10 Tips Traveling Saat Musim Dingin yang Wajib Kamu Perhatikan

traveling-musim-dingin

Akhir-akhir ini cuaca dingin memang terasa ekstrim. Hal ini disebabkan peralihan musim dari kemarau menuju musim kemarau. Di negara kita ini memang hany terdapat dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Berbeda dengan negara-negara yang mempunyai beberapa musim seperti musim gugur dan musim salju.

Namun di negara kita ini, beberapa waktu terakhir direpotkan dengan suhu yang cukup ekstrim dibandingkan dengan cuaca biasanya. Suhu semakin mendekati titik beku. Cuaca yang seperti ini seringkali membuat kita khawatir terhadap kondisi tubuh yang tidak terbiasa dengan suhu serendah itu.

Cuaca yang seperti ini sedikit banyak mempengaruhi pola hidup kita, termasuk hobi dalam melakukan traveling. Beberapa jenis traveling sangat berkaitan dengan cuaca dingin, seperti mendaki gunung, berkemah di puncak, menjelajahi hutan, dan beberapa jenis traveling lainnya.

Bagi kamu yang mempunyai hobi traveling, terutama traveling seperti yang disebutkan di atas, tidak semestinya kamu mengabaikan cuaca seperti ini. Mengapa? Karena hal ini akan berdampak terhadap stamina kamu. Menghadapi cuaca seperti ini, ada baiknya kamu menerapkan tips traveling saat musim dingin yang perlu diperhatikan.

1. Persiapkan Stamina Tubuh

Sebelum kamu berangkat liburan, sebaiknya persiapkan stamina terlebih dahulu. Cuaca yang dingin akan sangat rentan terserang sakit. Jika kondisi stamina kamu kurang prima, maka sangat mudah untuk jatuh sakit. Jika kamu merencanakan traveling, sebaiknya istirahat yang cukup untuk memaksimalkan stamina sebelum keberangkatan.

2. Persiapkan Obat-obatan yang Lengkap

Barang bawaan yang tidak boleh kamu tinggalkan ketika hendak berlibur, khususnya pada saat cuaca sedang dingin ialah obat-obatan. Yang termasuk obat-obatan disini ialah berupa obat pribadi maupun obat sakit umum. Khusus untuk menanggulangi cuaca dingin, kamu harus menyiapkan minyak angin atau minyak kayu putih dalam list obat-obatan.

3. Bawalah Beberapa Pakaian Hangat

Pakaian hangat adalah hal wajib yang harus kamu bawa ketika melakukan traveling saat cuaca sedang kondisi dingin. Untuk jumlah pakaian hangat yang dibawa, tergantung berapa lama kamu melakukan traveling. Jika kamu berniat traveling dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya bawalah pakaian hangat lebih banyak.

Pakaian hangat yang lumrah digunakan ialah sweater. Mengapa? Karena selain memiliki fungsi menghangatkan tubuh, sweater memiliki sifat yang simpel, mudah dibawa serta digunakan. Selain itu, sweater ini memiliki kesan stylish yang cukup keren dan kekinian. Jadi tidak heran banyak digunakan oleh para traveler.

4. Pakailah Kaos Kaki dan Sarung Tangan

Pernah mendengar istilah vasodilatasi? Vasodilatasi ini merupakan istilah dalam ilmu biologi yang menyebutkan proses melebarnya pembuluh darah dalam tubuh. Sederhananya, pelebaran pembuluh darah ini yang menyebabkan menghangatnya suhu tubuh. Proses ini pula yang berperan dalam melancarkan peredaran darah ke otak.

Nah, ketika kamu berada di cuaca yang begitu dingin, usahakan kamu menggunakan kaos kaki dan sarung. Karena ada penelitian yang membuktikan bahwa memakai kaos kaki dan sarung tangan akan membantu proses vasodilatasi ini. Akibatnya, suhu seluruh tubuh akan semakin menghangat dengan bantuan kaos kaki dan sarung tangan ini.      

5. Bawalah Jaket Tahan Air dan Tahan Angin

Traveler yang sudah berpengalaman tentunya akan memahami betapa pentingnya membawa jaket tahan air dan angin, terutama untuk tempat dengan cuaca dingin. Terjun ke alam bebas tentunya akan berbeda dengan di rumah. Angin dan air embun akan mudah kamu jumpai ketika berada di alam bebas, khususnya pada saat cuaca dingin.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu tidak meninggalkan jaket tahan angin dan air untuk kamu bawa traveling. Angin dan air merupakan hal yang sangat mampu untuk menyerang tubuh kamu ketika sedang traveling. Jadi, benda ini menjadi salah satu list barang bawaan kamu ketika hendak traveling di saat cuaca sedang dingin-dinginnya.

6. Jangan Lupa Membawa Aksesoris Penghangat

Pada umumnya, traveler yang mendaki gunung atau berkemah di puncak akan mengenakan syal. Selain untuk fashion, syal ini berfungsi untuk menghangatkan leher dan dada. Nah, pada umumnya syal yang cocok untuk digunakan saat traveling ialah syal yang terbuat dari bahan kain rajut karena teksturnya lebih tebal namun simpel.

Selain syal, topi juga menjadi aksesoris yang wajib kamu bawa ketika hendak berlibur ke tempat yang dingin. Topi yang dimaksud disini ialah topi yang biasanya dipakai oleh para pendaki gunung. Topi jenis ini biasanya akan menutupi hingga bagian telinga.

Baca Juga: 9 Tips Liburan ke Luar Negeri Bagi yang Tidak Tahu Bahasa Asing

7. Bawalah Handbody Lotion dan Lipbalm atau Sejenisnya

Cuaca yang dingin akan berpengaruh terhadap kondisi kulit dan bibir. Dengan suhu yang cukup rendah dapat menyebabkan bibir pecah-pecah serta kulit kekeringan. Bagi kamu yang tidak ingin kulitmu kering, bawalah lotion, krim atau sejenisnya. Dan bawa pula lipbalm untuk mencegah bibir pecah-pecah.

Untuk tips yang satu ini biasanya paling disimak dan diterapkan oleh para traveler wanita. Yah, meskipun tidak menutup kemungkinan kaum pria juga akan melakukan hal yang sama untuk tips yang satu ini.

8. Pastikan Perut Tidak Kosong

Ketika kamu dalam masa perjalanan liburan ke tempat dengan cuaca yang dingin, jangan pernah membiarkan perut kamu kosong. Cuaca yang dingin membutuhkan produksi panas yang lebih banyak. Tidak heran jika pada saat cuaca sedang dingin, kita akan merasa cepat lapar karena tubuh kita membutuhkan gizi ekstra untuk menghasilkan rasa panas.

Zat protein dan karbohidrat yang terkandung dalam makanan akan membantu tubuh kamu untuk memproduksi rasa panas. Jadi ketika kamu sedang traveling pada saat cuaca dingin, usahakan banyak mengkonsumsi makanan dan minuman hangat. Terlebih lagi pilihlah makanan yang banyak mengadung karbohidrat dan protein.

9. Pastikan Pakaian yang Digunakan Selalu Kering

Selain pakaian penghangat yang tebal, kamu juga harus memastikan bahwa pakaian yang kamu gunakan selalu dalam keadaan kering. Ketika cuaca sedang dingin, tentunya angin akan terasa lebih dingin dibandingkan dari biasanya. Untuk melindungi tubuh dari suhu yang dingin, pastikan bahwa pakaian yang kamu gunakan selalu kering.

Jika sewaktu-waktu kamu menemui keadaan pakaianmu basah, segeralah mengganti dengan pakaian yang kering. Jangan pernah membiarkan tubuh dibalur dengan pakaian basah. Jika harus terpaksa tetap memakai pakaian yang basah, maka lakukan segala cara untuk mendapatkan rasa panas pada tubuh, seperti menyalakan api unggun, dll.

10. Istirahat yang Cukup

Seperti yang disinggumg di atas bahwa cuaca yang dingin berdampak pada rentannya kondisi tubuh menjadi cepat drop. Itu sebabnya, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk beristirahat dan mempertahankan stamina tubuh. Jika kamu memilih traveling panjang yang mengharuskan menginap, maka carilah penginapan yang hangat dan nyaman di saat cuaca dingin.

Demikianlah untuk semua tips traveling di saat cuaca dingin yang telah disebutkan di atas. Beberapa tips tersebut dapat kamu aplikasikan untuk rencana traveling kamu selanjutnya. Jadi tidak ada alasan lagi bagi cuaca dingin untuk menjadi sebab gagalnya rencana traveling-mu. Ciptakan rasa nyaman dan puas untuk setiap pengalamanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here