Ingin Bisnis Cemilan Simple! Yuk Coba 7 Aneka Olahan Tahu yang Cocok untuk Usaha Baru

Ingin Bisnis Cemilan Simple! Yuk Coba 7 Aneka Olahan Tahu yang Cocok untuk Usaha Baru
Ingin Bisnis Cemilan Simple! Yuk Coba 7 Aneka Olahan Tahu yang Cocok untuk Usaha Baru
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Tahun ini menjadi tahun dimana kita harus memutar otak agar bisa menghasilkan uang. Terlebih lagi pemerintah juga menganjurkan kita untuk di rumah aja. Karena kita tinggal di Indonesia, seharusnya kita bisa memanfaatkan bahan pangan yang banyak ditanam oleh para petani Indonesia, salah satunya yaitu tanaman kedelai. Tanaman kedelai ini memang banyak sekali manfaatnya, sekaligus bisa menjadi bahan pangan olahan seperti tahu dan lain-lain.

Tahu ini menjadi makanan yang paling banyak digemari oleh semua kalangan masyarakat yang ada di Indonesia, maka dari itu banyak sekali kreasi masakan yang terbuat dari bahan tahu.

Tak heran jika di Indonesia ini begitu banyak pelaku usaha yang mendirikan pabrik tahu. Akan tetapi tidak perlu khawatir, masih banyak kok peluang untuk meraup keuntungan dari bisnis olahan tahu ini.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Apa Saja Olahan Tahu Yang Bisa Dijadikan Ladang Bisnis Baru

photo by masakapaya

Yang paling umum, tahu biasanya diolah menjadi beberapa cemilan entah itu untuk lauk ataupun untuk snack saja. Nah berikut ini adalah peluang bisnis baru, yang bisa menjadi referensi kamu untuk memulai usaha yang berbahan dasar dari tahu. Yuk Simak ulasanya berikut ini.

1. Stik dari tahu

photo by gicys food

Stik tahu ini bisa dibilang makanan yang baru, karena stik ini biasa terbuat dari kentang. Nah kali ini malah terbuat dari tahu, inovatif bukan!. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk kamu memulai usaha ini.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Target pemasarannya yaitu anak anak, remaja hingga dewasa. Proses pembuatannya juga mudah hampir sama seperti stik kentang. Tinggal potong tahu kecil-kecil, lalu balut dengan telur dicampur dengan tepung terigu, lalu tunggu beberapa menit, setelah itu tinggal goreng deh, lalu kreasikan dengan saus tomat.

2. Tahu mercon

photo by yummy app

Tahu mercon memang menjadi makanan yang lagi trending belakangan ini, banyak sekali penggemarnya dimulai dari remaja, dewasa hingga orang tua. Padahal tahu mercon ini adalah tahu seperti biasa yang digoreng, akan tetapi didalamnya di isi cabe sehingga memberi kejutan yang rasanya pedas. Bagaimana apakah kamu tertarik jika memulai berbisnis tahu mercon ini.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


3. Tahu bakso

photo by cookpad

Kreasi dari olahan tahu berikutnya yaitu tahu bakso. Karena rasanya yang gurih sekaligus nikmat, makanya olahan tahu ini banyak sekali digemari oleh semua kalangan. Tahu bakso ini beraneka-ragam jenisnya, misalnnya tahu bakso yang di goreng cocok untuk kamu buat jajanan sehari-hari, dan masih banyak juga kreasi tahu bakso yang lainnya.

4. Tahu gejrot

photo by kuliner kota

Kalian pasti sudah sering kan mendengar nama tahu gejrot ini. Yap, tahu gejrot ini memang sering kali di jumpai di sekitaran jalan ataupun trotoar. Dengan rasa yang pedas sekaligus manis yang sangat cocok untuk lidah Indonesia makanya tahu gejrot ini sangat laku di pasaran.

Cara pembuatannya juga tergolong mudah. Goreng tahu seperti biasa, lalu campur tahu dengan saus yang terbuat dari gula asam jawa, sudah deh jadi tahu gejrotnya, bagaimana apakah kamu mau mencoba bisnis ini!.

5. Tahu brintik

photo by cookpad

Tahu brintik ini adalah makanan yang cocok untuk menemani waktu santai kamu, maka dari itu tahu brintik ini sangat laku di pasaran. Dengan rasa yang renyah ditambah saos yang gurih, rasanya pasti enak banget. Nah apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis tahu brintik ini.

6. Tahu crispy

photo by yuyun anwar

Tentu saja sekarang ini banyak sekali penjualan yang menawarkan tahu krispi ini, biasanya mereka berjualan tahu krispi ini di jalan ataupun restoran sekaligus.

Pembuatan yang mudah hingga modal yang minim menjadikan para usahawan berlomba lomba dalam membuat usaha ini. Apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis ini?

7. Kripik dari ampas tahu

photo by cookpad

Siapa yang bilang ampas tahu tidak bisa di olah? Nyatanya bisa loh! Ampas tahu ini bisa dijadikan kerupuk yang sangat lezat. Kamu bisa menvariasikan kerupuk tahu ini agar menjadi makanan yang baru, diantaranya yaitu kerupuk tahu ampas balado dan lain lain.

Bagaimana Strategi Pemasaran Yang Harus Dilakukan Dari Bisnis Olahan Tahu Ini?

photo by bisnisUKM

Berikut ini adalah strategi yang bisa digunakan untuk memasarkan produk olahan tahu kalian, yuk simak penjelsanaya berikut ini

1. Usaha kecil kecilan dulu

photo by romadecade

Teknik dasar yang paling utama adalah menilai minat pasar pada produk kita, caranya cukup berjualan kecil-kecilan di lingkungan kerja, sekolah atau sekitaran rumah saja.

Bisa juga gunakan cara yang lebih mudah dengan memberikan gratis olahan tahu buatan kita ke teman, keluarga atau tetangga, dan tanyakan apakah enak? dan minta juga kritik dan feedback untuk masakan kita ini.

2. Memberikan pelayanan terbaik

photo by pesona indonesia tour&travel

Berikan pelayanan terbaik kepada semua customer yang menjadi langganan anda. Buatlah mereka puas dan mau membeli lagi. Ingat, customer yang puas akan bercerita hal-hal baik kepada orang lain. Dengan demikian customer baru anda akan bertambah dengan sendirinya.

3. Menjalin kerjasama dengan rumah makan

photo by seo anak sekolah

Supaya penjualan tahu anda semakin meningkat, maka anda harus aktif menjalin kerja sama dengan beberapa rumah makan supaya mereka mau berlangganan. Dengan cara ini, anda dapat memperkirakan angka produksi dengan lebih tepat.

4. Mengadakan promo

photo by KLIKnKLIK

Saat terlihat minat dari pasar sudah tinggi baru, kita mulai menjual dengan masif, pastinya diawali dengan promo untuk menarik perhatian para calon pelanggan, cara yang paling banyak digunakan adalah dengan membagikan sampel olahan tahu kita ini secara online ataupun lewat media sosial.

5. Mengadakan undian voucher

photo by media konsumen

Setelah banyak pelanggan, sekarang waktunya untuk membuat mereka menjadi pelanggan setia, dengan memberikan beberapa penawaran, seperti undian voucher gratis jajan di tempat kamu. Selain itu, anda juga harus melakukan pengembangan resep supaya pelanggan tidak merasa bosan.

Nah demikianlah sedikit penjelasan mengenai beberapa bisnis cemilan yang simple dari olahan tahu. Jangan terlalu ribet memikirkan ataupun membuat proposal dari usaha tahu ini.

Yuk langsung action aja dan terapkan beberapa teknik pemasaran diatas, agar usaha yang kamu jalankan semakin berkembang dan sukses. Semoga dengan informasi ini memberikan banyak sekali manfaatnya bagi pembaca, sekian terimakasih.