14 Tips Aman Liburan Ke Singapura untuk Pertama Kalinya

ke-singapura-pertama-kalinya

Siapa yang tidak ingin berlibur ke luar negeri? Tentu saja hampir semua orang ingin menikmati keindahan dari negara lainnya. Namun banyak kendala ketika akan berlibur ke luar negeri, selain mengurus surat-surat yang dibutuhkan anda juga harus menyediakan biaya yang tidak sedikit. Misalnya saja ke Singapura yang merupakan sebuah negara cukup terkenal dengan kemewahannya. Banyak juga orang Indonesia yang berlibur menuju Singapore.

Selain mengurus surat-surat dan dana yang harus anda siapkan, anda juga membutuhkan persiapan mental dan kewaspadaan ketika berlibur ke Singapura. Apalagi jika anda berangkatnya seorang diri atau solo traveling, tentu harus lebih berhati-hati. Berikut ini ada beberapa tips jalan-jalan ke Singapura untuk anda yang baru pertama kali menuju ke negara tersebut.

1. Pastikan mengisi kartu imigrasi

Ketika anda akan bertolak menuju Singapura menggunakan pesawat terbang biasanya para pramugari atau paramugara yang bertugas akan memberikan selembar kartu imigrasi yang harus anda isi sebagai awal perjalanan aman di Singapura. Ada beberapa keterangan yang harus anda isi yang salah satunya adalah lokasi tempat tinggal dimana ketika di Singapura. Hal tersebut akan bersangkutan dengan pengecekan di pos imigras untuk dicek juga paspor anda.

Jika anda tidak mengisi kartu imigrasi tersebut maka dampaknya akan terhenti ketika masa pengecekan dan anda harus menunggu untuk waktu yang cukup lama. Hal tersebut akan merugikan anda sebab waktu liburan juga harus terbuang sia-sia hanya karena kecerobohan anda sendiri.

2. Miliki peta dan brosur

Ketika sampai di Bandar Changi International Airport, anda bisa  mencari tourism international center atau rak-rak yang menyediakan berbagai macam brosur dan peta untuk para wisatawan yang datang. Hal tersebut membantu anda menemukan tempat wisata di Singapura dan juga transportasi umum yang dapat anda gunakan. Brosur dan peta tersebut dapat anda ambil dengan gratis dan cukup membantu dalam perjalanan.

Tidak hanya peta tempat wisata tetapi ada juga peta jalur MRT yang bisa anda ketahui informasinya. Biasanya setiap brosur juga memberikan potongan kupon yang bisa digunakan untuk mendapatkan harga diskon pada beberapa tempat wisata. Hal tersebut tentu akan membantu, menguntungkan dan mempermudah anda ketika berada di Singapura.

3. Fahami peta tranportasi umum

Jika anda tidak menggunakan jasa tour guide maka anda harus benar-benar memahami peta Singapura. Tidak hanya memahami lokasi tempat wisata dan tempat anda menginap saja, tetapi anda juga harus memahami peta transportasi umum di Singapura agar membuat anda menjadi lebih mudah kemanapun anda ingin pergi. Hampir semua tempat wisata dan beberapa tempat makan di Singapura dapat dijangkau dengan menggunakan transportasi umum ataupun MRT.

Setelah anda dari Bandar Changi ada baiknya mulai mempelajari jalur mana yang akan anda ambil dan stasiun MRT mana yang akan anda gunakan untuk bertukar kereta. Hal tersebut memang sepele namun sangat penting agar anda tidak kehilangan jalan dan tersesat.

4. Bawa bekal minum

Selain pengetahuan tentang lokasi tempat wisata dan transportasi yang akan anda gunakan, sangat penting juga untuk membawa bekal minuman. Tahukah anda bahwa di Singapura harga minumnya juga cukup mahal, jika dana anda cukup terbatas ada baiknya untuk membawa bekal minum sendiri.

Cukup membawa botol minum saja dari Indonesia, kemudian anda bisa mengisi ulang air minum gratis yang ada di beberpa titik Bandara Changi Singapura. Tidak perlu merasa malu, sebab ketika sampai di Bandara tidak sedikit para wisatawan yang mengisi ulang air minumnya untuk bekal dalam perjalanan.

