlu tahu cara dan tips mengambil foto saat liburan seperti pembahasan kali ini. Apa saja tipsnya? Langsung saja kita bahas.

1. Dapatkan Cahaya Alami Dengan Cukup

Pada saat mengambil foto, cahaya merupakan unsur yang sangat penting dalam menghasilkan kualitas hasil jepretan yang menarik. Dengan cahaya alami seperti cahaya matahari, maka hasil jepretan kamu akan sangat indah dan setara dengan hasil jepretan menggunakan kamera yang mahal.

Kamu bisa mengambil foto pada saat Golden Moment. Pada saat itu, matahari sedang akan terbit ataupun tenggelam. Hal itu akan memberikan dampak pada hasil foto kamu apabila kamu dapat memanfaatkannya dengan tepat.

Namun, apabila keadaan gelap dan tidak mungkin bagi kamu untuk mendapatkan cahaya, kamu bisa menggunakan flash agar memberikan efek cahaya kepada objek yang akan kamu foto.

Hasilnya pun tidak kalah menarik dengan cahaya alami, kamu tetap bisa menghasilkan kualitas foto yang menakjubkan. Namun, apabila kamu menggunakan flash, kamu perlu mempertimbangkan angle yang cocok untuk objeknya.

Terkadang, menggunakan flash juga mampu membuat foto punya efek tertentu. Namun, fokus cahaya yang dihasilkan jangan sampai mengganggu objek utama yang akan kamu jepret. Bisa-bisa, hasil foto kamu akan menjadi aneh.

2. Jangan Sampai Kamera Bergoyang

Tentu kualitas foto akan menjadi kurang baik dan blur apabila kamera yang kamu gunakan untuk mengambil jepretan bergoyang. Kamera bergoyang sedikit saja dapat mempengaruhi kualitas foto yang akan dihasilkan.

Kamu bisa membawa alat bantu seperti selfie stick atau yang sering disebut dengan tongsis. Tongsis merupakan alat yang kerap dibawa oleh para wisatawan ketika berlibur ke suatu tempat. Itu karena tongsis ini dapat membantu para wisatawan untuk mengambil foto dengan hasil yang berkualitas.

Selain mampu membuat kamera menjadi tidak bergoyang, tongsis juga mampu mengambil foto dengan area yang lebih luas. Sehingga, view yang berada di sekitar kamu akan ikut terjepret. Hal tersebut tentunya akan membuat kualitas foto menjadi lebih menarik.

Kamu juga boleh membawa tripod apabila tidak memiliki tongsis. Fungsi tripod juga tidak terlalu berbeda dengan tongsis, yaitu menahan kamera agar tidak mudah goyang dan berperan seolah-olah menjadi seseorang yang memotret.

Apabila tidak ada orang di sekitar yang bisa dimintai bantuan untuk membantu mengambil foto, maka kamu bisa menggunakan alat ini untuk mengambil foto sesuai dengan yang kamu inginkan. Hal ini akan sangat membantu kamu apabila ingin berfoto namun tidak ingin menggunakan gaya selfie.

3. Gunakan Mode Panorama

Apabila objek yang akan kamu ambil gambarnya cukup luas dan membentang, kamu bisa menggunakan mode Panorama pada smartphone. Dengan menggunakan mode ini, kamu bisa mengambil foto mengenai objek yang luas.

Caranya mudah, kamu hanya perlu melakukan pengaturan mode di kamera hp, lalu pilih Panorama. Setelah itu, kamu geserkan kamera dari ujung objek yang ingin kamu ambil gambarnya menuju objek lainnya secara perlahan.

Dengan demikian, view objek yang cukup luas akan masuk ke dalam kamera. Apabila kamu menggunakan mode ini, sebaiknya pastikan objek yang akan kamu foto cukup luas.

Jika objek yang akan kamu ambil fotonya tidak terlalu luas dan bisa diambil hanya dengan mode biasa, sebaiknya kamu tidak usah menggunakan mode ini. Itu karena, kualitas foto yang akan dihasilkan mode ini akan menurun.

4. Sebaiknya Jangan Cuma Foto Satu Kali

Kamu bisa mengambil foto berkali-kali untuk menemukan hasil jepretan yang sangat epik. Karena, biasanya hasil jepretan yang bagus itu tidak dihasilkan hanya dari satu kali pengambilan foto.

Selain itu, dengan mengambil foto beberapa kali akan memungkinkan foto tersebut untuk lebih aman dan tidak mudah hilang. Jika foto tersebut tidak sengaja terhapus, maka kamu masih memiliki cadangan foto yang lainnya.

Dengan memiliki foto yang banyak, akan menjadikan liburan kamu menjadi lebih berkesan dan meninggalkan kenangan manis. Ketika melihat foto-foto kamu selama traveling, maka kamu seolah-olah seperti berlibur kembali.

5. Bawalah Kamera Terbaik

Untuk mendapatkan hasil foto yang terbaik, maka kamu harus membawa kamera terbaik yang kamu punya. Apabila dana kamu terbatas, kamu tidak perlu memaksakan untuk membeli kamera DSLR ataupun kamera lainnya.

Karena dengan kamera yang apa adanya pun, kualitas foto bisa saja setara dengan kamera yang spesifikasinya lebih tinggi, asalkan kamu tahu teknik pengambilan foto yang tepat. Karena, kamera yang mahal pun, kalau kamu tidak bisa menggunakan fiturnya dengan tepat, maka hasilnya akan sama saja.

Lebih baik bawa kamera yang bisa kamu gunakan dan paham dengan fitur-fitur pada kamera tersebut. Jadi, kamu mudah melakukan trik pengambilan foto supaya hasil jepretan kamu terlihat lebih profesional.

Baca Juga: 10 Cara Memulai Menjadi Travel Blogger Sampai Sukses

6. Perhatikan Angle Saat Memotret

Angle merupakan hal yang cukup penting bagi seorang pemotret untuk mengambil foto yang bagus. kamu bisa mencoba mengambil foto dari berbagai angle untuk mendapatkan kualitas foto yang berkualitas dan menarik.

Kamu bisa mencoba memotret objek dengan posisi kamera landscape supaya terlihat berbeda dari pada umumnya. Untuk kreativitas lainnya, kamu bisa mencoba memotret objek dengan cara duduk bahkan tiarap.

Dengan begitu, hasil jepretan kamu akan berbeda dari jepretan orang lain yang hanya mengambil foto dengan cara berdiri.

Jangan lupa perhatikan apakah ada objek indah lainnya yang dapat masuk dalam jangkauan kamera. Apabila ada, kamu bisa merubah angle pengambilan gambar supaya objek lain bisa masuk ke dalam frame kamera.

7. Tidak Masalah Apabila Harus Mengedit, Namun Jangan Berlebihan

Mungkin bagi kamu, hasil jepretan kurang menarik akan membutuhkan sedikit ‘polesan’. kamu boleh mengedit hasil foto tersebut supaya penampilannya menjadi lebih baik. Namun, jangan pula terlalu berlebihan ketika mengedit foto karena akan dicap lebay.

Mungkin, di mata kamu foto tersebut akan jadi sangat bagus. Namun, di mata orang lain bisa saja foto tersebut terlalu berlebihan proses editing-nya. Jadi, sebaiknya gunakan proses editing sewajarnya saja. Jangan berlebihan saat mengedit foto.

Kamu bisa mengedit dengan menggunakan aplikasi edit foto yang banyak tersedia secara gratis, seperti LightRoom, Snapseed, PicsArt, dan lain-lain.

8. Berfotolah Dengan Banyak Pose

Tentu sangat tidak menarik apabila kamu berfoto seperti pada saat foto KTP. Pada waktu liburan, kamu bebas memilih pose berfoto yang menarik. kamu tidak perlu malu ataupun gengsi untuk melakukannya, karena itu bisa sebagai kenang-kenangan bagi kamu suatu saat.

Usahakan gunakan pakaian yang terbaik yang kamu punya sebelum berfoto. Buatlah penampilan kamu sangat menarik dan rapi. kamu bisa merapikan rambut terlebih dahulu dengan menggunakan gel, merapihkan baju, dan lain-lain.

Selain itu, pada saat berfoto, kamu tidak harus selalu tegap menghadapi kamera. Posisi badan kamu bisa menghadap samping atau bahkan belakang. Intinya, kamu bebas mau berpose seperti apa. Tips foto saat liburan ini terbukti mampu meningkatkan kualitas foto.

Namun, apabila kamu meminta bantuan orang lain yang tidak dikenal, akan lebih baik apabila kamu sesekali melihat kamera untuk memantau apakah kamera kamu masih aman atau tidak.

9. Gunakan Action Camera Untuk Hasil yang Lebih Baik

Apabila kamu memiliki action camera seperti Go-Pro, kamu bisa membawanya untuk menemani perjalanan liburan. Dengan menggunakan action camera, maka hasil jepretan foto akan jadi lebih menarik.

Selain itu, ukurannya yang mungil dan praktis membuat kamu tidak perlu menyediakan ruang yang besar untuk meletakkan action camera tersebut. Action camera juga memiliki sifat yang berguna yaitu tahan terhadap air.

Jadi, kamu bisa membawanya untuk mengambil foto saat berselancar atau bahkan menyelam dalam air. Dengan begitu, kamu bisa mengambil foto dengan hasil yang maksimal untuk panorama di bawah air.

10. Sebaiknya kamu Juga Buat Video

Terkadang, mengambil foto akan kurang memberikan kesan dan kenang-kenangan bagi sebagian orang ketika traveling. kamu bisa membuat liburan menjadi semakin berkesan apabila kamu membuat video tentang perjalanan liburan.

Kamu bisa membuat video saat naik kendaraan ataupun membuat video saat mengunjungi tempat wisata. Lakukanlah seolah-olah kamu seperti seorang vlogger ataupun youtuber. Dengan begitu, liburan kamu akan meninggalkan kesan indah yang tidak akan mungkin untuk kamu lupakan.

Nah, itulah 10 tips foto saat liburan yang mampu membuat pengalaman liburan kamu menjadi lebih indah dan menyenangkan. Foto yang dihasilkan pun akan menjadi lebih menarik dan setara dengan hasil jepretan profesional, walaupun kamu hanya menggunakan kamera smartphone biasa dan bukan menggunakan kamera mahal. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here