8 Tips Agar Tenang Selama Liburan Tanpa Mengkhawatirkan Isi Dompet

Liburan Hemat

Liburan pasti menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang, apalagi bagi orang yang memang sangat mencintai Traveling. Pasti ada banyak tempat dan destinasi wisata yang sangat ingin kalian kunjungi, entah itu bersama keluarga, sahabat atau mungkin bersama kekasih tercinta.

Kebanyakan orang berfikir bahwa liburan pasti akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Seperti istilah “Harga memang tidak pernah bohong” sudah melekat dalam pikiran. Sehingga biaya yang mahal pasti menjamin liburan yang menyenangkan. Eits tunggu dulu, perlu diketahui bahwa tidak semua yang mahal itu pasti membahagiakan.

Liburan menyenangkan tidak selalu harus pergi ke luar negeri. Di Indonesia banyak tempat wisata mempesona yang tak kalah indahnya dengan yang ada di luar negeri dan tentunya akan membuat liburanmu semakin menyenangkan dan pastinya  akan semakin dekat dengan keluarga tentunya.

Ada beberapa tips untuk kamu yang ingin berlibur hemat tapi menyenangkan. Yuk simak tipsnya!

1. Lakukan Survei Tempat Liburan

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat pergi berlibur ialah kemana kamu akan pergi. Jadi, harus tau tujuannya dulu sebelum melakukan hal-hal yang lain karena ini adalah point utamanya. dan pastikan tempat yang ingin kamu tuju sesuai dengan ekspektasi kamu. Survei bisa dilakukan melalui Internet, pengalaman teman atau bisa dari brosur agen Travel.

Setelah melakukan survei kamu bisa mulai menghitung kisaran uang yang diperlukan untuk hal-hal seperti tiket transportasi, tiket masuk, tempat untuk bermalam atau istirahat dan berbelanja oleh-oleh untuk kerabat atau teman dekat. Dengan memperkirakan semua dana yang dibutuhkan, perjalananmu akan lebih tenang tanpa mengkhawatirkan biaya.

2. Lakukan Pemesanan dari Jauh-jauh Hari

Jika kamu sudah melakukan survei tempat liburan hal kedua yang harus kamu lakukan ialah memesan tiket transportasi, tiket tempat wisata dan tempat untuk istirahat. Lakukan pemesanan dari jauh-jauh hari untuk menghindari kehabisan tiket, karena ketika sudah Long Weekend persentase orang pergi berlibur lebih tinggi dibandingkan hari – hari biasa.

Biasanya kalau kamu memesan tiket dari jauh – jauh hari kamu akan mendapat diskon atau cashback. disarankan untuk memesan tiket lewat aplikasi pemesanan tiket karena jauh lebih mudah dibandingkan pemesanan secara manual, gak perlu ribet dan gak perlu capek-capek untuk mengantri.

3. Mempersiapkan Kebutuhan Liburan

Jika sudah menentukan tanggal untuk berlibur satu hari sebelum keberangkatan ada baiknya untuk mempersiapkan kebutuhan yang akan dibawa, jangan sampai ada barang penting yang tertinggal sehingga membuat liburan kamu tak senyaman ekspektasi. Apalagi yang tertinggal sebuah kamera, bisa galau kan liburan kamu.

Minimal buatlah catatan kecil tentang barang apa saja yang akan kamu bawa lalu simpan ditempat yang mudah di ingat. Ini akan mengurangi resiko jika ada barang-barang penting yang tertinggal. Bisa dibayangkan berapa biaya tambahan yang harus kamu keluarkan karena harus membeli barang yang dibutuhkan di jalan?

4. Lebih Mengutamakan Kenyamanan daripada Kemewahan

Jangan lebih mementingkan kemewahan agar terlihat lebih WOW jika ingin berhemat, tapi jangan sampai juga terlalu berhemat ya, apalagi sampai membuat liburanmu tak nyaman. Kunci utamanya adalah kenyamanan, baik dalam memilih transportasi atau tampat penginapan. Asalkan nyaman semua pasti senang.

Dan juga usahakan memilih penginapan yang dekat dengan tempat wisata, hal itu berguna untuk mengurangi biaya transportasi. Memang ada banyak transportasi murah yang tidak banyak menguras kantong seperti bus atau kereta, tapi jika kamu berlibur bersama keluarga yang beranggotakan lebih dari 5 orang menggunakan transportasi umum bisa jadi akan mengahabiskan uang yang lumayan mahal.

Jika seperti itu disarankan untuk menyewa mobil saja, selain bisa dengan leluasa mengelilingi kota tempat tujuanmu biayanya juga gak jauh berbeda dengan naik transportasi umum. Coba saja kamu kalkulasi biaya transportasi 25.000/orang  jika 5 orang 5×25.000 = 125.000.

125.000 hanya untuk menuju satu lokasi tempat berlibur, belum lagi ketika kamu hendak pulang ke penginapan, berapa biaya yang harus kamu keluarkan? Silahkan kalkulasi sendiri ya hehe. Nah dengan hanya menambah beberapa rupiah saja kalian sudah bisa menyewa mobil yang 10x lipat lebih nyaman dari pada transportasi umum.

5. Mencatat Pengeluaran Selama Liburan

Hal penting lainnya yang harus dilakukan, jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran walaupun itu sekecil apapun. Hal itu sangat membantu untuk mengatur dan mengetahui kemana saja uang kamu mengalir. Jadi kamu tidak perlu pusing kemana larinya uang yang telah kamu habiskan.

Dengan mengetahui itu semua kamu dapat memperhitungkan apa saja yang akan kamu lakukan setelahnya dengan sisa uang yang kamu punya. Kamu akan bisa memperkirakan berapa besar biaya yang akan kamu keluarkan untuk langkah selanjutnya. Nah, dijamin deh kamu akan tidak akan merasa khawatir jika sudah memperkirakannya dengan detail.

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Biaya Liburan agar Tidak Kehabisan Uang di Jalan

6. Membawa Uang Tunai

Uang tunai pasti akan sangat dibutuhkan ketika ditempat wisata, dan pastikan kamu membawa uang tunai secukupnya untuk menghindari berfoya-foya. Uang tunai bisa dipilah menjadi dua bagian, yaitu bagian pecahan kecil dan pecahan besar. Karena biasanya tidak akan ada tempat penukaran uang ketika ditempat wisata. Ibarat pepatah “Sedia payung sebelum hujan”.

Selain alasan yang dimaksud itu, membawa uang tunai juga akan mampu mengontrol pembiayaan yang harus kamu keluarkan. Ketika kamu membawa uang tunai, kamu akan melihat secara jelas tentang sisa uang yang ada di dompet kamu.

7. Kontrol Diri Saat Berbelanja

Hal ini pastinya yang selalu menjadi sumber pengeluaran terbesar saat kamu liburan, pastinya kamu akan membeli oleh-oleh untuk kerabat dan teman dekat. Satu kunci untuk menghemat pengeluaran ketika berbelanja ialah “Belilah barang yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan”.

Tahanlah untuk tidak membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan, jangan sampai melebihi target yang sudah kamu susun sebelumnya. Agar ketika liburan telah usai ada sisa uang yang bisa kamu tabung untuk liburan selanjutnya. Lumayan kan untuk menambah target belanja kamu di liburan yang akan datang.

8. Menjaga Kondisi Tubuh

Jika waktu liburan sudah dekat jagalah kondisi tubuh kamu agar nanti ketika liburan sudah tiba kamu bisa berlibur dengan nyaman tanpa ada keluhan kondisi kesehatan yang kurang baik. Pasti tidak nyaman kan berlibur dalam keadaan sakit? Biasanya menikmati keindahan tempat wisata kamu malah memikirkan kondisi kamu yang kurang fit.

Sakit ketika berada pada masa liburan juga akan menambah biaya lagi. Jika kamu sampai benar-benar jatuh sakit, biaya pengobatan akan menjadi biaya yang harus kamu keluarkan sebagai biaya anggaran tak terduga.

Jadi, itulah beberapa tips buat liburan kamu agar kamu merasa nyaman dan tenang dalam menjalani liburan tanpa harus megkhawatirkan budget yang kamu miliki. Dengan begitu kamu akan have fun menikmati setiap momen yang kamu lalui, karena bagaimanapun, urusan budget menjadi hal yang cukup krusial ketika sedang liburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here