Branding: Salah Satu Kunci Kesuksesan Bisnis Kamu Lho!

0
Branding: Salah Satu Kunci Kesuksesan Bisnis

Kamu punya usaha? Dan usaha Kamu punya banyak pesaing? Lalu bagaimana supaya bisnis Kamu bisa bertahan dan selalu selangkah lebih maju dari para kompetior? Jawabannya adalah dengan melakukan Branding.

Namun sayangnya banyak pengusaha belum banyak yang tahu tentang fungsi dan kekuatan Branding, padahal branding adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. Lalu apa sebenarnya branding itu?

Branding merupakan kata dari kata baku brand. Kata brand dan branding memiliki makna yang berbeda. Jika brand ialah sebuah merek bisnis, sedangkan branding adalah berbagai kegiatan yang dilakukan untuk membangun dan membesarkan sebuah brand atau merek.

Apa fungsi dari kekuatan branding

Bicara tentang mengapa harus melakukan branding, apakah branding sangat penting untuk dilakukan para pengusaha? Jawabannya sangat penting.

Branding ibaratnya Anda akan melakukan ”sugesti” kepada calon konsumen agar mereka selalu mengingat merek bisnis Anda. Diharapkan dengan melakukan branding, para pelanggan bisa tertarik dan bisa loyal pada suatu produk/jasa tertentu.

Kalau masih bingung juga, saya akan memberikan contoh yang sederhana tentang kekuatan branding.

Saat ini sudah banyak sekali merek smartphone yang ada dipasaran. Namun kenapa kita hanya memilih satu merek tertentu saja dari sekian merek yang ada. Coba bandingkan ketiga merek smartphone dibawah ini.

  • Apple: Dikenal karena desain yang mewah dan mahal.
  • Samsung: Dikenal karena selalu memberikan teknologi terbaru.
  • Xiaomi: Dikenal karena harganya yang terjangkau dan spek yang kekinian.

Intinya branding adalah tentang bagaimana konsumen mengenal produk kita. Tentunya penilaian orang itu berbeda-beda tergantung bagaimana produk/brand melakukan branding.

Dampak melakukan branding untuk bisnis

Lalu apa sih dampak terhadap bisnis jika kita melakukan branding? Jawabannya cukuplah simple. Jika kekuatan merek Anda sudah kuat dan sudah melekat kepada konsumen, maka Anda tidak perlu lagi bersusah payah melakukan promosi untuk membuat konsumen percaya dengan produk baru dari bisnis Anda nantinya.

Misalnya saja dalam contoh smartphone diatas, produk Apple sudah dikenal sebagai barang yang mewah dan mahal. Namun pada kenyataannya banyak konsumen yang membeli produk dengan logo apel digigit ini. Mengapa? Karena kekuatan brand dari Apple sudah sangat kuat.

Apple melakukan branding kepada konsumennya bahwa produk mereka adalah produk yang istimewa. Hal ini tampaknya menjadi “sugesti” yang membuat konsumen Apple merasa sangat percaya diri ketika menggunakan produk bermerek Apple.

Bahkan salah satu keberhasilan Apple melakukan branding adalah ketika melihat logo apel digigit saja, tanpa dijelaskan pun kita nyatanya sudah tahu bahwa barang tersebut milik perusahaan Apple dan barang itu adalah produk yang mewah dan mahal.

Kapan harus melalukan branding

Bicara tentang kapan harus memulai branding, biasanya branding dilakukan oleh bisnis atau jasa yang baru diluncurkan. Hal ini sebagai perkenalan pertama produk kepada calon konsumen. Ibaratnya Anda sebagai siswa baru yang akan memperkenalkan diri di depan kelas kepada siswa yang lainnya.

Maka buatlah kesan positif di perkenalan pertama. Karena terkadang orang-orang akan lebih mudah mengingat sesuatu jika sesuatu itu memberikan kesan yang baik dipertemuan pertama.

Namun branding tak selalu indentik dengan usaha yang baru diluncurkan, karena usaha yang sudah lama berjalan pun juga bisa melakukan branding. Dengan catatan, usaha tersebut kemungkinan harus mengubah konsep yang lama menjadi yang baru.

Baca Juga: 10 Pelajaran Bisnis Dari Jeff Bezos CEO Amazon

Bagaimana cara melakukan branding

Ada beberapa kiat atau cara melakukan branding dimulai dari:

  • Buatlah logo yang menarik dan simple.
  • Buatlah nama usaha yang mudah di ingat dan dibaca.
  • Tentukan kata kata motto perusahaan yang akan ditempatkan di belakang brand/merek (Contoh: TVONE memang beda).
  • Membuat produk sesuai dengan motto brand.
  • Berpromosi/Beriklan.
  • Berikan pengalaman baru kepada konsumsen ketika menggunakan produk.
  • Sponsor/Partnership.
  • Dan masih banyak lagi.

Melakukan branding memang gampang-gampang susah. Semua bisa kamu explore tergantung dari konsep bisnis atau produk yang Anda tawarkan. Namun jika strategi bisnis branding berhasil Kamu lakukan, maka kepercayaan pelanggan atau konsumen akan semakin besar, dan bisnis yang sukses akan lebih mudah untuk didapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here