in

10 Cara Menghadapi Pesaing dalam Bisnis Ampuh Meningkatkan Penghasilan

cara menghadapi pesaing bisnis

Dalam dunia usaha, terkadang kita dibuat kesal dengan adanya pesaing atau kompetitor. Adanya pesaing berarti mau tidak mau kita harus berbagi market pasar. Dan itu artinya dalam segi profit juga akan berkurang karena sebagian market diambil oleh pesaing.

Namun sebetulnya adanya kompetisi itu lebih baik dibandingkan menjadi pemain sendiri. Karena dengan adanya persaingan, itu akan memaksa kita untuk memperbaiki sistem berbisnis kita, baik dari kualitas produk, harga, dan pelayanan menjadi lebih baik. Coba anda bayangkan kalau bisnis anda tidak ada pesaingnya, mungkin anda akan berada di zona nyaman dan tidak ada perbaikan sama sekali.

Tapi gimana cara mengalahkan pesaing dalam usaha? Apalagi saat ini kompetisi makin hari makin tidak sehat saja. Contohnya adanya perang diskon, perang harga, dan sebagainya. Nah berikut ini adalah cara menghadapi pesaing dalam bisnis.

1. Analisis pesaing

Sebelum melangkah lebih jauh gimana menghadapi pesaing, ada baiknya anda memperhatikan dulu apa yang saat ini pesaing anda lakukan. Anda harus mencari tahu bagaimana model bisnisnya, produknya, harganya, dan sebagainya.

Anda bisa berpura-pura menjadi pelanggannya, dan perhatikan bagaimana bisnis mereka berjalan. Jika anda sudah melakukan observasi, selanjutnya analisis data-data yang sudah anda dapatkan. Ini fungsinya agar anda bisa dengan mudah memberikan keputusan untuk bisnis anda sendiri.

2. Meniru pesaing

Selanjutnya anda bisa mempertimbangkan untuk menirunya. Kok meniru? Bukankah itu tandanya kita tidak kreatif? Perlu anda ketahui, dalam dunia bisnis meniru kompetitor adalah hal yang wajar. Ini fungsinya agar kita tidak ketinggalan trend yang saat ini sedang berkembang.

Contohnya anda bisa perhatikan bisnis smartphone saat ini, kini semua brand smartphone saling meniru satu sama lain. anda juga bisa berkaca dengan cerita brand blackberry dan nokia yang jatuh karena mereka dulu tidak mau mengikuti perkembangan jaman untuk merilis smartphone berlayar sentuh.

Namun jika anda mau meniru pesaing, usahakanlah tiruan tersebut lebih baik dari pesaing anda. Jangan sampai apa yang anda tiru kualitasnya sama bahkan lebih buruk dari pesaing.

3. Lebih cepat bertindak

Salah satu alasan mengapa sebuah bisnis itu sulit untuk berkembang adalah karena mereka lambat untuk bertindak. Terkadang konsep produk itu sudah ada dan sudah bisa dibayangkan, namun mereka lambat dalam hal eksekusinya.

Untuk apa ide yang bagus, konsep bisnis yang cemerlang, kalau tidak ada action yang anda berikan. Itu sama saja anda cuma berkhayal di siang bolong. Kalau anda lambat dalam bertindak, maka jangan salahkan pesaing anda jika bisnis anda disalip oleh mereka. karena anda lambat, dan mereka maju dengan cepat.

4. Berinovasi

Jika anda anti dengan namanya meniru, maka anda bisa memberikan sebuah inovasi yang baru. Biasanya bisnis yang bisa memberikan inovasi baru sangat cepat perkembangannya. Karena sejatinya visi dalam berbisnis itu selalu mencari cara gimana memberikan pengalaman baru untuk konsumennya. Dan juga konsumen itu lebih suka sama hal-hal yang baru.

Jadi inovasi adalah salah satu poin penting membuat sebuah perusahaan menjadi lebih besar. Untuk itu berikanlah sesuatu yang baru agar konsumen bisa tertarik pada produk anda.

5. Memberikan pelayanan terbaik

Selanjutnya anda harus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen anda. Poin ini harus anda perhatikan karena pelayanan menjadi salah satu penilaian konsumen anda. Tentunya pelayanan ini akan berbeda-beda tergantung dari model bisnis anda.

Selain pelayanan yang ramah, biasanya pelayanan ini berupa kemudahan-kemudahan yang bisa didapatkan oleh konsumen anda. misalnya kemudahan dalam mengklaim garansi, kemudahan dalam mendapatkan support , dan jaminan kemudahan lainnya. intinya perlakukan konsumen anda sebagai raja.

6. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Sebelum berbicara gimana caranya membangun perusahaan yang sukses, maka terlebih dahulu anda harus mendapatkan kepercayaan dari pelanggan anda. Kepercayaan ini sangat sensitif, karena ketika kepercayaan pelanggan anda sudah rusak, maka biasanya mereka enggan untuk kembali menggunakan produk atau jasa anda.

Lalu gimana meningkatkan kepercayaan pelanggan? Anda bisa membaca cara meningkatkan kepercayaan pelanggan. Jika anda sudah mendapatkan kepercayaan mereka, jangan pernah anda merusaknya.

7. Promosi branding

Salah satu kunci sukses sebuah bisnis adalah karena kuatnya branding. Jangan pernah meremehkan kekuatan brand, karena brand adalah media promosi yang sangat ampuh meningkatkan perkembangan bisnis.

Brand yang kuat dapat memberikan sugesti alam bawah sadar kepada pelanggan anda. Contohnya adalah brand Apple yang merupakan brand paling berharga di dunia saat ini. Coba deh apa yang ada dipikiran anda jika melihat logo apel yang digigit? Sudah pasti anda akan berpikir smartphone Apple, barang yang mewah, barang yang mahal, dan sebagainya.

Nah itulah kekuatan brand. Melihat brand-nya saja kita sudah bisa menyimpulkan sebuah bisnis. Jadi lakukanlah branding yang tepat. Anda bisa membaca pembahasan cara efektif melakukan branding sebagai referensi anda dalam berpromosi.

8. Memberikan diskon

Sudah disinggung sebelumnya bahwa persaingan bisnis saat ini sudah dalam tahap yang tidak sehat. Demi mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya, para pengusaha rela perang harga, perang tarif, perang produk, dan sebagainya. Anda juga bisa perhatikan saat ini banyak bisnis yang memberikan diskon-diskon besar untuk menarik perhatian pelanggan.

Lalu apakah mereka mengalami kerugian? Pastinya iya. Namun saat ini banyak pengusaha yang menganggap fenomena ini merupakan sebuah investasi jangka panjang, atau bahasa kerennya akuisisi pelanggan. Tujuan sebenarnya adalah mereka memperkenalkan produk atau jasa secara cuma-cuma dengan harapan suatu hari nanti mereka bisa memiliki pelanggan yang setia dan tetap. Dan hal ini mereka akan mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat.

Nah anda bisa meniru hal ini dengan memberikan diskon kepada calon pelanggan anda. Tak mengapa jika anda tidak balik modal ataupun rugi diawal, karena jika dia sudah menjadi pelanggan setia anda, maka anda bisa saja mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dari yang anda keluarkan untuk diskon pertama.

9. Meningkatkan kualitas produk

Selanjutnya adalah meningkatkan kualitas dari produk atau jasa anda. Meningkatkan kualitas disini bisa diartikan sebagai anda harus selalu berada satu langkah didepan pesaing anda. Milikilah prinsip bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus jauh lebih baik daripada hari ini. Tingkatkanlah terus bisnis dan produk anda agar konsumen anda puas menggunakan bisnis anda.

10. Terima masukan dan kritik

Kesalahan terbesar dalam berbisnis adalah saat anda mengabaikan masukan dan kritik dari pelanggan anda. Masukan dan kritik tidak selalu akan menjatuhkan bisnis anda, malah itu akan membuat bisnis anda semakin berkembang dan menjadi lebih baik.

Percayalah jika ada kritikan itu tandanya ada celah kekurangan dari produk atau jasa anda. Seharusnya anda berterimakasih dan peduli atas masukan-masukan dari pelanggan anda. Karena dengan begitu anda tahu dimana letak kekurangan bisnis anda. Selanjutnya anda harus memperbaiki kekurangan tersebut agar bisnis anda semakin baik dimata pelanggan anda.

Jadi terimalah semua masukan dan kritik dari pelanggan anda, karena kritikan yang jujur biasanya datang dari pelanggan, bukan dari kompetitor.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *