Liburan sama Teman Pasti Berantakan? Baca 10 Tips Ini!

Liburan sama Teman Pasti Berantakan? Baca 10 Tips Ini!

Saat ini, ada banyak traveler yang mengambil keputusan untuk melakukan solo traveling. Salah satu alasan mereka mengambil keputusan untuk melakukan solo traveling karena seringkali acara traveling berantakan jika bersama teman-teman. Yah, menyerempakkan banyak kepala untuk mengarah pada satu tujuan memang tidak mudah.

Egoisme dan individualisme memang terkadang lebih mendominasi secara tiba-tiba. Tapi, itu tak berarti bahwa traveling ramai-ramai bersama teman-teman akan mudah berantakan. Selalu ada keseruan yang mengesankan jika kamu liburan beramai-ramai bersama teman-teman, asalkan kamu dapat mempersiapkannya dengan matang.

Nah, bagaimana caranya liburan bersama teman-teman tanpa menyebabkan acara menjadi berantakan? Kamu wajib baca tulisan ini hingga tuntas. Simak tips liburan sama teman tanpa berantakan!

1. Pastikan Bahwa Mereka Klop dengan Kamu

Melakukan perjalanan atau liburan bersama teman-teman mengartikan bahwa kamu dan teman-temanmu akan menghabiskan banyak waktu bersama dalam perjalanan tersebut. Bagaimanapun, hampir selama 24 jam kamu akan melalui waktu bersama mereka. Dapat dibayangkan jika kamu tidak klop dengan mereka?

Jika tidak ada keserasian antara kamu dan mereka, maka traveling kamu akan menghasilkan sesuatu yang menyebalkan. Jadi, sebelum kamu memutuskan ingin pergi traveling dengan teman-temanmu, sebaiknya ajak mereka yang benar-benar klop dengan kamu. Usahakan kalian saling mengenal secara dekat satu sama lain.

2. Tentukan Destinasi Bersama-sama

Setelah kamu menemukan teman-teman yang benar-benar klop untuk kamu ajak traveling bersama, kamu sudah dapat memulai untuk mempersiapkannya. Langkah awal, mulailah dengan memilih destinasi yang ingin kalian kunjungi. Buatlah beberapa opsi destinasi yang cukup seru untuk menjadi tawaran pilihan satu sama lain.

Mulailah dengan menentukan kota atau daerah tujuan yang disepakati. Baru kemudian menentukan destinasi obyek wisata yang akan dikunjungi. Yang pasti, kalian harus menyiapkan banyak opsi destinasi obyek wisata. Sayang sekali kan kalau liburan bersama teman-teman hanya menikmati satu obyek wisata?

3. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Jika kamu dan teman-teman sudah punya banyak opsi pilihan untuk dikunjungi, tips selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah melakukan riset terlebih dahulu. Jangan sampai ketika kamu dan teman-temanmu berada di tempat wisata, kamu justru menyesal dengan suguhan wisata yang sedang kalian kunjungi.

Dalam melakukan riset, pertimbangkan secara rinci baik tentang transportasi, akomodasi, maupun fasilitas destinasi lainnya yang hendak kalian kunjungi. Hal ini juga mempengaruhi tentang kenyamanan. Jika kalian mendapatkan sesuatu yang tak seperti yang diharapkan, bisa jadi akan terjadi hal untuk saling menyalahkan satu sama lain.

Baca Juga: 10 Tips Berlibur Bersama Teman yang Seru dan Bebas

4. Atur Akomodasi Serinci Mungkin

Akomodasi merupakan salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan sebelum berangkat liburan. Apalagi ketika kamu merencanakan liburan bersama teman-temanmu, tentu ini merupakan hal yang wajib kamu bereskan sebelum keberangkatan. Yah, seperti biasa, tentang penginapan dan segala tetek-bengek-nya.

Jika tidak diatur dari awal, bisa jadi kamu dan teman-teman akan merasa kerepotan dan bahkan dapat menimbulkan kesalahpahaman di antara kalian. Nah, untuk mencegah hal itu, sebaiknya atur akomodasi dari sebelum jauh-jauh hari bersama teman-teman yang kamu ajak untuk traveling. Pastikan semuanya beres hingga ke detail-detailnya.

5. Diskusikan Tentang Jadwal dan Waktu yang Dibutuhkan

Selain tentang destinasi dan akomodasi, perlu juga nih kamu diskusikan mengenai waktu pelaksanaan traveling. Juga diskusikan berapa lama waktu yang akan kalian habiskan untuk traveling. Jika tidak demikian, bisa jadi waktu pelaksanaan akan terjadi miscommunication diantara kalian.

Pastikan bahwa di tanggal pelaksanaan kamu mengosongkan jadwal untuk hal-hal lain, begitu juga dengan teman-teman yang kamu ajak untuk traveling. Bagi yang bekerja di kantoran, pastikan bahwa kalian telah mengambil cuti selama waktu yang akan digunakan untuk liburan bersama.

6. Rancang Itinerary dengan Jelas

Itinerary menjadi hal yang sangat krusial dalam melakukan traveling bersama teman-teman. Ibaratnya, itinerary ini merupakan peta yang kamu jadikan pedoman dalam berpetualang. Itinerary yang tidak jelas hanya akan menimbulkan miscommunication diantara kalian karena tidak adanya pedoman perjalanan yang menjadi kesepakatan bersama.

Dalam menyusun itinerary, usahakan kalian merancang bersama dan buat kesepakatan bersama. Susun itinerary dengan mempertimbangkan kenyamanan untuk masing-masing orang. Rancang semua detail itineray dengan jelas sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman diantara kalian.

7. Rancang Keuangan Secara Terang-terangan

Salah satu masalah yang cukup krusila saat liburan ialah mengenai budget yang dimiliki. Apalagi ketika liburan bersama teman-teman, keuangan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Seringkali terjadi, ketika traveling bersama teman-teman, keuangan menjadi campur aduk satu sama yang lain. Nah, hal itu yang dapat membuat kesenjangan diantara kalian.

Usahakan kalian disiplin dalam mengatur keuangan. Jika memang harus diadakan keuangan bersama, maka aturlah sejelas mungkin. Jangan sampai keuangan pribadi bercampur aduk dengan keuangan bersama. Atau jangan sampai kalian saling membayarkan keuangan teman tanpa ada kejelasan.

8. Tulis dan Bagikan List Barang Secara Merata

Membagikan bersama atas list barang yang harus dibawa merupakan salah satu kelebihan dari traveling ramai-ramai bersama teman. Untuk menyiasati over muatan pada koper, kamu dapat membagikan list barang yang harus dibawa kepada semua teman-temanmu. Bagikan secara merata dan sesuai dengan yang mereka miliki.

Dalam menyusun list barang, kamu harus tetap mengambil langkah bijak, jangan memasukkan list barang yang tidak perlu. Meskipun banyak teman yang diajak, jangan serta merta memasukkan list barang di luar barang darurat, karena mereka juga membawa barang pribadi. Bagikan list barang secara merata dengan semua jumlah anggota.

9. Pastikan Semua Merasa Nyaman Tanpa Ada Keberatan

Dalam melakukan traveling beramai-ramai bersama teman, perhatikan masing-masing keinginan dan kenyamanan teman-temamu. Pastikan bahwa mereka merasa nyaman dan menikmati setiap perjalanan yang kalian lalui. Jika perlu, masukkan setiap destinasi wisata yang mereka impikan untuk masuk dalam list destinasi.

Jangan sampai ada yang merasa kurang nyaman karena mereka belum mencapai wisata yang mereka inginkan. Kamu memasukkannya dalam itinerary. Jika memang di tengah perjalanan ada hal lain di luar itinerary yang lebih seru untuk dikunjungi atau dilakukan, sebaiknya ada kata sepakat dan mereka juga suka.

10. Pastikan Semua Sepakat dengan Apa yang Dirancang

Jika memang kamu telah melakukan semua tips di atas, hal terakhir yang wajib kamu pastikan ulang ialah kesepakatan di antara kalian. Jangan sampai di saat kamu dan teman-temanmu sudah berada di hari jadi malah ada yang berubah pikiran atau belum paham dengan rencana yang telah diatur. Pastikan di awal bahwa mereka telah menyepakati semuanya.

Jadi bagaimana, masih bimbang untuk melakukan traveling beramai-ramai bersama teman? Saya pikir artikel ini dapat menjadi solusi bagi kamu yang khawatir namun ingin traveling bersama teman-teman. Traveling ramai-ramai bersama teman-teman akan menjadi pengalaman yang seru dan menakjubkan looohhh…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here