Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog dan Google Adsense Tiap Bulan

0
Blogger dan Google AdSense

Bagaimana cara menghasilkan uang dari Blog dan Google Adsense tiap bulan? Ini adalah topik yang sedang hangat di bahas pengguna internet saat ini. Tren menjadi seorang Blogger akhir-akhir ini cukup digemari. Pekerjaannya yang bisa dilakukan dimana saja dan tak terikat oleh apapun seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi kita semua. Apalagi seorang blogger juga bisa mendapatkan penghasilan dari hobinya menulis. Menarik, bukan!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa hampir seluruh pundi-pundi uang yang didapat oleh pengelola situs saat ini berasal dari iklan yang terpasang di situs atau blog-nya. Biasanya Blogger memanfaatkan Google Adsense yang merupakan situs penyedia iklan media digital terbesar di dunia. Pengelola situs akan mendapat income tergantung dari seberapa banyak pengunjung situs melihat dan mengklik iklan tersebut.

Taksiran penghasilan dari Google Adsense baru bisa dicairkan jika saldo sudah mencapai ambang batas sebesar Rp 1,3 juta. Jika ambang tersebut belum tercapai, maka publisher Google AdSense belum bisa gajian.

Tapi bagi sebagian Blogger, mencapai ambang batas pembayaran Google Adsense bukanlah hal yang sulit. Apalagi kalau web mereka sudah punya pengunjung jutaan perbulannya. Pastinya pendapatan mereka melebihi ambang batas yang sudah ditetapkan Google.

Namun sebagian Blogger lainnya khususnya Blogger pemula, untuk mencapai ambang batas adalah sesuatu yang sulit. Bahkan terkadang Blogger pemula harus menunggu kurang lebih 3 bulan baru bisa gajian. Hal ini terkadang membuat kita gak semangat lalu memutuskan untuk pensiun menjadi Blogger.

Sebenarnya sih itu semua hanyalah persepsi semata. Kesalahan yang sering dilakukan Blogger adalah terlalu dini memikirkan tentang penghasilan. Pengennya mau cepet-cepet dapat uang dari blog, dan mengenyampingkan sebuah proses dan kerja keras.

Tapi tenang, bagi Kamu yang pengen mendapat penghasilan tetap dari blog, berikut ini step by step bagaimana cara menghasilkan uang dari Blog dan Google Adsense tiap bulan.

1. Bangunlah sebuah blog

Bagi sebagian orang membuat blog itu terlihat sangatlah sulit, hal ini terjadi mungkin karena kita telah termakan oleh persepsi bahwa membuat blog itu mahal, ditambah harus punya pengetahuan tentang programming dan infrastruktur server.

Padahal di era yang udah canggih seperti saat ini, siapa saja bisa lho membangun blog-nya sendiri-sendiri. Nggak mesti harus paham tentang konsep programming, cukup download atau beli template blog-nya saja di Internet. Begitu juga gak harus pusing-pusing memikirkan biaya server blog, karena udah ada CMS gratis seperti Blogger.com.

Nah bagi yang masih awam tentang menjadi blogger, ada baiknya Kamu memanfaatkan situs blogger.com yang gratis. Kamu tinggal fokus aja membuat artikel. Tapi kalau kamu pengen punya blog yang terlihat profesional, maka gunakanlah hosting yang berbayar. Tentu hal ini tergantung kebutuhan kita masing-masing. Tapi biasanya, ada kualitas ada juga harga.

2. Tentukanlah pembahasan blog

Setelah blognya jadi, hal kedua yang harus Kamu lakukan adalah menentukan pembahasan pada blog tersebut. Apa yang akan di bahas di blog kamu nantinya. Apakah mau membahas seputar tutorial, kesehatan, teknologi, dan lain sebagainya.

Tentunya penentuan pembahasan ini disarankan sesuai dengan keahlian yang kita miliki, atau setidaknya kita paham apa yang ingin di bahas nanti. Jangan sampai pembahasannya di luar dari pengetahuan kita ya, karena itu bisa saja informasinya akan menyesatkan, hehe.

Adapun saran pembahasan apa yang bagus untuk blog baru adalah pembahasan yang banyak dicari orang. Dan usahakanlah informasi pada artikelnya nanti bersifat tahan lama, alias pembahasannya gak mudah basi seiring berjalannya waktu.

Misalnya saja website berita, artikel pada website berita biasanya hanya laku pada hari ini saja atau paling lama seminggu. Setelah itu artikel tersebut udah ketinggalan zaman kan. Berbeda kalau artikelnya seputar bagaimana cara menghasilkan uang dari Blog dan Google Adsense tiap bulan seperti pada artikel ini, mungkin pembahasannya bisa bertahan satu sampai tiga tahun nanti.

3. Daftar Google Webmaster tools

Ketika blog sudah jadi dan pembahasannya pun sudah Kamu tentukan, maka selanjutnya adalah daftarkan blog Kamu ke Google Webmaster tools. Webmaster tools adalah tools yang disediakan oleh Google untuk memudahkan para pemilik situs mengoptimasi situsnya di mesin pencari Google. Kamu bisa mendaftarkan situsnya di link ini, dan ikuti saja step by step nya.

4. Pahami metode Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau disingkat SEO adalah sebuah metode untuk menaikkan authority situs pada mesin pencari. Singkat cerita, metode SEO digunakan supaya situs kita muncul di hasil pencarian dan tak tenggelam oleh miliaran situs yang ada di Internet saat ini.

Lalu apa fungsinya untuk blog kita? Jika Kamu membuat artikel, Kamu pastinya berharap artikel yang Kamu buat di baca banyak orang, kan. Dengan menerapkan metode SEO yang baik, maka artikel Kamu besar kemungkinan akan muncul di hasil pencarian.

Misalnya kamu menulis artikel bagaimana cara menghasilkan uang dari Blog dan Google Adsense tiap bulan. Nah ketika pengguna Internet mencari keyword gimana menghasilkan uang lewat blog, maka artikel kamu muncul di hasil pencarian. Syukur-syukur kalau misalnya berada pada posisi pertama hasil pencarian, karena itu sama saja akan mengundang banyak pengunjung yang akan membaca artikel Kamu.

Lalu bagaimana metode SEO itu? Cari aja di mbah Google, sudah banyak sekali tutorial Search Engine Optimization yang bisa kamu pahami. Mungkin di lain waktu, akan kami bahas tentang hal ini pada artikel lain.

5. Bangun Backlink

Backlink merupakan salah satu metode Search Engine Optimization atau SEO. Alasan kenapa Backlink masuk ke dalam daftar bagaimana cara menghasilkan uang dari Blog dan Google Adsense tiap bulan adalah karena Backlink sangatlah penting untuk menaikkan keterlihatan situs kita di mesin pencari.

Lalu apa itu Backlink? Definisi Backlink adalah suatu link yang diterima oleh sebuah web. Sederhananya, kamu pernah membagikan link website di profil media sosial pribadi? Atau kamu pernah berkomentar di website dengan memberikan link di kolom komentarnya? Nah kira-kira itulah namanya Backlink.

Dengan memberikan Backlink pada website lain, maka situs kita akan mendapat ranking yang baik di mesin pencari seperti Google. Backlink ibaratkan sebuah pemilu. Semakin banyak backlink yang diterima oleh situs, maka situs tersebut akan lebih mudah menduduki posisi teratas di mesin pencari. Karena banyaknya Backlink mengindikasikan bahwa situs kita adalah situs populer dan direkomendasikan oleh banyak orang.

Lalu bagaimana membuat Backlink? Jawabannya cukuplah mudah. Carilah cara supaya link website kita tampil di website orang lain. Bisa dengan cara berkomentar, atau cara-cara lainnya.

6. Update artikel setiap hari

Artikel adalah raja, mungkin kata kata itu sangat populer bagi kita yang berprofesi sebagai Blogger. Ya, artikel ibaratnya nyawa sebuah blog. Semakin banyak artikel, maka semakin besar pula bagi situs kita untuk menjadi populer. Bahkan tak jarang lho, situs yang terkenal disebabkan karena artikelnya yang bagus-bagus.

Oleh karena itu, untuk memudahkan kita mendapatkan uang dari blog, maka hal yang pertama yang mesti kita lakukan adalah memperbanyak artikel yang ada di situs kita. Usahakanlah buat artikelnya setiap hari. Pastikan pengunjung blog Kamu nanti beranggapan bahwa situs kamu adalah situs yang selalu update dan terkini.

Bagi kamu yang berat membuat artikel tiap hari, ada baiknya kamu menyimak 5 Cara Agar Kita Rajin Menulis Blog.

7. Submit URL di Google Console

Setelah memposting sebuah artikel, mesin pencari seperti Google membutuhkan waktu kurang-lebih 1×24 jam untuk mengindeks artikel tersebut. Selama itu, maka artikel Kamu belum akan tampil di pencarian Google.

Pasti kita gak mau kan nunggu waktu selama itu, karena itu sama saja akan menghambat perkembangan blog kita nantinya. Oleh sebab itu, setelah memposting artikel, biasakanlah untuk langsung mensubmit link artikel tersebut di Google Console.

Fungsinya buat apa? Fungsinya adalah kita memberitahu robot Google bahwa ada artikel baru yang berhasil di publish. Setelah selesai submit artikel, robot Google akan langsung meng-crawl situs kamu. Alhasil, artikel yang baru kamu publish langsung bisa muncul di pencarian Google dalam hitungan menit saja.

8. Lakukan branding blog

Jangan bilang bahwa kamu membuat blog hanya karena ikut-ikutan atau hanya sebagai tempat curhat pribadi saja, karena bisa jadi lho blog sederhana kita bertranformasi menjadi website raksasa dengan jutaan pengunjung bulanan. Udah banyak contohnya blogger sukses yang awalnya cuma iseng membuat blog, tapi situs nya kini berkembang menjadi perusahaan media. Contohnya situs IDN Times.

Namun cita-cita itu rasanya sulit diraih jika kita tidak membuat stretegi jangka panjang untuk situs kita sendiri. Misalnya strategi melakukan branding. Aktivitas branding dilakukan tujuannya untuk memperkenalkan brand kita kepada banyak orang, sehingga orang akan tahu apa yang kita tawarkan hanya dengan melihat dan mendengar brand atau merek kita.

Contohnya, apa yang ada dipikiranmu kalau melihat logo apel digigit? Mungkin kita akan menjawab perusahaan Apple atau smartphone iPhone. Nah itu adalah salah satu kekuatan branding. Kita langsung bisa menyimpulkan sebuah perusahaan ketika melihat brand-nya saja.

Untuk pembahasan lengkapnya, Kamu bisa membacanya disini Branding: Salah Satu Kunci Kesuksesan Bisnis.

9. Buat akun media sosial blog dan rajinlah update disana

Pada poin ini, mungkin lebih tepatnya disebut melakukan promosi. Media sosial adalah sarana yang bisa kita manfaatkan untuk memperkenalkan situs yang kita kelola. Buatlah sebuah akun media sosial resmi dan rajinlah update di akun tersebut. Meskipun awalnya mengumpulkan follower memang sulit. Tapi percayalah kok, kalau informasi yang sering kita bagikan itu berguna, maka mencari follower hanya masalah waktu saja.

10. Mendaftar Google Adsense

Setelah tahapan demi tahapan sudah kamu lakukan dan visitor blog kamu pun mulai berdatangan, maka mulailah memikirkan bagaimana caranya trafik blog tersebut bisa mendatangan uang. Dan salah satu sumber penghasilan adalah dari iklan yang dipasang di blog kita.

Sebenarnya banyak sekali situs yang menawarkan advertiser, namun yang paling populer dari semuanya adalah Google Adsense. Daftarlah Google Adsense di sini kemudian lengkapilah persyaratannya dan ikutilah langkah-langkahnya.

Nah itulah beberapa tips dari kami. Namun yang lebih penting dari itu semua adalah teruslah konsisten dalam mengembangkan blog agan. Hargailah proses dan selalu bekerja keras. Ingat, tidak ada ikan yang besar jika kita tidak mau ketengah laut yang dalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here