5. Fungsikan toilet

Ketika anda akan turun dari pesawat pastikan untuk menggunakan fasilitas toilet sebaik mungkin. Beberapa orang terkadang kurang nyaman menggunakan kamar mandi di pesawat. Menggunakan toilet sebelum memulai perjalanan menuju penginapan bisa anda andalkan, siapa tahu ternyata penginapan anda jauh dari lokasi bandara.

Namun yang harus anda ketahui adalah di Singapura hampir semuanya menggunakan toilet duduk dan tidak ada penyemprot airnya. Jadi jika anda terbiasa menggunakan toilet basah maka sebaiknya siap sediakan tisu basah atau membawa satu botol besar air agar lebih nyaman.

6. Masuk loket imigrasi

Spesialnya orang Indonesia ketika berlibur di Singapura ialah tidak perlu menggunakan visa, sehingga anda bebas tanpa harus membayar visa. Apalagi jika anda datang ke Singapura menggunakan jalur udara, maka diberikan kebebasan tinggal ataupun berlibur di Singapura selama 30 hari. Ketika anda menuju loket imigrasi ada baiknya mengikuti tempat pesawat mendarat dan ikut antri, kemudian jangan lupa untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti paspor dan juga kartu imigrasi.

Pastikan untuk tetap berperilaku sopan terhadap petugas imigrasi dan jangan sibuk dengan gadget anda. Jika diajukan pertanyaan maka jawab dengan tegas dan sopan. Jika anda tidak dapat berbahasa Inggris maka anda dapat menggunakan bahasa Indonesia. Hal penting, simpan potongan kartu imigrasi dan jangan sampai hilang sebab anda akan membutuhkannya lagi ketika keluar dari Singapura.

7. Menuju terminal 2

Setelah lancar melewati petugas imigrasi selanjutnya anda bisa pergi ke tujuan anda. Jika menuju ke pusat kota maka ada beberapa pilihan transportasi umum yang bisa digunakan, misalnya seperti taksi, bus, atau MRT. Anda juga harus paham bahwa ketika mendarat di Bandara maka terminalnya bisa saja berbeda-beda, tergantung dari maskapai penerbangan anda.

Jika anda ingin menuju stasiun MRT maka bisa berjalan mengikuti petunjuk arah yang ada di terminal 2. Jika anda mendarat di terminal 1 atau 3 maka bisa menggunakan kereta monorel yang akan menghubungkan pada beberapa terminal di Bandara Changi.

8. Gunakan kartu tourist pass

Ada baiknya ketika berada di Singapura menggunakan kartu EZ Link atau Tourst Pass yang tersedia di lokat penjualan tiket. Kartu tersebut sebenarnya sama dengan e-money yang anda butuhkan sebagai alat pembayaran dan digunakan sangat prakis di Singapura sebab jangkauannya yang luas. Dengan kartu tersebut anda bisa membayar transportasi umum dan juga MRT dengan cara menempelkannya di dekat mesin scanner. Bukan hanya itu saja tetapi EZ Link juga bisa digunakan untuk vending mechine yang merupakan mesin penjual minuman.

Jangan lupa untuk mencari bagaimana cara mengisi ulang kartu tersebut agar tidak kehabisan dan membuat anda menjadi lebih repot. Tetapi jika anda ingin lebih simpel maka bisa menggunakan kartu Tourist Pass dimana bisa anda gunakan tanpa harus isi ulang selama seharian.

9. Di Stasiun MRT

Jika sudah sampai di stasiun MRT maka pastikan pintunya tertutup dengan benar. Perhatikan dengan baik mana pintu yang digunakan untuk masuk dan mana pintu yang digunakan untuk keluar. Anda bisa menempelkan kartu EZ Link atau Tourist Pass tepat pada mesin scanner kartu yang akan membuat pintunya terbuka. Berjalanlah tanpa harus terburu-buru dan panik.

10. Naik tranportasi bus umum

Selain MRT anda bisa menggunakan bus umum untuk menunjang perjalanan anda di Singapura agar menjadi lebih mudah lagi. Bus umum ini juga mengelilingi kota, jadi hampir setiap tujuan pasti ada busnya. Di Singapura ada dua operator bus yaitu SMRT dan SBS transit yang membantu melayani ke berbagai macam penjuru kota.

Untuk itu sebelum naik ada baiknya anda sudah memiliki kartu pembayaran yang sah. Ada beberapa bus yang diperbolehkan membayar dengan tunai, jadi anda bisa menyiapkan uang tunai. Pastikan untuk membayar dengan uang pas, sebab bus di Singapura tidak memiliki kenek seperti di Indonesia, sehingga tidak akan bisa membantu pengembalian uang anda

11. Naik taksi

Jika anda ingin lebih mudah menjangkau beberapa tempat tanpa harus takut tersesat dan lebih mudah maka bisa menggunakan taksi. Namun perlu anda ketahui bahwa taksi merupakan tranportasi umum yang terbilang cukup mahal di Singapura.

Jika anda berangkat dengan uang yang pas-pasan ada baiknya tidak perlu menaiki taksi. Tetapi jika anda merasa bahwa uang anda masih cukup maka naiklah taksi ditempat pemberhentian taksi yang sudah ditentukan. Sebab anda tidak bisa memberhentikan taksi sesuka hati anda.  Ketika akan turun juga akan diturunkan di tempat yang sudah tersedia. Menggunakan taksi di Singapura memang jauh lebih mudah.

12. Penginapan

Untuk tempat penginapan yang ada di Singapura ada baiknya cari penginapan yang aksesnya dekat dengan tranportasi umum seperti bus, MRT, atau juga taksi. Hal tersebut akan memudahkan anda untuk bisa menjangkau beberapa tempat tujuan wisata tanpa harus berjalan kaki terlalu jauh.

Tetapi bagi anda yang suka sekali berbelanja maka bisa mencari penginapan di sekitaran Orchard sebab cukup strategis. Tetapi untuk anda yang memiliki budget tidak banyak maka bisa menginap di Little India atau Lavender dimana penginapan tersebut biayanya terbilang murah. Sebenarnya banyak sekali guest house yang bisa anda pilih ketika berada di Singapura, tetapi pastikan anda memesannya jauh hari sebelum anda berangkat agar tidak kehabisan kamar.

13. Patuhi aturan yang ada

Jika di Negara sendiri anda harus patuh terhadap aturan yang dibuat, maka ketika berada di Negara orang lain pastikan hal tersebut juga berlaku. Di Singapura hukum dan sanksi benar-benar diberlakukan dengan baik. Anda bisa saja terkena denda yang berat jika tidak mematuhi hukum yang berlaku. Banyak CCTV di seluruh penjuru kota yang memantau anda.

Ada baiknya jaga sikap dan jangan membuat masalah, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan keamanan anda. Larangan yang seringkali dilanggar adalah mengunyah permen karet dan membuang bekasnya sembarangan, kemudian ada juga meludah sembarangan juga dilarang. Beberapa hal sepele harus benar-benar anda jaga agar tidak terkena denda yang berat dan bermasalah di Negara asing.

14. Makanan dan minuman halal

Singapura berbeda dengan Negara Indonesia, ada banyak sekali makanan yang tidak halal. Jika anda seorang muslim maka bisa mencari makanan halal dengan memperhatikan dengan benar tempat membeli makanan tersebut. Jika anda membeli makanan Chinese food maka pastikan ada tulisan no pork no lard. Tetapi jika tidak ada tulisan tersebut ada baiknya mencari kedai makanan yang lainnya. Memang harus ekstra sabar ketika mencari makanan di Negara asing dimana penduduk muslim lebih sedikit.

Beberapa tips liburan di Singapura tersebut bisa anda gunakan sebagai pegangan ketika pertama kali berkunjung di Negara Singapura. Pastikan untuk selalu hati-hati dan waspada barang bawaan anda yang berharga.  Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here