7 Ide Liburan Akhir Tahun yang Hemat Budget dan Anti Ribet

7 Ide Liburan Akhir Tahun yang Hemat Budget dan Anti Ribet
7 Ide Liburan Akhir Tahun yang Hemat Budget dan Anti Ribet
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Menjelang akhir tahun, biasanya banyak yang mulai mencari ide untuk menghabiskan waktu liburan. Momen liburan akhir tahun memang paling seru jika dijalani bersama keluarga, sahabat atau dengan pasangan.

Namun dengan kondisi bumi yang belum stabil, memang membuat malas untuk traveling jauh-jauh. Tapi tenang saja, kamu tetap bisa merasakan liburan akhir tahun yang menyenangkan.

Buat kamu yang tidak ingin pergi liburan ke luar negeri atau luar kota, kamu bisa coba beberapa ide liburan akhir tahun di bawah ini:

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


1. Mengunjungi Museum

Foto: Pixabay

Museum merupakan salah satu alternatif yang tepat untuk dikunjungi saat kamu ingin menghabiskan waktu liburan akhir tahun. Selain karena hemat budget, liburan di museum juga cocok dikunjungi oleh segala level usia.

Kamu bisa mengunjungi museum bersama seluruh anggota keluarga, sahabat, bahkan bersama kekasih. Kamu bisa memilih jenis museum apa yang ingin dikunjungi, ada museum sejarah, museum seni, dan lainnya.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Di museum, kamu bisa mengamati berbagai benda unik, antik dan tentunya bernilai tinggi. Mulai dari benda bersejarah hingga benda kuno maupun benda kontemporer yang bernilai tinggi.

Tak hanya sekedar untuk berlibur, museum juga merupakan tempat untuk belajar dan menambah wawasan. Dan sebagian museum juga menyajikan spot vintage yang epik untuk hunting foto.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


2. Pergi ke Kebun Binatang

Foto: Freepik

Pergi mengunjungi kebun binatang juga merupakan destinasi yang cocok untuk mengisi watu liburan akhir tahun. Apalagi untuk waktu cuti akhir tahun yang cukup singkat, kebun binatang lah alternatif terbaiknya.

Kebun binatang biasanya menjadi destinasi favorit bagi si kecil karena di sana mereka dapat berjumpa dengan ragam jenis satwa yang jarang mereka jumpai. Mereka dapat mengenal lebih banyak lagi jenis hewan.

Selain untuk berwisata, manfaat mengunjungi kebun binatang juga dapat menambah wawasan tentang satwa. Tak hanya menambah pengetahuan bagi anak, bahkan sebagian orang dewasa pun tak sepenuhnya tahu.

Di setiap kebun binatang tentu akan disertai beberapa penjelasan tentang binatang dan habitatnya oleh pemandu. Dari situ kamu dan rombongan bisa belajar lebih banyak tentang binatang.

Dan hampir di setiap kebun binatang biasanya terdapat atraksi binatang, misalnya seperti atraksi lumba-lumba dan gajah. Kamu juga bisa sambil lalu berfoto ria dengan beberapa diantara binatang yang ada di sana.

3. Piknik

Foto: Pixabay

Piknik di momen akhir tahun cocok dijadikan alternatif liburan akhir tahun ini. Selain tidak membutuhkan waktu yang panjang, piknik juga merupakan gaya liburan yang asyik namun hemat budget.

Kamu bisa mengajak keluarga, kerabat dekat, sahabat atau bahkan kekasih. Kamu bisa atur sendiri sistem piknik seperti apa yang kamu mau, makanan yang dibawa juga sekaligus transportasinya.

Selain itu, lokasi untuk berpiknik juga menjadi pertimbangan yang paling penting agar acara liburan terasa mengesankan. Sekarang ini banyak tempat rekreasi alam terbuka yang cocok dijadikan tempat piknik.

Kamu bisa memilih tempat rekreasi seperti taman maupun tempat rekreasi terbuka lainnya. Nah, jika ingin momen yang lebih seru, kamu bisa memilih perbukitan atau perkebunan untuk acara piknikmu.

4. Staycation

Foto: Pixabay

Momen liburan akhir tahun merupakan momen yang tepat untuk meluangkan waktu bersama keluarga, sahabat maupun kekasih. Salah satu hal yang paling tepat untuk mendapatkan momen hangat ialah staycation.

