8 Cara Menghemat Biaya Makan Saat Traveling Secara Cerdas

Menghemat Biaya Makan Saat Traveling

Traveling tanpa menghabiskan banyak biaya merupakan impian dan harapan bagi setiap orang. Kebanyakan orang ingin pergi traveling, namun masih khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan. Bagi kamu yang ingin liburan, jangan khawatir dengan biaya, kamu dapat melakukannya dengan trik-trik cerdas pada pembahasan ini.

Salah satu cara untuk menghemat biaya berlibur kamu yaitu dengan cara menghemat biaya untuk makan. Tak bisa dipungkiri bahwa soal makan memang termasuk hal yang cukup banyak menghabiskan biaya dalam traveling. Jadi, kamu harus pandai dan bijak dalam mengelola keuangan untuk makan selama kamu traveling.

Nah, bagaimana sih caranya menghemat biaya makan saat traveling? Coba deh simak beberapa trik cerdas untuk menghemat biaya makan ketika sedang traveling yang terangkum dibawah ini!

1. Pilih Penginapan dengan Fasilitas Dapur Umum

Cara pertama yang dapat kamu coba untuk menghemat biaya makan ketika traveling ialah dengan cara memilih penginapan yang memiliki fasilitas dapur umum. Jadi kamu dapat memanfaatkan dapur umum tersebut untuk memasak. Kamu hanya tinggal membeli bahan makanan dan kemudian memasaknya.

Lebih beruntung lagi jika kamu menemukan teman di penginapan yang bisa diajak untuk join memasak bersama. Jadi kamu dapat membeli bahan makanan bersama dan kemudian juga memasak bersama. Dengan begitu biaya makan yang harus kamu keluarkan menjadi lebih hemat.

2. Pilih Penginapan dengan Fasilitas Makan

Ada beberapa penginapan yang memang menyediakan fasilitas makan. Jika lokasi destinasi wisata yang kamu tuju terdapat penginapan semacam itu, sebaiknya pilih saja itu. Hal ini lumayan untuk mengurangi biaya makan kamu selama traveling. Karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makanan.

Selain itu, kamu juga tidak perlu repot sering keluar penginapan untuk mencari makan. Nah, dengan memanfaatkan makanan yang disediakan penginapan, ini akan meminimalisir godaan-godaan yang biasanya dialami karena banyak melihat ragam kuliner yang menggiurkan.

3. Anggarkan Biaya Makan Secara Pasti

Ketika sedang traveling, pada umumnya orang-orang sering tergiur dengan ragam jenis kuliner yang ada di wisata setempat. Memang tak mengherankan jika daya tarik kuliner memang sangat kuat. Di tempat wisata, memang banyak terdapat makanan-makanan unik. Hal ini menjadi godaan yang paling besar ketika sedang traveling.

Jika kamu tidak tahan terhadap godaan itu, biaya traveling yang sediakan akan membengkak. Dan hal itu sangat tidak baik untuk keuangan traveling kamu. Nah, untuk mencegah pembengkakan biaya, sebaiknya kamu anggarkan secara pasti tentang dana yang akan kamu keluarkan untuk biaya makan.

Dana yang kamu anggarkan memang tidak akan sama persis seperti yang ada di lokasi, akan tetapi setidaknya hal itu dapat kamu perkirakan. Dengan menganggarkan terlebih dahulu, kamu akan lebih berhati-hati serta dapat mengatur biaya pengeluaran untuk makan sesuai dengan yang dianggarkan.

4. Cek Harga Sebelum Membeli Makanan

Sebelum kamu datang ke tempat makan, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu tentang harga makanan yang ditawarkan di tempat tersebut. Kamu dapat bertanya kepada orang-orang atau teman yang pernah makan di sana. Atau kamu juga bisa mengeceknya di aplikasi kuliner yang saat ini menjadi tren.

Harga yang tercantum di aplikasi memang terkadang berbeda dengan aslinya, biasanya lebih mahal di aplikasi dibandingkan dengan harga asli. Dengan mengeceknya terlebih dahulu, kamu dapat memperkirakan biaya yang akan kamu habiskan untuk makan. Selain itu, kamu juga dapat memilih-milih tempat dan menu yang paling murah dan enak.

5. Tanyakan Harga Makanan Sebelum Memesan

Seringkali terjadi orang terjebak dengan harga yang tidak mereka ketahui sebelum membelinya. Kebanyakan orang langsung memesan makanan tanpa menanyakan harganya. Hal itu beralasan bahwa mereka telah mengetahui harganya melalui informasi-informasi tertentu. Padahal bisa jadi harganya naik dari yang diketahui.

Nah, alangkah baiknya setelah kamu sampai di tempat makan, biasakan untuk menanyakan harganya sebelum memesan. Hal ini untuk mencegah para oknum pedagang usil yang sering berbuat curang dengan mematok harga lebih tinggi dari aslinya. Hal ini memang rawan terjadi saat pedagang melihat pelancong dari kawasan yang jauh.

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Biaya Liburan agar Tidak Kehabisan Uang di Jalan

6. Manfaatkan Promo Makanan Sekitar Wisata

Mencari dan memanfaatkan promo makanan yang ada di sekitar tempat wisata merupakan trik yang cukup cerdas untuk menghemat biaya makan. Mungkin sebagian malu, gengsi atau malas untuk mencari promo makanan ketika traveling, namun ini cukup mampu membantu kamu untuk menghemat biaya makan.

Dengan memanfaatkan berbagai diskon makanan, uang kamu akan sedikit lebih hemat. Jadi, jangan pernah malu untuk mencari dan bertanya tentang adanya promo makanan di sekitar lokasi wisata yang kamu kunjungi. Lumayan kan, uangnya bisa kamu belikan souvenir sebagai oleh-oleh atau bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya.

7. Sesuaikan Menu dengan Budget yang Dimiliki

Godaan utama dalam mengatur keuangan untuk biaya makan saat traveling yaitu ketika kamu melihat menu-menu yang cukup menarik. Nah, itulah sebabnya pada poin di atas disarankan agar kamu menentukan anggaran biaya makan dengan jelas. Ketika kamu membuat anggaran dana, pasti kamu telah menentukan menu mana yang sesuai dengan budget.

Jadi, jika memang ada menu lain yang mulai kamu lirik, tidak masalah kamu memesannya, asalkan menu tersebut sesuai dengan budget yang kamu miliki. Terlebih lagi senilai atau minimal hampir mendekati nilai anggaran biaya makan yang telah kamu rancang sebelumnya. Jangan pernah memilih menu dengan harga yang mahal.

8 Jangan Membeli di Area Kuliner yang Ramai Turis

Trik yang terakhir bagi kamu yang ingin menghemat biaya makan saat traveling, disarankan untuk tidak makan di area kuliner yang penuh dengan turis. Yah, maklum saja mereka mematok harga yang lebih mahal dari pada harga lokal, karena target pasar mereka adalah turis. Karena mereka menanganggap bahwa turis sudah pasti memiliki banyak uang.

Jadi, jika kamu ingin makan, sebaiknya cari restoran, depot atau warung yang sedikit sepi. Pada umumnya, restoran atau warung makan seperti ini terletak sedikit meminggir dari lokasi pusat wisata. Tidak masalah lah jika kamu harus berjalan sedikit lebih jauh untuk menemukan tempat makan yang lebih murah.

Nah, cara di atas dapat kamu coba untuk menghemat biaya makan kamu selama traveling. Akan tetapi, meskipun kamu memilih tempat yang murah, jangan sampai mengabaikan gizi dari makanan yang kamu makan. Kamu juga harus tetap cerdas dalam memilih menu yang dapat memenuhi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bagaimanapun, ketika sedang traveling, tubuh kamu akan melakukan aktifitas yang cukup padat dan menguras tenaga yang cukup banyak. Jadi, gizi yang dibutuhkan oleh tubuh juga harus terpenuhi. Pilihlah makanan yang tergolong hemat namun memiliki kadungan gizi yang lengkap, agar kamu tetap sehat dalam menjalani aktifitas selama traveling.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here