in

7 Tips Bekerja dari Rumah di era New Normal

Photo by Freepik

Sejak akhir tahun lalu, kita mulai beradaptasi dengan pandemi covid 19. Semua industri mulai menerapkan work from home saat new normal sedang berlangsung. Untungnya, perkembangan digital semakin pesat. Meski bekerja di\ari rumah selama new normal, semua pekerjaan masih bisa teratasi dengan aplikasi online. Pekerjaan pun menjadi lebih fleksibel dan lebih mudah.

Awal adaptasi new normal, semua keadaan lebih mudah dan tidak begitu memberatkan. Namun, seiring berjalannya waktu kondisi ini sangat membosankan dan menjenuhkan.

Saat ini, pertemuan dengan rekan kerja secara langsung pun menjadi hal yang paling dirindukan. Sayang, saat ini dunia sedang tidak baik-baik saja. Seluruh dunia diharuskan untuk beradaptasi dengan keadaan yang ada. Nah, agar tidak bosan dan jenuh. Ikuti tips bekerja dari rumah selama masa new normal berlangsung.

1. Bekerja sesuai jadwal

Bekerja dari rumah, bukan berarti semua waktu menjadi lebih fleksibel dan dalam kurun waktu yang lebih lama atau lebih pendek. Setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri selama bekerja dari rumah.

Ikuti dan patuhi semua ketentuan yang berlaku di perusahaan. Meski menghadapi new normal, bukan berarti semua hal bisa berubah begitu saja.

Meski cara kerja berubah dengan work from home. Tapi, bukan berarti jadwal dan agenda perusahaan harus berubah banyak, bukan. Ikuti saja sesuai dengan seharusnya selama bekerja di rumah.

2. Bekerja di ruangan khusus

Work from home, tentu bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika telah berkeluarga dan memiliki anak. Bukannya akan bekerja, malah disibukkan dengan mengurus rumah dan anak. 

Belum lagi, jika anak selalu rewel dan tidak bisa ditinggal untuk bekerja. Tetunya akan sangat mengganggu proses bekerja bukan?

Sebaiknya, sediakan ruang khusus untuk kamu bisa bekerja dengan baik. Pastikan akses ke semua infrastruktur, seperti laptop, wifi, dan peralatan kerja lainnya telah disiapkan dengan baik.

3. Mencari suasana baru dengan bekerja di Cafe atau Coworking Space

Bekerja dengan kurun waktu yang cukup lama, pastinya akan sangat membosankan. Apalagi jika dituntut bekerja di depan laptop. Belum lagi rasa bosan dan jenuh yang bisa menghampiri kapan saja.

Tekanan saat bekerja dari rumah, akan jauh lebih besar daripada saat bekerja di kantor. Oleh karena itu, untuk menghindari kondisi stress berlebihan. Alangkah baiknya, jika sesekali bekerja di luar rumah.

Pada dasarnya, ketika seseorang dalam keadaan psikis yang sehat. Semua pekerjaan akan jauh lebih mudah untuk dikerjakan. Sehingga tidak ada ceritanya, jika tugas menumpuk dan tidak terselesaikan dengan baik. 

Maka dari itu, atur kondisi pikiran dengan lebih cerdas lagi. Jika memang membutuhkan suasana baru, tentutan tempat dengan suasana yang mendukung kamu dalam bekerja.

Saat ini, banyak sekali Cafe yang mengutamakan ketenangan. Tentu sangat cocok untuk bekerja, bukan. Pergilah, dan nikmati pekerjaan dengan lebih happy.

4. Mengatur waktu istirahat dan menyempatkan untuk beraktivitas di luar rumah

Tubuh yang bekerja selama 60 menit saja, butuh waktu sejenak untuk relaks. Bagaimana, dengan kamu yang bekerja seharian hanya di dalam ruangan. Pastinya akan semakin letih, bosan, bahkan stress.

Di masa new normal, sangat diperlukan kemampuan dalam manajemen waktu dengan baik. Pengaturan waktu yang tepat, bisa membantu kita lebih produktif.

Bekerja di rumah bukan berarti bisa bekerja kapan saja. Dan bukan berarti, saat bekerja di rumah waktu istirahat pun tidak ada. Tentunya itu bukanlah manajemen yang baik.

Waktu bekerja dan istirahat sebaiknya tetap terjaga dengan baik. Meskipun, semua aktivitas dilakukan di rumah.

Selain itu, untuk menghilangkan rasa stress dan meningkatkan kesehatan fisik. Sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk beraktivitas di luar rumah seperti gym, yoga, fitness, jalan-jalan di taman, atau aktivitas lainnya yang membuat pikiran lebih tenang.

5. Mempertahankan privasi pribadi

Bekerja dari rumah bukan berarti privasi pribadi harus di publish secara umum. Apapun pekerjaan atau aktivitas yang saat ini dikerjakan. Alangkah baiknya semua orang diseluruh dunia tidak perlu tahu.

Misalkan, perlu untuk membayar pajak. Bukan berarti harus memberikan informasi mengenai alamat rumah untuk melakukan pembayaran pajak.

Jika ada meeting atau klien, tidak harus bertemu langsung. Apalagi jika meminta mereka untuk datang ke rumah. 

Untuk kenyamanan dan ketenangan diri sendiri. Baiknya, jika semua hal tersebut dilakukan secara online. Bukannya hidup menjadi tenang, malah akan menimbulkan kekacauan untuk diri sendiri.

6. Membuat rencana prioritas

Rumah adalah salah satu tempat ternyaman. Tidak heran, jika kebanyakan dari kita masuk dalam zona nyaman. Semua pekerjaan bisa saja tidak berjalan dengan baik, karena terlalu menikmati kenyamanan yang ada.

Sebaiknya, untuk menghindari hal tersebut. Mulai saat ini, buatlah agenda dengan baik selama di rumah. Pastikan mana kegiatan prioritan dan bukan prioritas.

Jangan sampai, selama work form home, hal yang menjadi prioritas utama tidak dihiraukan. Misalkan saja, karena terlalu asik bersantai sebelum mulai bekerja. Jadwal makan terabaikan begitu saja. Pada akhirnya malah akan menimbulkan masalah baru. 

7. Jangan lupa untuk meeting untuk menjaga komunikasi dengan Tim

Kunci kesuksesan perusahaan yaitu pada diskusi tim yang terjadi. Oleh sebab itu, meskipun berada di rumah bukan berarti diskusi tidak bisa berjalan dengan semana mestinya.

Inilah kenapa sangat penting menjaga komunikasi antar rekan kerja. Ketika sedang mengalami kesulitas mengenai job yang diberikan, setidaknya masih ada tim yang bisa diajak berkonsultasi dan proses penyelesaian tugas tidak terhambat.

Begitu juga saat ada proyek atau hal yang perlu didiskusikan. Maka komunikasi betu-betul harus terjaga antar tim. Dengan komunikasi yang baik, proyek pun bisa selesai dengan baik dan hasil yang maksimal.

Jika diharuskan menggelar meeting, maka bisa menggunakan aplikasi untuk memudahkan dalam berkomunikasi, seperti Zoom, Google Meet, atau aplikasi lainnya.

So, tidak ada alasan lagi dengan job atau proyek yang tidak terselesaikan dengan baik. Karena semua bisa dilakukan secara online.

Tetap semangat bekerja, meski harus dari rumah. Jangan bermalasan! Kalian punya tanggung jawab yang harus diselesaikan. Oh iya, pastikan minum vitamin, olahraga, dan pastikan kondisi kalian tetap sehat.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *