9 Tips Liburan ke Luar Negeri Bagi yang Tidak Tahu Bahasa Asing

liburan-ke-luar-negeri

Melakukan perjalanan atau traveling ke luar negeri memang merupakan impian bagi setiap orang. Mengunjungi beberapa negara selalu muncul dalam daftar goals atau daftar impian yang tercatat di buku setiap orang. Namun sayangnya, tidak setiap orang beruntung dapat mewujudkan impian ini.

Ada banyak hambatan yang menjadi penghalang untuk mewujudkan impian traveling ke luar negeri, seperti hal biaya. Selain biaya, ada juga satu hal yang seringkali menjadi hambatan untuk jalan-jalan ke luar negeri, yaitu tidak mengerti bahasa asing atau bahasa inggris.

Beruntung sekali bagi kamu yang tidak memahami bahasa asing namun punya beberapa teman yang bisa kamu ajak untuk berlibur ke luar negeri. Akan tetapi hal ini menjadi ketidakberuntungan bagi kamu jika hanya bisa pergi sendirian saja.

Jangan galau dan jangan risau bagi kamu yang ingin liburan ke luar negeri namun tidak mengerti bahasa asing, karena di sini kami akan memberikan sedikit tipsnya. Selagi biaya mumpuni, maka traveling dapat kamu lakukan sendirian, sekalipun tanpa memahami bahasa asing negara tujuan kamu.

Sebelum beranjak ke pembahasan mengenai tips liburan ke luar negeri bagi yang tidak mengerti bahasa asing, ada beberapa hal yang biasanya menjadi pertimbangan utama masalah bahasa. Berikut ini beberapa hal tersebut.

Tidak Semua Negara Mayoritas Penduduknya Mengerti Bahasa Inggris

Ada beberapa negara yang masih sangat kental dengan budaya yang dimilikinya. Hal ini yang menyebabkan mayoritas penduduknya masih sangat kental menggunakan bahasa daerah negara tersebut. Dan mayoritas penduduk di antaranya tidak banyak paham dengan bahasa Inggris, contohnya Jepang, Thailand dan beberapa negara lainnya.

Hal ini yang menjadi pertimbangan sebagian traveler hingga mengurungkan niat berkunjung ke beberapa negara impian. Mengapa? Karena untuk memahami beberapa bahasa daerah setempat tentu sangat sulit dilakukan. Setiap bahasa daerah pun memiliki aksen yang berbeda-beda.

Bahasa Berkaitan dengan Tambahan Biaya

Jika membahas tentang bahasa yang digunakan saat tarveling ke luar negeri, maka tentu ada kaitan erat dengan tambahan biaya. Jika kamu kesulitan dalam berbahasa asing, ini memaksa kamu untuk menggunakan jasa tourguide. Dengan menggunakan jasa tourguide ini tentu akan membutuhkan biaya tambahan.

Tidak memahami bahasa setempat negara tujuan tidak mesti mengharuskan kita untuk menggunakan jasa tourguide. Nah, bagaimana caranya? Berikut ini tips traveling ke luar negeri jika masih belum memahami bahasa setempat negara tujuan.

Baca Juga: Travelling Sendirian Ke Luar Negeri? 5 Negera ini Cocok Buat Kamu Kunjungi

1. Bawalah Kamus Saku

Membawa kamus saat traveling ke luar negeri merupakan hal yang paling wajar digunakan bagi kamu yang masih belum terlalu paham bahasa asing. Tidak masalah jika kamu menggunakan kamus saku, asalkan jangan membawa kamus yang berukuran besar. Membawa kamus besar hanya akan membuat traveling kamu sedikit rumit.

Dengan membawa kamus saku, akan membantu kamu menerjemahkan bahasa ketika kamu berkomunikasi dengan penduduk setempat. Tidak perlu malu atau gengsi, karena mereka akan memahami hal ini.

2. Download Aplikasi Penerjemah Bahasa

Di era teknologi ini, sayang sekali jika tidak dimanfaatkan untuk hal yang positif. Tips yang satu ini cocok bagi kamu yang tidak mau repot membawa kamus. Kamu dapat memasang aplikasi penerjemah bahasa di smartphone kamu. Kini sudah banyak muncul aplikasi kamus cerdas yang lengkap dengan fitur voice cara membacanya, seperti Google Translate.

Aplikasi penerjemah bahasa ini kamu tinggal memilihnya di Playstore, pilihlah aplikasi bahasa yang sesuai dengan negara tujuan kamu. Mungkin hal ini tidak akan membantu banyak untuk membuat percakapan yang panjang maupun berdiskusi, akan tetapi ini cukup membatu kamu dalam berkomunikasi hal yang paling dasar.

