in

7 Pesona Keindahan Kawah Putih Ciwidey yang Diburu Wisatawan

7 Pesona Keindahan Kawah Putih Ciwidey yang Diburu Wisatawan

Bila ada yang mengatakan kamu perlu piknik yang jauh. Tempat mana yang pertama kali terlintas di benak? Belahan bumi lain di luar negeri, negara dengan empat musim, perjalanan luar angkasa atau hanya piknik di sekitar halaman rumah? Sebelum berencana piknik di tempat tersebut, pernahkah terpikir untuk mengunjungi semua destinasi wisata di Indonesia? Bayangkan betapa banyak pulau, laut, gunung, daerah, makanan hingga orang baru yang akan kamu temui bila mengunjungi Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Mengulik tempat wisata di Indonesia memang tak akan pernah ada habisnya. Mulai dari wisata budaya, kuliner, dan bentang alam. Terutama keindahan alam di dalam hingga permukaan laut, pantai, hutan, padang, air terjun, danau hingga gunung akan membuat kamu jatuh hati dan tidak ingin berhenti mengeksplorasi keindahan setiap daerah di Indonesia.

Tentukan list perjalananmu sekarang juga, mulai dari yang terdekat hingga yang terjauh. Cari informasi apa saja hal unik dan menarik yang akan kamu temukan bila mengunjungi destinasi wisata tersebut. Jangan ragu ya untuk piknik yang jauh, selama kamu tahu apa saya yang perlu direncanakan, apa yang dibutuhkan dan bagaimana menikmati perjalanan tersebut.

Kali ini, ada satu tempat yang terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Jawa Barat yang bisa masuk dalam daftar tempat wisatamu tahun ini. Apa saja yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke Kawah Putih? Berikut ini 7 pesona keindahan Kawah Putih Ciwidey yang diburu wisatawan.

1. Pesona Kawah Hasil Letusan Gunung Patuha

Gunung Patuha berada di desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, memiliki ketinggian 2.434 meter. Gunung ini memiliki keunikan tersendiri karena kawahnya yang eksotik. Terdapat dua kawah yang muncul akibat letusan gunung, pertama adalah Kawah saat yang berada di bagian barat gunung, dan kedua adalah Kawah Putih yang berada di kaki gunung.

Kawah kedua yang terbentuk dari letusan gunung Patuha itu terletak di kaki gunung memiliki dinding kawah berwarna putih dan air danau kawah yang juga berwarna putih. Masyarakat menamai tempat itu sebagai Kawah Putih karena keunikan warnanya.

Sejak dibangun oleh pemerintah dan dimantapkan menjadi destinasi andalan Kabupaten Bandung, wisatawan semakin banyak berkunjung ke Kawah Putih karena penasaran dengan fenomena alam yang diberikan oleh tempat tersebut.

2. Kawah yang Bisa Berubah Warna

Kawah Putih yang menjadi lokasi wisata sebenarnya merupakan danau tektonik yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Bukan tanpa alasan bila kawasan danau dan dinding kawah berwarna putih. Kadar belerang yang tinggi mempengaruhi terbentuknya tempat tersebut. Tanah dan air danau yang tercampur belerang di sekitar kawah berubah menjadi warna putih.

Pesona yang menjadi andalan Kawah Putih adalah warna air danau yang berwarna putih kehijauan akan mengalami perubahan warna seiring perubahan suhu, cuaca dan kandungan belerang di dalamnya. Air danau terkadang berubah menjadi hijau, biru, putih bahkan coklat. Hal yang sama juga terjadi pada kawah danau Gunung Kelimutu di Nusa Tenggara Timur.

3. Spot Instagramable di Kawah Putih Ciwidey

Bagi kamu yang suka berswafoto atau mengabadikan momen dalam bentuk foto, maka tak salah bila berkunjung ke Kawah Putih. Suasana magis sangat terasa di tempat ini karena pengaruh kabut dari belerang yang menguap di permukaan tanah. Kabut yang berhamburan itulah yang bisa menjadi latar fotomu.

Kawasan wisata ini didominasi oleh warna putih, seperti tumpukan salju. Bila berpadu dengan dinding kawah yang berwarna putih dengan latar Gunung Patuha yang hijau, tentu akan menambah cantik hasil fotomu.