Kamu bisa memilih hotel, homestay, maupun villa untuk staycation. Saat ini banyak hotel-hotel yang berkonsep unik dan berkonsep eco-living, cocok untuk staycation dan menghilangkan stres setelah lama bekerja.

Baca Juga: 2 Hotel Bambu Bali yang Unik dan Instagramable dengan Keindahan Nature

Kamu dan keluarga bisa menikmati segala fasilitas hotel yang tersedia. Jangan lupa, cek fasilitas hotel sebelum memilih, agar fasilitas apa yang kamu butuhkan bisa kamu nikmati saat satycation.

Atau kamu bisa memilih villa dengan lokasi yang berada di puncak untuk staycation. Kamu bersama keluarga maupun sahabat bisa sekaligus menikmati pemandangan alam yang menyegarkan mata.

Kamu bisa membawa segala pernak-pernik tahun baru kesana. Menghitung mundur detik-detik menjelang tahun baru dan menikmati quality time bersama keluarga akan menjadi momen akhir tahun yang sangat mengesankan.

5. Camping

Foto: Pixabay

Belakangan ini, camping menjadi tren liburan yang paling diminati, baik dari kalangan anak-anak, muda-mudi, hingga orang dewasa. Dan tren liburan yang satu ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan akhir tahun.

Sekarang ini banyak area camping ground yang keren dengan harga bersahabat. Kamu tinggal memilih saja lokasi mana yang kamu suka, lokasi camping di area perbukitan atau area pantai juga bakalan seru.

Jika ingin yang lebih hemat, kamu bisa melakukan camping di halaman sekitar rumah. Kamu hanya tinggal menyewa peralatan camping seperti tenda, dan sebagainya. Peralatan lain bisa kamu ambil dalam rumah.

Atau kamu juga bisa memilih camping dengan fasilitas lengkap bak menginap di hotel, namanya glamping (glamour camping). Namun tetap, kamu akan bermalam menggunakan tenda yang telah disediakan.

Kamu beserta keluarga bisa menyambut tahun baru dengan bermalam di tenda dan bisa menikmati api unggun. Rasanya bakalan seru dan menyenangkan saat menikmati malam tahun baru bersama gemerlap bintang.

Baca Juga: 5 Tempat Camping Terbaik di Bandung, Recommended Banget!

6. Road Trip Dalam Kota

Foto: Freepik

Liburan akhir tahun yang hemat, salah satunya melakukan perjalanan singkat atau road trip menggunakan kendaraan sendiri sepertinya seru. Dengan road trip menggunakan kendaraan sendiri akan lebih menghemat budget.

Selain karena lebih menghemat budget, road trip juga terbilang lebih aman untuk masa pandemi ini. Karena road trip dengan menggunakan kendaraan pribadi lebih meminimalisir kontak langsung dengan banyak orang.

Dengan road trip menggunakan kendaraan milik pribadi, kamu dan keluarga bisa menentukan secara bebas mengenai rute yang kamu inginkan. Kamu bisa bebas memilih tempat persinggahan yang asyik.

Melakukan road trip tak harus memilih rute yang sangat jauh, road trip dalam kota atau berkunjung ke kota sebelah juga tetap bakalan seru. Yang terpenting planning liburan jelas dan terencana.

7. Trekking

Foto: Pixabay

Trekking juga bisa dijadikan alternatif untuk mengisi liburan akhir tahun yang asyik dan seru. Sekaligus kamu dan keluarga bisa mencoba konsep liburan yang baru dan mengesankan untuk akhir tahun.

Memang kemungkinan tidak semua anggota keluarga dapat menikmatinya, namun kamu tetap bisa menyesuaikan dengan kemampuan mereka. Pilih jalur trekking yang aman dan cocok dengan kemampuan anggota keluarga.

Jika dalam keluargamu ada yang sudah dewasa, kamu bisa ajak mereka trekking di jalur yang cukup menantang. Misalnya seperti menyusuri jalan yang berbatu dan sedikit menanjak atau sedikit terjal.

Jika kamu mengajak anggota keluarga yang masih anak-anak, sebaiknya pilih jalur yang aman buat mereka. Misalnya menyusuri jalan setapak atau melewati pematang sawah yang cukup ringan dilalui.

Menghabiskan waktu liburan di alam terbuka akan menjadi momen yang paling seru untuk dikenang. Momen tersebut juga bisa dijadikan kesempatan mengenalkan kepada anak agar lebih bersahabat dengan alam.