in

Bikin Takjub! 6 Pesona Fantasi Alam Bondowoso di Sekitar Gunung Ijen

Bikin Takjub! 6 Pesona Fantasi Alam Bondowoso di Sekitar Gunung Ijen

Wisata Kawah Ijen memang bukan lagi wisata yang asing di dunia travelling. Kawah Ijen menarik banyak wisatawan dengan karakteristik yang khas, apalagi kalau bukan fenomena blue fire. Banyak wisatawan yang berbondong-bondong mengunjungi wisata ini. Kawah Ijen tak hanya populer di kalangan wisatawan lokal saja, namun juga sampai mancanegara. Tak heran kalau tempat ini selalu ramai dikunjungi.

Letak Gunung Ijen ini meliputi dua kawasan, antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Jadi untuk menuju Kawah Ijen, pendaki bisa melalui dua jalur, yaitu via Banyuwangi dan via Bondowoso.

Masing-masing jalur memiliki daya tarik tersendiri. Nah, kalau kamu melalui jalur Bondowoso, kamu bisa sekalian mampir di beberapa tempat sekitar Gunung Ijen. Dimana saja tempatnya? Jawabannya di bawah ini:

1. Kawah Wurung

Belakangan ini, di media sosial memang sedang viral sebuah pemandangan baru yang digadang-gadang mirip pemandangan di New Zealand. Padahal, Bondowoso sudah memiliki pemandangan seperti ini sejak lama.

Tidak jauh dari lokasi Kawah Ijen, ada sebuah tempat wisata yang cukup populer di Bondowoso, namanya Kawah Wurung. Wisata ini berupa kawah yang dilapisi kawanan rumput yang menghijau. Sajian pemandangan di tempat ini sangat elok dan sejuk, karena Kawah Wurung berada di ketinggian sekitar 1500 mdpl. Lokasinya masuk kawasan Kecamatan Sempol, lebih tepatnya di Desa Sampit.

Selama perjalanan menuju lokasi Kawah Wurung, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Jadi perjalanan panjang tidak akan terasa karena menikmati indahnya alam sekitar.

Di Kawah Wurung ini ada tulisan “Kawah Wurung” dan “Bondowoso” yang berjajar depan belakang, cocok untuk dijadikan berfoto. Selain itu, di tempat ini juga terdapat menara, kamu bisa menikmati alam sekitar dari atas ketinggian.

2. Bukit Apet Lepet

Tak jauh dari Kawah Wurung, ada juga tempat yang asyik untuk dijadikan tempat wisata. Nama wisata yang satu ini cukup unik, “Bukit Apet Lepet”. Nama ini mengacu pada makna berlapis-lapis.

Sesuai dengan namanya, perbukitan di tempat ini nampak berlapis-lapis yang diselimuti dengan rumput yang berwarna menyejukkan. Pemandangan ini menyuguhkan pesona yang menakjubkan.

Bukit Apet Lepet yang berada di Kawasan Kecamatan Sempol, lebih tepatnya di Desa Kalianyar ini, nampak hijau pada saat musim hujan. Landscape-nya akan nampak seperti perbukitan yang ada di serial anak Teletubbies.

Bahkan, kamu tetap tidak akan menyesal meskipun kamu mengunjungi tempat ini di musim kemarau. Karena pada saat musim kemarau, Bukit Apet Lepet menampilkan sisi eksotisme yang berbeda.

3. Savana Ilalang

Apakah kamu pernah bermimpi menari di tengah-tengah hamparan ilalang yang elok dengan bunganya bermekaran? Ah, mungkin ini memang terkesan berlebihan, tapi keindahan semacam ini tidaklah mengada-ngada.

Bondowoso memiliki savana ilalang yang sangat cantik, bahkan sudah banyak kesaksian wisatawan yang takjub saat mampir di tempat ini. Banyak mereka yang mengabadikan momen berkesan tersebut.

Savana Ilalang ini juga berupa kawah yang dipenuhi dengan rumput-rumput ilalang. Lokasinya terletak di balik Bukit Apet Lepet, di Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso.

Meskipun rute menuju lokasi ini terbilang cukup menantang karena berpasir dan bergelombang, kamu tidak akan menyesal setelah sampai di sana. Keelokan pemandangannya sangat mengagumkan.

Pesona warna putih yang dipadu dengan hijaunya rerumputan yang menghampar nampak sangat elok dan romantis. Tempat ini cocok kalau dijadikan tempat untuk melakukan pemotretan foto prewedding.

4. Air Terjun Blawan

Pernah melihat keindahan air terjun Niagara? Pasti pernah kan, walaupun hanya berupa gambar. Memang rasanya sulit untuk menikmati keindahannya secara langsung, karena harus terbang dulu ke Amerika sana.

Tapi, kamu bisa menikmati keindahan yang mirip dengan Niagara. Kamu cukup mengunjungi sebuah air terjun bernama Air Terjun Blawan yang terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso.

Air terjun ini tidaklah jernih seperti beberapa air terjun lainnya, karena kandungan belerang air terjun cukup tinggi. Jadi, warna air yang mengalir nampak kekuning-kuningan karena kandungan belerangnya.

Uniknya Air Terjun Blawan ini tentu mirip dengan Air Terjun Niagara, yaitu aliran airnya langsung menuju bawah tanah. Pesona keindahanan Air Terjun Blawan pastinya sudah tidak perlu ditanyakan lagi.

Eksotismenya nampak pada perpaduan aliran air yang terjun di antara bebatuan. Ditambah lagi air terjun ini dikelilingi dengan tumbuhan Makademia yang menghijau. Sungguh merupakan perpaduan yang menakjubkan.

5. Taman Galuh

Taman Galuh menjadi destinasi favorit selanjutnya yang berada di sekitar kawasan Gunung Ijen, tepatnya Desa Sumber Rejo, Kecamatan Sempol. Taman ini menyuguhkan pesona alam yang luar biasa, akan membawamu terasa berada di dunia fantasi.

Hamparan rerumputan tampil cantik dengan menyelimuti perbukitan yang berlekuk-lekuk. Apalagi ditambah dengan hamparan beragam jenis bunga yang tumbuh di Taman galuh menjadi daya tarik utama.

Destinasi wisata yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin menjernihkan pikiran. Tak hanya pesonanya yang memukau dan membuat pikiran tenang, namun juga cuaca di tempat ini begitu mendukung karena sangat sejuk.

Tak hanya hamparan bunga yang bisa kamu nikmati, karena di dekat lokasi ini juga terdapat kebun stroberi organik. Dan tak jauh dari lokasi itu juga ada Lobang Angin, yaitu sebuah lobang batu yang mengeluarkan angin.

Sebenarnya nama Taman Galuh diambil dari nama seorang putri Majapahit bernama Galuh yang konon beristirahat di tempat itu. Meskipun rute menuju lokasi taman ini cukup sulit, suguhan pesonanya tidak akan membuat kamu menyesal.

6. Guest House Jampit

Pesona alam Kabupaten Bondowoso tak hanya terus-menerus berlabuh pada tema perbukitan maupun pegunungan. Namun juga memiliki keindahan alam dengan nuansa yang berbeda, yaitu sebuah vila yang bernuansa romantis.

Mengapa dikatakan romantis? Karena di tempat ini kamu akan menemukan sebuah bangunan rumah estetik peninggalan Belanda. Yang membuat romantis, rumah ini dihiasi bunga-bunga cantik dengan tatanan taman yang elok.

Arsitektur dari bangunan rumahnya pun masih bugar dan sangat khas dengan ciri gaya bangunan Belanda yang saat ini dikenal dengan Guest House. Bahkan, sampai saat ini bangunan tersebut masih sangat kokoh.

Sejak diresmikan menjadi tempat wisata, Guest House ini kerap dikunjungi wisatawan. Tak hanya untuk sekedar berwisata, bahkan tempat ini kerap disewa untuk melaksanakan foto prewedding.

Nah, bisa dibayangkan betapa asyiknya mempunyai rumah yang penuh dengan taman bunga. Kalau kamu ingin mencoba bermalam, kamu bisa menginap di Guest House ini. Hanya saja, budget yang harus dikeluarkan tidak murah.

Sedikit tips buat kamu yang ingin travelling ke tempat-tempat di atas, kalau bisa jangan menggunakan motor matic, karena ada beberapa medan yang sulit. Dan pastikan bahwa kamu membawa kamera, sayang jika momen itu dilewatkan.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *