11 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Diketahui Bagi Pemula

tips-mendaki-gunung

Gunung merupakan salah satu destinasi wisata yang paling sering dikunjungi dan menjadi incaran favorit bagi para pelancong. Itu karena perlu perjuangan menghadapi medan yang cukup menantang untuk tiba di puncak gunung. Mendaki gunung itu memerlukan persiapan yang sangat matang.

Untuk yang sudah terbiasa mendaki gunung pun tetap harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, apalagi bagi pemula yang belum pernah menikmati perjuangan mencapai puncak gunung.

Setiap gunung memiliki tingkatan kesulitan medan yang berbeda-beda. Ada yang mudah, sedang, dan cukup susah dan terjal untuk dilalui. Apabila Anda belum memiliki pengalaman mendaki gunung dengan baik, sebaiknya Anda memilih untuk mendaki gunung dengan jalur pendakian mudah ataupun sedang.

Jangan sesekali Anda mencoba untuk menaklukkan gunung dengan medan yang terjal ketika Anda belum memiliki pengalaman yang cukup. Karena, untuk dapat menaklukkan gunung yang bermedan terjal, dibutuhkan fisik yang kuat serta pengalaman yang cukup.

Bahkan, pendaki yang dirasa sudah kuat dan berpengalaman pun tetap harus berhati-hati saat mendaki gunung dengan jalur pendakian yang terjal. Memang, mendaki gunung membutuhkan perjuangan yang cukup keras untuk dapat tiba di puncak.

Namun, ketika Anda sudah sampai pada puncak gunung, Anda akan disuguhkan dengan keindahan panorama yang membuat rasa lelah Anda hilang seketika. Maka dari itu, untuk dapat sampai ke puncak dengan selamat, Anda perlu memperhatikan tios-tips mendaki gunung. Apa saja tipsnya? Langsung saja kita bahas

1. Pastikan Tubuh Anda Benar-benar Fit

Kesehatan dan daya tahan tubuh merupakan unsur yang paling penting bagi seseorang sebelum memutuskan untuk bepergian, apalagi bepergian ke tempat yang membutuhkan tenaga ekstra seperti gunung.

Meskipun kelihatannya sepele, namun apabila tubuh Anda dalam kondisi kurang fit ataupun kurang sehat, maka itu sangat membahayakan perjalanan Anda ketika akan menuju puncak gunung.

Banyak orang yang dalam kondisi tidak fit, namun tetap memaksakan untuk menaklukkan medan pendakian ke puncak gunung. Akhirnya, pendaki tersebut hanya sampai di tengah jalan saja, kemudian beristirahat sejenak dan berbalik arah.

Ada juga yang justru malah pingsan dan menyusahkan pendaki lain, hingga akhirnya pendaki lain memberikan pertolongan kepada orang tersebut dan menunda pendakian mereka. Tentunya, Anda tidak ingin kan hal tersebut menimpa diri Anda?

Nah, maka dari itu Anda harus dapat memastikan bahwa keadaan tubuh Anda benar-benar fit dan siap untuk berpetualang menaklukkan medan yang berbatu untuk mencapai puncak gunung. Jangan pernah menyepelekan kesehatan Anda hanya demi kegiatan yang Anda senangi.

Untuk menjaga kondisi tubuh Anda supaya tetap bugar dan fit, sebaiknya Anda makan dengan teratur dan rutin mengkonsumsi vitamin bagi Anda yang terbiasa mengkonsumsi vitamin. Selain itu, Anda sebaiknya jangan tidur larut malam sebelum hari petualangan Anda ke gunung.

Anda juga perlu rutin berolahraga selama berhari-hari sebelum hari-H supaya kondisi tubuh Anda kuat dan stamina Anda tidak mudah habis.

2. Jangan Lupa Bawa Air Mineral yang Cukup

Perjalanan menuju puncak gunung tidaklah mudah. Anda sangat membutuhkan air untuk menjaga stabilitas tubuh Anda. Tubuh Anda akan selalu membutuhkan air. Sedangkan ketika mendaki gunung, cairan yang ada di dalam tubuh Anda akan lebih cepat terkuras habis.

Maka dari itu, Anda perlu membawa cadangan air mineral dengan kapasitas 3 liter untuk mengganti cairan yang hilang dari tubuh. Anda bisa membawa 2 botol dengan masing-masing botol berkapasitas 1.5 liter.

3. Bawa Bekal Makanan Sesuai Dengan Kebutuhan

Saat mendaki gunung, Anda sangat membutuhkan bekal logistik untuk mengisi tenaga Anda ketika sedang dalam perjalanan. Logistik merupakan hal yang sangat penting apabila Anda ingin mendaki gunung.

Anda tidak bisa mendaki gunung tanpa membawa bekal berupa makanan. Mau tidak mau, Anda pasti membutuhkan asupan makanan untuk mengisi tenaga yang terkuras selama perjalanan. Jangan pernah berpikir bahwa dengan membawa mie instan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Anda boleh membawa mie instan, namun Anda tetap harus membawa nasi dan lauk untuk kebutuhan pokok. Jangan sampai kebutuhan pokok Anda hanya mie instan saja. Anda juga bisa membawa kopi, gula, dan air panas untuk menemani saat istirahat Anda.

4. Jika Anda Lelah, Jangan Malu Untuk Bilang

Jika Anda lelah dalam perjalanan menuju puncak gunung, itu wajar. Janganlah malu dan merasa berkecil hati apabila Anda lelah dan rombongan Anda belum lelah. Apabila Anda merupakan seorang pendaki pemula, pasti belum memiliki pengalaman mendaki yang baik, sehingga Anda akan lebih mudah lelah.

Rombongan Anda pasti akan mengerti apabila Anda bilang kepada mereka kalau Anda lelah. Anda jangan pernah meremehkan hal ini. Karena kalau Anda lelah, tubuh Anda akan kurang maksimal saat perjalanan selanjutnya.

Kalau Anda memaksakan diri untuk tetap melajutkan perjalanan, maka bukan hal yang tidak mungkin Anda akan pingsan di perjalanan. Kalau sudah begitu, justru Anda akan lebih menyusahkan rombongan Anda.

Intinya, ketika Anda sedang mendaki gunung, jangan pernah mengutamakan gengsi ataupun rasa tidak enak. Saat itu, yang terpenting adalah kesehatan dan keselamatan Anda dan rombongan. Karena, untuk sampai ke tujuan utama yaitu puncak gunung, sangat diperlukan tubuh yang fit.

5. Jangan Lupa Mendaftar

Mungkin, beberapa pendaki menganggap remeh hal tersebut. Namun, hal ini sangat bermanfaat bagi semua pendaki, termasuk Anda. Alangkah baiknya Anda mendaftarkan diri sebelum mendaki gunung.

Pihak pendakian gunung akan menyediakan form pendaftaran bagi pendaki. Tapi, kalau ada form pendaftaran, tidak ada salahnya Anda mendaftar. Pendaftarannya juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Ketika Anda mendaftar, maka data diri Anda sudah tercantum. Apabila pada tanggal yang sudah ditulis Anda belum turun, maka tim pencarian akan menyusuri gunung untuk mencari Anda. Mereka akan berusaha untuk menemukan Anda.

Tentunya, itu sangat bermanfaat bagi Anda. Beberapa gunung yang mengharuskan pendakinya untuk mendaftar adalah Gunung Semeru, Gunung Kerinci, dan lain-lain.

6. Jangan Lupa Pelajari Jalur Gunung yang Akan Didaki

Sebelum berpetualang mendaki gunung, alangkah lebih baik kalau Anda mempelajari lokasi yang akan didaki. Itu karena tiap jalur pendakian gunung memiliki medan yang berbeda-beda. Anda harus paham lokasi pendakian yang akan Anda lalui. Dengan begitu, Anda akan memiliki persiapan yang lebih tepat terhadap medan yang akan Anda hadapi.

7. Beritahu Orang yang Anda Percaya

Tips mendaki gunung yang ketujuh adalah dengan memberitahu orang terdekat Anda. Ketika Anda memutuskan untuk mendaki gunung, Anda sebaiknya memberi tahu dan meminta izin kepada orang-orang terdekat Anda, seperti orang tua, sahabat, ataupun kekasih. Dengan begitu, mereka tahu kondisi dan keadaan Anda.

Anda juga harus sering-sering memberi kabar kepada mereka supaya mereka tidak khawatir. Selain itu, lokasi Anda pun akan lebih terpantau oleh mereka. Sehingga kalau terjadi apa-apa dengan Anda, Anda akan lebih mudah ditemukan.

Baca Juga: 12 Tips Traveling Untuk Perempuan Supaya Tetap Aman dan Nyaman

8. Gunakan Alas Kaki yang Cocok Dengan Media Perjalanan

Bagi Anda yang ingin mendaki gunung, Anda harus dapat menyesuaikan antara alas kaki yang akan Anda gunakan dengan media yang akan Anda hadapi. Jangan sampai Anda menggunakan high heels untuk mendaki gunung.

Sangat berbahaya bagi Anda jika mendaki gunung dan menghadapi medan yang berbatu dengan menggunakan high heels. Bisa-bisa, Anda tergelincir dan mengalami luka akibat ketidaksesuaian antara alas kaki Anda dengan media perjalanan menuju puncak gunung.

Alangkah baiknya Anda menggunakan sepatu ketika akan mendaki gunung dan jangan menggunakan sandal. Itu karena, medan yang akan Anda lalui cukup kasar sehingga dapat membuat kaki Anda sakit walaupun Anda menggunakan sandal.

9. Bawa Pakaian yang Tebal Untuk Menghangatkan Tubuh

Poin ini wajib bagi semua pendaki yang ingin mendaki gunung. Temperatur di puncak gunung atau di perjalanan menaiki gunung sangatlah dingin. Anda sangat membutuhkan pakaian tebal atau jaket yang berfungsi untuk membuat tubuh Anda tetap hangat dan terhindar dari dingin.

Mungkin, ketika belum berangkat Anda merasa suhunya panas. Namun, ketika sudah di perjalanan, Anda pasti akan merasakan suhu yang lebih dingin. Jangan lupakan untuk membawa jaket. Banyak loh para pendaki yang tidak membawa jaket, kemudian mereka tidak kuat menahan suhu yang dingin di perjalanan.

Ada juga para pendaki yang tidak membawa jaket dan kemudian tetap nekat menuju puncak, namun hal tersebut sangat berisiko. Walaupun Anda merasa di bawah sangat panas, namun tidak ada salahnya Anda membawa pakaian hangat untuk digunakan ketika Anda butuh untuk menghangatkan badan.

10. Jangan Lupa Bawa Obat-obatan

Tips mendaki gunung yang satu ini rupanya kerap dilupakan oleh sebagian pendaki. Tidak menutup kemungkinan ketika sedang di perjalanan mendaki gunung, ada yang terluka atau sakit. Nah, untuk itulah Anda perlu membawa obat-obatan sebagai pertolongan pertama.

Jangan pernah meremehkan hal ini dan menganggap bahwa Anda akan aman-aman saja. Dengan membawa obat seperti P3K dan obat pribadi, sama saja Anda sudah selangkah dalam mempersiapkan diri.

11. Sebaiknya Anda Melapor di Setiap Pos Pendakian

Saat mendaki gunung, pastinya Anda akan menghampiri beberapa pos pendakian di perjalanan. Pos tersebut berfungsi untuk beristirahat apabila Anda atau rombongan Anda mengalami kelelahan. Selain itu, biasanya di pos tersebut, Anda diminta untuk melaporkan bahwa Anda sudah sampai di pos tersebut.

Tujuannya adalah, apabila Anda menghilang dan tidak kunjung ditemukan, tim pelacak akan lebih mudah untuk menelusuri jejak Anda karena memiliki data di mana lokasi terakhir Anda. Pada pos inilah, tim petugas biasanya memberitahu orang-orang terdekat Anda bahwa Anda sudah sampai di titik pos tersebut.

Dengan begitu, rasa khawatir pada orang-orang terdekat Anda bisa sedikit berkurang. Karena sangat tidak nyaman ketika kita khawatir dengan seseorang yang tidak memberikan kabar kepada kita.

Nah, itulah 11 tips mendaki gunung yang perlu Anda coba supaya petualangan Anda menjadi lebih aman dan nyaman. Mendaki gunung itu membutuhkan persiapan yang benar-benar matang. Selain itu, Anda juga perlu fisik yang kuat dan stamina yang banyak untuk dapat menaklukkan gunung tersebut.

Jangan pernah memaksakan diri atau ikut-ikutan naik gunung apabila fisik Anda dirasa memang kurang mampu. Semoga tips mendaki gunung tersebut bisa bermanfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here