Ini Dia Berbagai Macam Olahan Pisang yang Bisa Dijadikan Ladang Bisnis Baru

Ini Dia Berbagai Macam Olahan Pisang yang Bisa Dijadikan Ladang Bisnis Baru
Ini Dia Berbagai Macam Olahan Pisang yang Bisa Dijadikan Ladang Bisnis Baru
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Memulai bisnis memang tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Akan tetapi banyak orang yang memiliki keinginan untuk memiliki bisnis sendiri, namun terhalang oleh modal yang dibutuhkan.

Solusi terbaiknya adalah memulai bisnis berbasis rumahan. Kamu dapat memanfaatkan tempat kosong yang ada di rumah seperti halaman, garasi dan dapur untuk memulai menjalankan bisnis.

Dengan memanfaatkan tempat rumah, Kamu dapat menghemat biaya modal yang cukup besar, sehingga modal yang ada bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Nah salah satu bisnis baru berbasis rumahan yaitu olahan dari buah pisang.

Apa Saja Macam-macam Olahan Pisang Yang Bisa Dijadikin Ladang Bisnis Baru

Ada banyak sekali olahan buah pisang yang bisa dijadikan peluang usaha baru. Ya bagaimana tidak, buah pisang merupakan buah yang paling favorit dan sangat mudah ditemukan di perumahan warga.

Karena rasa pisang yang manis membuat buah yang satu ini disukai banyak orang. Akan tetapi kalau makan polosan gitu aja mungkin membosankan, maka dari itu bermunculan makanan berbahan dasar pisang yang unik.

Pisang ini termasuk buah yang kaya akan gizi seperti serat, vitamin, dan antioksidan. Karena kandungannya tersebut, pisang cocok untuk dikonsumsi setiap hari.

Biar gak bosan cara makannya, muncul beragam olahan pisang yang bisa meningkatkan minat masyarakat untuk makan pisang. Berikut ini contoh-contohnya makanan berbahan dasar buah pisang yang menarik untuk dijadikan peluang bisnis baru.

1. Aneka olahan pisang goreng

Olahan buah pisang yang pertama yang bisa dijadikan peluang bisnis baru yaitu aneka gorengan pisang. Pisang goreng bisa menjadi kudapan yang pas untuk dinikmati bersama dengan kopi dan teh hangat.

Cara membuatnya gampang, tinggal pilih pisang yang sudah matang, kemudian balurkan dengan tepung, celupkan ke minyak goreng panas. Tunggu sampai warnanya kuning keemasan, pisang goreng siap untuk dihidangkan.

Untuk menambah variasi rasa, bisa juga ditambahkan dengan meses, keju, atau selai buah-buahan. 

2. Nugget pisang

aneka resep makanan

Sama halnya seperti pisang goreng, yang membedakan dari olahan pisang nugget ini yaitu dicampur dengan tepung terigu dan roti. Karena pencampuran antara 2 tepung maka menghasilkan tekstur yang renyah sedikit kasar namun tetap enak sekali dimakan.

Ciri khas dari pisang nugget ini yaitu toppingnya yang beragam, ada yang menggunakan coklat, keju, matcha, dan masih banyak lagi. Pokoknya kalau dijual laris manis deh pasti. 

3. Bolu pisang

Sejatinya kue bolu merupakan kue yang sangat terkenal di Indonesia. Bahkan hampir setiap daerah maupun desa mempunyai beragam kue bolu dengan ciri khasnya masing masing.

Contohnya seperti kue bolu yang berasal dari bogor yang terkenal akan manis serta kelezatannya. Nah maka dari itu bagaimana jika memulai alternatif untuk membuat bisnis dari bolu pisang, karena ini akan menguntungkan bagi kita.

Terlebih lagi cara pembuatannya juga hampir sama seperti kue bolu pada umumnya. Maka dari itu bolu pisang bisa menjadi alternatif untuk peluang bisnis yang baru.

4. Pisang coklat keju

Makanan yang satu ini, mungkin bisa kamu temukan di sepanjang pinggir jalan, khususnya di tenda-tenda roti bakar. Menu pisang coklat keju ini sangat pas bila disantap di malam hari dan disuguhkan bersama dengan teh hangat atau kopi.

Resep pisang coklat keju mudah banget dibuat, tinggal kukus pipihkan pisang yang sudah matang, lalu kukus hingga empuk, taburkan topping, susu, coklat meses, dan juga keju. 

5. Sale pisang

Siapa sih yang gak kenal dengan kelezatan dari sale pisang ini. Memang belum jelas sih sale pisang ini berasal dari daerah mana. Akan tetapi olahan buah pisang yang satu ini sangat terkenal di seluruh wilayah Indonesia.

Sale pisang memiliki dua macam, ada yang kering dan ada yang basah. Kalau yang kering, cara membuatnya dengan cara di iris tipis-tipis dan di goreng bersama dengan tepung. Sementara yang basah, prosesnya cuma dikukus saja.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Makanan Ringan Mudah dengan Modal Kecil

7. Es pisang coklat

Olahan buah pisang yang satu ini memang cocok bagi kamu yang ingin memulai peluang binis yang baru. Karena es pisang coklat ini lagi trending topik di berbagai media sosial.

Banyak sekali para reviewer ataupun food vloger di instagram ataupun di youtube yang tengah membahas makanan ini, es pisang coklat ini mendapat tanggapan yang positif dari para pencicip makanan itu.

Maka dari itu tidak ada salahnya bagi kamu mencoba untuk berbisnis es pisang coklat ini. Resep dari es pisang coklat ini juga dibilang cukup mudah, cukup celupkan pisang ke dalam coklat masak, lalu taruh di freezer sampai membeku. Agar tampilannya lebih menarik, kamu bisa menaburkannya dengan coklat meses warna-warni. 

8. Keripik pisang

Keripik pisang bisa kamu temui dengan mudah di sebagian besar wilayah Jawa. Rasanya yang manis, gurih, dan renyah bikin kamu gak berhenti ngunyahnya. Variasinya pun kini sudah banyak, ada yang rasa coklat, green tea, sampai rasa bbq pedas. 

9. Bola bola pisang

Makanan ini tergolong unik, karena masih jarang sekali orang yang membuatnya. Bola bola pisang ini bentuknya seperti bola, dan biasanya isiannya itu coklat atau keju, yang sangat pas dinikmati selagi hangat.

Meski bentuknya bulat, cara membuatnya mudah kok, cukup kukus pisang yang sudah matang kurang lebih selama 20 menit, lalu dihaluskan. Campurkan pisang tersebut dengan tepung dan gula sesuai selera, lalu bentuk menjadi bulat-bulatan sempurna.

Supaya lebih nikmat, di dalamnya di isi dengan pilihan rasa coklat atau keju. Sudah, tinggal di goreng di minyak panas sampai warnanya kecoklatan. 

10. Es pisang ijo

Es pisang ijo ini adalah makanan khas dari makassar, Sulawesi selatan. Bahan dasar dari makanan ini yaitu pisang, yang terbalut dari adonan tepung berrwarna hijau. Es pisang ijo ini biasanya di nikmati dengan es krim ataupun dengan bubur sumsum, yang biasanya diatasnya ditaburi dengan keju.

Es pisang ijo cocok banget buat usaha, apalagi sekarang sudah ada franchisenya. Kamu cukup membayar uang kemitraan, bahan-bahan dan alat dagangan sudah disediakan

11. Aneka olahan pisang coklat atau piscok

Tidak ketinggalan piscok menjadi salah satu bisnisyang cocok untuk kamu coba. Pisang coklat ini menjadi makanan yang lagi trend saat ini. Banyak sekali pedagang piscok di pinggir jalan.

Piscok sejatinya adalah pisang yang dibungkus oleh kulit lumpia, namun di dalamnya di isi dengan coklat. Coklatnya bisa menggunakan meses, atau coklat batangan, tergantung selera.

Cara membuat pisang coklat kulit lumpiah terbilang mudah, tinggal potong pisang kecil-kecil, kemudian lumurkan dengan meses atau selai coklat, lalu bungkus dengan kulit lumpia. Setelah bungkusan rapi, celupkan di minyak goreng panas sampai warnanya kecoklatan. 

Nah itulah aneka olahan buah pisang yang cocok untuk menjadi peluang bisnis baru. Karena pisang termasuk salah satu makanan ringan, jadi kamu tidak perlu membuka ruko-ruko besar,  pakailah kios kios kecil atau warung-warung tenda, asalakan rasanya enak, pasti bisnis oalahan pisang ini akan tetap laris.