4. Kabut Belerang yang Eksotis

Kabut Belerang yang Eksotis
Photo by blogkulo.com

Jangan terlalu lama berada dekat kabut asap belerang. Ada batasan waktu selama 15 menit di dekat kawah karena bahaya belerang yang masuk ke dalam tubuh bila terlalu lama dihirup. Papan peringatan ada di setiap sudut destinasi wisata Kawah Putih Ciwidey.

Kamu juga dilarang makan dan minum di sekitar kawah. Dikhawatirkan makanan terkontaminasi oleh uap belerang dan sangat berbahaya bila masuk ke dalam tubuh Walaupun bau menyengat selalu tercium selama ada di Kawah Putih Ciwidey, namun keindahan bentang alam akan menutupi bau yang berasal dari kabut belerang tersebut.

5. Menikmati Matahari Terbit dari Sunan Ibu Kawah Putih

Spot yang kini populer dikunjungi wisatawan adalah Sunan Ibu’s sunrise viewing point. Spot tersebut adalah andalan traveler pencinta fotografi untuk mengabadikan keindahan foto matahari terbit. Sunan Ibu Kawah Putih merupakan daya tarik objek wisata Kawah Putih karena wisatawan dapat menikmati keindahan Kawah Putih dari puncak kawah dan dapat menyambut matahari terbit dari ketinggian 2430 mdpl. Spot ini bahkan khusus dibuka sejak pukul 04.00 WIB untuk melihat pemandangan matahari terbit.

6. Transportasi Menuju Kawah Putih Ciwidey

Perlu diketahui, walaupun Kawah Putih Ciwidey berada di kaki gunung, namun terletak di ketinggian lebih dari 2194 meter di atas permukaan laut. Maka untuk menuju kawasan Kawah Putih, kamu bisa membawa mobil pribadi atau memanfaatkan ontang anting dari lokasi parkiran kendaraan yang berada di bawah lereng gunung.

Ontang anting adalah angkot yang dimodifikasi dengan sisi terbuka sebagai transportasi yang bolak balik mengantar wisatawan dengan estimasi waktu sekitar 10-15 menit perjalanan menuju puncak. Kendaraan ini mampu mengangkut hingga 15 orang penumpang. Jika kamu berangkat dalam rombongan dengan jumlah yang cukup banyak, tak ada salahnya mencoba ontang anting ini.

7. Akses Menuju Kawah Putih Ciwidey dari Kota Bandung

Akses Menuju Kawah Putih Ciwidey dari Kota Bandung
Photo by Instagram.com

Bila kamu ingin ke Kawah Putih Ciwidey dari Bandung, keluar pintu tol Kopo menuju Soreang, langsung Ciwidey, ikuti petunjuk jalan. Sesampai di daerah Ciwidey, jalanan akan menanjak dan menyempit. Namun bisa dilalui oleh dua kendaraan roda empat dan bus. Kamu akan menyaksikan pemandangan alam, hamparan bukit dan perkebunan stoberi di sisi kana kiri jalan. Kamu akan melewati pertigaan Resort Patuha yang  dekat dengan gerbang masuk Kawah Putih Ciwidey.

Begitu sampai di gerbang utama kawasan wisata Kawah Putih, akan ada dua lapangan parkir, yaitu parkir atas dan bawah. Parkir atas letaknya tak begitu jauh dengan lokasi Kawah Putih, khusus wisatawan yang membawa mobil pribadi. Dati parkiran atas, kamu bisa langsung berjalan kaki ke kawah. Sedangkan parkir bawah jaraknya masih sekitar 5,6 km lagi dari parkir atas, dan kamu harus menggunakan ontang anting untuk naik ke kawasan kawah.

Bila kamu berencana mengunjungi Kawah Putih Ciwidey, jangan lupa untuk menyiapkan kamera untuk mengabadikan keindahan alam, baju tebal karena suhu di sekitar kawah sekitar 8-22 derajat Celsius, dan sejumlah uang untuk membayar tiket masuk ke kawasan wisata. Yuk, piknik yang jauh dengan ekplorasi keindahan wisata di Indonesia sekarang juga! Kamu mulai dari Kawah Putih Ciwidey yang eksotis dan mempesona.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *