in

Jangan Begadang, Ketahui Manfaat Istirahat yang Cukup Bagi Kesehatan

Jangan Begadang, Ketahui Manfaat Istirahat yang Cukup Bagi Kesehatan

Banyak orang merasa lebih baik setelah mendapatkan istirahat yang cukup atau tidur yang nyenyak. Jika kamu terus melakukan aktivitas selama beberapa jam bahkan tanpa cukup tidur, mungkin kamu akan mendapati masalah kesehatan serius dalam jangka panjang.

Beberapa masalah kesehatan paling serius akibat kurang tidur adalah tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, gagal jantung bahkan stroke. Bukan hanya masalah kesehatan, kurang tidur kronis juga dapat mempengaruhi penampilan kamu. Seiring waktu, hal itu dapat menyebabkan kerutan dini dan lingkaran hitam di bawah mata.

Ada juga hubungan antara kurang tidur dan peningkatan hormon stres, kortisol, dalam tubuh. Kortisol dapat memecah kolagen, protein yang menjaga kulit tetap halus. Tak bisa dipungkiri, kurang tidur bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Setelah mengetahui hal tersebut, ada baiknya untuk mengurangi kebiasan kurang tidur dan begadang.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat istirahat yang cukup. Apa saja? mari simak informasinya!

1. Meningkatkan Daya Ingat

Meningkatkan Daya Ingat
Images by Pexels

Terkadang, kita merasa tidak bisa mengingat apapun yang kita dengar, baca, atau lihat. Ternyata salah satu penyebabnya adalah kurang tidur. Sebaliknya, tidur yang cukup mengaktifkan sesuatu di otak kita yang akan memperkuat ingatan.

National Sleep Foundation melakukan penelitian untuk menguji bagaimana otak kita dapat meningkatkan daya ingat kita. Dan para peneliti menguji proses ini dengan mengajari orang keterampilan baru kemudian memindai otak mereka setelah periode dengan atau tanpa tidur. 

Bagaimana hasilnya?

“Ketika orang memiliki kesempatan untuk tidur. Misalnya, setelah mempraktikkan keterampilan yang mirip dengan tangga nada piano, pusat otak yang mengontrol kecepatan dan akurasi lebih aktif daripada daerah pada orang yang belum tidur.”

2. Memulihkan dan Memberi Energi

Memulihkan dan Memberi Energi
Images by Pexels

Kurang tidur membuat kita lemah, mungkin kita menyadari dari pengalaman. Kita cenderung pusing dan kehilangan energi ketika kita hanya memiliki beberapa menit untuk menutup mata. Namun, ketika kita mempunyai waktu tidur yang cukup, semuanya akan kembali normal.

Menurut penjelasan dari Mother Nature Network, saat tidur tubuh dan otak kita memberi energi dan menciptakan ingatan.

“Saat Anda tidur, tubuh dan otak Anda memberi energi kembali pada sel, membersihkan limbah, dan menciptakan ingatan. Proses ini adalah kunci untuk melindungi kesehatan Anda secara keseluruhan dan mengatur fungsi spesifik yang memandu suasana hati, nafsu makan, kemampuan kognitif, dan libido Anda. “ Melansir dari Mother Nature Network.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Meningkatkan Sistem Kekebalan
Images by Pexels

Saat kita masih muda dan masih dalam kondisi kesehatan yang baik, kita mungkin tidak terlalu memperhatikan apakah kita cukup tidur atau tidak. Biasanya, ini karena kita belum mengetahui efeknya.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur melemahkan sistem kekebalan tubuh dalam jangka panjang. Itu juga membuat tubuh kita lebih rentan terhadap virus yang akan menyebabkan beberapa penyakit.

Di sisi lain, jika kita memperhatikan manfaat istirahat yang cukup serta memiliki pola tidur yang baik dan teratur akan membantu menjauhkan virus-virus tersebut. Mayo Clinic menjelaskan lebih lanjut:

“Selama tidur, sistem kekebalan Anda melepaskan protein yang disebut sitokin, beberapa di antaranya membantu mendorong tidur. Sitokin tertentu perlu meningkat saat Anda mengalami infeksi atau pembengkakan, atau saat Anda sedang stres. Kurang tidur dapat menurunkan produksi sitokin pelindung ini. Selain itu, antibodi dan sel yang melawan infeksi berkurang selama periode ketika Anda tidak cukup tidur. ”

4. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas
Images by Pexels

Kita semua ingin menjadi produktif terutama di tempat kerja. Tetapi jika kita lelah dan stres, kita akan sulit mencapai tingkat produktivitas yang sama seperti ketika kita cukup istirahat dan bebas stres. Kurang tidur mengurangi fokus dan konsentrasi kita yang kemudian akan berdampak besar pada produktivitas kita.