3. Berkomunikasilah dengan Bahasa Tubuh yang Informatif

Selain dengan bahasa lisan, bahasa tubuh merupakan cara yang cukup ampuh dalam berkomunikasi. Jika kamu menyerah untuk mengatakan kata-kata dari bahasa asing karena pelafalannya yang sulit, kamu dapat menerapkan tips yang satu ini. Banyak traveler menyebut cara ini dengan bahasa tarzan.

Untuk tips yang satu ini, kamu hanya perlu menggunakan kreatifitas yang kamu miliki. Misalnya, kamu melakukan gerakan menyatukan telapak tangan lalu menempelkan di pipi, gerakan tersebut kamu gunakan untuk menanyakan tempat istirahat. Atau ada banyak gerakan lain yang dapat kamu gunakan, tergantung kreatifitasmu.

4. Hafalkan Sedikit Ungkapan-ungkapan Umum yang Sederhana

Menghafalkan ungkapan-ungkapan kecil yang paling umum dari bahasa setempat, rasanya tidak terlalu sulit. Dengan menghafal beberapa ungkapan kecil ini akan sangat membantu kamu untuk berbaur dengan penduduk setempat. Dengan mudah berbaur dengan mereka, kamu akan mendapat banyak kemudahan dalam traveling yang kamu jalani.

5. Bawalah Informasi Mengenai Destinasi yang Ingin Dikunjungi

Cara yang satu ini wajib kamu lakukan ketika kamu berlibur ke luar negeri tanpa memahami bahasa asing. Dengan membawa beberapa dokumen informasi mengenai destinasi tujuan, kamu dapat menanyakannya kepada penduduk setempat mengenai lokasi maupun hal lain yang berkaitan dengan destinasi.

Cara ini dapat kamu lakukan dengan membawa gambar maupun brosur dari destinasi yang ingin kamu kunjungi. Kemudian kamu menunjukkannya kepada penduduk setempat. Nah, dengan begitu, mereka akan memberikan informasi kepada kamu, baik mengenai lokasi maupun lainnya.

6. Bawalah Kertas dan Pena

Membawa kertas dan pena kemana-mana saat liburan adalah suatu hal yang dibutuhkan. Mengapa demikian? Karena ketika kamu tak mampu berkomunikasi dengan lisan maupun bahasa tubuh, kedua benda ini menjadi alternatif yang paling efektif untuk kamu gunakan.

Terkadang beberapa aksen pengucapan bahasa memang sulit dilafalkan, bahkan bisa salah makna. Nah, ketika kamu mengalami hal ini, kamu dapat menuliskan kata-kata tersebut di kertas. Selain dengan kata, kamu juga bisa mengungkapkan maksudmu dengan menggambarkannya di kertas.

7. Bawalah Peta untuk Menanyakan Lokasi

Ketika kamu melakukan traveling ke luar negeri, jangan pernah meninggalkan peta. Mengapa dikatakan wajib? Karena peta ini akan membantu traveling kamu dalam menunjukkan arah dan lokasi destinasi yang akan kamu kunjungi.

Sebenarnya peta ini tidak hanya sangat berguna bagi yang tidak paham bahasa asing, untuk yang memahaminya pun akan tetap sangat dibutuhkan. Kaitan peta ini ada pada pengetahuan rute lokasi. Akan tetapi, bagi yang tidak memahami bahasa tentu sangat membutuhkan ini.

Bagi kamu yang tidak memahami bahasa serta lokasi setempat, kamu dapat menanyakan beberapa lokasi melalui peta ini. Dengan begitu mereka akan menunjukkan arah dan rute lokasi tersebut sambil menuntun rute pada peta.

Selain peta kertas, kamu juga memutuhkan aplikasi peta yang bisa menuntun kamu ke tempat wisata. Sudah banyak aplikasi peta di Playstore dan Appstore, misalnya Google Maps dan Waze.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu aplikasikan ketika melakukan traveling ke luar negeri namun belum memahami bahasa asing. Meskipun pada kenyataannya keahlian bahasa menjadi poin yang plus, tapi jangan sampai impia liburan kamu ke luar negeri menjadi tak terwujud hanya karena tidak mengerti bahasa.

Perlu kamu ingat, bahwa modal utama dalam melakukan traveling ke luar negeri itu ada pada rasa percaya diri yang kamu miliki. Ada banyak travelers yang tidak mempunyai banyak uang dan tidak terlalu memahami bahasa asing namun mereka memiliki pengalaman dan rasa percaya diri yang tinggi. Semoga tips liburan ke luar negeri ini dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here