15 Tips Liburan yang Simple dan Wajib Kamu Perhatikan

15 Tips Liburan yang Simple dan Wajib Kamu Perhatikan

Apakah kamu punya rencana traveling dalam waktu dekat? Traveling memang bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan pikiran sejenak dari rutinitas sehari-hari. Selain menjadi  obat jenuh dan stres. Traveling pun bisa juga menjadi cara untuk menemukan jati diri lho. Nah, sebelum pergi traveling, ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal ini:

1. Tentukan Jadwal Packing, Jangan Mepet

Liburan yang nyaman dimulai dari packing yang sempurna. Jika sudah menentukan tanggal keberangkatan, segera tentukan waktu untuk packing. Jangan terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan.

Biasanya butuh waktu untuk packing agar bisa lebih santai dan tak ada barang penting yang terlewat untuk dibawa. Tentunya tidak asyik jika sudah tiba di tempat tujuan, kamu baru menyadari ada barang yang tertinggal karena packing terburu-buru.

2. Buat Daftar Barang Bawaan

Saat packing, buatlah daftar barang apa saja yang akan dibawa. Tulis di buku atau notes di ponsel agar tak mudah hilang. Kalau bingung, kamu bisa mencari contoh barang apa saja yang harus dibawa di internet. Kamu bisa juga bertanya kepada teman yang sudah pernah pergi ke detinasi tujuan yang sama. Mintalah saran apa saja yang perlu dan tidak perlu untuk dibawa.

3. Bawa Barang Sesuai Destinasi

Ingatlah selalu untuk membawa barang dan keperluan sesuai dengan destinasi. Kalau ada barang yang belum dimiliki, kamu bisa membeli dahulu atau meminjam milik teman. Misalnya kamu mau liburan ke Eropa di kala musim dingin, jangan menunda untuk membeli jaket yang tebal. Perhatikan juga soal steker listrik di negara tujuan. Kalau beda, artinya kamu harus beli steker universal alias converter.

4. Ingat Aturan Zat Cair 100 Ml

Jika berencana naik pesawat tapi ingin membawa toiletries ke kabin, sebaiknya siapkan dalam kemasan 100 ml. Benda cair seperti parfum, lotion, sabun, serta perlengkapan mandi lainnya boleh dibawa ke kabin asal tidak lebih dari 100 ml. Dengan membawa barang tersebut sesuai dengan ketentuan yang ada, kamu akan lebih cepat melewati proses pemeriksaan di bandara.

5. Cara Jitu Memasukan Barang ke Koper

Packing ada seninya. Gulunglah baju dan celana, ini akan lebih efisien dari pada sekadar ditumpuk. Teknik melipat baju selang-seling dengan baju lain, bisa menjadi alternatif selain digulung, agar tidak kusut. Barang yang paling terakhir dibutuhkan ada di bagian bawah koper atau ransel.

Sedangkan barang yang paling dibutuhkan ada di bagian atas koper atau ransel. Manfaatkan ruang kosong di koper untuk menyelipkan benda kecil, atau masukan benda kecil ke dalam sepatu dan barang lain yang berongga. Cek ulang daftar barang agar tidak ada yang terlupa. Jangan taruh barang berharga di koper atau ransel yang masuk ke bagasi pesawat.

6. Taruh Makanan di Bagian Atas Tas

Tak jarang traveler membawa makanan saat perjalanan panjang menuju destinasi liburan. Kalau ingin membawa makanan di ransel atau tas tenteng yang tak masuk bagasi, letakkan di bagian atas agar mudah diambil. Jadi saat lapar dan ingin makan cemilan, kamu tak perlu repot membongkar seisi tas hanya untuk mengambil makanan. Lebih menghemat waktu serta tenaga.

7. Bawa Tas Kosong Untuk Cadangan

Buat traveler yang hobi belanja, siapkan paling tidak sebuah tas kosong. Tas akan berguna untuk membawa barang belanjaan yang tak muat lagi diletakkan dalam tas utama. Sebaiknya tas cadangan ini berukuran besar namun bahannya fleksibel, sehingga bisa dilipat jadi kecil dan mudah dibawa.

Selain untuk barang belanjaan, tas cadangan juga berguna jika tiba-tiba tas utama kamu rusak atau hilang. Kalaupun tak digunakan sampai akhir perjalanan, mungkin ada teman yang membutuhkan dan bisa kamu pinjamkan.

8. Bawa Obat-obatan

Ada pepatah, sedia payung sebelum hujan. Bawalah obat-obatan pribadi saat packing untuk traveling. Kita tidak pernah tahu apakah akan sakit atau tidak saat liburan.

Oleh sebab itu, bawalah obat-obatan yang umum untuk jaga-jaga. Di tempat yang kita datangi, belum tentu obat-obatan yang kita butuhkan tersedia. Akan jauh lebih baik untuk membawa obat-obatan dari rumah. Ya, tidak ada salahnya untuk jaga-jaga.

9. Susun Itinerary Perjalanan yang Benar

Sebelum berangkat traveling, ada baiknya jika membuat itinerary terlebih dulu agar perjalanan lebih efisien dan lebih terarah. Coba disusun, berapa lama waktu liburan, dan berapa destinasi yang bisa didatangi. Destinasi yang berdekatan bisa dikumpulkan agar bisa dikunjungi sekalian. Susun rute yang terarah dari satu tempat ke tempat lain dengan berurutan agar tidak bolak-balik.

Baca Juga: Takut Tersesat Saat Traveling? Ikuti 8 Tips Ini!

10. Reminder Waktu Keberangkatan

Saat hari keberangkatan, adalah saat yang krusial. Buatlah reminder di ponsel agar kamu mendapat notifikasi waktu keberangkatan. Ingat-ingat tanggal berapa kamu berangkat, kemudian jam berapa jadwal kereta dan pesawat. Dari situ, perhitungkan betul waktu yang dibutuhkan dari rumah menuju bandara atau stasiun kereta.

11. Dokumen Penting, Jangan Lupa!

Paspor, print out booking tiket pesawat atau kereta, serta print out booking hotel adalah sebagian dokumen penting yang kita harus bawa saat traveling. Jangan sampai ketinggalan. Oleh sebab itu, cek kembali dokumen-dokumen kamu minimal sekali sebelum berangkat.

Daripada sudah sampai bandara atau stasiun kereta kemudian malah menyesal karena kelupaan. Kalau perlu, kumpulkan semua dokumen dalam satu tempat. Simpan di tempat yang mudah diingat dan dijangkau di dalam ransel.

12. Tukar Uang Sebelum ke Luar Negeri

Jika kamu traveling ke luar negeri, sangat disarankan untuk menukarkan rupiah sebelum keberangkatan. Walau sudah ada kartu kredit, namun uang tunai lokal tetap penting untuk pegangan. Tidak disarankan membawa rupiah ke luar negeri karena nilai tukarnya kecil. Bawalah dollar AS atau mata uang negara tujuan kamu. Lagipula jika menukarkan uang di dalam negeri, traveler bisa mendapat harga yang lebih kompetitif.

13. Datang Awal ke Bandara atau Stasiun

Lebih baik datang awal ke bandara atau stasiun, daripada terlambat. Waktu dan jarak ke bandara atau stasiun harus diperhitungkan betul. Maksimal kamu harus tiba 2 jam sebelum waktu keberangkatan.

Dari situ ditambah lagi dengan waktu tempuh dari rumah, risiko macet harus jadi pertimbangan juga. Ujungnya, kamu mesti berangkat dari rumah 2-4 jam sebelum keberangkatan untuk amannya. Lebih baik menunggu ketimbang terlambat.

14. Web Check-in Lebih Praktis

Jika traveling menggunakan pesawat, jika dimungkinkan pastikan kamu melakukan web check-in terlebih dulu. Biasanya hampir setiap maskapai besar memiliki jasa web check-in yang memudahkan traveler. Jika sudah check-in, tentunya traveler akan lebih santai.

Namun perlu diingat, kadang ada maskapai yang mengharuskan traveler untuk melakukan web check-in dua hari sebelum hari H. Traveler pun harus mengerti aturan web check-in dari tiap maskapai yang berbeda-beda.

15. Jangan Terlena Saat Transit di Bandara

Beberapa penerbangan mengharuskan kita transit di bandara sebelum melanjutkan perjalanan. Terkadang, transit pun bisa beberapa jam lamanya. Saat transit, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar bandara. Namun ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Pertama, pastikan dulu dimana gate keberangkatan kita selanjutnya. Seberapa jauh gate itu bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Dari situ kamu bisa mengukur sampai sejauh mana kamu bisa menjelajahi bandara. Jangan sampai keasyikan main dan menikmati fasilitas bandara, membuat kamu jadi lupa boarding ke pesawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here