Melansir dari sleep.org, kurang tidur dapat menyebabkan kita kesulitan untuk fokus pada tugas yang sedang dikerjakan. Selain itu, istirahat yang cukup adalah kunci untuk memperkuat apa yang sudah kita pelajari. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:

“Saat Anda kurang tidur, Anda akan lebih kesulitan untuk fokus kembali pada tugas yang ada setelah gangguan, dibandingkan dengan seseorang yang cukup istirahat.”

“Istirahat yang cukup adalah kunci untuk memperkuat apa yang telah Anda pelajari sepanjang hari. Jika Anda kurang tidur, Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk memiliki memori kerja yang lebih buruk”

“Bahkan jika Anda kurang tidur, Anda akan memiliki waktu respons 50 persen lebih lambat dan tingkat akurasi yang lebih rendah pada tugas-tugas sederhana daripada seseorang yang berada di bawah pengaruh alkohol.” Melansir dari How Sleep Can Help You Be More Productive at Work.

5. Meningkatkan Kesehatan

Meningkatkan Kesehatan
Images by Pexels

Tidur yang cukup bisa membantu meningkatkan kesehatan kita. Selain itu, tidur yang cukup tidak hanya menjaga kesehatan mental dan emosional tetapi juga kesehatan fisik kita. 

Meskipun tidur nyenyak tidak selalu memberi kita jaminan untuk mendapatkan kesehatan terbaik, beberapa penelitian membuktikan bahwa manfaat istirahat yang cukup membantu kita mempertahankan fungsi vital tubuh.

Dr. William Dement, salah satu pendiri Stanford Sleep Center, mengatakan bahwa “tidur adalah prediktor nomor satu tentang berapa lama kita akan hidup.”

Sebagian besar dari kita tahu, kurang tidur dapat membuat kita berisiko mengalami beberapa masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular dan diabetes. Sebuah survei mengatakan bahwa 90% orang yang kesulitan tidur juga memiliki masalah kesehatan lain.

Saat kita cukup tidur, semuanya akan berjalan lancar. Kita akan makan lebih sehat, terinspirasi untuk berolahraga dan hidup lebih lama.

6. Membuat Hidup Bahagia

Membuat Hidup Bahagia
Images by Pexels

Kurang tidur sering kali menyebabkan suasana hati yang buruk. Itu bisa merusak seluruh hari kita. Studi menunjukkan bahwa orang yang cukup tidur cenderung lebih bahagia dan memiliki lebih sedikit masalah depresi dan kecemasan.

Selain itu, karena tidur yang cukup memulihkan energi kita, kita akan segar kembali segera setelah bangun serta mengalami hari yang lebih bahagia dan lebih baik.

7. Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga Kesehatan Mental
Images by Pexels

Pentingnya istirahat dan tidur karena hal itu mempengaruhi kesehatan mental dan emosional kita. Memiliki kesehatan mental dan emosional yang sehat sangat bergantung pada seberapa baik kita tidur.

Banyak orang yang sudah membuktikan ini. Ketika orang tidak cukup tidur, mereka cenderung menjadi murung dan memiliki sifat negatif.

Harvard Health memiliki penjelasan yang lebih rinci tentang bagaimana tidur sangat baik untuk menjaga kesehatan mental:

“Dasar otak dari hubungan timbal balik antara tidur dan kesehatan mental belum sepenuhnya dipahami. Tetapi studi neuroimaging dan neurokimia menunjukkan bahwa tidur malam yang nyenyak membantu menumbuhkan ketahanan mental dan emosional. Disisi lain, gangguan tidur kronis memicu pemikiran negatif dan kerentanan emosional.“

Mengingat pentingnya tidur dan manfaat istirahat yang cukup, ada baiknya kita mulai mengurangi kebiasaan begadang dan pola tidur yang buruk.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *