in

Indah Bukan Main! 7 Destinasi Wisata Karimunjawa Paling Instagenic

Indah Bukan Main! 7 Destinasi Wisata Karimunjawa Paling Instagenic

Nama Karimunjawa pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi bagi orang-orang yang mempunyai hobi travelling. Wisata Karimunjawa merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa, tepatnya masuk kawasan Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa termasuk salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Bahkan Pulau Karimun ini termasuk Taman Nasional.

Selayaknya karakteristik pulau kecil, Karimunjawa kaya akan pesona keindahan ekosistem pantainya. Keelokan gugusan pulau-pulau kecil di tempat ini sangat memukau dan sangat terjaga keasriannya.

Jadi tak heran kalau Karimunjawa menjadi destinasi favorit para traveller, baik domestik maupun mancanegara. Karena di pulau ini banyak titik obyek wisata menakjubkan yang patut dikunjungi.

Nah, kalau kamu berkunjung ke Karimunjawa, kamu wajib mampir ke tempat-tempat ini. Apa saja? Inilah 7 destinasi wisata Karimunjawa yang paling eksotis dan termasuk yang paling populer:

1. Pantai Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam termasuk ke dalam salah satu destinasi favorit untuk dikunjungi di Karimunjawa. Secara administratif, pantai ini masuk ke dalam wilayah Dusun Alang-alang, Karimunjawa.

Salah satu ciri khas dari Pantai Tanjung Gelam ialah terletak di ujung barat Pulau Karimunjawa. Karena letaknya berada di ujung, pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Ujung Gelam.

Traveller yang berkunjung ke Karimunjawa biasanya akan singgah di tempat ini pada sore hari karena berburu sunset. Pesona sunset di tempat ini tidak diragukan lagi, sangat memukau dan instagenic.

Bahkan tempat ini disebut-sebut sebagai spot terbaik untuk menikmati sunset di Karimunjawa. Kamu akan dibius dengan keelokan bulatan oranye yang seperti ditelan hamparan laut lepas.

Epic dan eksotis adalah deskripsi yang sangat pas untuk menggambarkan spot sunset di Pantai Tanjung Gelam. Sambil menunggu momen sunset, kamu bisa berkeliling menyusuri pantai seluas 700 meter.

2. Pantai Bobi

Selain memiliki spot sunset terbaik, Karimunjawa juga memiliki beberapa spot terbaik untuk berburu sunrise, salah satunya ialah Pantai Bobi. Yah, pantai ini berada di sisi timur Pulau Karimunjawa.

Ketika kamu menjejakkan kaki di Pantai Bobi, kamu akan mendapat sajian panorama yang eksotis. Taburan pasir putih yang bersih membentang di sepanjang bibir pantai yang tampil memukau.

Sebagaimana populernya Pantai Bobi, pemandangan di tempat ini lebih terlihat memukau pada saat momen matahari terbit atau sunrise. Pada momen itu, kamu akan menemukan spot yang epic di tempat ini.

Daya tarik lain yang ada di Pantai Bobi ialah adanya spot untuk berfoto berupa tempat duduk berbentuk love serta ayunan. Jadi, di setiap sudut dan sisi di Pantai Bobi selalu nampak epic dan instagenic.

3. Pantai dan Bukit Annora

Pantai dan Bukit Annora Karimunjawa
Sumber Foto: Instagram.com

Pantai Annora, pantai eksotis yang terletak di bagian sisi utara Pulau Karimunjawa. Ketika kamu menjejakkan kaki di pantai ini, sajian pemandangan epic akan kamu dapatkan sejauh mata memandang.

Di pantai ini, kamu akan menemukan tatanan pantai yang menawan, mulai dari fasilitas hingga tambahan pernik-perniknya. Semua fasilitas dan pernik tertata dengan penuh estetika sehingga nampak indah.

Dan uniknya, semua pernik yang ada di pantai ini merupakan hasil daur ulang dari sampah-sampah dan benda-benda yang terdapar di sepanjang garis pantai. Disitulah letak estetikanya.

Tidak hanya berhenti di situ, pesona Pantai Annora akan lebih menakjubkan kalau di nikmati dari atas ketinggian. Beruntung, di tempat ini, selain hamparan pasir juga terdapat bukit yang menampilkan view hamparan pantai.

4. Wisata Love Hill

Wisata Love Hill Karimunjawa
Sumber Foto: Instagram.com

Tak jauh dari pusat kota, kamu akan menjumpai salah satu destinasi wisata terpopuler di Karimunjawa, Wisata Love Hill atau Bukit Love. Nah, wisata yang satu ini sangat cocok buat kamu yang suka hunting foto.

Wisata Love Hill merupakan salah satu destinasi wisata instagenic di Karimunjawa. Bagaimana tidak, di tempat wisata ini tersedia banyak spot foto nan elok dengan nuansa udara sejuk di ketinggian.

Love Hill juga termasuk destinasi ikonik di Karimunjawa, karena di tempat ini ada beberapa ikon Karimunjawa, diantaranya ikon ikan kakak tua. Nah, ikan ini sebagai lambang menu favorit di Karimunjawa.

Selain itu, ada beberapa ikon berupa tulisan seperti tulisan Karimunjawa dan tulisan Love itu sendiri, dan masih banyak spot lainnya. Dan dari atas bukit, kamu akan puas dengan view yang terpampang di bawahnya.

5. Mangrove Tracking

Kalau kamu berkesempatan travelling ke Karimunjawa, belum lengkap rasanya kalau belum mampir di Mangrove Tracking. Mangrove Tracking merupakan wisata berupa hutan bakau yang populer di Karimunjawa.

Kepopulerannya tentu didasarkan dengan suguhan nuansa alami yang ada di dalamnya. Kamu bisa berjalan-jalan sekaligus belajar, karena di tempat ini disediakan papan informasi mengenai satwa dan fauna di hutan bakau.

Satu hal yang paling menarik di Mangrove Tracking ini, yaitu adanya menara pandang. Dari atas menara pandang kamu akan menjumpai view memukau, perpaduan epic antara hamparan hutan bakau, laut dan bukit-bukit.

Untuk menempuh perjalanan yang panjang menyusuri hutan bakau, tentunya sudah tersedia fasilitas jembatan kayu sepanjang 2 km. Trackingnya tentu aman dan nyaman, bahkan bisa dijadikan spot berfoto.

Baca Juga: 6 Pulau Destinasi Wisata di Labuan Bajo

6. Pulau Menjangan

Kalau kamu hobi snorkeling dan diving, maka kamu wajib mampir di Pulau Menjangan. Mengapa? Karena di Pulau Menjangan ini menyajikan banyak aktifitas menarik terutama diving dan snorkeling.

Sebenarnya, Pulau Menjangan dibagi menjadi dua bagian terpisah, yaitu Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Menjangan Besar. Kedua tempat ini sama-sama populer dengan alam bawah lautnya.

Di Pulau Menjangan Kecil, kamu akan banyak menemukan ikan-ikan kecil yang berenang di antara keelokan terumbu karang. Jernihnya air di pulau ini menampilkan keindahan flora dan fauna laut dengan sangat jelas dan eksotis.

Berbeda dengan Pulau Menjangan Kecil, Pulau Menjangan besar terkenal dengan penangkaran ikan hiu. Jadi, buat kamu yang suka memacu adrenalin, kamu bisa mencoba berenang dengan hiu-hiu di pulau ini.

7. Pulau Cemara

Sama halnya dengan Pulau Menjangan, Pulau Cemara juga terbagi menjadi dua bagian terpisah, yaitu Pulau Cemara Besar dan Pulau Cemara Kecil. Keduanya tentu memiliki nilai eksotisme yang sama.

Sesuai dengan namanya, Pulau Cemara dipenuhi dengan jajaran pohon cemara yang menjulang dan lebat. Kehadiran pohon-pohon cemara ini menjadikan suasana di kedua pulau ini terasa sejuk.

Pulau yang dipenuhi pohon cemara ini dikelilingi dengan pasir yang putih dan bersih menyentuh air laut yang bening. Pastinya perpaduan tersebut menampilkan pemandangan yang eksotis.

Dengan perairan yang dangkal, Pulau Cemara juga kaya akan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. Perairan dangkal antara Pulau Cemara Kecil dan besar adalah posisi yang tepat untuk diveing dan snorkeling.

Nah, kalau kamu travelling ke Karimunjawa, jangan sampai melewati kunjungan ke beberapa destinasi di atas. Kamu tidak akan menyesal dengan suguhan pemandangan instagenic yang dimiliki tempat-tempat tersebut.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *